Wednesday, October 26, 2022

Dari Pantai ke Pantai di Halmahera Utara

Angin berhembus dengan kencang saat saya menjejakkan kaki di dermaga kayu Pelabuhan Tobelo. Beberapa teriakan dari pemilik kapal motor lainnya memberikan tanda agar penumpang yang akan menyeberang dan telah membeli tiket untuk segera menaiki kapal. Usai tugas negara di Kabupaten Pulau Morotai, Kabupaten Halmahera Utara pun menjadi destinasi berikutnya di Provinsi Maluku Utara yang harus saya jelajahi.  

Traveling-ke-Maluku-Utara

Kabupaten Halmahera Utara dengan Tobelo sebagai ibukotanya, merupakan salah satu kabupaten yang memiliki garis pantai yang panjang. Dengan luas wilayahnya yang mencapai lebih dari 3.892 kilometer persegi, wilayah Halmahera Utara terbentang mulai dari ketinggian gunung berapi Dukono setinggi 1.087 mdpl, hingga ke kedalaman lautannya yang mempesona.

Kala itu, saya cuma punya waktu 2 hari untuk menelusuri area Halmahera Utara. Memang, 2 hari itu waktu yang sangat singkat jika mengingat luas Kabupaten Halmahera Utara yang mencapai 3.892 kilometer persegi. 

Halmahaera Utara memiliki banyak pantai, mulai dari yang berpasir hitam, hingga berpasir putih, mulai dari yang berombak kecil sampai berombak besar.`Nah, jika ingin marathon mengunjungi pantai di Halmahera Utara selama satu hari penuh, berikut ini beberapa pantai yang bisa dikunjungi: 

1. Pantai Teluk Bongo

Pantai Teluk Bongo merupakan wisata andalan di Tobelo. Pantai ini terletak di kecamatan Galela, sekitar 30 kilometer atau 40 menit berkendara dari dermaga penyeberangan Pelabuhan Tobelo. Pasir pantai ini berwarna hitam legam. Saat mengunjungi pantai ini, terlihat beberapa kapal nelayan yang bersandar di pantainya.

pasir-pantai-hitam-halmahera-utara

Namun daya tarik dari pantai ini bukan pada pasirnya yang hitam, namun pada area bernama Tanjung Bongo. Dengan tarif sekitar 25 ribu per orang atau sewa kapal 150 ribu, pengunjung bisa diajak menyeberang ke teluk di sekitar pantai Teluk Bongo bernama Tanjung Bongo.

Tanjung Bongo memiliki gugusan pulau-pulau karang kecil yang menawan dan air laut yang jernih. Aneka warna terumbu karang yang cantik pun bisa terlihat dengan jelas di kedalaman 2-3 meter di area Tanjung Bongo. Itulah sebabnya Tanjung Bongo ini mendapat julukan 'Miniatur Raja Ampat' oleh para pengunjung dan warganya. 

tempat-wisata-di-halmahera-utara

aneka terumbu karang di sebuah laguna di Tanjung Bongo

2. Pantai Luari

Pantai berikutnya yang bisa dikunjungi adalah Pantai Luari. Sesuai dengan namanya, pantai ini berada di area Desa Luari, kecamatan Tobelo. Jaraknya sekitar 16 kilometer dari Pelabuhan Tobelo, atau sekitar 30 menit berkendara. 

tempat-wisata-di-halmahera-utara
tempat-wisata-di-halmahera-utara


Pantai Luari terletak di perbatasan Kecamatan Galela dan Kecamatan Tobelo. Karena berbentuk teluk, ombak di pantai ini lebih cenderung kecil dan tenang sehingga cukup aman buat dipakai berenang dan bermain oleh anak-anak. Warna pantai Luari lebih cenderung putih dengan sedikit bebatuan terumbu karang kecil. 

Jika ingin bersnorkling, bisa menyewa kapal nelayan yang ada di sekitar pantai ini untuk bergerak sedikit menjauh dari bibir pantainya. Meski tak sebanyak dan secantik di Tanjung Bongo, namun beberapa terumbu karang masih bisa dinikmati di pantai ini. 

3. Pantai Pitu

Pantai berikutnya yang bisa dikunjungi adalah pantai Pitu yang terletak di desa Pitu, kecamanta Tobelo Tengah. Pantai pitu juga merupakan pantai dengan pasir yang hitam, meski tidak sehitam legam pasir di pantai Teluk Bongo. 

tempat-wisata-di-halmahera-utara

Nama desa Pitu ini diambil dari nama sebuah pohon yang banyak tumbuh di sekitar pantai ini. Sayangnya saya tidak tahu pohon Pitu itu yang mana karena terlalu asyik menjelajah pantai ini. Pantai ini cukup dekat dengan Pelabuhan Tobelo, sekitar 5 kilometer atau 10 menit berkendara.

Di pantai ini juga memiliki dermaga penyeberangan kapal bagi yang ingin mengunjungi pulau-pulau di sekitar pantai Pitu, ataupun yang ingin mencari spot snokeling di area lautnya. 

4. Pantai Kupa-Kupa

Pantai Kupa-Kupa adalah pantai terakhir yang saya kunjungi. Pantai ini terletak di desa Kupa-Kupa, kecamatan Tobelo Selatan. Area pantai ini terletak sekitar 15 kilometer atau 25 menit berkendara dari Pelabuhan Tobelo. 


