7 Tempat Wisata Populer di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara

Konten [Tampil]

Tugas negara ke Kabupaten Tapanuli Selatan banyak membuka pengetahuan saya soal daerah ini. Setelah mengetahui beberapa fakta tentang Kabupaten Tapanuli Selatan, tentu saja kita tidak bisa melewatkan tempat-tempat wisata di Tapanuli Selatan. 

tempat-wisata-populer-di-tapanuli-selatan

Sekilas Tentang Tapanuli Selatan 

Tapanuli Selatan adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Secara geografi, Tapanuli Selatan memiliki wilayah yang cukup luas dengan beragam topografi, termasuk pegunungan, hutan, dan sungai. Kawasan ini juga kaya akan sumber daya alam.

Ibu kota kabupaten Tapanuli Selatan adalah Kota Sipirok, sebuah kota kecil yang terletak di kawasan perbukitan. Mayoritas masyarakat Tapanuli Selatan merupakan orang-orang dari suku Batak Angkola. Budaya dan tradisi Batak sangat kental di daerah ini, termasuk bahasa, tarian, musik, dan adat istiadatnya. Mayoritas penduduknya beragama Islam, berbeda dengan daerah Tapanuli lainnya seperti Tapanuli Utara yang mayoritas Kristen.

7 Wisata Populer di Tapanuli Selatan

Dengan kontur daerahnya mulai dari pantai hingga ke pegunungan, berikut ini beberapa tempat wisata populer di Kabupaten Tapanuli Selatan. 

1. Danau Siais

Danau Siais merupakan danau terbesar kedua di Sumatera Utara setelah Danau Toba. Danau ini terletak sekitar 70 kilometer dari pusat kota Sipirok, Tapanuli Selatan. Luas danaunya mencapai 4500 hektar persegi.Untuk mencapai danau ini, kalian akan melewati jalan yang berkelok-kelok dan kadang berbatu.

tempat-wisata-populer-di-tapanuli-selatan
Danau Siais memiliki pemandangan yang sangat indah dengan air yang jernih dan dikelilingi oleh perbukitan hijau, hutan lebat, dan vegetasi alami yang subur. Suasana di sekitar danau sangat tenang dan damai, cocok untuk wisatawan yang mencari ketenangan dan keindahan alam.

2. Air Terjun Simatutung 

Air Terjun Simatutung terletak di Desa Simataniari, Kecamatan Angkola Timur, Tapanuli Selatan. Setelah mengunjungi Sanau Siais, kalian bisa melanjutkan perjalanan menuju ke air terjun ini sekitar 30 menit perjalanan berkendara.

Air Terjun Simatutung memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan terletak di tepi jalan poros Tapanuli Selatan menuju ke Kabupaten Mandailing Natal. Air terjun ini memberikan suasana yang sejuk dan alami dan memiliki aliran air yang jernih dan segar. Ada pula kolam alami di bawahnya yang bisa digunakan untuk berenang atau sekadar berendam.

3. Air Terjun Silima-Lima

Air Terjun Silima-Lima terletak di Desa Simaninggir, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan. Untuk mencapai lokasi air terjun ini, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum menuju Desa Simaninggir. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui jalur setapak yang cukup menantang tetapi menawarkan pemandangan alam yang indah.

Air Terjun Silima-Lima memiliki ketinggian sekitar 40 meter, membuatnya menjadi salah satu air terjun tertinggi di kawasan tersebut. Air terjun ini memiliki aliran air yang deras dan jernih, dengan beberapa tingkatan yang memberikan efek visual yang menakjubkan.

4. Bukit Tor Simago-Mago

Bukit Simago-Mago terletak di Desa Simago-Mago, Kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten Tapanuli Selatan. Akses menuju bukit ini cukup menantang, membutuhkan perjalanan dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum hingga desa terdekat, dilanjutkan dengan trekking melalui jalur setapak yang curam namun menawarkan pemandangan alam yang indah.

tempat-wisata-populer-di-tapanuli-selatan

Bukit Simago-Mago dikenal dengan pemandangannya yang spektakuler, terutama saat matahari terbit dan terbenam. Dari puncak bukit, kalian dapat menikmati panorama luas yang mencakup hamparan hijau perbukitan dan lembah di sekitarnya. Kalian juga bisa melihat area perkantoran Pemda Tapanuli Selatan di kejauhan.

5. Pantai Barat Muara Upu

Pantai Barat Muara Upu terletak di Kecamatan Muara Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan. Untuk mencapai pantai ini, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum dari kota terdekat. Akses jalan menuju pantai relatif baik, meski ada beberapa bagian yang memerlukan perbaikan.

