Wednesday, February 1, 2017

VISIT PERAK YUKSS!!

Perak. Salah satu negara bagian di Malaysia. Yup, negari jiran ini memang terbagi menjadi 13 negara bagian dan satu wilayah persekutuan. Kalian mungkin familiar dengan wilayah persekutuan Kuala Lumpur, negara bagian Sabah, Sarawak, Johor Bahru, Melaka dan Penang. Tahun ini saya mendapatkan kesempatan untuk sedikit ngubek-ngubek negara bagian Perak yang sebenarnya tidak jauh dari ibukota Malaysia, cuma sekitar 2 sampai 3 jam naik bis ataupun kereta.
Visit Perak yikss!
Negara bagian Perak beribukota Ipoh dengan bendera putih kuning hitamnya. Makanya jangan heran kalau jalan-jalan di Malaysia pasti ada 2 bendera bertengger di halaman rumah atau kantor, yang satu bendera negara Malaysia, yang satunya lagi bendera negara bagian.

Setelah beberapa minggu hilir mudik di beberapa tempat di Perak, ini lah beberapa kota yang menurut saya rekomendasi untuk dikunjungi untuk bisa mengenal lebih jauh seperti apa negara bagian Perak, Malaysia ini.



1. Ipoh
Sebagai ibukota negara bagian, Ipoh tentu saja wajib didatangi. Berbagai bangunan historikal peninggalan inggris, gang-gang berisi seni mural, pasar loak atau barang bekas, hingga beberapa kuil di tebing atau perbukitan batu kapur yang keren.

Baca Juga : Jejak Warisan Ipoh
Stasiun kereta api Ipoh
Salah satu mural di Ipoh
Salah satu hal yang paling bikin saya suka dengan Ipoh adalah karena kota ini dikelilingi perbukitan kapur yang keren! Kalau pagi-pagi menjelang matahari terbit, beberapa bagian perbukitan ini masih tertutup kabut. Eksotis banget deh pokoknya sunrisenya. Sayangnya saya belum menemukan tempat yang tepat untuk memotret sunrise di Ipoh karena selama ini cuma bisa memandangi matahari terbit yang indah dari dalam mobil euy.

2. Kuala Kangsar
Kuala Kangsar disebut juga sebagai "The Royal Town" atau kota kerajaan karena di kota inilah kerajaan Perak Darul Ihsan berasal sejak abad ke 18.  Sebelum ibukota Perak berada di Ipoh, Kuala Kangsar menjadi ibukota Perak hingga tahun 1876.
Masjid Ubudiah

Kota Kuala Kangsar
Di kota ini kita bisa melihat istana kerajaan Perak tempat kediaman sultan Perak, Sultan Nazrim Muizzuddin Shah Ibni Almarhum Sultan Azlan Muhibbuddin Shah Al-Maghfurlah, hingga saat ini. (tapi cuma dari luar pagar aja) yang terletak di atas bukit, Galeri dan museum Kerajaan, dan Masjid Ubudiah yang cantik.

3. Bagan Datok
Bagan Datok merupakan sebuah kota kecil yang terletak di bagian timur laut negeri Perak. Di kota yang terletak 130 kilometer dari Ipoh ini banyak terdapat perkebunan kelapa sawit dan kelapa. Di kota seluas 166 kilometer persegi ini terdapat tempat penobatan Sultan Perak bernama Jeti Beting Beras Basah dimana sekitar tempat ini merupakan berupa rawa-rawa yang menyambung ke arah muara sungai dan juga tempat konservasi burung dan monyet dan beberapa hewan lainnya.

Baca Juga : Jadi Orang Lokal Di Bagan Datok
Suasana alami di Jeti Beting Beras Basah
Di Bagan Datok ini juga ada beberapa pulau yang masuk dalam wilayah Taman Negeri Pulau Sembilan. Keunikan pulau ini dibandingkan pulau lain di Malaysia adalah adanya Blue Phytoplankton atau plankton biru yang bersinar di malam hari. Glow in the dark!! Sayangnya 2 kali saya kesini masih gagal mengabadikan blue tears beach ini dengan baik. *guling-guling di pasir pantai yang membiru sambil nangis* Mudah-mudahan bisa kembali kesini untuk bisa mengabadikan gambar pantai dengan Blue Phytoplanktonnya itu.

