Menelusuri Sisi Lain Budaya Toraja di Bumi Pongtiku

Tana Toraja, terkenal dengan berbagai objek wisata adat dan religinya yang kental dan telah berusia ratusan tahun. Dahulu, Tana Toraja berada di dalam satu wilayah kabupaten. Namun sejak Juni 2008, Kabupaten Tana Toraja pun mekar dan dipecah menjadi dua yaitu Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara. 

Baca juga: Traveling ke Tana Toraja: Mengakrabi Kematian di Bumi Lakipadada

tempat-wisata-di-toraja-utara

Itu sebabnya beberapa objek wisata terkenal di Toraja sebagian berada di kabupaten Tana Toraja dan sebagian lagi berada di kabupaten Toraja Utara. Pada prinsipnya, traveling ke Toraja Utara satu paket dengan Tana Toraja, dimana biasanya para wisatawan akan menginap di Kota Makale, Kabupaten Tana Toraja. Jadi secara garis besar cara menuju ke Toraja Utara sama dengan cara menuju ke Tana Toraja

Lalu, apa saja objek wisata budaya Toraja yang ada di kabupaten dengan julukan Bumi Pongtiku (pahlawan nasional dan pemimpin Toraja pada masa penjajahan Belanda 1846-1907) ini? Berikut ini listnya, 

1. Desa Kete Kesu

Desa Kete Kesu, sebuah tempat yang menyimpan keajaiban tradisi yang tak tergoyahkan sejak awal berdirinya, 400 tahun yang lalu. Para wisatawan yang memasuki desa ini akan disambut dengan pemandangan yang menggetarkan hati. Di sini, jejeran rumah adat Tongkonan menjulang dengan anggun dan menghadap lumbung-lumbung padi yang tersusun rapi. 

desa-kete-kesu-toraja-utara

Rumah-rumah ini, yang dipercaya telah berdiri kokoh selama lebih dari empat abad, menjadi tempat tinggal bagi sekitar 20 keluarga. Dinding-dindingnya dihiasi dengan tanduk kerbau yang kokoh dan ukiran cantik, menandakan kebanggaan dan status pemilik rumah. 

2. Buntu Kesu

Tak jauh dari desa Kete Kesu, terdapat sebuah pemakaman kuno Tana Toraja yang usianya diperkirakan 700 tahun. Deretan puluhan tengkorak manusia yang tertata rapi bisa terlihat di atas peti mati yang tergantung di tebing-tebingnya.

traveling-ke-toraja-utara

Masyarakat Toraja percaya bahwa semakin tinggi orang tersebut dikubur, maka akan semakin mudah menuju jalan surga.

3. Bori Kalimbuang

Situs Bori Kalimbuang terletak di jalan Poros Barana’, Pangli, Kelurahan Bori, Kecamatan Sesean, Kabupaten Toraja Utara. Tercatat ada 102 batu menhir berbagai ukuran dan berdiri tegak di kawasan rante. Rante adalah kawasan tempat upacara pemakaman Rambu Solo yang dilakukan bagi penduduk tingkat tertinggi di Toraja. 

wisata-bori-kalimbuang-di-toraja-utara

Di sekeliling rante juga terdapat beberapa bangunan bambu yang beratap berbentuk perahu, ciri khas bangunan Toraja. 

4. Dataran Tinggi Lolai

Selain area pekuburan kuno, Toraja Utara juga memiliki satu tempat wisata alam di dataran tinggi bernama Lolai. Area ini disebut-sebut sebagai negeri di atas awan toraja oleh penduduk setempat dan juga wisatawan yang berkunjung dan menginap di sini.

dataran-tinggi-lolai-di-toraja-utara

Seperti area dataran tinggi lainnya, suhu udara di Lolai saat malam hari cukup dingin sehingga jaket, syal, kaus kaki dan sarung tangan sebaiknya dibawa. Di pagi hari, kita bisa melihat gumpalan awan yang menyelimuti tana toraja dan toraja utara yang perlahan-lahan menghilang bersama dengan terbitnya matahari. (EKW)

Comments

  1. Salam Kenal.

    Saya yg tinggal di Lombok pengen banget ke Toraja. Naik bus dari Makassar - Toraja. Tp belum kesampaian. Hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga kak.

      Semoga bisa segera traveling naik bus dari Makassar ke Toraja juga ya kak. Amin!

      Delete
  2. aduuuuh cakep2 banget mbaaa tempat wisata di sana. ^o^

    terutama aku suka yg dataran tinggi lolai, jadi inget dieng. apalagi tempat2 yg memang sejuk begini udh pasti sih favoritku banget :D. kalo kete kesu memang bucketlist lah itu. at least dah ada bayang sekarang kalo ke toraja hrs kemana aja ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, memang Toraja Utara tuh eksotis banget deh wisatanya. masih banyak hidden gem di sana yang belum sempat dijelajahi.
      Jangan lupa kalau ke Lolai bawa jaket atau syal yaa.

