Ini Dia 6 Destinasi Paling Berkesan di Indonesia

Konten [Tampil]

Karena sering traveling kemana-mana, saya sering mendapat pertanyaan destinasi terbaik atau yang paling berkesan di Indonesia itu apa. Jawaban saya selalu sama, setiap destinasi punya kesannya masing-masing yang tidak bisa saling dibanding-bandingkan. Every place stand out for its own beauty.
destinasi-wisata-di-indonesia

10 Destinasi Pariwisata Prioritas Indonesia

Nah, dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan dan juga investasi di bidang pariwisata, Pemerintah Indonesia sebenarnya telah menetapkan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) atau yang disebut juga sebagai 10 Bali baru. Ke-10 destinasi tersebut adalah:

1. Danau Toba, Sumatera Utara.
2. Candi Borobudur, Jawa Tengah.
3. Mandalika, Nusa Tenggara Barat.
4. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.
5. Likupang, Sulawesi Utara.
6. Tanjung Kelayang, Kepulauan Bangka Belitung.
7. Bromo, Jawa Timur. 
8. Wakatobi, Sulawesi Tenggara
9. Morotai, Maluku Utara
10. Raja Ampat, Papua Barat Daya

Dari kesepuluh destinasi pariwisata prioritas Indonesia tersebut, baru 5 destinasi yang pernah saya kunjungi. Jadi, masih banyak bucket list saya untuk traveling di Indonesia.

Destinasi Wisata Paling Berkesan

Tapi tidak bisa dipungkiri memang ada beberapa destinasi wisata yang punya kesan tersendiri dan membuat saya jadi tergugah dan memberi kesan yang mendalam. Ini dia destinasi paling berkesan di Indonesia versi saya.

1. Destinasi yang Membuat Jatuh Cinta Pada Sejarah, Benteng Belgica, Banda Neira, Maluku. 

Sewaktu mengunjungi pulau Banda Neira itu, niatnya mau mengunjungi kampung halaman opa, ayahnya ibu, sekalian mengunjungi saudara-saudara di sana. Tidak dinyana, ternyata di pulau kecil ini sarat dengan berbagai cerita sejarah, mulai dari yang memukau sampai yang menyedihkan. 

Saat itu, (tahun 1996) saya masih duduk di kelas 1 SMP dan pertama kalinya melihat Benteng Belgica yang begitu megah dengan latar belakang Gunung Api yang menjulang tinggi di kejauhan. Saat diajak menengok beberapa ruangan di dalam benteng Belgica sembari diceritakan berbagai sejarah masa lalu di pulau ini. Sejak itulah saya mulai tertarik dengan berbagai tempat bersejarah di Indonesia. 

2. Destinasi yang Membuat Ingin Menjelajah Pelosok Indonesia, Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. 

Sebelum menginjakkan kaki di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur, saya terkadang suka sesumbar sendiri kalau saya sudah cukup banyak mengunjungi wilayah Indonesia jadi tidak ada destinasi yang akan bikin saya terwow-wow gitu deh. 

Tapi ternyata, saya salah besar. Saat melakukan tugas negara di pulau Sumba, tepatnya saat menjejakkan kaki di bukit Tanarara dan bukit Warinding, Sumba Timur, saya baru sadar Indonesia yang saya lihat itu hanya setetes air dari luasnya lautan. Gak ada apa-apanya deh. Masih banyak hal menakjubkan yang belum saya lihat di Tanah Air tercinta ini. 
Bukit-warinding-di-sumba-timur
Bukit Warinding di Sumba Timur
bukit-tanarara-sumba-timur-ntt
Bukit Tanarara di Sumba Timur

Sejak saat itu, target traveling setahun minimal 3 kali menjelajah ke destinasi manapun di Indonesia langsung dipasang dalam bucket list traveling saya.

3. Destinasi yang Membuat Suka Panjat Tebing, Tebing Kapur Klapa Nunggal, Bogor, Jawa Barat.

Sejak kecil, hampir seluruh anggota keluarga saya sudah tahu sifat saya yang tidak bisa diam dan suka memanjat pohon. Namun setelah tergabung dalam pegiat alam bebas, hobi memanjat saya pun tersalurkan dengan menjadi ketua divisi panjat tebing. Apalagi saya pun rutin ikut latihan panjat tebing di Pasar Festival. Jadi makin cinta deh dengan panjat tebing.

Setelah sekitar 3 bulan latihan memanjat di tebing buatan, saya pun diajak untuk memanjat di tebing alam di area Klapa Nunggal, Bogor. Tentu saja ajakan itu saya sambut dengan suka cita. 

