Pesona Wisata Air Terjun Eksotis, Aek Sijorni

Konten [Tampil]

Kabupaten Tapanuli Selatan memiliki beberapa tempat wisata yang sudah terkenal. Salah satunya adalah air terjun Aek Sijorni yang destinasi wisata air terjun utama di Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara.  

tempat-wisata-air-terjun-di-tapanuli-selatan

Lokasi dan Akses

Air Terjun Aek Sijorni terletak di Desa Aek Libung, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan. Lokasinya berjarak sekitar 30 kilometer dari kota Padang Sidempuan. Akses menuju air terjun ini cukup mudah dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Jalan menuju lokasi sudah cukup baik, meskipun beberapa bagian memerlukan perbaikan terutama pada musim hujan.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Air Terjun Aek Sijorni menjadi favorit banyak wisatawan saat traveling ke Tapanuli Selatan, tidak hanya karena keindahannya yang memukau tetapi juga karena biaya masuk yang terjangkau. Anak-anak hanya perlu membayar tiket seharga Rp 10.000, sedangkan orang dewasa dikenakan biaya Rp 20.000. 

wisata-air-terjun-di-tapanuli-selatan

Setiap hari, mulai dari pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB, pintu gerbang Aek Sijorni selalu terbuka lebar, siap menyambut siapa saja yang ingin menikmati pesona alamnya.

Cara Menuju ke Air Terjun Aek Sijorni

  • Dari Kota Medan

- Menggunakan Mobil Pribadi atau Sewa Mobil:

Rute utama adalah melalui Jalan Lintas Sumatera (Jalan Raya Medan-Padang).

Medan ke Aek Sijorni berjarak sekitar 310 km dengan waktu tempuh sekitar 7-8 jam tergantung kondisi jalan dan lalu lintas.

Ikuti rute Medan - Lubuk Pakam - Pematang Siantar - Parapat - Balige - Tarutung - Sipirok - Aek Sijorni.

- Menggunakan Transportasi Umum:

Naik bus dari terminal Amplas Medan menuju Padang Sidempuan. Kalian bisa memilih bus seperti ALS (Antar Lintas Sumatera) atau bus lainnya yang melalui rute ini.

Dari Padang Sidempuan, lanjutkan perjalanan dengan angkutan lokal atau ojek menuju Aek Sijorni, sekitar 30-40 km ke arah selatan.

  • Dari Kota Padang

- Menggunakan Mobil Pribadi atau Sewa Mobil:

Rute utama adalah dengan melalui Jalan Lintas Sumatera. Jarak antara kota Padang ke Aek Sijorni sekitar 290 km dengan waktu tempuh sekitar 6-7 jam.

Ikuti saja rute Padang - Bukittinggi - Payakumbuh - Panti - Lubuk Sikaping - Muara Sipongi - Padang Sidempuan - Aek Sijorni.

- Menggunakan Transportasi Umum:

Naik bus dari terminal Aur Kuning Bukittinggi atau Padang menuju Padang Sidempuan.

Dari Padang Sidempuan, lanjutkan perjalanan dengan angkutan lokal atau ojek ke Aek Sijorni.

Daya Tarik Aek Sijorni

Sebagai salah satu tempat wisata di Tapanuli Selatan, air terjun Aek Sijorni dikenal karena keindahannya yang unik dan khas. Nama "Aek Sijorni" sendiri memiliki arti "air yang jernih" dalam bahasa Batak. Nama tersebut benar-benar mencerminkan kejernihan airnya. Beningnya air terjun ini benar-benar membuat saya terkagum-kagum dibuatnya. Bahkan di saat hujan pun, air terjun ini akan tetap jernih.

wisata-air-terjun-di-kabupaten-tapanuli-selatan
tempat-wisata-air-terjun-di-kabupaten-tapanuli-selatan

Air terjun ini terdiri dari beberapa tingkatan atau undakan dengan aliran air yang lembut, membentuk serangkaian kolam alami dengan air yang jernih dan segar. Kejernihan airnya memungkinkan pengunjung untuk melihat dasar kolam dengan jelas.

Di sekitar air terjun, terdapat banyak pohon kelapa yang tumbuh sehingga memberikan kesan suasana tropis yang teduh. Rasanya duduk di bawah pohon kelapa sembari menatap keindahan air terjunnya itu memang tidak ada tandingannya deh. 

