Mengenal Digital Marketing Agency dan Tips Mencari Digital Agency Profesional di Indonesia

Konten [Tampil]

Saya pertama kali berkenalan dengan dunia digital marketing saat diajak menjadi fotografer sekaligus videographer untuk sebuat agensi di negeri jiran, Malaysia. Meski hanya sekitar 5 bulan bekerja di agensi tersebut, saya mendapatkan banyak insight soal dunia digital marketing dan creative agency

Bayangkan saja ada beberapa resort di Malaysia yang memiliki akun sosial media, namun tidak tahu bagaimana cara mengoptimalkan personal brandingnya. Akibatnya tentu saja mereka tidak bisa menghasilkan pemasaran dan penjualan yang efektif  dan efisien. Di sinilah peran digital marketing agency yang hadir untuk menjawab dan membantu permasalahan tersebut.

digital-agency-jakarta-redcomm

Apa Itu Digital Marketing Agency?


Sebenarnya apa sih digital marketing itu. Digital marketing adalah praktik pemasaran menggunakan platform dan teknologi digital seperti internet, media sosial, ponsel, dan perangkat lainnya untuk mempromosikan sebuah produk, merek, atau layanan. 


Nah, agensi digital marketing ini akan menyusun dan membuat berbagai macam strategi seperti pemasaran konten, SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), media sosial, email marketing, dan lain-lainnya.


Tujuan utama dari layanannya adalah untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap sebuah produk, merek, atau layanan, membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, dan menghasilkan penjualan atau konversi online yang efektif dan efisien.


Ciri-ciri dan Tips Mencari Digital Marketing Agency yang Profesional


Lalu bagaimana caranya mencari digital marketing agency profesional di Indonesia. Berikut ini beberapa ciri-ciri dari sebuah digital marketing agency profesional. 


  1. Memiliki Portfolio dan Reputasi yang Baik

Standar profesional dari sebuah digital agency di Indonesia biasanya akan memamerkan portfolio hasil karya terbaik serta reputasi yang telah terbukti melalui jejak rekam yang kuat. Dengan menyajikan portfolio yang baik dan rapi, digital agency Indonesia tersebut menegaskan kualitas dan kompetensinya dalam industri pemasaran digital di Indonesia.


  1. Memiliki Pemahaman Mendalam Tentang Industri dan Pasar Digital

Agensi digital yang profesional memiliki pemahaman yang mendalam tentang industri dan pasar digital tempat klien mereka beroperasi. Mereka terbiasa melakukan riset pasar yang komprehensif dan memahami tren serta persaingan yang ada di industri digital.


  1. Memiliki Kontak Lengkap yang Mudah Dihubungi

Sebagai agensi digital yang profesional, mereka akan mudah dijangkau melalui ketersediaan kontak yang lengkap. Dengan menyediakan informasi kontak yang jelas dan lengkap, mereka menunjukkan kesediaan untuk berinteraksi dengan klien potensial dan yang sudah ada dengan mudah dan cepat serta memberikan kesan profesionalisme yang baik.


  1. Menjalin Komunikasi dan Partnership yang Berkesinambungan

Agensi digital yang profesional akan menjalin komunikasi dan hubungan partnership yang berkesinambungan dengan setiap kliennya. Mereka akan berperan sebagai mitra strategis yang turut serta membantu dalam meraih tujuan bisnis jangka panjang. 


  1. Memiliki Tim yang Solid

Tim digital agency terdiri dari individu-individu yang ahli di bidangnya, dengan keahlian khusus dalam merancang strategi dan melaksanakan berbagai taktik di ranah digital. Dengan pengetahuan yang mendalam tentang berbagai aspek digital, tim digital agency Indonesia ini akan mampu memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan kliennya.


Perlukah Menggunakan Jasa Digital Agency Indonesia Profesional?


Sekarang yang menjadi pertanyaan, apakah perlu menggunakan jasa digital agency Indonesia profesional untuk kebutuhan para pebisnis, khususnya yang berada di kota besar seperti Jakarta? 


Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa kalian dapatkan jika menggunakan jasa digital agency Indonesia yang profesional.


  1. Menjangkau Target Pasar Sesuai Sasaran

Dengan pemahaman yang mendalam pada industri dan pasar digital, digital marketing agency tersebut akan memiliki wawasan mendalam tentang siapa target pasar atau audiens yang kalian inginkan. Hal ini akan memungkinkan mereka untuk menciptakan strategi dan taktik yang spesifik dan relevan yang dapat berinteraksi secara langsung dengan target audiens tersebut.


  1. Lebih Efektif dan Efisien dari Segi Biaya dan Waktu

Melakukan pemasaran secara digital bisa membawa efisiensi yang signifikan baik dari segi waktu maupun biaya. Dalam segi waktu, kalian tidak perlu menghabiskan waktu yang berharga untuk merancang strategi pemasaran yang rumit. Dengan bantuan agensi digital, proses tersebut akan menjadi lebih singkat dan efisien. Strategi yang sedang dijalankan pun akan dapat menjangkau target audiens dengan lebih cepat.


