Serunya Bamboo Rafting Ala Dayak Meratus di Loksado

Konten [Tampil]

Nama Kabupaten Hulu Sungai Selatan mungkin masih awam di telinga beberapa orang. Namun beberapa tempat wisata di Hulu Sungai Selatan ini telah dikenal hingga ke manca negara. Salah satunya adalah bamboo rafting Loksado.

Loksado adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang terkenal dengan keindahan alamnya, termasuk sungai-sungai yang jernih dan hutan-hutan yang masih alami. Kecamatan Loksado memiliki 11 desa dengan tipologi daerah pegunungan dan perbukitan. Salah satu desa yang terkenal, tempat bamboo rafting diadakan adalah Desa Loksado, Desa Tanuhi dan Desa Haratai.

festival-loksado-di-hulu-sungai-selatan

Tentang Bamboo Rafting Loksado

Desa Loksado dihuni oleh Suku Dayak Meratus. Mereka menggunakan rakit bambu untuk ini sebagai transportasi sehari-hari dan juga untuk mengirim bambu ke kota. Kebiasaan suku Dayak Meratus inilah yang kemudian menarik para petualang yang ingin juga merasakan sensasi mengarungi sungai dengan rakit bambu. 

Rafting ini lebih dikenal dengan sebutan Balanting Paring atau Bamboo Rafting, di mana setiap rakit bambu hanya berisi maksimal 3 penumpang, dengan seorang pemandu yang sudah berpengalaman. 

Bamboo Rafting kini terkenal sebagai sarana transportasi wisata yang menyenangkan, membawa para petualang melintasi derasnya aliran Sungai Amandit yang berbatu di Loksado, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

Kini bamboo rafting Loksado adalah salah satu kegiatan wisata alam yang populer di Kalimantan Selatan. Wisata petualangan ini termasuk dalam 54 situs keajaiban Geopark Meratus Nasional Indonesia, yang ditetapkan pada tahun 2018 dan kini sedang diajukan untuk diakui sebagai UNESCO Global Geopark (UGGp).

Bamboo rafting Loksado adalah daya tarik utama pariwisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Loksado, yang pesonanya telah dikenal hingga ke mancanegara. Festival Loksado dengan atraksi utama bamboo rafting telah diadakan setiap tahun sejak tahun 2018, kini telah diakui sebagai bagian dari Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Lokasi 

Loksado terletak di area pegunungan Meratus, sekitar 3-4 jam perjalanan dari Banjarmasin, ibu kota Kalimantan Selatan. Dari pusat kota Kandangan, Hulu Sungai Selatan Daerah berjarak sekitar 40 kilometer atau sekitar 1 jam perjalanan. Loksado terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah, termasuk hutan tropis, air terjun, dan sungai yang bersih.

bamboo-rafting-loksado-kalimantan-selatan

Sungai Amandit adalah salah satu sungai utama yang digunakan untuk bamboo rafting. Sungai ini memiliki arus yang cukup deras di beberapa bagian, memberikan sensasi petualangan yang seru. Di sepanjang perjalanan, peserta bisa menikmati pemandangan hutan yang asri dan berbagai flora serta fauna lokal.

Harga Bamboo Rafting Loksado

Bamboo rafting di Loksado menawarkan pengalaman unik bagi para pengunjung. Aktivitas ini melibatkan menyusuri sungai menggunakan rakit yang terbuat dari bambu. Rakit bambu ini biasanya dirakit oleh penduduk setempat dan bisa menampung beberapa orang.

Harga bamboo rafting didasarkan pada seberapa jauh rute yang akan ditempuh. Untuk rute terpendek sejauh 5 kilometer, dikenai harga Rp. 200.000,-. Sedangkan untuk rute terpanjang sejauh 15 kilometer, dikenai harga Rp. 350.000 - Rp. 400.000,-. 

Harga tersebut merupakan harga untuk 1 rakit yang bisa menampung 2-3 orang. 

Durasi dan Rute Bamboo Rafting

Durasi perjalanan bamboo rafting bervariasi, biasanya antara 1,5 hingga 4 jam tergantung pada rute yang dipilih dan kondisi sungai, apakah sedang surut atau berarus deras. 

Rute terpendek sejauh 5 kilometer dimulai dari Desa Loksado dan berakhir di Desa Tanuhi. Rute ini cocok untuk wisatawan yang baru pertama kali mencoba rafting. Rute panjang seejauh 15 kilometer biasanya dimulai dari Desa Loksado dan berakhir di Desa Haratai. Rute ini cocok untuk wisatawan yang menyukai tantangan. 

Meskipun bamboo rafting Loksado adalah aktivitas yang relatif aman, peserta disarankan untuk mengikuti petunjuk dan instruksi dari pemandu lokal. Menggunakan pelampung dan peralatan keselamatan lainnya juga sangat dianjurkan saat melakukan bamboo rafting di Loksado.

