Tuesday, January 22, 2019

5 WISATA CURUG DI BOGOR

Sebagai salah satu kota penyangga ibukota Jakarta, Bogor punya banyak destinasi wisata yang menarik dan masih tersembunyi. Jaraknya yang hanya 1 jam dari kota Jakarta pun membuat Bogor menjadi destinasi weekend escape bagi warga Jakarta.

Saya pun saat jenuh pasti akan 'melarikan diri’ sejenak ke kota hujan ini dan menikmati alamnya yang asri dan masih alami. Salah satu tujuan wisata di Bogor adalah Curug atau air terjun. Hal ini dikarenakan Bogor dikelilingi beberapa taman nasional atau gunung sehingga banyak curug-curug yang bisa dikunjungi. Berikut ini 5 wisata curug di Bogor yang pernah saya kunjungi.

1. Curug Barong dan Curug Lewihejo

Kedua curug ini berada di aliran sungai yang sama. Curug ini terletak di kampung Wangan Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Bogor. Letaknya sekitar 10 kilometer dari pusat kota Bogor atau sekitar 20 hingga 45 menit berkendara.

Baca Juga : Gigit Jari di Keimutan Curug Barong dan Curug Lewihejo
Curug Barong, Bogor
curug Lewihejo Bogor
Perjalanan menuju ke Curug Barong lebih panjang daripada curug Lewihejo. Lagipula, Curug Barong belum setenar curug Lewihejo di kalangan penduduk diluar daerah Bogor. Meski kedua curug ini cukup imut, sekitar 2-3 meter saja, namun curug ini cukup terkenal karena airnya yang jernih. Selain itu curug Lewihejo juga terkenal karena airnya berwarna hijau toska. Cantik banget deh pokoknya.

2. Curug Nangka, Curug Kawung dan Curug Daun

Kalau kata pepatah sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Di kawasan curug ini, sekali jalan 3 curug bisa didatangi. Wisata Curug Nangka berada di kawasan Taman Nasional Halimun Salak. Tepatnya di desa Warung Loa, kecamatan Tamansari, Bogor.
Curug Nangka Bogor
Pertama kali memasuki kawasan di sekitar air terjun maka air terjun yang pertama  kali ditemui adalah curug Nangka setinggi 25 meter. Setelah itu ada curug Daun yang jaraknya hanya sekitar 100 meter dari curug Nangka. Curug Daun memiliki tinggi sekitar 6 meter saja Karena tidak terlalu tinggi, dan ada kolam dangkal dibawahnya, curug Daun biasanya sering dipakai berendam wisatawan yang membawa anak kecil.

Lalu curug yang paling akhir adalah curug Kawung yang berjarak hampir 1 kilometer dari curug Daun. Curug ini hampir sama tingginya dengan curug Nangka yaitu sekitar 25 meter.
Curug Daun Bogor
Curug Kawung Bogor
3. Curug Seribu

Curug Seribu ini terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Lokasinya berada di desa Gunungsari, kecamatan  Pamijahan, Bogor. Curug Seribu ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter sehingga tidak dianjurkan untuk berenang persis dibawahnya. Jika masih ingin merasakan sejuknya air curug Seribu, bisa di aliran sungai yang agak jauh dari curug Seribu.
Curug Seribu Bogor
Oh ya, di kawasan dekat curug seribu ini sebenarnya ada beberapa curug lain yang bisa didatangi. Totalnya mungkin sekitar 7 curug. Jadi kayaknya seharian tidak bakal cukup buat ngubek-ngubek curug di sekitar kawasan ini.

4. Curug Cihurang

Curug Cihurang ini terletak tidak jauh dari Curug Seribu, sekitar 10 kilometer. Lokasinya berada di desa Gunung Picung, kecamatan Pamijahan, Bogor.  Jaraknya sekitar 38 kilometer dari kota Bogor. Berbeda dengan curug lainnya, curug Cihurang tidak terlalu jauh dari jalan raya Gunung Bunder, bahkan dari gerbang masuk kawasan Taman Nasional Halimun Salak, jaraknya cuma sekitar 500 meter.
curug Cihurang Bogor
Karena lokasinya inilah membuat curug Cihurang biasanya menjadi tempat camping buat para wisatawan yang datang di malam hari.

5. Curug Sawer

Curug Sawer ini terletak di desa Gunung Malang, kecamatan Tenjolaya, Bogor. Curug setinggi 20 meteran ini memang belum banyak diketahui karena orang. Saat kesana pun sebenarnya saya dan teman tidak sengaja melihat papan namanya yang kusam dan nyaris rusak saat akan menuju curug Nangka usai menyambangi Pura Parahyangan Jagattkarta.