Meski demikian, proses panjat tebing tidak berlangsung mulus. Tali yang menahan saya saat memanjat di ketinggian hampir 15 meter, terbelit dengan tali teman saya yang memanjat dengan jalur asal-asalan. Akibatnya  saya pun terlempar dan menghantam tebing di sisi yang lain. Beruntung saya hanya menderita memar-memar dan langsung diturunkan ke tanah dengan aman.

Pengalaman itu memang menakutkan, tapi 2 minggu kemudian saya masih kembali ke tebing untuk melakukan latihan rutin memanjat. Yahh, namanya sudah hobi, saya menganggap kejadian itu sebagai salah satu hal berkesan dari hobi panjat tebing.

4. Destinasi yang Membuat Suka Naik Gunung, Gunung Semeru, Jawa Timur. 

Meski sudah mendaki beberapa gunung sebelumnya, namun gunung yang paling meninggalkan kesan mendalam adalah Gunung Semeru yang saya daki pada Oktober 2008. Kala itu, dunia pendakian di Indonesia belum seramai sekarang. Aturannya pun belum seketat seperti saat ini. 

Pada saat itu, saya bersama 13 orang teman mendaki Gunung Semeru menghabiskan waktu hingga 7 hari, termasuk perjalanan pulang pergi Jakarta-Malang. Jadi, total di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mencapai 5 hari. Kala itu, hanya tim saya dan 1 tim lainnya yang mendaki gunung Semeru, sehingga bisa dipastikan sepanjang perjalanan kami nyaris tidak bertemu dengan orang lain. 

Suasana pegunungan yang sunyi, padang savana dengan bunga-bunga liarnya yang mempesona dan danau ranu kumbolo yang syahdu membuat saya mulai menyukai kegiatan naik gunung. Sejak saat itu, sudah beberapa gunung yang telah saya daki seperti Ciremai, Slamet dan Sindoro. 

5. Destinasi yang Membuat Suka Berenang di Laut, Pulau Pari, Kepulauan Seribu, Jakarta.

Meski dulu saya tinggal di Sorong, Papua Barat Daya yang notabene kota tepi laut, namun saat itu saya masih belum menyukai kegiatan berenang di laut. Yahh, soalnya tiap hari sepulang sekolah saya menunggu angkot di jalanan depan pantai jadinya ya biasa saja gitu deh kalau lihat laut. Sampai akhirnya saya pindah ke pulau Jawa (ke kota Pati dan Jakarta) dan jarang melihat laut. 

Begitu tergabung di komunitas pegiat alam bebas di kampus dan diajak untuk menjelajahi pulau Pari untuk konservasi rumput laut dan karang, dari sinilah saya mulai menyukai aktivitas berenang di laut. 

Padahal saat di pulau Pari ini saya mengalami kejadian buruk, saya tidak sengaja menginjak ikan Lepo atau ikan batu yang beracun sehingga membuat saya kesakitan dan kaki saya bengkak dan tidak bisa jalan selama 2 hari. Tapi mungkin kejadian itu justru membuat saya makin suka dengan laut. 

6. Destinasi yang Membuat Suka Gua, Gua Langir, Sawarna, Jawa Barat. 

Meski tergabung di komunitas pegiat alam bebas, tapi salah satu kegiatan yang tidak pernah saya lakukan sampai lulus kuliah adalah caving atau penelusuran gua. Saya tidak terlalu suka berada di ruangan sempit dan gelap seperti gua. 

Saat diajak traveling ke Sawarna untuk bermain di pantainya, ternyata salah satu kegiatan tripnya adalah memasuki beberapa gua yang ada di sekitar desa Sawarna. Tidak tanggung-tanggung, ada 3 gua yang saya masuki di sana. Ternyata bayangan saya soal gua yang sempit tidak selamanya benar. Meski gelap, gua-gua tersebut berukuran besar sehingga tidak membuat saya merasa sesak saat berada di dalamnya.
gua-langir-di-sawarna-banten
Gua Langir di Sawarna, Banten
Selain itu, aneka rupa stalagtit dan stalagmit ukiran alam juga membuat saya terpesona dengan gua. Sejak saat itu, saya tidak pernah menghindari traveling ke gua lagi. Saya bahkan pernah traveling ke gua Tempurung di Perak, Malaysia. 

Nah itu dia destinasi paling berkesan di Indonesia bagi saya. Kalau kamu, apakah juga punya destinasi di Indonesia yang memberi kesan mendalam di hati? Share yuk di kolom komen (EKW)

Comments

  1. Semua destinasi gue sukaaa, apalagi kalau ke sananya gratisan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, kalau dibayarin jadi makin semangat deh travelingnya.. hehehe.

