Wednesday, November 30, 2022

Kerja dan Traveling Tetap Lancar di Trip 3 Negara Berkat JavaMifi

Saat diajak oleh teman saya untuk mengunjungi Vietnam, saya pun langsung mengiyakan. Proses selanjutnya pun berlangsung cukup cepat, hanya sekitar 1 bulan saja, mulai dari bikin grup, bikin paspor, bahas destinasi mana saja yang akan dikunjungi hingga ke jenis transportasi dan akomodasi yang akan kita pilih.

traveling-ke-3-negara

Seminggu sebelum keberangkatan kami, kami pun mencari provider wifi yang bisa digunakan bertiga di 3 negara. Harap mahfum, pekerjaan kami bertiga sebagai freelancer mengharuskan kami setidaknya seminggu sekali harus terhubung dengan internet untuk menyelesaikan pekerjaan yang tidak bisa ditinggal. 

Itu sebabnya pilihan kami jatuh pada JavaMifi karena dengan satu router modem, bisa digunakan hingga 5 gadget dan bisa menjangkau beberapa negara sekaligus dengan satu modem. Dengan begitu kami bisa leluasa berselancar di dunia maya tanpa harus bolak-balik cabut kartu dan merelakan salah satu handphone kami untuk dijadikan 'modem'.

Setelah urun rembug ide dan usulan, akhirnya pada tanggal 10 November lalu, kami pun berangkat dari Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng menuju ke negara pertama, Singapura.

Mudah Isi Singapore Arrival Card

Singapura adalah negara tempat kami transit selama kurang lebih 20 jam sebelum kami melanjutkan perjalanan keesokan harinya. Begitu pesawat kami mendarat di Bandara Changi pukul 12.30 siang waktu setempat, kami pun sejenak berkeliling di Changi yang terkenal sebagai salah satu bandara terbaik di dunia. 

traveling-ke-3-negara

Setelah itu, saya pun berniat untuk keluar menikmati sejenak suasana tengah kota Singapura dan mengunjungi Garden by The Bay. Sebelum keluar, kami pun langsung mengisi data pada SG Arrival Card secara online. Router JavaMifi langsung tersambung begitu saya menyalakannya sehingga proses pengisian data secara online pun menjadi sangat mudah.

Kerja Dari Manapun di Vietnam

Begitu sampai di Vietnam, kami pun lansung menuju ke kantor travel Sapa Express yang beradai di tengah kota Hanoi. Sembari menunggu bus yang akan menjemput kami, saya pun segera membuka laptop dan mengerjakan semua file dan data, lalu segera mengirimkan beberapa dokumen yang harus dikerjakan. 

Maklum, hari dimana kami tiba di Vietnam adalah hari deadline salah satu terjemahan komik online yang saya lakukan. Tapi semua pekerjaan menjadi lancar jaya dan saya bisa terhubung dengan server di negeri Tiongkok tanpa kendala apapun dan sinyal broadband internet yang stabil.

kerja-tetap-lancar-berkat-javamifi

Cara Pesan JavaMifi 

Ketika memposting di rangkaian perjalanan saya di 3 negara, beberapa teman saya pun menanyakan bagaimana cara bisa tetap ngetrip sembari work from anywhere (WFA).

Tentu saja JavaMifi pun menjadi jawabannya. JavaMifi ini bisa dipesan langsung lewat situs resminya,  lewat agen, atau disewa langsung dari booth JavaMifi di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Banten dan Terminal 2 Bandara Juanda, Sidoarjo.

Jika lewat situs resminya, setelah mengisi data pribadi, kita akan diminta untuk memilih cara pengambilan modem. Pengambilan modem bisa dilakukan dengan beberapa cara antara lain dikirim ke rumah/ kantor, self pick-up di kantor Javamifi terdekat, atau self pick-up di bandara. 

Kami pun memilih untuk mengambil di terminal 3 bandara Soekarno Hatta karena kebetulan penerbangan kami pun berada di terminal 3.  Tinggal menunjukkan form yang telah diisi dan modem JavaMifi pun bisa ikut menyertai perjalanan kami.

Paket wifi yang kami pilih adalah 4G Wifi South East Asia Unlimited Savvy dengan kapasitas 1G per hari (FUP). Proses pembayarannya pun mudah. Jika membayar menggunakan kartu kredit atau debit tidak perlu memberikan uang deposit. Namun jika membayar menggunakan transfer bank, maka ada deposit sebesar 500 ribu yang akan dikembalikan saat pemakaian selesai dan kita mengembalikan router modemnya.

paket-router-javamifi

Cara Kerja Javamifi

Sebenarnya, bagaimanan sih  cara kerja router wifi Javamifi ini? Cara kerjanya ternyata sangat sederhana. Begitu sampai di negara tujuan, saya tinggal menyalakan router Javamifi dan kemudian router akan secara otomatis terhubung dengan jaringan 4G di negara tersebut. 