Awalnya di tempat ini ada semacam cafe yang memiliki pemandangan ke arah curug ini. Makanya di google maps pun yang muncul nama cafe curug Sawer, bukan wisata curug Sawer.
Curug Sawer Bogor
Satu hal yang mesti diwaspadai saat berkunjung di kawasan wisata curug di Bogor adalah jika musim penghujan tiba. Biasanya debit air menjadi lebih tinggi dan dikhawatirkan ada air bah dari atas gunung. Itu sebabnya petunjuk para guide ataupun penduduk di sekitar kawasan curug harus diperhatikan dengan seksama

Dengan banyaknya curug atau air terjun yang bisa didatangi di Bogor, maka sebaiknya akan lebih baik jika menginap di hotel di Bogor. Memang sih jarak Jakarta – Bogor dekat. Namun buat mengunjungi satu wisata curug di bogor langsung dari Jakarta bisa memakan 2-3 jam perjalanan lho. Makanya menginap di hotel di Bogor menjadi alternatif menghemat waktu.

Saya biasanya selalu memesan Hotel di Bogor lewat situs Pegipegi karena caranya yang mudah dan banyak pilihan hotel yang terjangkau dan ringan di kantong. Lalu bagaimana cara  memesan hotel di Pegipegi? Masuk ke website Pegipegi dan klik logo HOTEL.
beberapa pilihan hotel di Bogor di situs Pegipegi

Selanjutnya isi Nama Lokasi/Hotel Tujuan di BOGOR atau jika sudah punya nama  hotel murah atau favorit di Bogor bisa langsung masukkan nama hotelnya.  Masukkan juga tanggal Check In-jumlah kamar yang diinginkan dan tanggal Check Out Anda lalu klik CARI, selanjutnya akan muncul berbagai hotel pilihan dengan Review hotel serta Harga.

Pilih hotel sesuai keinginan dan Klik Pada HARGA, akan kembali muncul Type kamar serta harga per kamar. Pilih Type Kamar dan klik PESAN. Nanti akan muncul Ringkasan Pesanan kamar hotel yang diinginkan. Baca  baik-baik ringkasan pesanan hotel terbaik yang diberikan tersebut lalu pilih motede pembayaran yang diinginkan.

Setelah itu isi kolom Informasi Tamu yaitu orang yang akan menginap. Jadi kita bisa nih pesan hotelnya buat orang lain, yang penting datanya sesuai. Silahkan  isi data Nama Tamu,  Kode Negara No. Telepon Pemesanan, Email Pemesan,  Nama Tamu (orang yang akan menginap) dan  jenis perjalanan. Setelah semuanya diisi, cek ulang kembali semua detailnya dan centang pada kolom setuju pada Kebijakan Privasi dan Ketentuan Penggunaan Pegipegi.

Jika sudah yakin lalu pilih metode pembayaran, lalu klik BAYAR. Info nomor rekening pembayaran akan masuk secara otomatis pada alamat email anda sesuai dengan metode pembayaran yang tadi dipilih. Selanjutnya silahkan melakukan pembayaran sebelum Time Limit pembayaran berakhir.
Jika pembayaran telah dilakukan maka Voucher Hotel akan dikirimkan melalui email. Mudah, bukan?!
menginep di hotel terbaik mana nih?? 
Makanya ayo buruan main-main ke Bogor yukss..  Kalau kalian sudah pernah main ke wisata curug di Bogor yang mana?  (EKW)


94 comments:

  1. yg nmr 2 saya pernah, saya ke sana krn bisa diakses angkot. terbaiklah ituuu <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup betul! kawasan curug nangka memang aksesnya paling gampang karena ada angkot yang lewat disana ya. Jadi enak lah gitu buat yang pergi sendirian.

      Delete
  2. Wah banyak juga Curug di sekitaran Bogor, kapan-kapan bisa dieksplore.. btw itu nama Curug Sawer bikin salah paham, banyak juga nama Curug Sawer

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang masih banyak banget wisata curug di Bogor. saya aja masih pengen eksplore disana euy. tidak jauh dari Jakarta dan bisa tiap weekend kesana. hehehe.

      Nah si curug Sawer di Bogor ini memang suka membingungkan karena ada 2 curug sawer di daerah Sukabumi yang lebih terkenal dari yang di bogor ini deh.

      Delete
  3. Kok ga ada foto yang pake mandi pake bikini di curug?

