Pengalaman Mengikuti Short Course Story Telling Online di TBI Bandung

Konten [Tampil]

Setelah sekian lama menulis blog tentang traveling, tentu saja saya cukup percaya diri dengan kemampuan bercerita atau story telling. Namun itu untuk blog saya yang berbahasa Indonesia. Lalu bagaimana dengan blog saya yang berbahasa Inggris? Sayangnya blog itu sedang vakum sejak 2018 karena kemampuan saya untuk menulis dalam bahasa Inggris tidak terlalu baik. 

Itu sebabnya ketika mendapatkan kesempatan melakukan short course story telling di TBI Bandung secara online, saya pun langsung menyambutnya dengan antusias. 

TBI Bandung

Kenapa Blogger Harus Ikut Short Course Story Telling?

Blogger yang mengikuti short course bahasa Inggris tentang story telling bisa mendapatkan berbagai manfaat yang signifikan, antara lain:

  • Meningkatkan Keterampilan Menulis 

Kursus ini membantu blogger seperti saya untuk memperbaiki keterampilan menulis dalam bahasa Inggris. Hal ini sangat penting untuk menarik dan mempertahankan audiens internasional.

  • Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Kemampuan untuk bercerita dengan baik juga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi secara keseluruhan. Ini penting dalam berbagai aspek blogging, termasuk penulisan artikel, media sosial, dan interaksi dengan pembaca atau kolaborator.

  • Membantu Meningkatkan Daya Tarik Konten

Story telling yang efektif membuat konten lebih menarik dan memikat. Blogger yang mampu bercerita dengan baik dapat menyampaikan pesan dengan cara yang lebih menarik dan mudah diingat oleh pembaca.

  • Menjangkau Audiens yang Lebih Luas

Dengan kemampuan menulis cerita dalam bahasa Inggris, blogger dapat menjangkau audiens global, meningkatkan jumlah pembaca, dan memperluas pengaruh mereka di dunia maya.

  • Meningkatkan Profesionalisme

Mengikuti kursus semacam ini menunjukkan komitmen terhadap profesionalisme dan peningkatan kualitas konten. Ini bisa menjadi nilai tambah dalam membangun reputasi dan kredibilitas sebagai blogger.

  • Networking

Mengikuti short course sering kali memberikan kesempatan untuk bertemu dan berinteraksi dengan blogger lain, pembuat konten, dan profesional di bidang yang sama. Ini bisa membuka peluang kolaborasi dan pertukaran ide yang berharga.

Dengan demikian, mengikuti short course  story telling bahasa Inggris adalah investasi yang sangat berharga bagi blogger seperti saya yang ingin meningkatkan kualitas konten, memperluas jangkauan, dan meningkatkan keterampilan menulis serta komunikasi saya dalam bahasa Inggris.

Tentang The British Institute (TBI) 

The British Institute, yang akrab disebut TBI, didirikan pada 18 Februari 1984. Sebagai salah satu institusi pendidikan terkemuka di Indonesia, TBI memiliki fokus khusus pada pembelajaran dan pelatihan bahasa Inggris. 

TBI, yang bernaung di bawah dukungan UniSadhuGuna Testing Centre (UTC), merupakan satu-satunya lembaga pelatihan bahasa Inggris di Indonesia yang memegang lisensi dari Cambridge University Press and Assessment untuk menyelenggarakan kursus pelatihan CELTA (Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages).

Dengan menerapkan pendekatan pengajaran eklektik, TBI menitikberatkan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa. Metode pengajaran ini akan memastikan materi yang disampaikan relevan dan praktis sesuai dengan kebutuhan siswanya.

TBI memiliki tenaga pengajar yang berpengalaman dan berkualifikasi internasional, baik yang berasal dari luar negeri (native) maupun dari dalam negeri (non-native). Para pengajar ini siap membantu siswa mencapai kompetensi bahasa Inggris dengan metode yang efektif dan inovatif.

Program Kursus Bahasa Inggris di The British Institute (TBI)

Buat kalian yang penasaran soal program kursus bahasa Inggris apa saja yang ada di TBI, berikut ini list program-program kursusnya. 