      Delete
  3. Aku juga kagum sama adat toraja ini. Banyak banget keunikannya. Jujur penasaran banget pengen ke sana. Tapi jauh banget dari tempat tinggalku. Semoga suatu hari aku punya kesempatan untuk mengunjungi tana toraja. aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toraja harus banget masuk dalam bucket list traveling karena keunikan budayanya.
      Semoga bisa secepatnya mengunjungi Toraja juga ya kak.

      Delete
  4. Aku selalu kagum sama keindahan Tana Toraja, sedari jaman masih bocil sering banget liat majalah Garuda yang menceritakan keindahan alam Tana Toraja. Semoga saja tahun ini bisa travelling ke
    objek wisata budaya Toraja, sekaligus lebih dekat dengan kebudayaan sekitar. Indonesia itu keren banget ya, banyak tempat bagus dan kaya akan nilai sejarah juga budaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, sejak dulu saya juga sudah pengen bisa melihat keindahan budaya Toraja, karena termasuk salah satu budaya unik di Indonesia.
      Semoga tahun ini bisa traveling ke Toraja juga ya kak. Amin!

      Delete
  5. Toraja ini salah satu tempat kunjungan wisata ikonik di Indonesia ya mba. Aku pengen berkunjung juga, keren banget kalau lihat viewnya. Tapi, kira-kira serem. Nggak ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ramai-ramai bareng teman dan datangnya pas siang hari sih gak serem kok.. Kecuali kalau mau uji nyali datang malam-malam sendirian, berani? Hehehe

      Delete
  6. Aslinya sudah dari dulu Toraja ini jadi wishlist wisata yang harus dikunjungi. Semoga tahun ini ada rejeki dan momen yang tepat biar bisa berkunjung ke Toraja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toraja memang salah satu top wishlist traveling ya. Semoga dipermudah dan diperbanyak rejekinya supaya bisa traveling ke Toraja ya kak. Amin!

      Delete
  7. Saya pengen banget bisa ke Toraja apalagi melihat pemakaman yang merupakan kearifan lokal dari daerah tersebut. Sebenarnya senang banget bisa travelling ke daerah Sulawesi karena banyak hidden gem tempat wisata baik itu wisata budaya atau wisata alam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, Sulawesi itu banyak hidden gem yang belum dieksplore, makanya masih punya keinginan pengen roadtrip keliling pulau Sulawesi gitu deh..

      Delete
  8. Dari fotonya saja, terbayang segimana indahnya Dataran Tinggi Lolai di Tana Toraja ini. Terbayang juga bagaimana dinginnya, sehingga akan nikmat sekali bila makan menu-menu rebusan saat berada di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lolai memang asik banget deh, bisa menikmati dinginnya udara pagi sembari makan mie instan rebus, segelas teh panas dan pisang goreng itu nikmat banget deh.

      Delete
  9. tempat wisata di toraja menarik yaa, penasaran dengan Desa Kete Kesu karena ada rumah rumah yang usianya lebih dari empat abad! saya pernah lihat di tayangan TV dan yutube Buntu Kesu, ini menarik juga nih dan khas toraja juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih banyak tempat wisata menarik di Toraja Utara, tapi yang paling terkenal memang Desa Kete Kesu dan Buntu Kesu itu.

      Delete
  10. Keren euy, Tana Toraja memang kaya dengan budaya, ya. Saya belum pernah ke sana. Semoga suatu hari nanti ada kesempatan berkunjung ke Tana Toraja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, harus banget deh setidaknya sekali ke Toraja untuk melihat dan merasakan keunikan budayanya.

      Delete
  11. Salah satu kebudayaan Indonesia yang suka banget aku pelajari, cuma belum kesampaian mau lihat langsung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga nanti bisa secepatnya mengunjungi Toraja dan merasakan atmosfer kebudayaannya yang indah juga ya kak.

      Delete
  12. Tahun lalu saya ke Ke'te Kesu
    Mau ke Kalimbuang tapi tak cukup waktu
    Cuma dikasih ijin sehari mbolang sama mama wkwkw
    Katanya harus lebih banyak sama mama daripada jalan jalan sementara mama gak kuat jalan jauh lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh kalau buat eksplore memang sebaiknya jangan barengan sama acara keluarga deh. Biar bisa dinikmati dengan santai mbak.

      Delete
  13. Dataran tinggi Lolai ini view-nya cantik bangettt. Bagai negeri di atas awan. Berkunjung ke sini pagi kudu pakai jaket tebal kayaknya yaah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, di Lolai ada beberapa penginapan yang bisa disewa dan ada juga tempat campingnya. Dinginnya lumayan lah bisa bikin nyari teh manis hangat dan mie rebus cabe rawit. hehehe.

      Delete

Post a Comment