    ReplyDelete
  4. Setelah dari Bogor lanjut ke Cianjur ya. Di Cianjur tidak kalah banyak Curug lho. Salah satunya Curug yg jadi lokasi iklan rokok yang sering tayang di tv itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengen ke cianjur juga sihh.. kayaknya alam disana masih alami dan enak buat di eksplore yaa..

      Delete
  5. Bogor itu pusatnya curug deh
    Kalau udah ke daerah gunung bunder dan sekitarnya kita akan bertemu dengan banyak curug
    Cakep-cakep pula ya
    Aku pengen banget ke curug Lewihejo deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang dah bogor yaaa.. curug dimana-mana..
      jadi lebih enak buat weekend escape kalau butuh liburan dan refreshing singkat deh

      Delete
  6. Pas nih, lagi susun destinasi wisata Bogor untuk next jalan-jalan sama Pewe. Izin save tulisannya ya, Mbak, biar bisa jadi referensi pas main ke Bogor nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan mbak. senang bisa membantu referensi jalan-jalan di bogornya.

      Delete
  7. belum sempet ajak anak2 liat curug. nunggu si bungsu gedean dikit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak, main ke curug di bogor. yang deket2 dan aman buat anak banyak kok.

      Delete
  8. Daku pernah dengar yang curug nangka, tapi belum pernah sampai di sana. segarnya menikmati pemandangan curug yang indah di indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak main-main ke bogor, dalam sehari bisa main ke beberapa curug tuh...

      Delete
  9. Rumahku di Bogor tapi blm pernah mengunjungi curug2 hehe. Kyknya itu lbh ke arah Bogor atas2 deket Puncak gtu ya mbak?
    Duh jd pengen nih liat air terjun dan main2 di sungai :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehhh masaaa?? gimana nih orang bogor..
      hehehe

      tergantung lokasinya sih, kalau arah puncak kan itu dekat gunung gede pangrango, sedangkan ada beberapa curug ini yang di sekitaran gunung salak. mungkin arah2 sukabumi gitu deh.. *kalo gak salah*

      Delete
  10. Dari lima curug di atas, aku baru sampai di Curug Sawer. Duh langsung merasa kurang piknik. Ini kan dekat dari Tangerang. Kok aku belum sampai ke sini juga yah? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh pernah ke curug sawer juga yaa??
      Soalnya setahu saya curug yang satu ini malah jarang yang tahu tuh mbak.

      Yuks lah mbak evi kita main-main ke curug di bogor

      Delete
  11. Di Bogor ternyata banyak curug keren, ya. Jaid, gak usah jauh-jauh perjalanan dari Jakarta kalau mau main ke curug

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak.. bisa buat wisata pelarian sejenak dari Jakarta.
      cepat, mudah dan murah meriah deh..

      Delete
  12. Sering mendengar ulasan tentang curug-curug ini, tapi akunya belum jadi terus mau ke sana. Semacam masih keder aja ngajak balita ke sana. Apalagi anaknya aktif banget, aduh duh, ketar-ketir BukNaj dibuat mereka. Curug Leuwihejo yang paling sering kubaca ulasannya. Tapi ternyata masih ada banyak yang lain lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. curug leuwihejo kayaknya agak kurang bagus kalau buat anak-anak karena medannya agak susah, meskipun curugnya kecil sih
      Bogor mah surganya curug mbak..
      ini list saya aja mah masih kurang banyak banget dehhh

      Delete
  13. Wah, dua tahun yll aku jelajah curug ini nih, airnya beneran bening banget dan sayang klo gak nyemplung hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asoy kan ya jelajah curug di bogor. seharian bisa dapat berapa curug tuh mas???

      Delete
  14. Di Bogor ternyata banyak ya wisata curugnya, lihat foto-fotonya seger banget Mbak. Kayaknya harus ambil cuti buat refresh pikiran nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bogor sih kayaknya gak perlu ambil cuti deh, bisa pas weekend dan nginep aja di hotel di bogor biar gak capek di jalan monda-mandirnya mbak.

      Delete
  15. Walaupun domisili di Bogor tapi belum sempet eksplor ke curug-curug ini. Paling yang deket rumah aja. Dari semua yang ditulis, saya Paling suka lihat Leuwi Hejo. Bening banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuks mbak kita main ke curug-curug di Bogor lagi. Kusuka kalau ketemu air yang dingin-dingin gitu deh. bikin nyess di hati dan pikiran euy.

      Leuwi Hejo memang asik sih buat santai karena kecil dan tidak terlalu dalam.

