Menikmati Keindahan Air Terjun Bissappu, Bantaeng

Konten [Tampil]

Setelah puas menikmati beberapa wisata populer di Bulukumba, sebelum kembali ke Makassar, saya dan beberapa teman memutuskan untuk singgah sejenak di Kabupaten Bantaeng untuk makan siang. Kali ini tempat wisata yang kami tuju adalah sebuah air terjun. Maklum, siang-siang setelah makan itu enaknya nongkrong di bawah air terjun, bukan. 

tempat-wisata-di-bantaeng

Air terjun yang kami tuju bernama air terjun Bissappu yang terletak di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Air terjun setinggi 80 meter ini merupakan salah satu destinasi favorit bagi para wisatawan yang ingin menikmati wisata yang menyegarkan. 

Salah satu daya tarik utama dari tempat ini adalah kesejukan airnya yang mengalir deras, menciptakan suasana yang menenangkan dan segar. Suara gemericik air yang jatuh dari ketinggian, berpadu dengan kesejukan udara pegunungan, menjadikan Air Terjun Bissappu sebagai tempat yang sempurna untuk melepas penat dan menyatu dengan alam.

Lokasi Air Terjun Bissappu

Lokasi air terjun Bissappu terletak di Desa Bonto Salluang, Kecamatan Bissappu. Keindahan air terjun ini dapat dicapai dengan perjalanan singkat sekitar tujuh menit dari pusat Kota Bantaeng. Makanya jangan heran kalau tempat wisata ini selalu ramai terutama saat weekend atau saat liburan.

Cara Menuju ke Air Terjun Bissappu

Untuk menuju ke Air Terjun Bissapu dari Makassar, kalian bisa menggunakan dua cara, yaitu:

Menggunakan Kendaraan Pribadi

Dari Makassar, arahkan kendaraan ke arah selatan melalui Jalan Poros Makassar - Maros. Lalu lanjutkan Perjalanan ke arah Kabupaten Bantaeng melalui Jalan Trans Sulawesi.

Ikuti Rute ke Bantaeng, dan setelah sampai di Bantaeng, ikuti petunjuk arah menuju Kecamatan Bissappu lalu menuju ke Desa Bonto Salluang, tempat Air Terjun Bissapu berada. Air terjun ini terletak sekitar 5 km dari pusat kota Bantaeng.

Menggunakan Transportasi Umum

Kalian bisa naik bus atau travel dari terminal Daya di Makassar yang menuju ke Bantaeng. Perjalanan ini biasanya memakan waktu sekitar 4-5 jam. Setelah sampai di Bantaeng, kalian bisa melanjutkan perjalanan dengan ojek atau menyewa kendaraan untuk menuju Air Terjun Bissapu di Desa Bonto Salluang, Kecamatan Bissappu.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan Air Terjun Bissapu di Kabupaten Bantaeng ini pengunjung diharuskan membayar tiket masuk. Harga tiketnya sangat ramah di kantong yaitu Rp.5.000 untuk orang dewasa dan Rp. 3.000 untuk anak-anak.

tempat-wisata-di-bantaeng

Biaya tiket masuk ini biasanya digunakan untuk pemeliharaan dan pengelolaan fasilitas di sekitar area wisata, serta untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. 

Selain itu ada pula beberapa biaya lainnya seperti karcis parkir untuk kendaraan, sewa gazebo atau saung untuk bersantai dan toilet

Fasilitas dan Akomodasi

Air Terjun Bissapu di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan dan kepuasan pengunjung. Beberapa fasilitas yang tersedia di area wisata ini antara lain:

Area Parkir: Tersedia area parkir yang cukup luas untuk kendaraan pengunjung.

Toilet Umum: Fasilitas toilet yang bersih untuk kenyamanan pengunjung.

Warung Makan dan Penjual Makanan Ringan: Terdapat beberapa warung-warung yang menjual makanan dan minuman, sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan panorama sambil bersantap atau memakan camilan ringan.

Gazebo dan Tempat Duduk: Disediakan gazebo dan tempat duduk untuk bersantai sambil menikmati pemandangan.

tempat-wisata-di-bantaeng

Jalur Trekking: Jalur terbuat dari batako yang aman dan teratur untuk menuju air terjun, memudahkan pengunjung yang ingin trekking.

