Terpukau Pesona Pantai Tanjung Bira

Konten [Tampil]

Setelah mengetahui beberapa tempat wisata di Kabupaten Bulukumba, rasanya saya harus menginap dan bersantai di Pantai Tanjung Bira. Pantai ini merupakan objek wisata utama di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

pantai-tanjung-bira-di-bulukumba

Pantai Tanjung Bira terkenal dengan pasirnya yang putih bersih dan air lautnya yang jernih berwarna biru kehijauan. Tak salah memang jika tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Sulawesi Selatan, baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Lokasi Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira terletak di Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan.. Lokasinya berada di ujung selatan Pulau Sulawesi dan terletak sekitar 200 kilometer dari Kota Makassar, ibukota Provinsi Sulawesi Selatan.

Cara Menuju ke Tanjung Bira dari Makassar

Untuk menuju ke Tanjung Bira dari Makassar, kalian bisa menggunakan beberapa moda transportasi. Berikut adalah panduan rinci untuk perjalanan tersebut:

1. Menggunakan Mobil Pribadi atau Sewa

Jarak dari Makassar menuju ke Pantai Tanjung Bira sekitar 200 kilometer. Perkiraan waktu tempuh antara 4-6 jam, tergantung kondisi lalu lintas dan jalan raya. 

Rute yang Disarankan adalah mulai dari Makassar, ambil arah ke selatan menuju Jalan Poros Bulukumba. Ikuti rute ini dengan melalui jalanan utama melintasi beberapa kabupaten yaitu Gowa, Takalar, Jeneponto, dan Bantaeng hingga tiba di Kabupaten Bulukumba.

Dari tengah kota Bulukumba, lanjutkan perjalanan menuju ke Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari, di mana Pantai Tanjung Bira berada.

2. Menggunakan Angkutan  Umum 

Kalian juga bisa menggunakan bus umum dari Terminal Malengkeri di Makassar yang menuju ke Kabupaten Bulukumba.

Setelah tiba di Terminal Bulukumba, kalian bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan pete-pete (angkutan kota) atau ojek menuju Tanjung Bira. Perjalanan dari pusat kota Bulukumba ke Tanjung Bira biasanya memakan waktu sekitar 30-60 menit.

3. Menggunakan Agen Travel

Buat kalian yang tidak ingin repot, di Makassar banyak tersedia layanan travel yang bisa di-booking untuk perjalanan dari Makassar ke Bulukumba. Layanan travel ini biasanya menawarkan perjalanan yang lebih nyaman dengan penjemputan dan pengantaran langsung ke lokasi tujuan. Harganya berkisar antara 100.000-200.000 tergantung jenis armada transportasi yang digunakan.

Harga Tiket Masuk 

Harga tiket masuk ke Pantai Tanjung Bira bisa bervariasi tergantung pada kebijakan pengelola dan waktu kunjungan. Misalnya, harga bisa berbeda pada hari biasa dan akhir pekan, terutama jika hari libur.

pantai-tanjung-bira-di-bulukumba
Salah satu sudut pantai Tanjung Bira di Bulukumba, Sulawesi Selatan

Perlu diketahui bahwa kawasan pantai Tanjung Bira sepanjang 3 kilometer memiliki beberapa pengelola yang berbeda. Itu sebabnya beberapa kawasan dengan pengelola resort pribadi mungkin akan memberikan harga yang sedikit berbeda dan lebih tinggi. 

Namun meski demikian, berikut ini adalah perkiraan harga tiket masuk ke Pantai Tanjung Bira.

Dewasa: Rp 20.000 - Rp 30.000 per orang

Anak-anak: Rp 10.000 - Rp 15.000 per orang

Kendaraan Roda Dua: Rp 5.000 - Rp 10.000

Kendaraan Roda Empat: Rp 10.000 - Rp 20.000

Namun, harga tersebut bisa berubah, jadi disarankan untuk mengecek informasi terbaru sebelum berkunjung atau saat tiba di lokasi. Kalian juga bisa menanyakannya pada hotel tempat kalian menginap.

Selain tiket masuk, kalian juga mungkin perlu menyiapkan biaya tambahan untuk sewa peralatan jika ingin melakukan aktivitas seperti snorkeling, diving, kayak, atau aktivitas air lainnya.

Daya Tarik Pantai Tanjung Bira

Beberapa hal yang menarik di Pantai Tanjung Bira antara lain:

Keindahan Pantai 

Pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih membuatnya ideal untuk berjemur, berenang, dan menikmati pemandangan laut.

Kegiatan Snorkeling dan Diving

Tanjung Bira juga dikenal dengan spot snorkeling dan diving yang menakjubkan. Terumbu karang dan kehidupan bawah laut di sekitar area ini sangat beragam dan mempesona.

Pulau Liukang dan Pulau Kambing

Kedua pulau ini berada tidak jauh dari Pantai Tanjung Bira dan bisa diakses dengan perahu. Pulau-pulau ini menawarkan pengalaman snorkeling dan diving yang serupa, serta kesempatan untuk melihat kehidupan bawah laut yang lebih indah.

Pemandangan Matahari Terbenam

Sebagai penyuka sunset, salah satu alasan saya memilih menginap di Tanjung Bira adalah karena ingin menikmati pemandangan matahari terbenam di Tanjung Bira yang sangat indah. Momen ini juga menjadi momen favorit saya, dan juga para wisatawan lainnya, untuk diabadikan.

pantai-tanjung-bira-di-bulukumba

Fasilitas Wisata yang Lengkap

Di sekitar Pantai Tanjung Bira terdapat berbagai penginapan, restoran, dan fasilitas penunjang wisata lainnya yang lengkap dan memadai. Homestay yang saya tempati berada persis di depan pantai Tanjung Bira sehingga saya bisa leluasa berenang di laut setiap saat sampai puas. 

Tips Melakukan Perjalanan ke Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira merupakan tempat yang ideal untuk berlibur dan menikmati keindahan alam laut Indonesia yang masih alami. Berikut ini beberapa tips saat melakukan perjalanan ke Tanjung Bira.

- Jika kalian menggunakan mobil pribadi ataupun sewaan, pastikan kendaraan berada dalam kondisi yang baik dan memiliki bahan bakar yang cukup selama perjalanan.

- Bawa air minum dan camilan, karena perjalanan cukup panjang, yaitu sekitar 5-6 jam.

- Pastikan untuk memeriksa jadwal bus atau travel sebelumnya untuk menghindari keterlambatan.

- Jika ingin menginap, pastikan membawa baju ganti yang cukup, terutama jika kalian ingin berenang di laut. 

- Jangan lupa membawa obat-obatan yang penting seperti obat penghilang rasa sakit, obat untuk luka, minyak kayu putih dan obat untuk demam dan masuk angin.

- Nikmati pemandangan selama perjalanan, terutama saat melewati daerah pesisir pantai Provinsi Sulawesi Selatan yang indah.

Dengan mengikuti tips ini, kalian akan tiba di Pantai Tanjung Bira dan siap menikmati keindahan alamnya. Jangan lupa untuk Mengunjungi Tempat Pembuatan Kapal Pinisi yang juga berada di kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba ya. (EKW)


Comments