Skip to main content

VISIT PERAK YUKSS!!

Perak. Salah satu negara bagian di Malaysia. Yup, negari jiran ini memang terbagi menjadi 13 negara bagian dan satu wilayah persekutuan. Kalian mungkin familiar dengan wilayah persekutuan Kuala Lumpur, negara bagian Sabah, Sarawak, Johor Bahru, Melaka dan Penang. Tahun ini saya mendapatkan kesempatan untuk sedikit ngubek-ngubek negara bagian Perak yang sebenarnya tidak jauh dari ibukota Malaysia, cuma sekitar 2 sampai 3 jam naik bis ataupun kereta.
Visit Perak yikss!
Negara bagian Perak beribukota Ipoh dengan bendera putih kuning hitamnya. Makanya jangan heran kalau jalan-jalan di Malaysia pasti ada 2 bendera bertengger di halaman rumah atau kantor, yang satu bendera negara Malaysia, yang satunya lagi bendera negara bagian.

Setelah beberapa minggu hilir mudik di beberapa tempat di Perak, ini lah beberapa kota yang menurut saya rekomendasi untuk dikunjungi untuk bisa mengenal lebih jauh seperti apa negara bagian Perak, Malaysia ini.



1. Ipoh
Sebagai ibukota negara bagian, Ipoh tentu saja wajib didatangi. Berbagai bangunan historikal peninggalan inggris, gang-gang berisi seni mural, pasar loak atau barang bekas, hingga beberapa kuil di tebing atau perbukitan batu kapur yang keren.
Stasiun kereta api Ipoh
Salah satu mural di Ipoh
Salah satu hal yang paling bikin saya suka dengan Ipoh adalah karena kota ini dikelilingi perbukitan kapur yang keren! Kalau pagi-pagi menjelang matahari terbit, beberapa bagian perbukitan ini masih tertutup kabut. Eksotis banget deh pokoknya sunrisenya. Sayangnya saya belum menemukan tempat yang tepat untuk memotret sunrise di Ipoh karena selama ini cuma bisa memandangi matahari terbit yang indah dari dalam mobil euy.

2. Kuala Kangsar
Kuala Kangsar disebut juga sebagai "The Royal Town" atau kota kerajaan karena di kota inilah kerajaan Perak Darul Ihsan berasal sejak abad ke 18.  Sebelum ibukota Perak berada di Ipoh, Kuala Kangsar menjadi ibukota Perak hingga tahun 1876.
Masjid Ubudiah

Kota Kuala Kangsar
Di kota ini kita bisa melihat istana kerajaan Perak tempat kediaman sultan Perak, Sultan Nazrim Muizzuddin Shah Ibni Almarhum Sultan Azlan Muhibbuddin Shah Al-Maghfurlah, hingga saat ini. (tapi cuma dari luar pagar aja) yang terletak di atas bukit, Galeri dan museum Kerajaan, dan Masjid Ubudiah yang cantik.

3. Bagan Datuk
Bagan Datuk merupakan sebuah kota kecil yang terletak di bagian timur laut negeri Perak. Di kota yang terletak 130 kilometer dari Ipoh ini banyak terdapat perkebunan kelapa sawit dan kelapa. Di kota seluas 166 kilometer persegi ini terdapat tempat penobatan Sultan Perak bernama Jeti Beting Beras Basah dimana sekitar tempat ini merupakan berupa rawa-rawa yang menyambung ke arah muara sungai dan juga tempat konservasi burung dan monyet dan beberapa hewan lainnya.
Suasana alami di Jeti Beting Beras Basah
Di Bagan Datuk ini juga ada beberapa pulau yang masuk dalam wilayah Taman Negeri Pulau Sembilan. Keunikan pulau ini dibandingkan pulau lain di Malaysia adalah adanya Blue Phytoplankton atau plankton biru yang bersinar di malam hari. Glow in the dark!! Sayangnya 2 kali saya kesini masih gagal mengabadikan blue tears beach ini dengan baik. *guling-guling di pasir pantai yang membiru sambil nangis* Mudah-mudahan bisa kembali kesini untuk bisa mengabadikan gambar pantai dengan Blue Phytoplanktonnya itu.

4. Gopeng
Selain Ipoh, Gopeng adalah salah satu kota yang saya sukai di Perak. Gopeng kota kecil yang menurut saya nyaman buat ditinggali buat menghabiskan waktu dan berleha-leha. Sungai yang bersih, bukit-bukit kecil yang bisa didaki, hingga goa-goa yang bisa dijelajahi banyak terdapat di Gopeng.
Goa Tempurung di Gopeng
Disini juga banyak kebun pohon durian lhoo. Jadi kalau main-main ke Gopeng di bulan Mei dan Juni, dijamin bisa menemukan durian murah dan enak karena matang di pohon bertebaran di pinggiran jalanan Gopeng seharga 2 - 5 ringgit per buahnya.

Itu beberapa kota yang bisa dikunjungi di Perak, Malaysia. Sebenarnya masih banyak tempat tersembunyi yang sangat worth it di kunjungi. Satu yang pasti, saya suka Perak karena alam dan sejarahnya yang sangat luar biasa. (EKW)


Comments

  1. Perak yang menarik. Waktu ke Perak aku juga berniat datang ke Gopeng. Namun sayang sudah kehabisan waktu. Semoga suatu saat bisa ke Perak lagi. Negeri ini mirip banget dengan Indonesia soalnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. Perak memang mempesona,
      Daya tarik utamanya di sejarah dan alamnya yang masih terjaga dengan baik

      Delete
  2. Nuansa kulturalnya kaya banget ya di kota ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak imaniar.
      kultural perak paling kental terlihat di kota kuala kangsar

      Delete
  3. Sukaakk dengan kota yang sarat sejarah kek gini. Perak akan jadi wishlist kalau mlipir ke Malaysia. Dari dulu juga sudah ngidam kopi dari Ipoh yang enak itu hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus banget perak jadi wishlist kak Halim
      nahh white coffee old town ipoh itu memang yang paling terkenal, jadi banyak juga cafe-cafe buat ngopi yang asik dijelajahi di ipoh tuhh kak.

      Delete
  4. Pernah sekali ke Perak.. Ke hutan yang berbatasan dengan Pahang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm.. perak bagian mana ya yang berbatasan dengan Pahang ya kak Dian??
      *buka google maps*

      Delete
  5. Selain penang dan melaka, ternyata ada juga kota yg sarat dr kultural dan sejarah seperti perak ini ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak Yohanes,
      pertama kali datang di ipoh juga langsung terpesona sama gedung2 tua yang bersejarah disana.
      kalau digali akan lebih banyak lagi nih yang bisa ditulis tentang Perak.

      Delete
  6. waktu kuliah di penang, bisa dibilang aku jrg kemana2 ;p... 4 thn di sana kyknya cuma jalan ke pahang, KL, kedah, johor... perak blm pernah.. adikku tuh yg lbh sering traveling ke negara2 bagian malaysia pas libur kuliah :D.. nyesel akunya dulu terlalu rumahan banget ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh sayang banget kak Fanny gak traveling ke Perak, Padahal deket juga tuh dari penang, sekitar 3-4 jam lah naik bus.
      Yukss lah traveling lagi kesini. :D

      Delete

Post a Comment