BloggerDay 2024: 9 Tahun Tumbuh dan Berkembang Bersama Bloggercrony

Meski sudah menjadi blogger sejak tahun 2009, saya tergolong blogger ala kadarnya karena saya memang tipikal yang suka posting blogpost ala kadarnya. Harap mahfum, jaman masih jadi jurnalis, jadwal kerja padat merayap bak jalan tol di musim mudik, padat dan penuh huru hara. Hehehe. 

Namun sejak mengenal Komunitas Bloggercrony Indonesia di tahun 2016, saya pun mulai mengupgrade diri dan skill agar kualitas tulisan dan juga personal branding saya menjadi lebih kuat dan terarah. Soalnya saya tidak ingin dan bukan blogger sekadarnya lagi. 

komunitas-bloggercrony-indonesia

Komunitas Bloggercrony Indonesia (BCC)

Apa sih Komunitas Bloggercrony Indonesia (BCC) itu? BCC adalah komunitas blogger Indonesia multiplatform yang lahir pada 24 Februari 2015 dan berbasis di Jakarta. BCC memiliki visi untuk menjadi komunitas andalan para blogger Indonesia untuk meningkatkan kualitas diri dan profesinya, sehingga mampu tumbuh dalam jejaring positif, mampu berdaya dan memberdayakan, serta memberikan manfaat bagi diri sendiri, orang lain, profesi, dan lingkungannya.

BCC memiliki beberapa program yang menarik dan bermanfaat untuk menambah skill para anggotanya antara lain: 

BloggerView, yaitu kegiatan offline atau kopi darat BCC yang difasilitasi oleh pihak ketiga (klien, brand atau pakar) yang bersifat partnership, dengan tujuan untuk mengedukasi berbagi inspirasi, mensosialisasikan produk, jasa, atau program hingga movement.

BloggerHangout, merupakan ajang kopdar santai tapi berbobot ala BCC. tujuannya adalah untuk meningkatkan, mengembangkan, upgrade kemampuan blogging, menulis, juga sharing tentang dunia blogging.

BloggerCare, adalah bentuk aksi nyata dari BCC bersama anggotanya sebagai bentuk kepedulian terhadap isu-isu sosial, seperti penggalangan dan penyaluran dana dan bantuan bagi yang membutuhkan.

- Bloggerpreneur, adalah program BCC yang memfasilitasi para blogger yang memiliki usaha dengan berpromosi melalui kegiatan BCC baik secara mandiri maupun lewat partnership dan membantu pengembangan bisnis para bloggerpreneur termasuk pengadaan workshop untuk menambah skill para anggotanya.

Ikut Meramaikan BloggerDay 2024

Setelah sukses mengikuti acara online BloggerDay 2022, BloggerDay 2023 dan Fun Camp BCC 2023, saya pun ketagihan ikut acara BCC dan mengukuhkan diri di tahun 2024 dan di acara ulang tahun ini harus ikutan acara offline BloggerDay 2024, bukan sebagai peserta, tapi sebagai tim dokumentasi. Selain menulis, keahlian fotografi adalah keahlian kedua saya yang paling saya banggakan. 

Alhamdulillah gayung bersambut karena BCC memang sedang mencari personel tambahan untuk tim dokumentasi. Alhasil, saya pun bisa ikut meramaikan acara BloggerDay 2024 sebagai tim dokumentasi. 

Tapi, domisili saya berada di kota Pati, Jawa Tengah, sedangkan acara BloggerDay 2024 berada di kota Jakarta. Lalu, bagaimana saya bisa ke Jakarta ya??

Layanan Paripurna dari Bigbird by Bluebird Indonesia

Salah satu hal istimewa dari perhelatan BloggerDay 2024 ini adalah hadirnya armada Bigbird yang memfasilitasi peserta dari Jawa Barat (Bandung), Jawa Tengah (Semarang) dan Jawa Timur (Surabaya) untuk hadir di acara offline BloggerDay 2024 di Jakarta. Jadi, saya yang berada di kota Pati pun mendapat fasilitas transportasi dari Bluebird dengan meeting point di kota Semarang, Jawa Tengah.

bloggerday-2024-bukan-blogger-sekadarnya
Tim Jawa Timur dan Jawa Tengah
bloggerday-2024-komunitas-bloggercrony-indonesia
Tim Jawa Barat (Foto by Fawwaz Ibrahim)
Sehari sebelum acara, belasan blogger dari luar kota Jakarta, termasuk saya yang berdomisili di Pati, Jawa Tengah dijemput dengan armada dan supir Bigbird yang profesional di kota Semarang. Perjalanan belasan jam pun terasa sangat menyenangkan dan nyaman karena bisa bercengkerama dengan para blogger dari kota lain. 