Tempat Sampah: Tersedia tempat sampah di beberapa titik untuk menjaga kebersihan area wisata.

Papan Informasi dan Petunjuk Arah: Papan informasi dan petunjuk arah untuk membantu pengunjung menemukan berbagai fasilitas dan memahami aturan yang berlaku di kawasan wisata.

Fasilitas-fasilitas tersebut dirancang untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan dan kesejukan Air Terjun Bissappu.

Tips Mengunjungi Air Terjun Bissappu

Buat kalian yang sudah bersiap-siap ingin mengunjungi air terjun setinggi 80 meter ini, berikut beberapa tips untuk yang bisa kalian lakukan agar perjalanan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Pakaian dan Alas Kaki yang Nyaman

Gunakan pakaian yang nyaman dan sesuai untuk trekking di alam. Meski jalur trekking menuju ke air terjun hanya beberapa ratus meter saja, sebaiknya pilih alas kaki yang anti selip dan nyaman untuk berjalan di medan yang mungkin licin dan berbatu.

Bawa Perlengkapan yang Dibutuhkan 

Bawa perlengkapan dasar seperti air minum, makanan ringan, jas hujan, payung atau ponco (jika cuaca mendung), dan tas yang ringan untuk membawa barang-barang perlengkapan yang kalian butuhkan.

Persiapkan Kondisi Fisik 

Pastikan kalian berada dalam kondisi fisik yang baik karena mungkin perlu sedikit trekking untuk mencapai lokasi air terjun Bissappu.

Datang Lebih Awal

Jika memungkinkan, datanglah lebih awal di pagi hari untuk menghindari keramaian dan menikmati suasana yang lebih tenang. Akan lebih baik jika mengunjungi air terjun Bissappu saat hari biasa sehingga suasananya tidak terlalu ramai.

Bawa Kamera 

Buat yang suka foto-foto, jangan lupa untuk membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen dan keindahan alam di sekitar air terjun.

tempat wisata di bantaeng

Ikuti Aturan dan Instruksi

Patuhi semua peraturan yang ada di area wisata, termasuk petunjuk keselamatan dan lingkungan. Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Jaga Barang Berharga

Simpan barang-barang berharga kalian dengan aman. Jika memungkinkan, tinggalkan barang berharga di tempat yang aman atau tidak perlu dibawa ke lokasi air terjun Bissappu.

Cek Cuaca

Sebelum berangkat, cek perkiraan cuaca. Hindari mengunjungi air terjun saat hujan lebat untuk menghindari bahaya seperti banjir bandang atau tanah longsor yang mungkin terjadi saat musim hujan. 

Bawa Uang Tunai

Bawalah uang tunai untuk membayar tiket masuk, parkir, atau membeli makanan dan minuman di sekitar area wisata.

Berkelompok

Jika memungkinkan, datanglah bersama teman atau keluarga. Selain lebih aman, berwisata bersama juga lebih seru dan menyenangkan

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, kunjungan kalian ke wisata Air Terjun Bissapu di Bantaeng akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan aman. Berikutnya saya akan menikmati waktu santai di malam hari di Pantai Seruni, Bantaeng. Selamat berwisata! (EKW)

Comments

  1. Waaah air terjunnya cantiiiiiik dan debit air juga deres ya mbaaa 😍😍.

    Sayaang jauuuh. Aku paling sukaaa kao wisata air terjun begini. Apalagi kebanyakan air terjun ada di lokasi tinggi. Jd cuaca cendrunh sejuk. Dan kalo akses kesana udh dibikin lbh mudah utk dilewati mkin seneng deh. Krn banyak juga air terjun yg aksesnya msh susah dan hutan kan 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, air terjun ini memang cantik sekali. Rasanya main seharian pun belum puas euy.

      Lokasinya sebenarnya gak terlalu jauh dari jalan raya sih. Kalau nanti suatu saat kak Fanny traveling ke Bulukumba dan Makassar, jangan lupa untuk mampir ke Bantaeng dan main ke air terjun Bissappu ini ya kak.

      Delete

Post a Comment