Komitmen Sharp Untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan di Indonesia

Konten [Tampil]

Selama beberapa hari terakhir, beberapa grup Whatsapp saya mulai berceloteh soal hari-hari yang terasa sangat panas. Pemanasan global yang semakin jelas terlihat membuat kita harus lebih aware dalam merawat dan menjaga lingkungan hidup di sekitar kita. Mulai dari menghijaukan halaman rumah, hingga menggunakan produk-produk ramah lingkungan di dalam rumah. 

Ilustrasi Pelestarian Lingkungan (Pic. Shutterstock)

Salah satu brand yang telah berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup di Indonesia lewat produk-produk hijaunya adalah Sharp Indonesia. Dengan jutaan produknya yang telah digunakan di rumah-rumah di seluruh Indonesia, Sharp Indonesia membuktikan kualitas produknya sebagai yang terbaik.

Keunggulan Sharp Indonesia

Sharp Indonesia merupakan anak perusahaan dari Sharp Corporation, sebuah perusahaan teknologi asal Jepang yang didirikan pada tahun 1912. Sharp Indonesia didirikan pada tahun 1970 dan bergerak di bidang elektronik dan peralatan rumah tangga, seperti televisi, pendingin udara, mesin cuci, kulkas, dan sebagainya. Selain itu, Sharp Indonesia juga menyediakan solusi bisnis dan layanan purna jual untuk produk-produk mereka.

Produk-produk Sharp Indonesia memiliki beberapa keunggulan yang membedakannya dari produk-produk lain di pasaran. Beberapa di antaranya adalah:

  • Kualitas gambar dan suara yang baik: Produk-produk Sharp Indonesia, terutama televisi, terkenal dengan kualitas gambar dan suara yang jernih dan tajam. Hal ini karena Sharp menggunakan teknologi terbaru dalam proses produksinya.

  • Desain yang elegan dan modern: Produk-produk Sharp Indonesia memiliki desain yang elegan dan modern, sehingga cocok untuk diletakkan di ruangan mana saja.

  • Efisiensi energi: Produk-produk Sharp Indonesia dirancang untuk menghemat energi sehingga ramah lingkungan dan dapat membantu pengguna menghemat biaya listrik.

  • Teknologi pintar: Produk-produk Sharp Indonesia dilengkapi dengan teknologi pintar, seperti layanan streaming dan konektivitas Wi-Fi, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengakses konten digital mereka.

  • Keandalan dan daya tahan: Produk-produk Sharp Indonesia terkenal dengan keandalan dan daya tahan yang tinggi, sehingga dapat bertahan lama dan tidak mudah rusak.

Booth pameran Sharp Indonesia (Pic. Sharp Indonesia)

Itulah beberapa keunggulan produk Sharp Indonesia yang dapat membuatnya menjadi pilihan yang baik bagi konsumen yang mencari produk elektronik berkualitas dan handal.

Komitmen Ramah Lingkungan

Sharp Indonesia memiliki komitmen untuk memproduksi produk-produk yang ramah lingkungan dan berusaha untuk mengurangi dampak lingkungan dari kegiatan produksinya. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengoptimalkan efisiensi energi pada produk-produknya.

Produk-produk Sharp Indonesia menggunakan teknologi yang dirancang untuk menghemat energi, seperti teknologi pengaturan cahaya belakang yang cerdas pada televisi LCD dan teknologi pendinginan yang efisien pada pendingin udara. Produk-produk tersebut diklaim dapat menghemat energi hingga 50% dibandingkan dengan produk-produk serupa yang diproduksi oleh perusahaan lain.

Dengan menghemat energi, produk-produk Sharp Indonesia dapat membantu mengurangi konsumsi energi dan emisi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh kegiatan produksi dan penggunaan energi. Hal ini dapat membantu mempercepat pelestarian lingkungan dan menjaga keberlangsungan hidup di planet ini.

Selain itu, Sharp Indonesia juga berkomitmen untuk mendaur ulang dan meminimalkan penggunaan bahan-bahan berbahaya pada produk-produknya. Semua produk Sharp Indonesia memenuhi standar lingkungan yang ketat, termasuk standar RoHS dan WEEE, yang bertujuan untuk mengurangi dampak lingkungan dari sampah elektronik. Dengan demikian, produk-produk Sharp Indonesia dapat membantu mengurangi limbah elektronik dan memperpanjang umur pakai produk.

Program CSR Pelestarian Lingkungan

Sharp Indonesia memiliki berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) di bidang lingkungan untuk mendukung keberlanjutan lingkungan dan membantu mengurangi dampak lingkungan dari kegiatan bisnisnya. Beberapa program CSR Sharp Indonesia di bidang lingkungan antara lain:

  • Penghijauan dan penanaman pohon: Sharp Indonesia melakukan kegiatan penanaman pohon secara rutin untuk membantu memperbaiki kondisi lingkungan dan mengurangi emisi gas rumah kaca. Sejak 2003, Sharp Indonesia telah menanam lebih dari 175.000 pohon di berbagai wilayah di Indonesia.
  • Pengelolaan sampah: Sharp Indonesia memiliki program pengelolaan sampah yang bertujuan untuk mengurangi limbah dan meminimalkan dampak lingkungan dari sampah elektronik. Perusahaan ini bekerja sama dengan mitra lokal untuk mendaur ulang sampah elektronik dan mengurangi limbah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir.
  • Edukasi lingkungan: Sharp Indonesia juga menyelenggarakan program edukasi lingkungan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan. Program ini dilakukan melalui kegiatan seperti seminar, workshop, dan pengajaran di sekolah-sekolah.

  • Hemat energi: Sharp Indonesia juga mendorong penggunaan produk-produk hemat energi dan berusaha untuk mengurangi dampak lingkungan dari kegiatan bisnisnya dengan mengoptimalkan efisiensi energi di pabrik-pabriknya dan kantor-kantornya.

  • Penyediaan air bersih: Sharp Indonesia memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat yang tinggal di daerah yang kurang air bersih. Hal ini dilakukan untuk membantu memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dan mendorong kesejahteraan sosial.

Program-program CSR Sharp Indonesia di bidang lingkungan ini bertujuan untuk memperbaiki kondisi lingkungan dan membantu mengurangi dampak lingkungan dari kegiatan bisnisnya. 

Sharp Greenarator

Salah satu kontribusi Sharp Indonesia bagi lingkungan adalah dengan berdirinya Sharp Greenerator pada tahun 2015 yang menjadi bagian yang tak terlepaskan dari Sharp Indonesia. Sharp Greenerator merupakan komunitas anak muda yang memiliki kecintaan pada lingkungan. 

Komunitas ini  dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan generasi muda mengenai arti pentingnya pelestarian lingkungan dan konservasi keanekaragaman hayati. Selain itu komunitas ini juga akan menjadi agen perubahan bagi lingkungan di sekitarnya. 

Sharp Greenerator (Pic. Sinikini)

Program komunitas Sharp Greenerator ini juga didukung oleh beberapa lembaga, yaitu Pusat Konservasi Tumbuhan – Kebun Raya Bogor ( LIPI ), Transformasi Hijau, WWF Indonesia, Yayasan BOS, dan Yayasan TERANGI.

Dengan komitmen penuh dan berbagai langkah nyata yang telah dijalankan selama bertahun-tahun, Sharp Indonesia telah membuktikan dirinya sebagai agen penjaga kelestarian lingkungan di Indonesia dan berkontribusi nyata dalam membuat perubahan yang lebih hijau dalam produk-produknya. (EKW)

Comments