Belajar Dalam Diam, Berkarya Dalam Sunyi

Langkah-langkah kaki kecil terdengar menapak di halaman bangunan dengan dominasi warna putih dan ungu. Sesekali terlihat ayunan tangan dan jemari di udara. Sesekali gelak tawa teredam dan senyum menghiasi wajah-wajah kecil para santri.

Pesantren ABATA di Temanggung adalah pesantren untuk para siswa disabilitas tunarungu. Saat ini, tercatat ada 49 siswa tunarungu yang menjadi santri di pesantren ini. Founder dan Direktur Yayasan ABATA Temanggung, Mukhlisin Nuryanta mengungkapkan bahwa pesantren ini didirikan dan didedikasikan dari kebutuhan para orang tua yang memiliki anak tuna rungu agar bisa mendapatkan akses pendidikan yang baik.

Kebutuhan ini pun dilihat dan diarahkan melalui program CSR XL AXIATA PEDULI DISABILITAS dengan tema “Program Pelatihan Literasi Digital Santri Tunarungu Pesantren ABATA”. Untuk program ini, XL Axiata bekerjasama dengan Komunitas Bloggercrony Indonesia, Yayasan Benih Baik Indonesia, dan Yayasan Indah Berbagi. 

Rangkaian pelatihan literasi digital bagi santri disabilitas rungu ini diselenggarakan pada tanggal 2-6 Juni 2023. Para peserta akan diajarkan bagaimana cara meningkatkan dan memanfaatkan sarana digital yang ada. 

Pengenalan Internet dan Alat Digital

Materi literasi digital yang diberikan adalah seputar pengenalan internet dan alat digital, di mana para santri tunarungu diajarkan untuk mengenal internet dan alat digital seperti tablet untuk mendukung pembuatan konten foto dan video yang bisa dibagikan lewat media sosial. 

Pengenalan internet dan alat digital oleh fasilitator Bloggercrony, Kak Fawwaz Ibrahim
(Pic by Yayasan Indah Berbagi)

Materi ini diajarkan oleh mentor dari BCC, Kak Fawwaz Ibrahim yang juga memperkenalkan berbagai sosial media yang bisa digunakan untuk membantu pelajaran atau berbagi ilmu dengan orang lain tentang apa pun yang menjadi minat masing-masing individu. 

Setelah itu, para santri dipilih berdasarkan peminatan dan dipecah menjadi 2 kelompok, yaitu kelas workshop fotografi yang diikuti oleh 8 santri dan kelas workshop videografi yang diikuti oleh 8 santri.

Workshop Fotografi

Pelatihan Fotografi dilakukan selama 3 hari, oleh kak Satto Raji didampingi oleh Fawwaz Ibrahim dari Komunitas Bloggercrony Indonesia. Materi Workshop dimulai dari perkenalan tentang dasar fotografi, sudut pengambilan gambar hingga proses editing foto. Selain itu, mereka juga diajarkan cara membuat karya dan konten foto yang positif. 

workshop-fotografi-pesantren-abata
Para santri Pesantren ABATA terlihat sedang melakukan praktik fotografi
(Pic by Yayasan Indah Berbagi)

Ke delapan peserta terlihat sangat antusias ketika melakukan praktik lapangan dengan mengambil beberapa foto dari angle atau sudut pandang yang berbeda-beda. Hasilnya kemudian akan diedit dan dievaluasi oleh para mentor sehingga menjadi bahan pembelanjaran untuk meningkatkan keterampilan fotografi para siswa.

Workshop Videografi

Pelatihan minat yang berikutnya adalah pelatihan videografi dengan mentor kak Akbar Muhibar dan didampingi oleh Bowo Susilo dari Komunitas Bloggercrony Indonesia. Pada pelatihan ini, para peserta diajarkan bagaimana cara pengambilan video, serta editing video menggunakan beberapa aplikasi editing. 

Workshop videografi dengan mentor kak Akbar Muhibar dari Bloggercrony
(pic by Yayasan Indah Berbagi)

Setelah itu, peserta pun dibagi menjadi 2 kelompok dan diberi tugas untuk membuat video perkenalan Pesantren ABATA yang bisa dipublish di media sosial. 

Tak disangka-sangka, salah seorang santri ternyata sudah cukup lihat menggunakan aplikasi editing CapCut sehingga proses belajar editing video pun menjadi lebih lancar dan cepat. Benar-benar belajar dalam dalam diam dan berkarya dalam sunyi yang sesungguhnya. Tim sosmed Pesantren ABATA pun mengaku senang melihat hasil karya perdana para santri ini karena dianggap memenuhi standar untuk tayang di berbagai platform sosial media Pesantren Abata. 