A. Core Programmes

  • Young Learner English
  • Pre - Teenager English
  • Teenager English
  • Global English
  • Academic English (IELTS, TOEFL & TOEIC Preparation)
  • Professional English
  • Corporate Training

B. Customised Programmes

  • Workshop for Professionals
  • Private Classes
  • International Exam Prediction Test
  • Short Course

C. Powered by UTC

  • ICAS
  • Teacher Training
  • CELTA
  • Official English Proficiency Test (Cambridge English Qualifications, TOEFL ITP, IELTS at schools)
  • Digital Learning

Pengalaman Mengikuti Short Course Story Telling di TBI Bandung

Short course story telling bahasa Inggris yang saya ikuti secara online dilakukan selama 3 hari bersama pengajar tim TBI Bandung. Para pengajarnya sangat interaktif, ekspresif, dan membuat para peserta kursus merasa nyaman sehingga berani untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris selama 2 jam penuh. 

Materi yang diajarkannya pun beragam dan sesuai dengan niche blog saya. Di hari pertama kami membahas kuliner dari berbagai negara. Hari kedua membahas tentang destinasi wisata di Afrika Selatan. Di hari ketiga kami membahas dan berdiskusi tentang festival musik terkenal di dunia. 

Diah Pratiwi Soehendro, Marketing Communication Manager TBI   

“Cari lingkungan yang dapat mendorong kita untuk berekspresi dalam bahasa Inggris, baik dengan native speaker maupun dengan orang-orang sekitar yang memiliki keinginan yang sama untuk dapat menguasai bahasa Inggris secara maksimal.”

TBI Bandung

Hal inilah yang saya ingin capai dan saya dapatkan saat mengikuti short course story telling secara online di TBI Bandung. Rasanya materi selama 2 jam itu terasa begitu cepat berlalu deh. Jadinya semakin bersemangat untuk membangunkan blog bahasa inggris saya yang sedang berhibernasi panjang. 

Alasan Harus Ikut Short Course Story Telling di TBI Bandung

Mengikuti short course story telling di TBI Bandung memiliki sejumlah keunggulan yang signifikan. Berikut lima alasan mengapa TBI Bandung menjadi pilihan yang tepat.

Kualitas Pengajaran Berstandar Internasional

TBI Bandung dikenal dengan kualitas pengajarannya yang tinggi, didukung oleh pengajar berkualifikasi internasional. Metode pengajaran yang diterapkan memastikan setiap peserta mendapatkan pembelajaran yang efektif dan komprehensif.

Pendekatan Pembelajaran yang Interaktif

Short course story telling di TBI menggunakan metode pembelajaran yang interaktif, baik online maupun offline, dan berpusat pada siswa. Ini memastikan bahwa setiap peserta dapat terlibat aktif, berpartisipasi dalam diskusi, dan mempraktikkan keterampilan yang mereka pelajari dalam suasana yang mendukung.

Fasilitas dan Sumber Daya Terbaik

TBI Bandung menyediakan fasilitas belajar yang lengkap dan nyaman, dilengkapi dengan sumber daya pembelajaran terbaru. Hal ini menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendorong peserta untuk berkembang maksimal.

Materi Kursus yang Relevan dan Praktis

Kursus story telling di TBI dirancang untuk memenuhi kebutuhan nyata di dunia blogging dan content creation. Materi yang diajarkan relevan dan langsung dapat diaplikasikan dalam pembuatan konten, membantu peserta menghasilkan cerita yang menarik dan efektif.

Lokasi strategis

TBI Bandung berada di lokasi strategis yang sangat dekat dengan pusat perbelanjaan, perkantoran, tempat makan, sekolah, dan sebagainya. 

Jadwal Kelas yang Variatif

Jadwal belajar peserta kursus bahasa Inggris TBI Bandung sangat variatif. Peserta dapat memilih sesuai kebutuhan, dari Senin hingga Sabtu mulai pukul 09.00 – 20.30 WIB. 

Tersedia Trial Class

Untuk calon peserta kelas Children (usia 4-9 Tahun), Pre-Teen (10-11 Tahun) dapat mencoba kelas terlebih dahulu sebelum mengikuti kelas kursus untuk mengetahui apakah kelasnya sesuai dengan level dan bisa mengikutinya.