4. Gopeng
Selain Ipoh, Gopeng adalah salah satu kota yang saya sukai di Perak. Gopeng kota kecil yang menurut saya nyaman buat ditinggali buat menghabiskan waktu dan berleha-leha. Sungai yang bersih, bukit-bukit kecil yang bisa didaki, hingga goa-goa yang bisa dijelajahi banyak terdapat di Gopeng.

Baca Juga : Bermain di Perut Bumi Goa Tempurung, Gopeng
Goa Tempurung di Gopeng
Disini juga banyak kebun pohon durian lhoo. Jadi kalau main-main ke Gopeng di bulan Mei dan Juni, dijamin bisa menemukan durian murah dan enak karena matang di pohon bertebaran di pinggiran jalanan Gopeng seharga 2 - 5 ringgit per buahnya.

Itu beberapa kota yang bisa dikunjungi di Perak, Malaysia. Sebenarnya masih banyak tempat tersembunyi yang sangat worth it di kunjungi. Satu yang pasti, saya suka Perak karena alam dan sejarahnya yang sangat luar biasa. (EKW)


34 comments:

  1. Perak yang menarik. Waktu ke Perak aku juga berniat datang ke Gopeng. Namun sayang sudah kehabisan waktu. Semoga suatu saat bisa ke Perak lagi. Negeri ini mirip banget dengan Indonesia soalnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. Perak memang mempesona,
      Daya tarik utamanya di sejarah dan alamnya yang masih terjaga dengan baik

      Delete
  2. Pernah sekali ke Perak.. Ke hutan yang berbatasan dengan Pahang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm.. perak bagian mana ya yang berbatasan dengan Pahang ya kak Dian??
      *buka google maps*

      Delete
  3. waktu kuliah di penang, bisa dibilang aku jrg kemana2 ;p... 4 thn di sana kyknya cuma jalan ke pahang, KL, kedah, johor... perak blm pernah.. adikku tuh yg lbh sering traveling ke negara2 bagian malaysia pas libur kuliah :D.. nyesel akunya dulu terlalu rumahan banget ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh sayang banget kak Fanny gak traveling ke Perak, Padahal deket juga tuh dari penang, sekitar 3-4 jam lah naik bus.
      Yukss lah traveling lagi kesini. :D

      Delete
  4. Wahh semoga someday kalo ada waktu, bisa mengunjungi Perak bersama keluarga. Aku blm pernah ke Malaysia euy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan bisa segera berkunjung ke Malaysia yaa.. dan jangan lupa main-main ke Perak juga..

      Delete
  5. Belum pernah malaysia. Ceritanya bisa jadi panduan nih mbak, kalau ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yukss mbak ke Malaysia. budgetnya tidak terlalu mahal kok karena harganya sama dengan Indonesia, apalagi kalau di kota-kota kecilnya..

      Delete
  6. Aku baru sampe KL, Melaka dan Johor Bahru nih, bakal ke Ipoh kalau ke negeri jiran lagi deh! Menarik!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. Ipoh kurekomendasiin deh buat yang mau main ke Malaysia lagi. kusuka sama kota ini soalnya.

      Delete
  7. Seru yah,aku baru tahu kalau ada lokasi wisata bernama Perak di Malaysia,kurang familiar,biasanya Penang. Goanya bagus ya,seperti Goa Gong di Surabaya kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, nama Perak memang belum setenar tetangganya. Tapi tempatnya tetap asik buat dijelajahi lho. terutama kota Ipoh.

      saya belum pernah ke gua Gong sih, tap berdasarkan kata beberapa orang yang pernah ke gua Gong katanya mirip sih dengan gua Tempurung ini.

