Skincare Yang Wajib Dibawa Saat Traveling

Konten [Tampil]

Saat traveling dengan waktu lebih dari 5 hari, seperti saat saya dinas di Maluku Utara selama 2 minggu atau traveling ke Vietnam selama 10 hari, tentu saja beberapa skincare wajib dibawa. Apalagi saat berada di Maluku Utara, saya sedang mengalami breakout parah di wajah. Alhasil beberapa produk perawatan wajah tambahan harus ikut serta dibawa di dalam tas ransel.

tips-membawa-skincare-saat-traveling

Pentingnya Membawa Skincare Saat Traveling

Saat traveling, sudah barang tentu kita ingin bisa tampil maksimal saat mengabadikan gambar. Itu sebabnya membawa skincare saat traveling sangat penting karena beberapa alasan berikut:

Perubahan Iklim dan Lingkungan: Perubahan iklim dan lingkungan, seperti perbedaan suhu, kelembapan, dan tingkat polusi, dapat mempengaruhi kondisi kulit. Skincare membantu menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi dari faktor eksternal yang berbeda dari lingkungan sehari-hari.

Menjaga Rutinitas Perawatan Kulit: Konsistensi adalah kunci dalam perawatan kulit. Mengabaikan rutinitas skincare selama perjalanan dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat, kekeringan, atau iritasi.

Adaptasi Kulit: Kulit mungkin memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan produk baru. Menggunakan produk yang sudah dikenal dan dipercaya dapat mengurangi risiko reaksi kulit yang tidak diinginkan.

Paparan Sinar Matahari: Saat traveling, terutama ke destinasi dengan paparan sinar matahari yang tinggi, penggunaan sunscreen menjadi sangat penting untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Perjalanan yang Panjang: Udara di dalam pesawat, kereta, bus, dan mobil saat perjalanan panjang cenderung sangat kering. Hal ini dapat membuat kulit dehidrasi. Membawa pelembap dan produk perawatan lainnya dapat membantu menjaga kelembapan kulit selama perjalanan yang panjang.

Produk Khusus: Jika memiliki kondisi kulit tertentu seperti eksim, rosacea, atau kulit sensitif, membawa produk skincare yang khusus digunakan untuk kondisi tersebut sangat penting untuk menghindari terjadinya iritasi.

Higienis: Membawa skincare sendiri memastikan bahwa produk yang digunakan adalah higienis dan sesuai dengan kebutuhan kulit, dibandingkan dengan menggunakan produk yang mungkin disediakan di tempat penginapan yang kualitas dan kecocokannya tidak terjamin.

Dengan membawa skincare yang sesuai, saya dapat memastikan kondisi kulit yang tetap sehat, terlindungi, dan terawat selama traveling, meskipun berada di lingkungan yang berbeda dari biasanya.


Skincare yang Wajib Dibawa Saat Traveling

Jadi, apa saja skincare yang saya bawa selama traveling dengan durasi yang panjang?

1. Sunscreen

Sunscreen adalah skincare pertama yang wajib masuk dalam tas. Biasanya saya juga akan membawa stok tambahan yang selalu saya bawa di tas kecil. Lagi pula, selama traveling, biasanya saya suka berjalan-jalan seharian menyusuri kota atau tempat baru sehingga suncreen wajib banget dibawa untuk melindungi kulit dari efek sinar UV.

Produk sunscreen yang biasa saya bawa adalah Skinaqua UV Moisture Milk SPF 50. Jika kehabisan, saya juga terkadang memakai Nivea Sun SPF 50 atau Biore UV Aqua Rich SPF 50. 

2. Pelembab atau Moisturizer

Setelah sunscreen sudah barang tentu skincare berikutnya yang harus dibawa adalah moisturizer atau pelembab. Pelembap membantu menjaga dan meningkatkan kadar air di lapisan luar kulit (epidermis). Ini penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, kenyal, dan sehat. 

Pelembap juga membantu memperkuat lapisan pelindung alami kulit, yang melindungi kulit dari kerusakan lingkungan seperti polusi, debu, dan sinar UV.

3. Facial Wash atau Pembersih Wajah

Pembersih wajah sudah barang tentu menjadi skincare wajib di dalam tas. Setelah seharian traveling, sudah barang tentu wajah harus dibersihkan dengan baik sehingga kotoran tidak menumpuk di kulit. 

Pilihlah pembersih yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit, bisa berupa gel, foam, atau micellar water. Pastikan ukurannya tidak lebih dari 100ml jika pembersih wajah masuk ke dalam tas kabin.

4. Masker

Masker yang biasanya saya bawa adalah masker untuk eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati setelah seharian traveling. Eksfoliasi membantu menghilangkan lapisan sel kulit mati dari permukaan kulit, yang dapat membuat kulit terlihat kusam dan tidak rata. Proses eksfoliasi ini akan membantu mencerahkan kulit dan memperbaiki tekstur kulit.