Biaya Kursus yang Terjangkau

Biaya yang terjangkau jadi nilai tambah tersendiri. Apalagi setiap bulannya selalu ada promo program kursus. Khusus untuk bulan Juni 2024 ini, dari tanggal 6-12 Juni 2024, TBI Bandung menawarkan diskon sebesar 16% untuk program Preschooler, Very Young Learners, Children, Pre-teenager, dan Teenager. Untuk informasi diskonnya akan dishare via sosial media TBI Bandung dan Whatsapp di 081314915970

Peluang Networking dan Kolaborasi

Mengikuti kursus di TBI Bandung memberi saya kesempatan untuk bertemu dan berinteraksi dengan sesama blogger dan content creator. Ini membuka peluang untuk berkolaborasi, bertukar ide, dan membangun jaringan profesional yang berguna di masa depan.

Dengan berbagai keuntungan ini, mengikuti short course story telling di TBI Bandung dapat menjadi investasi yang berharga bagi saya untuk meningkatkan keterampilan dan memperluas jaringan dalam dunia blogging dan content creation

Kalau kalian tertarik mengikuti kursus bahasa Inggris di TBI Bandung, langsung aja yuk kepoin:

TBI Bandung

P:  +62 81314915970

E:  info.bandung@tbi.co.id

Website : www.tbi.co.id

YouTube : The British Institute

Instagram : @tbibandung

Facebook : TBI Bandung





Comments

  1. Pengalamanku kursus di TBI juga seruuu! materinya relevan dengan kita sebagai blogger dan interaktif ada games-nya gitu jadi semangat jawabin kuis padahal nyambi belajar bahasa Inggris.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget kak. Saya yang awalnya takut-takut jadi lebih berani ikutan bersuara saat games dimulai. Metode TBI Bandung benar-benar bagus untuk mengajak kita ikut berpartisipasi aktif selama di dalam kelas.

      Delete
  2. Program di TBI sangat menarik dan variatif banget. Cocok nih buat para blogger meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Akhir-akhir ini suka ada penawaran job nulis artikel dalam bahasa Inggris, bisa nambah peluang bagus setelah kursus pastinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, makanya demi meningkat kemampuan berbahasa inggris, harus banget ikuta short course di TBI. Biar makin terasah dan mahir buat artikel story telling dalam bahasa inggris.

      Delete
  3. Iya lho, bahasa Inggris kalau ga sering digunakan dalam percakapan sehari-hari jadi gelagapan. Aku juga hibernasi lama nih, kalau baca sama dengerin masih nyangkut di kepala, tapi giliran mau ngomong langsung terbang semua kosakatanya dari kepala

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama banget kita kak. makanya sampai sekarang karena jarang digunakan apalagi kalau buat tulisan blog jadi makin kacau deh bahasa inggrisnya. Itu pentingnya kita harus sering-sering pakai bahasa inggris biar gak makin hilang kosakatanya.

      Delete
  4. Agree. Menemukan circle yang sama-sama mau berlatih dalam mengembangkan kemampuan berbahasa inggris adalah kunci sih ya. Seru sekali bisa berkesempatan belajar storytelling bersama rekan blogger lainnya di bawah bimbingan TBI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya saya ikutan belajar story telling bersama rekan blogger lainnya biar bisa bareng-bareng mengasah kemampuan bahasa inggris kita saat membuat artikel dalam bahasa inggris

      Delete
  5. seru ya ikutan short course TBI jadi tahu gimana story telling dalam bahasa inggris. program - program TBI juga banyak ternyata ya dan ini ada di Bandung, waah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru banget ikutan program short coursenya. Jadin pengen ambil juga yang reguler coursenya biar makin mahir berbahasa inggris.

      Delete
  6. Bagus sekali ikut kursus bahasa Inggris secara online ini supaya bisa mempertajam skill dan juga kepercayaan diri untuk menggunakan bahasa Inggris di kemudian hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, saya yang domisilinya jauh dari Bandung pun bisa ikutan secara online dengan diskusi yang sangat interaktif dan profesional. Jadi makin percaya diri deh berbicara dengan menggunakan bahasa inggris

      Delete

Post a Comment