Armada Bluebird (termasuk Bigbird) memang sudah terstandardisasi SNI (Standar Nyaman Indonesia) karena pengemudinya profesional dan dapat diandalkan, armadanya aman dan nyaman, dan mudah diakses. Pokoknya tidak salah memang kalau mempercayakan perjalanan kalian dengan armada andal dari BlueBird Indonesia

Standar Nyamannya Indonesia ya Bluebird

Keseruan BloggerDay 2024 di Carro Indonesia

Bertempat di Carro Square, Pondok Indah, Jakarta Selatan, 100 teman-teman blogger dari berbagai daerah Jabodetabek, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat pun berkumpul untuk menikmati keseruan BloggerDay 2024. Keceriaan dan kehangatan perayaan BloggerDay 2024 ini dimulai sejak pukul 10 pagi dan menjadi sangat meriah berkat kepiawaian MC-nya yaitu kak Febria Silaen.

Acara dimulai dengan sambutan dari Andini Harsono, Manager BloggerDay 2024, yang kemudian diikuti oleh serangkaian kegiatan menarik. Mulai dari perkenalan para BloggerPreneur dan BCN Squad, soft launching buku perdana dari Bloggercrony yang berjudul "Skena Blogger", pengumuman para pemenang The Most Wanted Blog Award, sketsa on the spot bersama Arya Ramaniya, hingga pengumuman susunan 9 pengurus baru BCN Squad 2024-2027.


Tak hanya itu, acara juga mencakup pemutaran film Jagaditta yang meraih penghargaan di Festival Film Jember 2023, serta workshop tentang Analisis SWOT Bisnis dan Personal dengan menggunakan Grafologi oleh Diana Aletheia Balienda. Workshop inilah yang paling menarik perhatian saya karena saya pernah belajar grafologi secara otodidak jaman kuliah dulu. 

Semua kegiatan di BloggerDay 2024 ini diikut dengan penuh antusias, termasuk momen bagi-bagi hadiah bagi para blogger yang beruntung. Pokoknya semua peserta tidak akan pulang dengan tangan hampa karena hadiahnya banyak banget euy.

Mengenal Carro Indonesia

Berbicara mengenai showroom mobil, Carro Indonesia yang berada di Carro Square, Pondok Indah, Jakarta Selatan ini menghadirkan pengalaman unik dalam transaksi jual beli mobil dan menjadi pasar mobil bekas terbesar di Asia Tenggara. Saya sampai menyangka kalau deretan mobil-mobil ciamik di showroom Carro ini masih baru lho.


Pada BloggerDay 2024, Bryan Tan, President Director, dan Hendy Brainta, Marketing Carro Indonesia, menjelaskan bahwa proses pembelian dan penjualan mobil oleh Carro, yang didukung oleh algoritma penetapan harga dengan dukungan kecerdasan buatan (AI) dan teknologi inovatif lainnya. 

Sebagai pasar mobil bekas terbesar di Asia Tenggara, Carro memperkenalkan Carro Certified Pre-Owned (CCPO), sebuah program yang menjamin setiap mobil yang dijual telah melewati proses sertifikasi yang ketat untuk memastikan kualitasnya. Setiap mobil yang menjadi bagian dari program Carro Certified dipastikan bersih, aman, dan terawat dengan baik, sehingga memberikan pengalaman mengemudi seperti mobil baru kepada setiap pelanggannya. Makanya temukan mobil #CarroCertified bagus layaknya baru sekarang di Carro.id

bloggercrony-carro-indonesia
Hadiah ulang tahun bisa kali mobil ini, belinya di Carro Indonesia

Jual mobil di Carro juga dijamin dengan harga terbaik lho. Makanya segera atur jadwal untuk inspeksi yang bisa dilakukan setiap hari hingga pukul 20:00. Kalian juga bisa mengunjungi website https://carro.id/jual-mobil untuk jual mobil kalian sekarang juga!

Di acara BloggerDay 2024 yang meriah ini didukung Carro Indonesia dan co-partners Genie Indonesia, Asuransi MSIG Indonesia, Igloo Insurance, Mega Central Finance/MCF-MAF serta Bluebird Group, Alfa Kreasi Decoration, Ngafe.in Teras juga berbagai produk lokal BloggerPreneur Ummi Doodle, Kamiya Project, Nyi Pede Souvenir, Ayee Deo dan UMKM Malang Demadols, Venzfood, Aira Cake & Cookies, dan Kayis Craft. 

Inilah bukti kolaborasi #9growand9give, yaitu berbagi dengan ilmu dan pengalaman yang dimiliki oleh para blogger, karena kami bukan blogger sekadarnya, kami adalah blogger multitalenta yang selalu giat menggali potensi diri. Jadi, siapkah kamu menjadi blogger multitalenta? (EKW)


Comments

  1. Aku nyesel pas acara ini ga bisa datang krn anak dirawat di RS. Tapi setidaknya udah tahu kapan ultahnya BCC, dan insyaallah thn depan bisa hadir kalo di jkt lagi. So far aku masih seneeeeng bgt bisa join ama BCC. Krn pesertanya juga aktif, dan team admin pun ramah2, kayak mba wawa dan mas satto

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ih, padahal pengen banget ketemu kak Fanny nih..
      tapi yang penting anaknya sehat dulu ya kak.. semoga ada lain waktu kita bertemu offline.

      Delete

Post a Comment