Pantai Barat Muara Upu dikenal dengan pasir putihnya yang halus dan garis pantai yang panjang. Air lautnya yang jernih dan biru menambah keindahan pantai ini. Pemandangan di pantai ini sangat memukau, terutama saat matahari terbenam. Kalian dapat menikmati pemandangan matahari yang perlahan tenggelam di cakrawala dan menciptakan suasana romantis dan damai.

6. Air Terjun Aek Sijorni

Air Terjun Aek Sijorni terletak di Desa Aek Libung, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan. Lokasinya sekitar 30 kilometer dari pusat kota Padang Sidempuan, yang dapat diakses dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Jalan menuju air terjun ini sudah cukup baik, meski ada beberapa bagian yang menantang terutama saat musim hujan.

tempat-wisata-populer-di-tapanuli-selatan

Air Terjun Aek Sijorni dikenal karena keindahannya yang unik. Air terjun ini terdiri dari beberapa tingkat atau undakan yang membentuk serangkaian kolam alami dengan air yang jernih dan segar. Di sekeliling air terjun, terdapat banyak pohon kelapa yang memberikan suasana tropis dan menambah keindahan pemandangan.

7. Gunung Sibual-Buali

Gunung Sibual-Buali terletak di Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan. Untuk mencapai gunung ini, kalian bisa memulai perjalanan dari tengah Kota Sipirok. Akses menuju gunung ini umumnya melalui jalur darat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum, kemudian dilanjutkan dengan trekking.

Gunung Sibual-Buali memiliki ketinggian sekitar 1.600 meter di atas permukaan laut. Gunung ini dikenal dengan pemandangannya yang indah, terutama pemandangan hutan tropis dan perbukitan di sekitarnya. Puncak gunungnya menawarkan panorama spektakuler dari hamparan hutan dan lembah yang hijau di sekitarnya. Saat cuaca cerah, kalian dapat melihat pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan.

Meskipun Kabupaten Tapanuli Selatan memiliki akses transportasi yang masih terbatas, namun jalan raya dan infrastruktur terus dikembangkan untuk mendukung mobilitas dan ekonomi lokal. Untuk saat ini, menjelajahi Tapanuli Selatan akan lebih maksimal jika memiliki kendaraan pribadi atau menggunakan kendaraan sewaan sehingga lebih memudahkan untuk mengeksplor berbagai tempat wisata populer di Tapanuli Selatan. 

Sebagai kaum pencinta air, tentu saja saya tidak akan melewatkan wisata air terjun eksotis, Aek Sijorni di Tapanuli Selatan. Pasti akan menjadi pengalaman yang menyenangkan menikmati keindahan alam Kabupaten Tapanuli Selatan. (EKW)


Comments

  1. pengen banget ke Air Terjun Silima-Lima, semoga tercapai :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air terjun Silima-Lima lumayan mesti trekking dikit menuruni tangga, tapi worthed banget kalau sudah sampai di bawah air terjunnya.

      Delete
  2. Danaunya cantik sekali. Jadi pengen piknik ke sana. Ternyata wisata alamnya cukup lengkap ya, ada danau, gunung, juga air terjun. Bakal betah saat liburan di sana.


    Teteep dong sambil ngonten wkwwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bun, ternyata tempat wisata di Tapanuli Selatan tuh beragam banget. Rada sedih baru kenal daerah Tapanuli Selatan baru-baru ini saja.
      Makanya masih menyimpan keinginan untuk kembali kesana dan eksplore tempat wisata di Tapanuli Selatan sambil ngonten tentunya.. hehehe

      Delete
  3. Air terjunnya sangat segar itu

    Semoga saja ya dengan adanya keberadaan lokasi wisata di Tapanuli Selatan bisa dikelola dengan benar dan bekerja sama antara pemkab dan pemdes, sama juga cari solusi terkait permasalahan yg kelak akan muncul, seperti pungli.

    Karena seperti yg terjadi di kawasan jabar, banyak tempat wisata yg jarang dikunjungi warga gegara banyak pungli dari mereka yg mengaku warga sekitar atau karang taruna

    ReplyDelete
  4. Selama ini asli tahunya wisata di Sumatera Utara itu cuma Danau Toba karena memang paling terkenal yaa. Aku baru dengar nih wisata yang Tapanuli Selatan dan pastinya juga nggak kalah indah ya dari Danau Toba

    ReplyDelete
  5. Wah, mau juga dapat tugas negara ke luar Jawaa, hehe. Kemarin aku ikut rombongan dinas ke Mataram aja tercengang melihat bersihnya pantai. Mupeng sama danau Siaisnya, Kak. Semoga suatu saat bisa menginjakkan kaku ke pulau Sumatera iniii

    ReplyDelete

Post a Comment