      Delete
  8. Baru tahun ini berencana jalan-jalan ke LN. Emang enaknya milih negara yang deket dulu yak dari Indonesia buat adaptasi sebagai backpacker, apalagi kalo solo backpacker. Baru abis itu yang jaug-jauh. Kayaknya sih aku mau milih yang deketan dulu biar terbiasa sama "menggembel" ala-ala wkwk

    ReplyDelete
  9. Nampaknya Gopeng mengoda sangat ya buat aku datangin dan singgah beberapa hari apa malah betah lagi entar hahahaa

    ReplyDelete
  10. Pengen juga ke Perak nanti, lokasi wisatanya bagus-bagus dan mengesankan.

    ReplyDelete
  11. Aku makin sering nih baca soal Ipoh dari tulisan teman travel blogger. Jadi pingin juga ke sana... :D Termasuk bagian Perak ya.. Nah, yang kota lain selain Ipoh yang disebutin di atas aku nggak familiar. Enaknya berapa hari ya mba menjelajah Perak ke kota-kota itu?

    ReplyDelete
  12. Oh kalau negara bagian itu punya bendera masing-masing juga ya
    Kayaknya Perak menarik nih buat di eksplore, selama ini paling dengarnya Penang, Johor dan kota-kota besar lainnya di Malaysia. Baru tahu tentang Perak

    ReplyDelete
  13. Wah, negara bagian Malaysia ini memang otentik banget. Kemarin sempat keliling Johor Bahru, Malaka, terakhir ke Kuala Lumpur. Tapi belum sempat ke Ipoh karena kelamaan di Malaka. Next holiday would be Ipoh. Terima kasih tulisannya, mbak!

    ReplyDelete
  14. Banyak bangunan bersejarah yg masih terawat dgn baik ya. Trims utk sharingnya

    ReplyDelete
  15. jeti beting ... jati bening .. kedengerannya mirip yee heheheh ... eh belon pernah ke Perak niiih. Kulinernya gimana kakakkkk?

    ReplyDelete
  16. Jangankan main kesana, denger namanya aja baru kali ini. Dan twrmyata indah ya.. kayaknya untuk nyari barang-barang etnik banyak ya kak disana.

    ReplyDelete
  17. Mainnya jauh ya kak, makasih loh infonya aku jadi tau kalau ke Malaysia mesti kemana

    ReplyDelete
  18. Lucu-lucu ya mural di sana. Noted deh yang musim durian. BAkalan puas banget nih makan durian pas lagi musim panen

    ReplyDelete
  19. Saya pernah ke KL sama putrajaya, pengin next time ke Perak.
    Salam sehat selalu

    ReplyDelete
  20. Aku baru berkunjung ke Johor Bahru dan Kualalumpur aja. Boleh juga ke Perak ini, katanya kulinernya juga enak-enak ya Mba?

    ReplyDelete
  21. Wah bisa jadi referensi saya nih, buat travelling ke Malay.

    ReplyDelete
  22. Perak ini memang kota tua yg asli banget keliatan tuanya.. artinya mreka memamg merawat gedung2 yang ada di sana... Seru nih...

    ReplyDelete
  23. Transportasi dan hotel di sana banyak ya kak? Ada angkot gitu? Trs orang orangnya pake bahasa melayu ya..

    ReplyDelete
  24. Waaahh, aku belum main ke semuanya.
    Negara bagian Malaysia baru mampir ke Kuala Lumpur, Putrajaya, Penang, sama Melaka.

    Ipoh kelihatan menarik yaa

    ReplyDelete
  25. baru sekali ke malaysia itu pun hanya ke tempat wisata yang umum deh kl sama malaka, aq baru tahu untuk kota perak ini, banyak yang menarik juga yah wisatanya

    ReplyDelete
  26. banyak spot lucuk ya di sana, suka deh. Kapan2 mau ah main2 lagi ke sana...

    ReplyDelete
  27. baiikk.. masukin wish list lagi.. dan jumlah travel wish list aku makin panjang, yang dicentang cuman sedikit hahaha

    ReplyDelete

Follow Me on