Traveling ke "Halong Bay on Land", Tam Coc di Ninh Binh, Vietnam.

Konten [Tampil]

Setelah traveling ke Sapa, Vietnam, destinasi berikutnya adalah traveling menyusuri kota kecil Tam Coc. Kota ini menjadi salah satu destinasi kami atas rekomendasi dari Rahma yang berkata Tam Coc merupakan area pegunungan atau perbukitan karst seperti Rammang-Rammang di Maros, Sulawesi Selatan dan muncul di settingan film My Stupid Boss 2. 

traveling-ke-vietnam

Secara saya sudah pernah traveling ke Rammang-Rammang di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan setahun sebelumnya, tentu saja saya penasaran dong dengan pegunungan atau perbukitan karst di Tam Coc, Vietnam ini. Jadi, yuks lah kita cuss traveling ke Tam Coc, Vietnam. 

Sekilas Tentang Tam Coc

Tam Coc adalah sebuah kota kecil dan destinasi wisata yang terletak di Provinsi Ninh Binh, Vietnam. Jarak antara Hanoi dan Tam Coc sekitar 90 kilometer dengan waktu tempuh perjalanan antara 2-3 jam, tergantung pada kondisi lalu lintas dan pilihan transportasi yang digunakan. 

Tempat ini terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, terutama karena lanskapnya yang menakjubkan dan sungai yang membelah tebing-tebing karst atau kapur yang tinggi. Itu sebabnya Tam Coc mendapat julukan sebagai Halong Bay on Land.

Cara Menuju ke Tam Coc dari Hanoi

Ada beberapa cara untuk menuju ke Tam Coc dari Hanoi. Berikut adalah beberapa opsi yang umum digunakan:

1. Menggunakan Mobil Sewaan atau Taksi 

Cara termudah adalah dengan menggunakan mobil pribadi atau taksi. Perjalanan dengan mobil atau taksi biasanya memakan waktu sekitar 2-3 jam tergantung pada lalu lintas. Kalian bisa menyewa taksi lewat hotel tempat kalian menginap atau melalui layanan aplikasi transportasi online seperti Grab.

2. Bus Umum 

Ada beberapa perusahaan bus yang menyediakan layanan antara Hanoi dan Ninh Binh, kota terdekat dari Tam Coc. Setelah tiba di Ninh Binh, kalian dapat melanjutkan perjalanan ke Tam Coc dengan menggunakan taksi atau ojek. Perjalanan dengan bus umum biasanya memakan waktu sekitar 2,5-3,5 jam tergantung pada rute dan lalu lintas.

3. Kereta Api

Dari stasiun Hanoi, tersedia lima jadwal kereta menuju ke Ninh Binh setiap hari, yaitu pukul 06.10, 15.30, 19.20, 20.55, dan 21.20. Harga tiketnya 7-8 USD per orang dengan lama perjalanan sekitar 2 jam 13 menit. Kalian bisa langsung menuju ke stasiun kereta Hanoi untuk membeli tiketnya. 

Saat itu, seharusnya setelah kami turun dari kereta yang membawa kami dari Sapa ke Hanoi, ada jeda sekitar 20 menit untuk mengejar kereta pukul 06.10. Sayangnya berhubung saya sempat sakit selama perjalanan kereta Sapa-Hanoi, alhasil begitu sampai di Hanoi, saya malah benar-benar lupa akan jadwal kereta ini. 

Pada akhirnya kami bertiga menggunakan opsi bus travel karena jika harus menunggu jadwal kereta berikutnya, kami akan sampai di Tam Coc malam hari karena masih ada perjalanan sekitar 20 menit lagi antara stasiun kereta Ninh Binh ke Tam Coc. 

4. Bus Travel

Banyak operator bus travel ke Ninh Binh dan juga Tam Coc, tergantung dimana tujuan akhir kalian. Perjalanan dari Hanoi ke Tam Coc biasanya memakan waktu sekitar 2,5 hingga 3 jam tergantung pada lalu lintas dan kondisi jalan. Banyak agen perjalanan dan hotel di Hanoi yang menawarkan paket perjalanan ke Tam Coc yang mencakup transportasi dengan bus atau van. 

bus-travel-limousine-dari-hanoi-ke-tam-coc
Agen bus travel dari Hanoi ke Tam Coc yang kami gunakan, Limousine Trang An.
agen-bus-travel-limousine-dari-hanoi-ke-tam-coc
Jenis bus travel yang kami naiki

Jika kalian memesan melalui agen perjalanan atau hotel, pastikan untuk memeriksa jadwal keberangkatan dan memastikan keandalan penyedia layanan. Biasanya harga tiket berkisar antara 4-12 USD. Saat itu biaya yang saya keluarkan untuk naik bus travel limousine ini adalah 380.000 Dong per orang. 