Masker yang biasa saya bawa adalah Himalaya Herbal Neem Mask, Mustika Ratu Peeling Mundisari dan/atau Mustika Ratu Masker Bengkoang.

5. Body Lotion

Pelembap untuk kulit tubuh, terutama jika bepergian ke daerah dengan iklim kering. Penggunaan pelembap secara teratur dapat membantu memperbaiki tekstur kulit, membuatnya terasa lebih halus dan lembut. 

Untuk kulit tubuh biasanya saya bisa menggunakan hampir semua merek. Namun, yang biasa saya gunakan adalah Nivea, Natur-E dan Vaseline karena ketiga produk ini mudah ditemukan di minimarket.

6. Night Cream atau Krim Malam

Perjalanan yang panjang dan kurang tidur, apalagi bila harus pindah kota dengan transportasi di malam hari bisa membuat kulit tampak lelah dan kusam. Nah night cream atau krim malam bisa membantu mengatasi tanda-tanda kelelahan dengan memberikan hidrasi dan nutrisi yang dibutuhkan kulit.

Saat istirahat di malam hari, kulit akan mengalami proses regenerasi dan pemulihan. Night cream diformulasikan untuk mendukung dan mempercepat proses ini, membantu memperbaiki kerusakan yang terjadi selama sehari. Lagipula menggunakan krim malam saat traveling bisa membantu relaksasi di wajah setelah atau saat perjalanan panjang.

7. Lip Balm

Membawa lip balm saat traveling sangat penting sebagai pertolongan pertama untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah akibat perubahan iklim, udara kering di pesawat, serta paparan angin atau matahari. Lip balm bisa membantu menjaga kelembapan alami bibir, membuat bibir tetap lembut dan sehat karena banyak yang mengandung SPF. 

8. Serum

Sebenarnya ini skincare tambahan yang saya bawa saat kulit butuh perawatan tambahan. Terkadang jika kulit saya cukup sehat, saya akan memilih tidak membawa serum karena rata-rata serum menggunakan botol kaca yang cukup riskan dibawa.


Tips Membawa Skincare Saat Traveling

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kalian yang akan membawa skincare saat traveling:

skincare-yang-wajib-dibawa-saat-traveling

Pilih Produk Travel-Size

Gunakan produk skincare dalam ukuran travel-size untuk menghemat ruang dan mematuhi aturan cairan di bagasi kabin (maksimal 100 ml per item). Pindahkan produk skincare kalian ke dalam botol kecil yang dapat diisi ulang. Pastikan botol tersebut tertutup rapat untuk mencegah kebocoran.

Ukuran travel-size ini sangat penting demi menghemat ruangan dalam tas dan juga mempersingkat waktu saat pemeriksaan keamanan di bandara. Apalagi untuk traveler backpacker seperti saya yang jarang beli bagasi dan hanya mengandalkan tas ukuran kabin, produk travel-size ini sudah pasti wajib dilakukan.

Kemas dalam Plastik Ziplock atau Pouch Anti Air:

Simpan skincare dalam kantong plastik ziplock atau pouch anti air. Biasanya saat traveling ke tempat yang dingin, botol berisi skincare akan cenderung mudah menggembung sehingga rawan bocor atau meletus. 

Dengan menggunakan plastik Ziplock atau pouch anti air, kalian bisa menghindari tumpahan yang bisa merusak barang-barang lain di dalam tas. 

Bawa Produk Multifungsi

Pilih produk yang memiliki lebih dari satu fungsi. Contohnya pelembap dengan SPF atau pembersih yang juga berfungsi sebagai makeup remover

Prioritaskan Produk Penting

Fokus pada produk yang benar-benar penting dan esensial untuk rutinitas skincare. Jangan bawa terlalu banyak produk agar tas tetap ringan dan ringkas.

Misalnya serum, saat sedang breakout saya biasanya menggunakan 2-3 serum untuk perawatan tambahan. Namun saat traveling, saya hanya akan membawa 1 serum yang bisa digunakan saat siang dan malam hari.

Cek Aturan Maskapai

Periksa aturan maskapai mengenai cairan dan kosmetik. Biasanya, cairan harus disimpan dalam wadah maksimal 100 ml dan dimasukkan ke dalam satu kantong plastik transparan berukuran 1 liter.

Gunakan Produk dalam Bentuk Padat

Jika memungkinkan, pilih produk dalam bentuk padat seperti sabun batang, balm pembersih, atau stik pelembap untuk menghindari masalah cairan di bagasi kabin.

