Wednesday, April 10, 2019

PLAN B, COFFEE SHOP DI TENGAH KOTA TUA IPOH

Kota Ipoh di Perak, Malaysia ini memang cukup terkenal sebagai tempat asalnya white coffee. Itu sebabnya buat yang ingin wisata kuliner di Ipoh, Malaysia, maka mengunjungi coffee shop atau kedai kopi biasanya menjadi salah satu tujuan kulinernya. Banyak kedai kopi di Ipoh yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah cafe Plan B.
Plan B, Coffee Shop di Ipoh
Plan B
Coffee Shop di Ipoh, Perak, Malaysia
When your Plan A doesn't work, there's always a plan B for you.

Ini kalimat yang mendadak muncul di kepala saya saat melihat tulisan di dindingnya. Plan B. Coffee shop di kota Ipoh, Perak, Malaysia. Namanya cukup mudah diingat dan sekali saya melihatnya, namanya langsung nempel di kepala saya berhari-hari. Kedai Kopi ini punya tagline "Your New Local".

Saat pertama kali mengunjungi kota Ipoh, saya belum berkesempatan memasuki dan mencicipi kopi di cafe Plan B ini meski saya sempat mondar-mandir di sekitarnya hampir setengah hari untuk mengambil gambar di kawasan kota tua Ipoh ini. Saya hanya sempat mencicipi beberapa kuliner jalanan di beberapa gang kota Ipoh.

Baca Juga : Jejak Warisan Ipoh



Setelah kesekian kalinya saya menyambangi kota Ipoh lagi, akhirnya saya bisa menjejakkan kaki di dalam cafe Plan B ini berkat bantuan teman saya dari beberapa negara yang saya persuasi agar mau nongkrong dan mencicipi kopi disini.

Interior cafe ini begitu luas dengan kaca dimana-mana sehingga memudahkan pengunjung untuk menikmati suasana kota tua Ipoh dari dalam cafe. Warna yang digunakan juga minimalis, hitam dan putih dan beberapa bagian dengan dinding bata merah yang terbuka.
kedai kopi di Ipoh
Display di dalam cafe Plan B
coffee shop di Ipoh
plan b
Interior di cafe Plan B
coffee shop di Ipoh Malaysia
plan b
ruangan indoor Plan B dengan sofa
salah satu bagian outdoor cafe Plan B
Oh ya, saking leganya cafe ini dengan kaca dimana-mana, saya dan teman-teman yang sedang menyusuri wilayah kota tua Ipoh ini sempat keluar masuk di cafe ini karena mengira ini bagian dari lorong-lorong kota tua Ipoh. Hahaha.. Soalnya cafe ini punya bagian indoor dan outdoor. Jadi pas keluar masuk di cafe ini kirain itu masih bagian dari outdoor cafe gitu.

Di Plan B, saya akhirnya berkenalan dengan varian kopi lain yaitu Affogato. Saya termasuk penggemar cafe latte jadi mau di coffee shop atau cafe manapun, pilihan utama dan paling aman buat saya adalah caffe latte.
coffee shop di Ipoh
Menu di Plan B
Coffee Shop di Ipoh, Perak, Malaysia
Sewaktu pertama kali memesan affogato, sebenarnya saya justru tidak tahu ini varian kopi yang disajikan seperti apa. Jadi ya asal pesan saja sih waktu itu. Saat pesanan datang, saya akhirnya berkata : "Ohh.. affogato itu kopi espresso dengan es krim vanila tohh" *manggut-mangut sambil foto-foto kopi di meja. Hehehe

Sebelum menyiramkan espresso di atas es krim vanilanya, saya terlebih dahulu mencicipi espressonya. Maklum, meski senang kopi, saya belum pernah dan belum berani mencicipi espresso karena takut sama rasa pahitnya. Saya suka rasa asam, manis, dan pedas dan saya tidak suka makanan dan minuman apapun yang punya rasa pahit, termasuk kopi.

Saat secolek espresso mampir di lidah saya, tentu saja rasa pahit semata yang ada disana. Hadeuhhh.. Yahhh namanya juga espresso, ndah.
Setelah itu saya mencicipi es krim vanilanya dan hanya rasa manis yang terasa di lidah.

Baiklah, dengan harapan rasa pahit kopi akan berkurang setelah bercampur dengan es krim vanilanya, saya pun mengguyur si putih dingin dengan si hitam panas lalu mengaduknya. Kemudian perlahan menyesap si affogato.
coffee shop di Ipoh
Affogato di Plan B
Ternyata, pahitnya kopi masih merajai indera pengecap saya dan rasa manis sama sekali tidak terdeteksi. Lalu teringat perkataan seorang kawan yang saat itu sedang mulai merambah dunia perkopian. Bila tidak salah ingat ia pernah berkata "kopi yang pahit biasanya kualitas yang bagus, meski tidak 100 persen juga sih indikator itu".