Pantai ini juga dekat dengan salah satu spot penyelaman terbaik di Maluku Utara yaitu Pulau Tagalaya. Itu sebabnya di pantai ini memiliki Dive Centre. Suasana tenang di pantai ini membuat pengunjung betah bermain-main dan berjemur. Apalagi dengan banyaknya rimbun pepohonan yang teduh, sangat nyaman dipakai untuk camping dan bermalam di sini.

Nah itu dia pantai-pantai di Tobelo, Halmahera Utara yang bisa dikunjungi dalam satu hari. Menurut kalian, pantai mana yang paling menarik perhatian? (EKW)


21 comments:

  1. mba ih kece banget si udah sampai Halmahera, impian bisa melancong ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah dapat rejeki mbak bisa main kesana.
      Semoga nanti mbak Andiyani juga bisa main ke Halmahera yaa.

      Delete
  2. Saya tertarik, laguna - nya Tanjung Bongo (bagus bgt) dan pantai Kupa-kupa bersih banget, smoga suatu saat saya bisa berkunjung ke Tobelo, Aamiin Ya Allah 🤲

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanjung Bongo memang juara sih kerennya.. makanya jadi destinasi andalan di Halmahera Utara. Sebenarnya rata-rata pantai di Halmahera Utara cukup bersih kok.. tinggal pengunjungnya aja yang mesti diedukasi terus menerus agar gak buang sampah sembaranga.
      semoga bisa segera berkunjung juga ke Tobelo ya mbak. Amin!

      Delete
  3. Lho kirain pantai pasir putih semua di sana, ternyata banyak pantai pasir hitam juga ya. Nah, kalo Tanjung Bongo-nya menarik banget tuh.

    Endah beach-hopping ya di Halmahera Utara :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantainya macam-macam pasirnya. Makanya senang banget waktu hoping pantai di Halmahera Utara ini, karena jd bisa lihat semua karakteristik pantainya. Tanjung Bongo memang jadi favorit sih disana.
      Sekali-kali beach hoppingnya agak jauhan di timur Indonesia lah, gi.. hehehe..

      Delete
  4. kalau keliling Halmahera Utara enaknya pakai motor apa mobil, mbak?
    trus, cewe berkendara di sana sendiri apa termasuk aman untuk road trip?
    kayaknya ku bakal betah keliling dari pantai ke pantai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya sih enakan pakai mobil. kalau capek bisa tidur dulu sejenak.
      kalau cewe sendirian saya gak saranin buat roadtrip ya.. kalau bisa dapat teman lokal buat roadtrip sih biar lebih aman.

      Delete
  5. Duh, Teluk Bongo manggil banget jernihnya. Anak pantai pasti puas banget ke destinasi ini ya, dari pantai lanjut lagi ke pantai. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, itu tanjung bongo memang merayu-rayu buat diceburin. Sayangnya lg tugas negara sih, jadi gak bisa berendam di sana deh... hehehe..

      Delete
  6. Sy blm pernah nih ke timur Indonesia. Maluku salah satu wish list sy utk dikunjungi krn pesona pantainya. Makasih ulasannya ttg Halmahera kak, jd makin mupeng mau ke sana

    ReplyDelete
  7. MasyaAllah, bening banget airnya, sampe isi lautnya keliatan.. Semoga bisa dikasih kesempatan datang ke sana suatu saat nanti, masuk bucket list traveling ku dulu. Thanks for sharing kak ^^

    ReplyDelete
  8. Pantainya bersih dan masih asri banget ya
    Indahnya pantai-pantai di Halmahera ini
    Semoga suatu hari berkesempatan berkunjung ke pantai-pantai indah ini

    ReplyDelete
  9. Pengen datang ke semua pantai di Tobello itu. Enggak ada bosannya ya kalau tinggal di sana.

    ReplyDelete
  10. Suka sekali yang teluk Bongo, apalagi yanga da terumbu karangnya itu, serasa bukan di Indonesia aja. Ternyata Indoensia kalau di eksplor kaya banget dengan sumber daya alam. Moga bisa ikut menjaganya

    ReplyDelete
  11. Ada ponakanku di Halmahera Utara.Dengar ceritanya saja, ingin rasanya datang dan menikmati indahnya pulau2 kecil yg ada di Halmahera. Eksotik bgt pasti keindahannya y Kak

    ReplyDelete
  12. Pantai pantai yang indah dan menyejukkan mata serta hati ya Endah

    Insya Allah berkunjung ke pantai Tobelo one day

    ReplyDelete
  13. Seru juga nih jalan2nya ke Halmahera Maluku Utara. Destinasinya juga banyak pantai yg indah2 ya. Aku juga pengen deh cobain snorkling disana.

    ReplyDelete
  14. pantainya cantik-cantik ya, mbak. penasaran saya sama pasirnya yang berwarna hitam tapi air lautnya tetap biru cantik. kalau pantai di sini airnya coklat soalnya. hehe

    ReplyDelete
  15. Pantai Luari dan Kupa-Kupa terlihat sangat indah ya mbak. Pasti nyaman banget bersama keluarga nih mbak untuk berwisata.

    ReplyDelete

Popular Posts