Sementara itu, dari segi biaya, menggunakan strategi pemasaran digital melalui agensi akan lebih ekonomis dibandingkan dengan metode konvensional seperti iklan televisi, billboard, radio, atau distribusi pamflet. Dengan pendekatan digital marketing, kalian dapat mengalokasikan anggaran pemasaran dan promosi dengan lebih efektif untuk mendapatkan hasil yang optimal.


  1. Mampu Bersaing Dengan Kompetitor Bisnis yang Lebih Besar

Lewat strategi digital yang tepat, agensi digital akan mampu membuat brand kalian bisa bersaing dengan kompetitor bisnis yang lebih besar. Digital agency Indonesia yang profesional mampu membuat promosi yang menguatkan personal branding kliennya sehingga memiliki daya saing yang lebih kuat dan solid.


  1. Mendapatkan Pengetahuan Baru

Di akhir kerjasama, agensi digital tersebut biasanya akan menyusun laporan lengkap tentang kinerjanya. Laporan ini memuat informasi detail, seperti jenis konten yang paling efektif, pencapaian kerja, dampaknya terhadap penjualan, dan sebagainya. 


Lewat laporan tersebut, kalian akan dapat memahami secara menyeluruh bagaimana strategi digital telah mempengaruhi bisnis yang sedang dijalankan dan mengetahui area mana yang perlu diperbaiki atau dipertahankan untuk kesuksesan di masa mendatang. Ini adalah sebuah pengetahuan baru yang sangat berharga. 


Redcomm Digital Agency Indonesia Terpercaya 


Redcomm sebagai Agency of The Year 6 tahun berturut-turut terbukti memiliki pengalaman dan reputasi yang terbaik yang akan bisa membantu bisnis digital yang akan kalian kembangkan. Sebagai Digital Agency Jakarta, Redcomm Indonesia telah memiliki portfolio yang kreatif dan kuat dengan pengalaman dan reputasi solid selama bertahun-tahun.


Untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan tentang penerapan strategi digital yang tepat, kalian bisa langsung menghubungi Redcomm Indonesia melalui website atau sosial media. Dengan bantuan mereka, kalian akan dapat mengembangkan strategi yang sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan dan meraih hasil yang optimal. 


Sumber bacaan:

https://redcomm.co.id/who-and-why

https://redcomm.co.id/clients

https://redcomm.co.id/case-studies

https://redcomm.co.id/services


Comments

  1. Dengan perkembangan sosial media yg begitu cepat, peran Digital Marketing Agency sangat penting. Selain memberi strategi tepat utk para klien, Digital Marketing Agency juga memberi ruang kerjasama bagi para sosial media enthusiast. Terima kasih udah sharing Mba, jadi makin paham fungsi dan peran Digital Marketing Agency itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat ini memang bisnis perlu banget bantuan Digital Marketing Agency, apalagi yang waktu dan pengetahuan tentang digital marketingnya masih terbatas. Dengan bantuan digital agency semua hal tentang pemasaran pun bisa dilakukan dengan optimal.

      Delete
  2. Mahal ga sih Ndah biaya pake digital agency begini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mahal atau tidaknya biasanya tergantung jasa layanannya kok. Kalaupun budget terbatas, bisa kok konsultasi dengan mereka untuk tahu jasa atau layanan apa yang bisa digunakan sesuai budgetmu, ma.

      Delete
  3. Aku pun penasaran dengan biaya kalo memakai digital agency

    Tapi di zaman skr yg serba digital, sudah seharusnya bisnis mempromosikan produk mereka melalui digital agency, yg pasti lebih berpengalaman dalam mempromosikan produk melalui dunia digital.

    Aku sendiri banyak tahu produk2 baru yg sesuai dengan hobiku, dan kesukaanku, kebanyakan dari promosi yg dilakukan mereka ini. Ntah dari media sosial atau lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau penasaran bisa langsung kontak digital agency kak. Mereka bisa menyesuaikan layanan jasanya sesuai dengan budget kliennya.

      saya juga pas kerja di startup digital marketing di Malaysia baru sadar kalau selama ini jadi blogger tuh kita sudah melakukan beberapa digital marketing lho. hehehe.

      Delete
  4. Optimalisasi digitalisasi untuk kemajuan bisnis di jaman sekarang, memang jadi satu keharusan, supaya bisnis makin eksis dan dapat calon klien yang lebih potensial. Aku pun hampir 4 tahunan berkecimpung di Agency digital dan Redcomm Indonesia, memang bereputasi bagus.

    ReplyDelete
  5. Perkembangan dunia digital yang makin pesat dan susah dibendung saat ini tuh, kalau nggak membangun kolaborasi dengan sosok-sosok yang ahli alias terspesialisasi, lelah sendiri deh mempelajari trend yang sedang berjalan di setiap harinya. Beruntung nih, ada digital marketing agency yang jasanya bisa dimanfaatkan untuk mendukung bisnis para pelaku usaha ya kan. Salah satunya tentu saja Redcomm.

    ReplyDelete

Post a Comment