5. Tur Wisata

Banyak agen perjalanan di Hanoi yang menawarkan tur harian atau one day trip atau trip 2 hari 1 malam ke Tam Coc. Tur ini biasanya mencakup transportasi dari Hanoi ke Tam Coc, panduan wisata, dan mungkin juga kunjungan ke tempat-tempat menarik lainnya di sekitar Tam Coc. 

Ini adalah opsi yang paling nyaman dan mudah jika kalian hanya memiliki sedikit waktu namun menginginkan pengalaman yang terorganisir dan tidak ingin repot-repot mengatur transportasi sendiri.

Pilihlah opsi yang paling sesuai dengan preferensi, waktu, dan anggaran untuk menikmati perjalanan ke Tam Coc dari Hanoi.

Biaya Masuk ke Tam Coc

Harga trip untuk menyusuri sungai Tam Coc sebesar 120.000 Dong untuk dewasa dan 60.000 Dong  untuk anak-anak. Kurs pada bulan November 2022 adalah 1 Dong = 0,6 rupiah. Selain itu ada tiket untuk memasuki kawasan tepian sungai sebesar 25.000 Dong per orang.

Sedangkan biaya sewa perahu sebesar 150.000 Dong, yang bisa dinaiki oleh 2 orang. Karena saya, Andini dan Rahma memiliki postur badan yang tergolong kecil (jika dibandingkan dengan orang bule) maka kami bertiga bisa menaiki 1 perahu. Harga sewa perahu pun bisa dibagi tiga deh.

Jadi, total biaya yang dikeluarkan per orang  adalah 195.000 Dong. Lama perjalanan perahu bolak-balik sekitar 1,5-2 jam menyusuri sungai dan memasuki 3 gua alam di Tam Coc. Oh ya, kalian bisa memberikan tip kepada nahkoda kapalnya jika mau.

harga-tiket-naik-perahu-di-tam-coc
harga-tiket-naik-perahu-di-tam-coc
Siap-siap mau naik perahu di Tam Coc,
provinsi Ninh Binh, Vietnam

Trip menyusuri sungai Tam Coc dengan perahu dimulai sejak pukul 07.00 hingga pukul 17.00 waktu setempat. Saya merekomendasikan untuk terlebih dahulu menginap di Tam Coc lalu berperahu menyusuri sungai Tam Coc pada keesokan pagi pada jam buka yaitu pukul 07.00. Biasanya, wisatawan yang melakukan One Day Trip dari Hanoi akan tiba di Tam Coc sekitar pukul 09 atau 10 pagi. Saat itu, suasananya akan lebih ramai dan crowded

Dengan datang sepagi mungkin, kalian akan bisa merasakan suasana syahdu pagi yang masih sepi di Halong Bay On Land, Tam Coc.

Hal Menarik di Tam Coc

Pemandangan Perbukitan Karst: Tam Coc dikenal karena pemandangannya yang menakjubkan, yang terdiri dari perbukitan kapur yang menjulang tinggi dan hijau, yang tersebar di sepanjang area ini. Bukit-bukit kapur ini memiliki bentuk yang unik dan memberikan latar belakang yang spektakuler bagi wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan alam.

traveling-ke-tam-coc-ninh-binh
cara-traveling-ke-tam-coc-ninh-binh

Sepanjang perjalanan mata kalian akan dimanjakan dengan hijaunya bukit-bukit kapur yang membentang di sepanjang sungai. Sesekali, deretan bunga teratai liar berwarna pink juga nampak di beberapa titik dan menambah keindahan pemandangannya.

Perjalanan dengan Perahu: Salah satu daya tarik utama Tam Coc adalah perjalanan dengan perahu di sepanjang sungai yang membelah pemandangan perbukitan karst yang menakjubkan. Perahu-perahu tradisional yang dikayuh oleh penduduk setempat akan membawa kita melewati sungai-sungai yang tenang dan melalui gua-gua alam yang menakjubkan.

Ada 3 gua yang kami lalui saat berperahu di sungai Tam Coc. Mulai dari yang paling singkat, hanya sekitar 5 menit, sampai yang lumayan panjang, dalam dan gelap selama kurang lebih 15 menit berperahu di dalamnya.

cara-traveling-ke-tam-coc-ninh-binh
saat berada di dalam gua dan akan keluar gua

cara-traveling-ke-tam-coc-ninh-binh
Setelah keluar dari gua

Pertanian dan Pedesaan: Selain keindahan alamnya, Tam Coc juga menawarkan kesempatan untuk melihat kehidupan pedesaan Vietnam yang autentik. Perjalanan dengan perahu akan membawa melewati sawah-sawah hijau dan desa-desa kecil, di mana kita bisa melihat penduduk lokal bekerja di ladang dan kegiatan sehari-hari lainnya.

Tur Sepeda: Wisatawan juga dapat menjelajahi Tam Coc dengan bersepeda, menikmati pemandangan pedesaan yang tenang dan mengunjungi tempat-tempat menarik di sekitarnya. Perjalanan bersepeda dapat memberikan pengalaman yang lebih intim dengan kehidupan pedesaan dan alam sekitarnya.

