Healing di Wisata Alam Permandian Eremerasa, Bantaeng

Sebagai salah satu kabupaten di area pesisir provinsi Sulawesi Selatan, Bantaeng tidak hanya memiliki Pantai Seruni yang indah di malam hari, tapi juga wisata alam lainnya seperti air terjun Bissappu dan juga permandian alam yang alami.

tampe wisata di Bantaeng

Permandian Eremerasa, atau yang biasa disingkat dan disebut sebagai Ermes, merupakan salah satu destinasi wisata pemandian alam yang terletak di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Tempat ini terkenal dengan keindahan alamnya serta sumber mata air alami yang jernih dan segar. 

Itu sebabnya permandian Ermes Bantaeng ini menjadi tempat yang sempurna untuk healing, bersantai dan menikmati alam, baik sendirian maupun bersama teman atau keluarga.

Lokasi

Permandian Eremerasa terletak di Desa Kampala, Kecamatan Eremerasa, yang berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Bantaeng. Lokasi ini mudah dijangkau karena akses jalan menuju pemandian sudah relatif baik, sehingga pengunjung dapat mencapai tempat ini dengan nyaman. 

Perjalanan ke pemandian ini tidak memerlukan usaha yang berlebihan, membuatnya menjadi destinasi yang menarik bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan fasilitas yang ditawarkan.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk ke Permandian Eremerasa Bantaeng untuk dewasa sebesar Rp 5.000 per orang. Untuk anak-anak, tiket masuknya sebesar Rp 3.000. 

harga tiket masuk permandian Eremerasa

Wisata alam pemandian Eremerasa memiliki dua kolam yaitu kolam untuk orang dewasa dengan kedalaman mencapai 3 meter. Sedangkan kolam khusus anak-anak memiliki kedalaman maksimal 1 meter. 

Cara Menuju Ke Permandian Eremerasa dari Makassar

Untuk menuju ke Pemandian Eremerasa di Bantaeng, kalian harus terlebih dahulu menuju ke kota Bantaeng. Setelah itu kalian bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Menggunakan Kendaraan Pribadi

Jika kalian menggunakan kendaraan pribadi, dari pusat kota Bantaeng, arahkan kendaraan kalian ke arah selatan menuju Desa Kampala, Kecamatan Eremerasa. Ikuti jalan utama yang menghubungkan pusat kota Bantaeng dengan Eremerasa.

Dengan jarak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Bantaeng, perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 30 menit. Kalian akan bisa menemukan papan penunjuk arah menuju Permandian Eremerasa di sepanjang jalan, jadi pastikan untuk mengikutinya.

Opsi rute berikutnya dengan kendaraan pribadi jika kalian berkendara dari arah Kabupaten Jeneponto, kalian bisa juga tidak perlu ke pusat kota Bantaeng. Kalian bisa mengambil rute melewati Jalan Sungai Calendu hingga pertigaan di Desa Ulugalung. 

Setelah sampai di pertigaan depan Puskesmas Desa Ulugalung, beloklah ke kanan. Selanjutnya, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 5 km lagi untuk mencapai lokasi tersebut.

  • Menggunakan Transportasi Umum

Bagi kalian yang suka berpetualang menggunakan angkutan umum, dari pusat kota Bantaeng, kalian bisa naik angkutan umum atau ojek menuju Desa Kampala, Kecamatan Eremerasa. Tanyakan kepada pengemudi apakah mereka bisa mengantar kalian langsung ke Pemandian Eremerasa. Tentunya harga tambahannya sesuai negosiasi. 

Jika tidak ada transportasi umum yang langsung menuju pemandian, Anda bisa turun di tempat terdekat dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau ojek.

Daya Tarik Permandian Eremerasa Bantaeng

Sumber Air Alami 

Permandian Eremerasa memiliki kolam yang bersumber dari mata air alami pegunungan, dengan air yang sangat jernih dan segar. Air di pemandian ini dikenal dingin dan menyegarkan, sangat cocok untuk mandi atau berendam.

tempat wisata di Bantaeng
Kolam untuk orang dewasa di Permandian Eremerasa, Bantaeng

Kolam di Pemandian Eremerasa berisi air yang berasal dari akar pohon-pohon di sekitarnya, yang terus mengalir meskipun di musim kemarau panjang. Keunikan lain dari kolam ini adalah airnya tetap jernih dan deras bahkan saat musim hujan, tidak pernah berubah menjadi keruh.

Keindahan Alam

Permandian Eremerasa dikelilingi oleh pepohonan hijau dan suasana yang asri. Kawasan pemandian ini pin memiliki pemandangan alam yang menenangkan. Suasana sejuk dan udara segar membuatnya menjadi tempat ideal untuk healing dan melepas penat.

Fasilitas

Permandian Eremerasa dilengkapi dengan berbagai fasilitas dasar untuk kenyamanan pengunjung, seperti tempat ganti, toilet, gazebo, dan area parkir. Selain itu, terdapat juga beberapa warung yang menjual makanan dan minuman, sehingga kalian tidak perlu khawatir jika merasa lapar atau haus selama berada di sana. 

Fasilitas ini menjadikan permandian Eremerasa tidak hanya tempat untuk mandi dan berendam, tetapi juga lokasi yang nyaman untuk healing dan bersantai menikmati waktu bersama keluarga atau teman.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

  • Mandi dan Berendam

Aktivitas utama di pemandian ini tentu saja adalah mandi dan bermain air. Selain itu, kalian juga dapat berendam di kolam-kolam alaminya. Kolam-kolamnya memiliki air yang jernih dan segar.

tempat wisata di Bantaeng
kolam khusus anak-anak dan gazebo di Permandian Eremerasa, Bantaeng

  • Piknik

Buat kalian yang tidak ingin mandi dan berendam, bisa juga melakukan piknik bersama keluarga atau teman-teman di sekitar area pemandian. Terdapat beberapa gazebo atau saung untuk tempat bersantai menikmati pemandangan kolam dan hutan di sekitar pemandian Eremerasa ini.

  • Berfoto

Keindahan alam di sekitar pemandian bisa menjadi latar yang sempurna untuk berfoto, terutama bagi kalian yang menyukai fotografi alam. Cobalah untuk berjalan-jalan mengelilingi area permandian Eremerasa untuk mendapatkan berbagai angle foto yang menarik.

Tips Mengunjungi Permandian Eremerasa

- Waktu terbaik untuk mengunjungi pemandian Eremerasa sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari agar tidak terlalu ramai dan bisa menikmati udara yang lebih sejuk.

- Bawa pakaian ganti, handuk, dan perlengkapan mandi. Jangan lupa bawa juga alas kaki yang nyaman untuk berjalanjalan di sekitar area pemandian.

- Selalu jaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya dan tidak merusak lingkungan sekitarnya

Permandian Eremerasa Bantaeng menawarkan pengalaman alam yang menyegarkan dan menenangkan, sangat cocok untuk dikunjungi bagi siapa saja yang ingin healing sambil menikmati keindahan alam dan kesegaran mata air alaminya. Berikutnya sepertinya enak nih kalau berendam di pemandian air panas Pincara di Luwu Utara. (EKW)

Comments