Mungkin itu ada benarnya karena kota Ipoh juga terkenal sebagai produsen dan teh terutama white coffenya. Namun, saya belum pernah mengekplorasi white coffee di kota asalnya ini.

Minuman sudah dipesan dan disajikan, rasanya tak elok kalau tidak dihabiskan. Mubazir! Meski tidak suka dengan rasa pahitnya, akhirnya saya memilih menenggak langsung semua isi gelas affogato saya dengan sekali minum. Setengah botol air mineral pun jadi penghilang rasa pahit di lidah namun masih ada sisa sisa kepahitan espresso yang menempel di indera pengecap saya.

Akhirnya saya memilih memesan segelas rasa nyaman, yaitu caffe latte yang datang beberapa saat kemudian dan membantu saya menghilangkan kepahitan yang seolah menempel di pikiran saya.
Plan B coffee shop di Ipoh
Caffee latte is always my comfort zone
Plan B, coffee shop di Ipoh
Akhirnya saya pun tetap pada keputusan : Hidup ini sudah cukup pahit, tidak usahlah ditambah lagi dengan kepahitan di makanan dan minuman euy.. Hehehe.

Usai bersantai di Plan B sembari menyimak para pelancong yang hilir mudik di luar cafe. coffee shop Plan B ini terletak tepat di jantung kota tua Ipoh sehingga selain wisata kuliner di Ipoh, ada juga wisata belanja dan mural yang bertebaran di beberapa lorong-lorong kota Ipoh. Beberapa seniman Ipoh juga sering berada di sekitar coffee shop ini untuk menjajakan hasil seninya.

Baca Juga : Mural di Ipoh

wisata kuliner di ipoh malaysia
Seniman lokal di sekitar coffee shop di Ipoh Malaysia
Setengah jam kemudian saya sudah berada di kendaraan yang menuju ke daerah Cyberjaya di Selangor, Malaysia dan saya pun bisa tertidur pulas serelah puas mencicipi kopi di cafe Plan B. Lain waktu ingin lagi menyambangi kota itu buat wisata kuliner di Ipoh, Perak, Malaysia. Masih banyak kedai kopi di Ipoh yang bikin kota ini salah satu kota yang bikin kangen di negeri Jiran euy.

Tambahan cerita :

Sesampainya di apartemen di daerah Cyberjaya saya terbangun lalu segera keluar dari kendaraan. Seorang teman wanita dari Senegal geleng-geleng kepala melihat saya baru bangun dan keluar kendaraan lalu berkata : "Endah, kami itu tadi baru minum kopi 2 gelas lho, kok bisa-bisanya langsung tertidur setengah jam kemudian. Saya kalau minum kopi tuh tidak bisa tidur seharian tau!"

Hahahaha.. Maaf ya, saya mah minum kopi ya minum kopi aja,

Kalau ngantuk mah ya tidur aja. Buat saya sih tidak ada hubungannya kopi bisa bikin tidak bisa tidur. Kopi itu buat menyegarkan pikiran dan meningkatkan mood biar lebih fokus.



7 comments:

  1. Ini menarik ada yang melukis hahhahaha.
    Sekarang coffeeshop jadi tujuan saat senggang, minuman dapat, konten juga dapat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. di sekita cafe ini banyak senimannya, dan yang paling kusuka yang yang lagi melukis ini.. kebetulan framingnya meski penuh tap bagus banget. hehe..

      Coffee shop itu asik memang buat senggang sembari nyari konten blog, tapi klo sering-sering bisa bikin kantong jebol euy. hehehe..

      Delete
  2. Desain interiornya cukup cozy yah. Nyaman untuk kongkow2 dengan kolega

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. tempat ini memang asik buat kongkow rame-rame deh..
      apalagi letaknya strategis banget tuh.

      Delete
  3. Industrial interior tuh emg cocok bgt si buat warkop masa kini :-D pingin deh tar kalau punya dapur temanya industrial jg hwhahahaa

    ReplyDelete
  4. Kakak kayak aku saja, ke cafe mana pun pasti yang dipesan kopi yang selalu sama.
    Kalau aku lebih suka Cappucino.
    Terus pernah iseng juga coba kopi jenis lain, eh nggak enak. Terlalu pahit. Tapi, aku nggak menenggak langsung satu gelas kayak minum jamu pahit, sudah nggak betah duluan.
    Tapi, nggak aku minum saja.
    Hahaha...

    Btw, keren juga ada pelukis lokal kayak gitu.

    Salam.

    ReplyDelete

Follow Me on