Komitmen XL Axiata Peduli Untuk Para Disabilitas

Rangkaian program di Pesantren ABATA ini dimaksudkan mendukung disabilitas Tunarungu untuk memiliki kesempatan yang setara dalam mengembangkan potensi dirinya sebagai kreator konten media sosial. Selain itu, program ini juga akan mendukung disabilitas Tunarungu dalam menyampaikan ide maupun pesan edukasi kepada publik dan juga untuk mengeskpresikan diri lewat keterampilan digital.

Ikut hadir pada sesi ini, salah satu Content Creator Tunarungu yaitu Hastu Wijaya, yang berbagi pengalaman tentang kiat-kiat membuat konten menarik, khususnya bagi para disabilitas. Kak Hastu menceritakan pengalamannya ketika pertama kali membuat konten disabilitas rungu yang bisa dinikmati dan dipelajari oleh siapa saja. Konsistensi dalam berkarya menjadi kunci untuk menjadi content creator yang baik.

Pada kesempatan kali ini, PT XL Axiata Tbk yang diwakili oleh Head Of Sustainability and Internal Communication XL Axiata, Yudha Perdana juga memberikan bantuan berupa 5 buah tablet yang bisa digunakan untuk menunjang pembelajaran literasi digital para santri di Pesantren ABATA.

XL-Axiata-Peduli-Disabilitas
Penyerahan bantuan 5 tablet untuk pesantren ABATA oleh XL Axiata Peduli

pelatihan-literasi-digital-xl-axiata-peduli
Seluruh tim fasilitator dan peserta di Pesantren Abata, Temanggung
(Pic by Yayasan Indah Berbagi)

Ke depannya, XL Axiata berkomitmen untuk terus mengembangkan program ini. XL Axiata juga berharap ke depannya program ini akan bisa menjadi lebih besar lagi dan lebih banyak bermanfaat untuk para disabilitas di Indonesia. Lewat program XL Axiata Peduli ini, perusahaan ingin agar lebih banyak sektor yang bisa memberikan kesempatan kepada para penyandang disabilitas untuk mengembangkan potensi mereka di tengah keterbatasan yang ada. 

6 hari di Pesantren ABATA benar-benar menorehkan pengalaman yang tak terlupakan, baik untuk para santri, maupun bagi tim fasilitator dan relawan. Di sini, kami belajar untuk belajar dalam diam dan terus berkarya dalam sunyi. Biarlah karya kami dan mereka yang berteriak lantang untuk didengarkan. (EKW)


Comments

  1. Semuanya bisa jadi content creator asal jangan patah semangat dan konsisten, adek-adek disabilitas harus diberikan pendampingan agar semakin pede dan memberikan pengaruh baik untuk teman-teman lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget kk.. yang penting mau terus belajar dan berusaha, semuanya bisa menjadi apa pun yang mereka inginkan.

      Delete
  2. Wah keren banget, semoga XL terus membuat program program bermanfaat seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Memang keren banget programnya XL. makanya senang banget bisa ikut terlibat di acara ini.

      Delete
  3. Yes pesantren modern jaman now sudah lebih mengikuti tren ya, jadi dapat keduanya baik dunia maupun akhirat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mbak. Pesantren juga tidak melulu konservatif, ada juga yang mengadopsi pelajaran digital seperti Pesantren Abata ini.

      Delete
  4. Sampai di bagian penutup artikel, aku merasakan haru. Senang sekali atas komitmen dari XL Axiata yang bertindak nyata memberikan pengetahuan serta mendukung teman-teman disabilitas untuk turut menggaungkan karya. Semoga apa yang sudah adik-adik di sana pelajari, memberi dampak besar bagi kehidupan mereka di masa depan nantinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin ya rabbal alamin. Melihat semangat mereka saat belajar tuh asli jadi terharu banget euy.

      Delete
  5. Adek-adeknya mesti pada seneng banget dapat ilmu digital ini. Semoga bermanfaat dan mereka bisa menerapkannya dalam konten-konten yang positif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka sangat senang mendapat pelajaran dan pengalaman baru ini. Beberapa bahkan sudah terlatih mengedit video lho. Tinggal diarahkan untuk rutin membaut konten-konten bermanfaat.

      Delete
  6. MasyaAllah aku salut dan apresiasi semua pihak yang terlibat di acara ini. Semoga benar2 bisa membawa manfaat dan berkah bagi semua, dan para santri khususnya. Semua bisa berkarya, tidak ada batasan walaupun tidak semua orang punya kondisi yang normal. Tapi kesempatan itu sama. Bisa dari mana saja. Bahkan dari pesantren sekalipun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya kak berkat kerja sama semua pihak acara di pesantren ini berjalan lancar. Semuanya bisa ikut belajar dan membuat karya bersama-sama.