Akomodasi dan Fasilitas

Di desa Loksado dan sekitarnya, terdapat beberapa pilihan akomodasi mulai dari homestay hingga resort yang menawarkan fasilitas dasar. Harganya pun beragam mulai dari 200 ribuan hingga jutaan tergantung jenis akomodasi dan kelengkapan yang ditawarkannya. 

kecamatan-loksado-hulu-sungai-selatan
salah satu resort di tepian sungai Amandit, Desa Loksado
Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati makanan lokal yang disajikan di restoran dan warung kecil di desa Loksado dan sekitarnya. 

Tips Sebelum Melakukan Bamboo Rafting

Meski bamboo rafting di Loksado tergolong sangat aman meski untuk pemula sekalipun, namun beberapa persiapan tetap perlu dilakukan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti sebelum melakukan bamboo rafting Loksado:

1. Persiapan Fisik

Pastikan kondisi fisik kalian cukup baik sebelum melakukan aktivitas bamboo rafting. Olahraga ringan seperti jogging atau pemanasan dapat membantu mempersiapkan fisik kalian sebelum melakukan bamboo rafting.

2. Pilih Pakaian yang Tepat

Kenakan pakaian yang nyaman dan cepat kering, seperti baju renang atau pakaian berbahan ringan. Hindari pakaian dari bahan katun yang cenderung lambat kering. 

3. Perlengkapan Keselamatan

Selalu gunakan pelampung atau jaket penyelamat yang disediakan oleh pengelola rafting. Jangan lupa untuk memastikan semua perlengkapan keselamatan dalam kondisi baik.

4. Bawa Barang Penting

Bawa barang-barang penting seperti air minum, tabir surya, topi, dan obat-obatan pribadi. Simpan barang-barang berharga di tempat yang aman dan kering, seperti kantong kedap air atau drybag

5. Dengarkan Instruksi Pemandu atau Joki Rafting

Patuhi semua instruksi dan arahan dari pemandu lokal atau joki rafting. Mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman tentang kondisi sungai dan keamanan saat melakukan bamboo rafting.

6. Pelajari Rute

Sebelum memulai, ada baiknya kalian mengetahui rute perjalanan rafting dan titik-titik penting di sepanjang sungai. Pengetahuan ini bisa membantu kalian mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai tantangan di perjalanan.

7. Pahami Kondisi Cuaca

Periksa prakiraan cuaca sebelum berangkat. Kondisi cuaca yang buruk bisa mempengaruhi arus sungai dan keselamatan. Jika cuaca tidak mendukung, pertimbangkan untuk menunda atau membatalkan rencana rafting.

8. Gunakan Alas Kaki yang Tepat

Kenakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin, seperti sandal gunung atau sepatu air. Hindari memakai sepatu yang berat atau mudah terlepas.

9. Bawa Kamera Kedap Air

Jika ingin mengabadikan momen selama rafting, gunakan kamera yang kedap air atau smartphone dengan pelindung kedap air. Pastikan perangkat elektronik kalian aman dari air.

10. Tetap Tenang dan Nikmati Perjalanan

Jika ini adalah pengalaman pertama kalian, seperti saya pada waktu itu, cobalah untuk tetap tenang dan santai. Meski sesekali saya tetap memotret, namun saya juga tetap menikmati keindahan alam sekitar dan sensasi serunya menyusuri sungai dengan rakit bambu.

Dengan mempersiapkan diri dan mengikuti tips-tips tersebut, kalian akan bisa menikmati pengalaman serunya melakukan bamboo rafting di Loksado dengan aman dan nyaman.

Bamboo rafting Loksado adalah pengalaman seru yang sangat menyenangkan dan mendebarkan, cocok bagi para pencinta alam dan para petualang yang ingin merasakan keindahan dan keaslian alam Kalimantan Selatan. Rasanya 2 jam perjalanan menelusuri Sungai Amandit dengan rakit bambu berakhir dengan sangat cepat.(EKW)

Comments

  1. Mauuuuuuu 😍😍😍😍. Pasti aku naik ini kalo bisa ke loksado. Seruuu sih. Kalo biasanya rafting pakai perahu karet, ini pakai rakit yaaa mba. 👍. Sensasinya pasti beda.

    Pernah main2 pakai rakit begini di Escudero, Manila. Tapi rakitnya harus kita dayung, yg mana aku ga pinter dayungnya. Trus krn di danau, arus juga ga ada bisa dibilang.

    Jd lebih menantang yg bamboo rafting luksado pastinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cusss ikutan kak. Ada festival tahunannya juga lho. Biasanya diadakan di bulan Agustus. Bisa cek langsung di website disparpora Kabupaten Hulu Sungai Selatan ya.

      Delete

Post a Comment