Router ini terasa berguna sekali saat traveling ke beberapa negara sekaligus seperti saya dan teman-teman yang menjelajahi tiga negara ASEAN karena router akan otomatis terhubung ke jaringan di negara manapun kami berada.

Begitu router wifi terhubung dengan jaringan 4G lokal, saya bisa menghubungkan router Javamifi hingga 5 gadget (handphone ataupun laptop) ke router tersebut. Kirim data, isi kuesioner, update status di sosial media, buka googlemaps, hingga melakukan transaksi internet banking pun menjadi lancar.  Jadi bisa sambil kerja di cafe, hotel, stasiun kereta ataupun homestay di manapun dengan koneksi broadband yang lancar. 

kerja-tetap-lancar-berkat-javamifi

Kulineran di Malaysia

Secara sudah kangen dengan beberapa kuliner khas Malaysia, maka trip kali ini pun saya mengunjungi beberapa kota di Malaysia, yaitu Kualalumpur, Ipoh dan Penang. Ketiga kota ini memang terkenal dengan kulinernya yang sedap dan terjangkau harganya. 

Kualalumpur dengan teh tarik dan nasik lemaknya, Ipoh dengan white coffee dan nasi ganjanya (disclaimer: ini cuma nama saja, sebenarnya ini nasi kandar kok), dan Penang dengan curry mee yang lezat sudah barang tentu tidak akan dilewatkan. Mau cari info tentang kuliner lainnya pun bisa dengan mudah browsing berkat koneksi internet lancar dari JavaMifi. (EKW)



35 comments:

  1. Wah ini sangat Membantu Traveller banget mbak, daripada kesulitan dapetin internet dan koneksi selama disana ๐Ÿ˜ญ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. meski pindah-pindah transportasi dan kota, saya masih bisa terus online sambil buka google maps buat nyari jalan dan destinasi unik di 3 negara itu. Pokoknya JavaMifi membantu banget deh

      Delete
  2. Wah praktis banget nih modem Javamifi ini๐Ÿ˜. Kerjaan jadi tetep lancar walopun sambil traveling. Harganya di kisaran berapa tuh mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Javamifi untuk wilayah Asean ada 3 pilihan, 50rb, 70rb dan 90rb perhari. Bedanya di besaran kuota perharinya. Kalau untuk online cari jalan, googling destinasi wisata unik dan upload ke sosmed, paket 50rb perhari dengan kuota 1 GB per hari udh lebih dari cukup banget...

      Delete
  3. Paket wifi 4G Wifi South East Asia Unlimited Savvy dengan kapasitas 1G per hari (FUP) jadi masuknya murah banget ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak murah, tapi sinyalnya oke banget, lancar jaya. Waktu itu sempat ada masalah hilang sinyal pun langsung bisa segera diatasi oleh CSnya. Maklum waktu itu kita pindah-pindah kotanya sampai blusukan masuk desa-desa dan lembah gunung sih.

      Delete
  4. Akh asyik kali kamu mba and gengs, setuju dengan cara kerja freelancer ya nggak ada mati gaya di manapun kerja. Senang juga ini baca info Javamifi nggak perlu deposit. Enjoy dear...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah yaa... trip impulsif frelancer bertiga ini bisa menyenangkan karena bisa online terus selama di perjalanan. Jadi bisa berbagi cerita deh dengan yang lainnya berkat Javamifi

      Delete
  5. Wah senangnya kamu and gengs ya mba, semua dimudahkan apalagi Javamifi nggak perlu deposit ya dalam sistem pembayarannya. Enjoy dear...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, alhamdulilllah perjalanan jadi lancar berkat javamifi.. jadi bisa having fun selama perjalanan deh..

      Delete
  6. Mudah banget, apalagi lokasi self pick-up-nya juga ada di terminal 3 bandara Soetta. Jadi memudahkan banget karena jadi tetap bisa jalan santai tanpa kelimpungan cari koneksi internet termasuk mengorbankan salah satu ponsel buat jadi modem. Pas dibalikin, bisa di bandara juga kan ya? Atau ada alternatif pengembalian lainnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengembaliannya bisa di bandara juga, atau bisa lewat minimarket di dekat rumah. jadi mudah kan.

      Delete
  7. Perlu banget niiih wifi router kaya Javamifi. Spill harganya ya kaaa dan terima kasih informasinya. Seru banget bisa kerja dimana aja tanpa kendala internet :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. harganya ada beberapa macam, tergantung seberapa besar kuota per hari yang akan digunakan. Saya dan teman-teman menggunakan kuota 1G per hari dengan harga 70rb/hari.