      Delete
  7. Baru tahu ada pesantren yang khusus disabilitas dan mereka juga memiliki tim sosmed ya? Keren sekali. Diajarin teknik ambil foto dan video jd pasti lbh oke lagi nih postingan sosmednya ya.
    Ternyata XL punya program buat disabilitas juga ya, keren nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kalau gak ikutan acara ini juga gak bakal tahu ada pesantren disabilitas ini. Ternyata mereka semua keren-keren dan antusias banget, saya jadi banyak belajar dari semangat mereka untuk belajar nih.

      Delete
  8. MasyaAllah keren nih adik-adik mau belajar edit foto dan video. Semoga bisa jadi bekal keterampilan di luar akademik ya. Siapa tau besok kerjanya di ranah digital, pasti ilmunya bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa anak memang ada yang udh mahir edit foto lho. Mereka sudah paham beberapa aplikasi seperti canva dan capcut.
      Memang luar biasa mereka itu.

      Delete
  9. Salut sama XL Axiata dan Bloggercrony. Bahwasanya teman-teman disabilitas juga perlu didukung potensi dan kelebihannya, tanpa harus selalu dipandang 'kasihan'. Semoga terus berkelanjutan ya programnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, kerjasama XL Axiata dan Bloggercrony kali ini sukses bikin terharu dan meneteskan air mata. Mereka memang luar biasa antusiasnya euy.

      Delete
  10. Sebagai sesama penyandang disabilitas saya mengerti banget akan keterbatasan yang kita punya, tapi semua keterbatasan itu gak menghalangi kita untuk tetap bisa berkreativitas dan berkarya. Salu banget nih program csr XL untuk disabilitas tuanrunggu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meski ada keterbatasan, yang penting tetap selalu semangat untuk terus belajar dan berkarya, ya kak.

      Delete
  11. Program dari XL ini sangat bermanfaat ya buat teman² disabilitas, sehingga bisa membuat mereka makin berdaya. Semoga terus berkelanjutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali kak, program CSR XL Axiata ini memang dikhususkan untuk teman-teman disabiltas agar mereka bisa berdaya dan berkarya

      Delete
  12. Salut dan bangga dgn tim Bloggercrony dan yayasan lainnya yg mau meluangkan waktu dan tenaga utk berkontribusi di pelatihan literasi digital ini. Dgn pelatihan ini semoga bisa membuka peluang mereka utk berkarya di dunia digital.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bloggercrony memang punya kerjasama tim yang apik dan kompak. Bangga bisa menjadi bagian dari BCCSquad di pelatihan literasi digital bersama XL Axiata ini.

      Delete
  13. Bangga melihat adik-adik disabilitas tunarungu di pesantren ABATA semangat belajar bikin konten foto dan videografi. Berlanjut terus program CSR XL Axiata Peduli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, adik-adik ini semangat belajarnya luar biasa euy. Sampai terharu melihatnya.

      Delete
  14. Aku salut banget dengan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, baik dari para pemateri yang luar biasa, adik-adik di pesantren yang pastinya belajar dengan penuh semangat meskipun dengan keterbatasan mereka, dan juga dukungan dari XL Axiata. Semoga program seperti ini bisa berkelanjutan ya. Aamiin.

    ReplyDelete
  15. Senangnya karena mereka tetap dilirik dan dibantu apalagi sekelas XL Axiata itu sungguh sangat dinanti oleh mereka
    Semoga selalu bersinergi dan istiqomah dalam memberikan perhatian dan bantuan pada mereka yang membutuhkan

    ReplyDelete
  16. Semua memiliki kemampuan tersendiri termasuk adik-adik ini, terima kasih Abata dan XL Peduli serta seluruh orang yang terlibat dalam pelatihan skill yang baik untuk adik2 ini.

    ReplyDelete
  17. Keren banget kegiatan Bloggercrony! Apalagi ketemu mitra yang beneran care kayak XL Axiata begini ya, jadi kegiatan-kegiatan sosial pun bisa berjalan dengan lancar. Moga makin menebar manfaat dan inspirasi.

    ReplyDelete
  18. Kegiatan CSR XL Axiata yakni memberikan pelatihan di abata Temanggung ini keren banget. Apalagi materinya up to dateng dengan perkembangan jaman saat ini. Sukses untuk XL Axiata dan bloggercrony

    ReplyDelete

Post a Comment