Sayangnya, saat kami kembali ke homestay usai berperahu, hujan deras pun mengguyur Tam Coc hingga menjelang matahari terbenam. Akibatnya agenda kami yang seharusnya menjelajahi Hoa Lu, mantan ibukota Vietnam yang pertama mulai dari tahun 968-1109, mendaki bukit untuk mendapatkan pemandangan 'Halong Bay on Land' dari atas, serta bersepeda keliling area pedesaan pun tidak bisa dilakukan.

Meski demikian, Tam Coc merupakan destinasi wisata yang indah dan menawarkan pengalaman yang unik, terutama bagi kalian yang menyukai wisata alam di kota kecil atau wilayah pedesaan. Dengan kombinasi pemandangan alam yang menakjubkan, perjalanan dengan perahu yang mengasyikkan, dan kehidupan pedesaan yang autentik, Tam Coc adalah tempat yang layak untuk dikunjungi dan harus masuk ke dalam list saat kalian traveling ke Vietnam.

Berikutnya saya akan Menjelajahi Kota Tua Hoi An, di Vietnam bagian tengah. (EKW)


Comments

  1. Waaah jarang nih lokasi tam coc divisit. Biasa kan Hanoi, Halong bay, sapa, dalat, hcmc. Sekilas kalo belum baca isi tulisan aku bakal kira ini Halong bay, berarti di daerah sana memang banyak area pegunungan karst ya mba.

    Dan bagus2 terlebih dijadikan tempat wisata juga. 👍

    Kalo aku ke sana, kemungkinan besar bakal mengambil paket trip dari hotel atau agen wisata aja, jd ga pusing memang mikirin cara dan kendaraan kesana. Hemat waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Kalau gak dikasih tahu sama temanku itu sebenarnya saya juga gak tahu sih. Hehehe. Kali ini senang banget traveling bareng teman karena kita bisa urun rembug destinasi apa saja yang akan dijelajahi di Vietnam.

      Nah, bener mbak, kalau mau santai dan gak ribet mah ambil paket trip saja. Itu biasanya sudah termasuk makan siang dan sewa perahu dan sepeda. Tinggal duduk manis menikmati pemandangan deh.

      Delete
  2. walau pun bikan di China tapi melihat bukit-bukitnya dan danaunya jadi teringat gambar yang ada di lukisan China. Menarik ini mbak informasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tam Coc memang salah satu destinasi alam di Vietnam yang menarik dan memang belum banyak informasi soal traveling ke Tam Coc. Makanya saya jabarkan di artikel ini.

      Delete
  3. Good idea nih, karena jujur aja sejauh ini kalau ke Vietnam pasti tujuannya kebanyakan ke Hanoi ya. Ternyata ada hidden gem di Tam Coc, view pemandangan alamnya the best, bikin betah apalagi buat aku yang suka travelling ke alam. Naik perahu sambil memandangi setiap sudut bukit 😍 indah banget.

    ReplyDelete
  4. Perjalanan yg sangat berkesan nih. Melihat pemandangan di sana yg masih hijau terawat. Itu pasti dilindungi ya?
    Aku pertama baca kirain dong bahasa kita. Kaya iya dong
    Eh ga tahunya dong mata rupiah sana ya
    Haha...

    ReplyDelete
  5. Keren banget ternyata wisata ke Tam Coc. Kalau aku perhatikan, sekarang ini Vietnam lagi gencar-gencarnya mengembangkan berbagai destinasi wisata untuk mendongkrak ekonomi, termasuk ke Tam Coc ini. Pengen suatu saat bisa wisata ke sana

    ReplyDelete
  6. Salah satu destinasi yang menarik di Vietnam untuk menikmati pemandangan alam dan juga pengalaman berjumpa dengan warga lokal sangat direkomendasikan ya Mampir ke sini

    ReplyDelete
  7. Ternyata vietnam seindah itu ya. Aku jadi pengen ke sana juga. Tapi agak takut ya naik perahu terus masuk goa gitu. Apalagi gelap.

    ReplyDelete
  8. Wah, saya penasaran dengan tiketnya. 25 ribu dong itu setara dengan berapa rupiah kak? Saat di Tam coc apakah kakak juga menginap di sana

    ReplyDelete
  9. sering bange liat wisata vietnam dan keindahan vietnam di reels instagram. untuk saat ini cukup liburan singkat online dulu kali ya.semoga ada rezeki bisa beneran kesana apalagi ke Halong Bay on Land

    ReplyDelete
  10. Berasa diajak jalan-jalan online sama mbak endah deh. Kalau kuperhatikan sekarang orang Indonesia banyak yang travelling juga ke Vietnam ya, pemandanganpun masih nampak asri

    ReplyDelete

Post a Comment