      Delete
  16. wow.. banyak juga curug di Bogor ya.. unik2 lagi.. tempatnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini mah list curug yang pernah saya kunjungi aja mbak.
      yang belum pernah saya kunjungi malah lebih banyak lagi euy.

      Delete
  17. Mampir lagi. Eh ternyata aku sudah komen di atas 🤣🤣

    ReplyDelete
  18. Selama ini kalo lagi main ke Bogor suka bingung harus mampir ke mana, ternyata Bogor punya banyak curug yang bisa dikunjungi yah, asyik jugak.

    Kapan2 harus mampir nih bareng anak2, mereka belum pernah lihat curug soalnya hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masaaaa??

      Yuks lah main ke curug di bogor sama anak-anaknya.
      pasti seru petualangan dan bisa jadi pengalaman yang menyenangkan buat si kecil mbak.

      Delete
  19. Wah.. Keren2 ya curugnya, pemandangannya juga masih asri dan alami.. Smg kapan2 bisa berwisata ke bogor nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke bogor mah dari jakarta bisa tiap minggu mbak..
      asik lho bisa lihat yang ijo-ijo dan seger-seger di curug-curug di bogor.
      *kompor* hehehe

      Delete
  20. Replies
    1. mainlah mas, wisata murah meriah nih main di curug di bogor euy

      Delete
  21. Dari daftar Curug di atas, baru curug Leuwi Hejo yang pernah saya kunjungi.

    Memang benar sarannya. Lebih baik menginap di bogor kalau mau eksplor curugnya. Karena kalau sehabis eksplor curug langsujg kembali ke Jakarta, duh lemes banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas. kalau mau main ke curug di bogor mending nginep deh.. pernah main kesana mondar-mandir jakarta bogor, besoknya gempor euy.. untung masih libur kantor waktu itu. wkwkwkwk

      Delete
  22. Beberapa nama curugnya memang gak asing, tapi belum pernah kesana. Memang Bogor itu banyak curugnya ya, jadi pengen menjelajahinya kalau ke Bogor nanti..

    ReplyDelete
    Replies
    1. curug di bogor mah banyak banget mas.
      ini saja cuma sebagian kecil yang baru saya kunjungi.

      Delete
  23. Pernah ke beberapa Curug ini, tapi kalau musim hujan jangan dulu ya, takut banjir mendadak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya gak masalah sih kalau mau tetap ke curug di musim hujan. tapi harus lebih hati-hati lagi dan mungkin gak bisa lama-lama main di bawahnya.

      Delete
  24. Lihat review curug Sawer, jadi kebayang saweran. Cocok. Belum pernah satupun wisata ke curug. Kebayang sih segernya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya senang main-main ke curug euy.. rasanya seger banget apalagi kalau siang-siang. Adem banget deh..

      Delete
  25. Aduhhhh..kapan aku bisa main ke semua Curug ini ya? Berapa kali ke Bogor cuma kulineran doang.Baca ulasannya mbak dan lihat foto2nya, kok kaki ini pengen lompak aja, geret koper. wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak di agendakan ke curug di Bogornya.. deket kan.. nginepnya tinggal nyari di PegiPegi deh...

      Delete
  26. Hm..bener juga ya biar puas ke semua curug tersebut mending nginep di Bogor. Dan pakai pegipegi aja, mudah dan praktis pesan hotelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahh iyaaa.. biar gak capek mondar-mandir Jakarta-Bogor, mending sekalian nginep aja di Bogor. pilihan hotel di situs PegiPegi banyak banget deh.. tinggal pilih sesuai budget deh..

      Delete
  27. Curug Nangka kayaknya yang paling terkenal. Itu pun aku belum pernah ke sana. Aku belum pernah ke semua curug yang disebutin di atas. Orang Bogor kw begini, nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. curug nangka memang paling terkenal karena aksesnya paling mudah.

      wahhh yang orang bogor.. yukss diijelajahi wisata curug di Bogornya tehh..

      Delete
  28. Waa ngeliat foto curugnya aja udah kerasa seger apalagi langsung kesana. Belum pernah ke bogor nih.. Jadi pengen kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. siang-siang lihat foto curug di bogor memang bikin seger mbak.. apalagi kalau biasa langsung berada di bawah guyuran curugnya... ademnya berasa sampai ke hati euy..

      Delete
  29. Padahal Jakarta gak jauh yah dari Bogor, tapi aku belum pernah kesini nih, wah destinasi seru nih yg bisa di explore main di curug. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. kalau buat pelarian weekend bisa ke bogor buat yang sibuk banget..
      masih banyak lagi curug lain disana.. ini saja saya sudah bolak-balik beberapa kali buat ngumpulin curug-curug di bogor ini euy..