      Delete
  2. Kaget juga pas liat listnya separuh udah pernah aku datangi walau mungkin nggak yang eksplor banget tapi lumayan huhuhuhu *agak terharu sikit haha

    Aku tuh udah lama pengen ke Bromo. Dan dari segi jarak dan duit kayaknya paling memungkinkan. Walau Danau Toba sama-sama di Sumatra kayaknya lebih murah ke Bromo deh ini haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh mantap om..

      Bromo memang lebih terjangkau sih, tapi kayaknya kalau dari Palembang bukannya lebih dekat ke Danau Toba?
      tapi ya coba-coba susun saja budgetingnya dan bandingin mana yang lebih efektif dan terjangkau. Yang penting traveling jalan terus, om.

      Delete
  3. Dari list di atas aja, aku baru visit 3 mba 😅. Memang harus aku akuin, jaraaang bgt traveling domestik. Bukannya ga suka yaaa. Alasan utama krn aku tuh ga kuat panas, dan Indonesia sebagai negara tropis panas. Makanya kalo ditanya tempat fav di Indonesia, pastinya yg sejuk, kayak dieng, Wonosobo Bumiayu, takengon. Itu tempat fav ku krn sejuk.

    Tapi tempat2 yg panas bukan berarti aku benci. Sukaaa, hanya saja udh cukup puas dengan baca tulisan temen2 yg pernah kesana 😁. Trutama sumba..

    Beberapa temenku pernah eksplor, dan sukaaaa bgt dengan foto2 yg mereka ambil. Memang luar biasa cantik 😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh saya pernah merencanakan ke Takengon lalu gagal terbang akibat kejebat macet di tol dong.. Hiks. sampai sekarang Takengon masih masuk dalam wishlistku nih.

      Kalau mau ke Sumba pas musim hujan aja mbak, lebih adem, tapi ya kemungkinan kuyup sih ya besar juga... hehehe..

      Delete
  4. Indonesia cantik bangeet ya Kak, dari Sabang sampai Merauke. Mau wisata pantai, danau, gunung, semua ada. Pengen eksplor semuanya jugaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah Bun. Destinasi wisata di Indonesia mah tinggal pilih suka atau favorit yang mana.

      Delete
  5. Aku jarang travelling, tapi dari destinasi di atas seenggaknya udah pernah mengunjungi Candi Borobudur, Danau Toba, dan Bromo. Daerah-daerah di Maluku, Sulawesi, dan ke sananya lagi, aku belum pernah. Sempat lihat video content creator yang explore Banda Neira, hasrat di hati membuncah pengin ke sana.

    ReplyDelete
  6. kira2 dari destinasi di atas, yang ramah disabilitas daksa yang mana ya? duh, molly tuh kepingin banget menjelajah indonesia raya. secara suka travelling juga biarpun lebih banyak di rumah.

    ReplyDelete
  7. Aku suka sekali insight-nya ka Endah mengenai sebuah kejadian saat berpetualang.
    Gak pernah kapok dan semakin bikin ketagihan!
    Ini keren siih.. BANGET.

    Hal kaya gini yang bikin seseorang semakin cepat berpikir dan mengambil keputusan ketika mengalami hal-hal darurat lainnya.

    Sad news.
    Aku baru 3/10 list must-visit places wisata Indonesia.
    Kurang itchy kakiku yaa... hihihi~

    ReplyDelete
  8. Huhuhuh semua masuk dalam travel wishlist juga niih, kecuali Wakatobi sih udah pernah itupun juga baru di Wanci saja karena di pusat kabupatennya ini, belum explore pulau lain (Kaledupa, Tomia dan Binongko), mau ke Likupang juga, pengen dari yang terdekat sesama Sulawesi dulu lah :D

    ReplyDelete
  9. Keindahan wisata Indonesia itu gak kalah kerennya di luar negeri. Saya penasaran lho dengan Tebing Kapur Klapa Nunggal. Seru kali ya manjat trbing beneran, karena kalau latihan kan hanya tebing bohongan.

    ReplyDelete
  10. indonesia ini sangat indah dan kayaknya nggak habisnya buat dieksplorasi. sayangnya tiket pesawat domestiknya mahal banget makanya banyak yang memilih ke luar negeri sekalian huhu

    ReplyDelete
  11. belum semuanya aku datengi, pengen ke Sumba dari zaman bahula tetep belum berangkat berangkat.
    Banda Neira juga masih sebatas wishlist.
    Indonesia buanyak banget budaya, tempat wisata yang masih alami dan kalau dibikin list, pasti banyak banget yang dimau

    ReplyDelete
  12. Keren keren banget tempat wisatanya, sayang sekali dari 10 list, hanya Danau Toba yang pernah aku kunjungi itupun karena aku orang sumatera utara.

    ReplyDelete

Post a Comment