Simpan Skincare di Tempat yang Mudah Diakses

Simpan produk yang sering digunakan, seperti lip balm atau body lotion, di tempat yang mudah dijangkau, seperti tas tangan atau ransel.

Lindungi dari Suhu Ekstrem

Jangan biarkan produk skincare terkena suhu ekstrem terlalu lama. Misalnya, jangan meninggalkan produk di dalam mobil yang panas atau di tempat yang sangat dingin.

Labeli Botol dan Wadah

Biasanya wadah dan botol isi ulang atau travel-size polos tanpa label. Untuk itu, berilah label pada botol dan wadah untuk memudahkan identifikasi dan menghindari kebingungan saat akan digunakan.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, kalian akan bisa menjaga rutinitas perawatan kulit tetap teratur dan efisien selama perjalanan. Dengan begitu kalian akan bisa memastikan kulit tetap sehat dan terlindungi di mana pun kalian berada.

Nah, itu dia skincare yang biasanya saya bawa saat traveling. Kalau kalian, apakah sama atau ada tambahan produk skincare lainnya yang dibawa saat traveling? Yuks share di kolom komentar ya. (EKW)

Comments

  1. Aku termasuk orang yang suka banget ngumpulin pouch dan botol-botol kecil untuk traveling, karena kan kalau traveling jadinya mudah. Misal bawa keluarga, ya anak-anak aku siapin peralatan masing-masing juga, anggap aja camping!

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget kak, pouch dan botol-botol kecil itu berguna banget, terutama jika traveling bareng anak-anak.

      Delete
  2. Aah iyaa. Kalau traveling pakai pesawat juga harus mempertimbangkan jumlah cairan yg boleh dibawa yaa. Biasanya aku bawa facial wash dan sunscreen aja. Kalo yg lain sih gampang, bisa dibeli di minimarket di kota / kabupaten tujuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar kak, ada kuota maksimal cairan kalau traveling pakai pesawat. Makanya kalau pergi lama dan harus pakai pesawat, ada beberapa produk yang saya tinggal di rumah dan lebih memilih beli yang baru di kota tujuan.

      Delete
  3. Baru tahu kalau ada aturan maskapai untuk skincare. Yang pasti saya harus banget bawa sunscreen dan facial wash ya. Kulit harus tetap ternutrisi walau di perjalanan, tapi jangan juga sampai ribet karena rangkaian urutan skincare

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang ada kak. Makanya gak bisa bawa ukuran lebih dari 100ml kalau cuma bawaan kabin saja. Di atas 100ml wajib masuk bagasi.

      Delete
  4. mirip-mirip aja nih skincare yang dibawa pas travelingnya sama aku. cuma aku nggak bawa masker sama body lotion kayaknya

    ReplyDelete
  5. Oh iyaya, bawa dalam zip lock biar kalau ada apa-apa tetep aman.
    Aku gak kepikiran banget. Dan dulu pernah donk, pas travelling bawa ukuran segede-gede gaban, karena aku pikir bakalan lama di destinasi wisata.
    ...endingnya, tas khusus skincare sama kosmetik aku malah ILANG.
    Ya Allaah, sedihnya luar biasa.. karena ilangnya pas mau berangkat, bukan pas sampai tujuan.

    Itu yaa.. ka, jadi pelajaran banget buatku kalo bepergian beneran kudu prepared yang travel sized dan yang punya banyak fungsi. It's true.

    ReplyDelete
  6. Sunscreen itu wajib kudu harus banget sih ya, pokoknya apapun dan di mana pun wajib banget deh bawa barang satu ini, lotion juga biar kulit lembab tiap saat :)
    pluuuuusss facial wash, duuhh jangan sampe deh gak cuci muka setelah seharian bepergian ya :)

    ReplyDelete
  7. sunscreen harus wajib dibawa kemana pun yaa apalagi bila travelingnya ke pantai atau daerah yang cuacanya panas. facial wash dan moisturizer juga penting agar kulit tetap bersih dan terjaga kelembapannya

    ReplyDelete
  8. Samaan semua barang-barang tersebut wajib ada kalau saya traveling, biarpun traveling perawatan kulit tetp wajib dilakukan

    ReplyDelete
  9. Krn Aku sendiri tipe yg sangat disiplin utk urusan skincare, jadi memang 10 steps layer ga pernah aku skip mba. So mau traveling kemanapun, pasti kotak skincare aku bawa 😁🤭. Itu juga alasan kenapa aku selalu pakai koper, dan kalo naik low cost airlines pasti beli bagasi. Skincare yang sendiri udh lumayan berat, belum ditambah makeup 😂.

    Mungkin krn udh biasa kali ya, jadi kalo ada yg diskip berasa ga enak aja sih. Cth nya kayak sleeping mask atau face oil, aku ga mungkin ga pake pas malam.

    ReplyDelete

Post a Comment