      Delete
  30. Kangen main ke curug, di Bogor banyak juga ya. Aku belum pernah kesana. Pasti seru dan menyenangkan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. main ke curug di bogor lagi yuk teh lis. saya pengen main kesana lagi. ku siap jadi guidenya deh. hehehe.

      Delete
  31. Hwaaaa..tempatnya seger-seger semua. Foto yang pertama itu beneran bikin pengen nyebur deh. Kapan yaa bisa ke sana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya curug mah pasti seger deh...ayok lah main ke curug di bogor.. deket kan...

      Delete
  32. Sekarang kemana mana gampang banget, tinggal pake aplikasi langsung dah jalan.. apalagi tempat yang dikunjungi juga keren banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, pegipegi memang apps buat traveling yang memudahkan. bisa cari apapun termasuk hotel di bogor lalu abis itu main deh ke curug di bogor.

      Delete
  33. Mau nambahin Curug Bidadari, mba, hihi. Yg oaling accesibke dari posisiku. Waktubitu kau ke Ciherang tp lagi hanik dan harus jalan masuk ke dslsmnya, akhirnya ketemu bidadari yg oas 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh iyaa.. saya justru belum sempat ke curug bidadari euy..

      kapan-kapan main ke bogor mesti kesana nih..

      Makasih rekomendasinya mbak..

      Delete
  34. Wah Komplit koleksi curugnya .bisa nih jadi referensi ke Bogor nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum komplit ini sih, masih banyak puluhan curug lainnya.
      mungkin listnya nanti bisa nambah lagi dehh..

      Delete
  35. Sergernya bisa main ke curug, demen main air.. Tapi kalau lagi musim hujan gini, dingin kali yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mbak saya paling senang kalau main ke air.

      kalau musim hujan juga gak terlalu dingin sih, apalagi kalau kesananya pas siang bolong. hehehe..

      Delete
  36. Pengen ke Bogor, tapi ke rumah doi. *eh jadi curhat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cieee.. si doinya diajakin main ke curug di bogor juga lahh.. heheheh

      Delete
  37. lah lama disana malah belum pernah main ke curug hehe makasih ya nambah wawasan jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuks mbak main ke curug di bogor.. banyak lhoo.. saya aja masih pengen main dan eksplore lagi nih..

      Delete
  38. Wuih seger banget air di curug-curug itu mbak. Jadi pengen main ke curug juga nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus banget main ke curug mbak.. jadi berasa refresh dan lebih segar deh..

      Delete
  39. Waahh ngelihatin foto-foto di atas jadi kangen main ke alam lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya aja pas lihat foto-foto ini jadi pengen kesana lagi, mbak.
      hehehe

      Delete
  40. Dari semua itu, cuma pernah ke curug Nangka dan tetangga-tetangganya. Pengin ke tempat yang lain, sih, tapi transportasinya itu lho...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hari yang indah
      semoga bisa kopdar bareng

      Delete
    2. Iya mbah dyah, saya pas ke beberapa curug lainnya juga motoran sama teman-teman jadi mudah menjangkaunya..

      kalau kendaraan umum memang belum ada. mesti sewa sih..

      Delete
  41. Pernah ke curug yang nomor 2 itu, tapi sampai curug daun aja. Waktu itu bawa rombongan ana-anak. Beberapa ank gak kuat trekking jadinya sampai sana aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. curug Kawung memang masih trekking lagi ke atas sih.. tp bisa ke dua curug udh senang kan yaa..

      Delete
  42. Saya belum khatam menelusuri curug yg ada di bogor. Saking banyaknya ga heran sampai dijuluki kota seribu curug

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya aja masih belum banyak main ke curug di bogor euy.. ini aja sudah dikumpulin dari beberapa tahun traveling menyambangi curug di sana.
      hehehehe..

      Delete
  43. Bogor dan sekitarnya emang gudangnya curug,, tapi aku belum satupun ke 5 curug itu hehe..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas lagi di Jakarta jarang main ke Bogor ya mas??
      hehehe..
      yuks lah traveling ke Bogor..

      Delete
  44. Ada satu lagi curug asik di Bogor buat main-main air dengan aman, namanya curug Cilember.
    Rutenya mudah ditempuh juga area tamannya udah ditata rapi,kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahh iyaa.. curug cilember.. saya belum sempat main kesana meski sudah berulang kali merencanakan kesana euy..

      mungkin lain waktu, Insya Allah.

      Delete

Follow Me on