Hal yang Bisa Dilakukan di Tempat Wisata Aek Sijorni

  • Berenang dan Berendam

Pengunjung, baik anak-anak maupun dewasa, dapat berenang atau sekadar berendam di kolam-kolam alami yang terbentuk dari undakan air terjun. Airnya yang sejuk sangat menyegarkan, terutama di hari yang panas.

Khusus anak-anak, disediakan sebuah kolam buatan yang menampung yang lebih dangkal sehingga lebih aman. Ada juga tambahan alat permainan air yang bisa disewa seperti ban dan pelampung. Namun meski demikian, orangtua tetap wajib mendampingi putra-putrinya saat berenang ya.

  • Foto-Foto

Banyak spot menarik untuk foto-foto di sekitar air terjun. Pemandangan air yang jatuh berundak-undak dan pepohonan kelapa yang hijau menciptakan latar yang sempurna untuk berfoto. Bahkan ada yang melakukna pemotretan untuk prewedding dan photoshoot lainnya di sini. Pokoknya sampai mati gaya deh foto-foto di Aek Sijorni. 

  • Piknik

Area di sekitar air terjun biasanya digunakan untuk piknik sekeluarga lho. Kalian bisa membawa bekal makanan untuk dinikmati sambil menikmati keindahan alam dan suara gemericik air. Ada banyak saung dan tempat duduk yang disediakan untuk para pengunjungnya.

  • Memancing.

Nah kegiatan yang satu ini biasanya disukai oleh para bapak-bapak. Ada beberapa area di kawasan Aek Sijorni yang memiliki kolam ikan yang bisa dipancing. 

Masyarakat di sekitar air terjun juga cukup ramah dan terbuka terhadap wisatawan. Mereka menyediakan berbagai jasa seperti pemandu lokal, warung makanan dan minuman, serta tempat beristirahat.

Pengelolaan air terjun Aek Sijorni ini melibatkan komunitas lokal desa yang berupaya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar air terjun. Ada beberapa fasilitas dasar yang telah disediakan oleh pengelolanya seperti tempat ganti pakaian, toilet, dan area parkir.

Air Terjun Aek Sijorni adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa dengan suasana yang menenangkan dan segar. Dengan potensi yang besar dan dukungan dari komunitas lokal, air terjun ini harus banget menjadi salah satu tujuan wisata bagi kalian yang traveling dan berwisata di Sumatera Utara. (EKW)


Comments

  1. Air Terjun Aek Sijorni ini jadi destinasi wisata yang wajib banget didatangi bareng keluarga ya kak karena menawarkan keindahan alam yang luar biasa dengan suasana yang menenangkan dan segar.

    ReplyDelete
  2. Cantik banget ya tempatnya, masih belum kesampean nih mau traveling ke daerah Sumater,

    ReplyDelete
  3. Inilah yang aku suka jd orang Indonesia karena banyak surga yang diciptakan Allah di sini. Luar biasa cantik sekali air terjunnya 🥰

    ReplyDelete
  4. kok air terjunnya lucu sih? hehehe. anak anak pasti suka kesini dan emak bisa healing sebentar rendam rendam kaki gitu. airnya bersih juga, dan seger keliatannya. pas banget nih quality time sama keluarga kesini

    ReplyDelete
  5. Cakep banget air terjunnya. Kebetulan dalam waktu dekat, insha Allah mau ke Padang urusan kerjaan. Semoga saja bisa mampir ke Air Terjun Aek Sijorni, kapan lagi kan melihat wisata air terjung secara langsung. Tiketnya pun bersahabat dengan kantong. Btw kalau mancing akan kena biaya lagi kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bukan padang mba lala, tapi padang sidempuan 🤭. Masih jauh banget dr padang sumbar 😁

      Delete
  6. Ini yg belum aku datangin 😄. Kalo adikku yang tinggal di sibolga udh beberapa kali mba. Ya karena dekat juga kan dr sibolga.

    Dia juga bilang kalo tempatnya baguuuus, dan sebaiknya sekalian nginep beberapa hari biar puas. Makanya udah niat kalo nanti ke sibolga lagi, mau main ke padang sidempuan.

    ReplyDelete
  7. Buat pecinta main air ini sempurna banget sih. Bisa puas main di air jernih dengan gembira. Dan harga tiketnya terjangkau. Pemandangan juga cantik. Jadi destinasi wisata ideal

    ReplyDelete

Post a Comment