Skip to main content

TRAVELING UNTUK APA???

Saya tidak tahu sejak kapan semua orang yang mengenal saya tahu bahwa saya punya hobi traveling. Mereka biasanya menganggap biasa ketika saya sedang traveling dan menganggap luarbiasa ketika saya sedang serius kerja. *kesannya saya bekerja cuma sekedar untuk mengisi waktu disela-sela traveling gitu yaa.. hehehe*

Namun beberapa waktu ini, terutama ketika saya memutuskan traveling ke sebuah daerah yang belum pernah saya kunjungi, saya menerima pertanyaan yang menurut saya aneh. “Kenapa kamu mau traveling kesana kalau tidak tahu apa yang bagus dari kota/tempat tersebut?”
Kemana kaki ini harus melangkah?? in Bali


Terus terang saya sedikit bingung dengan pertanyaan itu. Saya pun hanya menjawab. “Justru karena saya tidak tahu apa yang ada di kota/tempat itu makanya saya mau traveling kesana, untuk tahu apa saja yang ada disana”. Dan saya pun menerima kalimat cibiran, “Ihh.. aneh deh kamu, masa mau traveling tapi tidak tahu wisata yang bagus dari kota/tempat itu sih?”

Saya jadi berpikir, memangnya traveling itu harus ke tempat yang bagus ya? Harus tempat yang kita kenal sebelumnya? Harus ke tempat yang punya objek wisata? Harus ke tempat yang meski belum pernah kesana tapi terkenal punya objek wisata yang bagus ya?
enjoying the bocage in Sumba Island,
East Nusa Tenggara Province, Indonesia
Kalau buat saya pribadi sih jawabanya sudah pasti TIDAK!
Buat saya traveling selain untuk refreshing, juga untuk tempat mengenal sebuah tempat yang baru, untuk merasakan atmosfer yang berbeda dari tempat dimana saya tinggal, untuk mengenal orang lain di luar lingkaran orang yang sudah saya kenal sebelumnya, untuk mendapatkan pengetahuan baru, apapun bentuknya.

Sejak traveling menjadi booming beberapa tahun terakhir ini saya memang melihat euphoria akan traveling. Dari beberapa orang disekeliling saya, saya melihat ada beberapa tujuan traveling. Ada yang suka melihat pantai, ada yang suka gunung, ada yang suka traveling untuk sekedar buang-buang uang, ada yang suka dengan tempat yang punya lanskap indah *supaya punya foto dengan background macam di film atau wallpaper gitu lohh..* dan berbagai tujuan lainnya.
Enjoying the color of nature in Dieng,
Central Java
Memang sih adakalanya saya traveling ke sebuah tempat karena tempat itu terkenal dengan objek wisatanya, tapi biasanya saya juga mencoba mencari sesuatu hal lain yang mungkin tidak banyak diketahui orang lain, entah itu kebiasaan warga sekitarnya, makanan, ataupun sebuah rumah dengan cerita historikal yang menarik.

Saya sih secara pribadi tidak berharap orang lain akan mengerti seperti apa traveling yang saya jalani karena saya paham semua orang memiliki tujuan berbeda dalam melakukan traveling.
“Vacation meant leaving the world you knew for a world you didn’t.” – Christopher Elliott


Biasanya setelah  saya menerima kalimat cibiran seperti diatas tadi, saya pun hanya menjawab. “saya tidak peduli meski di kota/tempat itu hanya ada satu pohon, satu rumah atau tidak ada apapun, asalkan saya bisa melihat langsung kota/tempat itu, itu adalah sebuah pengalaman yang menarik buat saya”. Dan saya pun berjalan menjauh dari orang tersebut.

Kalau menurut kamu, apa tujuan kamu melakukan traveling? (EKW)

Comments

  1. kalo saya sih biasanya travelling buat nyari sesuatu yang baru mbak... apapun itu...
    tapi kebanyakan karena urusan kerjaan sih... hehehe

    ReplyDelete
  2. Traveling bagi saya adalah investasi non materi, karena dari hasil traveling biasanya akan ada pengalaman baru dan ide2 untuk membentuk hidup saya jadi lebih menarik bagi diri sendiri atau orang lain...Oh iya, selain itu, traveling adalah cara saya untuk menikmati hidup....Hehehe...

    Salam kenal ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul sekali..

      traveling membuat kita kaya akan pengalaman hidup dan cara menikmati hidup dengan sebaik-baiknya.. :)

      Delete

Post a Comment