      Delete
  8. Enak banget kak punya wifi yg bisa dibawa kemana mana. Memudahkan traveler bgt. Brrti klo ada itu gk perlu beli kartu tambahan di setiap negara ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. Kalau udh ada Javamifi udah gak perlu lagi beli kartu tambahan di setiap negara. jadi lebih hemat dan praktis kan.

      Delete
  9. Pas traveling ke Singapura, Malaysia, dan Vietnam bulan Juli 2022 lalu aku juga pake JavaMifi nih. Duh rajin amat traveling sambil kerja kak, nggak cuti? wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja sih cuti, tapi dikasih cutinya sebulan dong.. jadi berasa gak enak gitu kalo gak ngerjain apa2 seharian... jadi ya dibawa aja lah kerjaannya... biar bs posting di sosmed "Work from anywhere"
      wkwkwkwk

      Delete
  10. iya juga ya kalau ke luar negeri kadang kita harus ganti pakai kartu di sana biar internetnya murah. membantu sekali nih kalau ada javamifi ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cuma satu negara sih mungkin gak masalah ganti kartu, tapi kalau traveling ke beberapa negara itu rada repot kalau harus ganti kartu kan, makanya Javamifi membantu banget nih buat traveling antar negara

      Delete
  11. Gak khawatir tagihan gede juga kalau pakai Javamifi, ya. Lebih praktis dan irit. Bisa dipakai di berbagai negara

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, soalnya paketannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita, jadi bisa lebih irit kalau dipake bersama-sama

      Delete
    2. Betul.. betul.. betul.. pembelian paketnya bisa menyesuaikan budget dan kuota internet yang dibutuhkan.

      Delete
  12. Waaah jadi ga perlu beli kartu di negara tujuan. Langsung ON ya Mifi-nya. Solusi banget bawa JavaMifi buat trip pindah-pindah negara gini. Baterainya awet berapa lama ya kalau dipakai untuk 2-3 devices?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba. Begitu tiba di bandara negara tersebut, modem langsung dinyalakan dan wifi pun langsung bisa dipakai.
      kemarin saya bertiga dengan total 4 gadget bisa setengah harian sih, tp itu juga tiap ketemu colokan memang langsung auto dicharge jdnya gak pernah sampai habis batere tuh modem.

      Delete
  13. Wah enak nih pake WiFi router gini buat kalo travel ke luar negeri ya. Jadi tetap bisa kerja online ya, ga terkendala jaringan ๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, jadi bisa tetap update sosmed dan update kerjaan di mana saja...

      Delete
  14. Wahh keren banget kayaknya ini jadi rujukan sih yaa drpd ribet bingung kuota internet di luar negeri, mending kantongin javamifi ya nggaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul.. betul.. betul... biar gak ribet gonta-ganti kartu kalau pindah negara.

      Delete
  15. Oh jadi router Javamifi ini minjem gitu ya. Catet deh karena pasti bermanfaat saat kita pergi ke luar negeri. Gak perlu bingung kan kalau mau internetan apalagi kalau sambil kerja juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak. sistemnya minjem nanti dikembalikan lagi. Dikembalikannya juga bisa di minimarket terdekat kak.

      Delete
  16. Seru banget ya kerja, ya traveling.. bisa kemana-mana lebih mudah dan nyaman ada Javamifi

    ReplyDelete
    Replies
    1. antara seru dan hectic. Soalnya di saatnya yang lainnya sudah tidur, saya masih berkutat sama kerjaan.

      Delete
  17. Skr tiap kali traveling aku selalu sewa modem javamifi mba. Setelah bandingin Ama provider lain, javamifi sih yg terbaik.

    Soal ya duluuu pas ke Jepang , aku pake modem dari brand lain, dan itu sempet mati di sana, trus batrenya ga awet. Memang sih mereka nyediain powerbank, tapi kan ga praktis juga buatku.

    Trus pas ke US, Ama trip Dubai dan Turki ya g terbaru,, aku pake javamifi. Itu lancaaar bangettt, kuat sinyalnya daaaan batre seharian pake di US cuma berkurang tigaperempat !. Pas pake di Dubai Turki, berkurang banyak, tapi ttp aja msh nyala. Makanya dari situ aku jadi tau batrenya lebih kuat dibanding yg lain. Jadi aku charge lagi pas di hotel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget ya Javamifi memang juara buat teman traveling. Apalagi baterenya lumayan awet. Bayangkan setiap hari tuh modem tersambung 4 gadget lho.. tp gak pernah tuh sampai habis banget.

      Delete

Popular Posts