Yuks Belajar Meningkatkan Etika Profesional Sebagai Blogger yang Kredibel

Meski sudah lama ngeblog, sejak tahun 2008, saya tergolong blogger yang jalan sendirian, belum bergabung di komunitas, jarang blogwalking, tidak mengenal SEO blog dan tidak ada peningkatan skill menulis selama bertahun-tahun. Jadi ya saya mah menulis saja di blog lalu dibiarkan begitu saja. Ya pantas saja kalau blognya jalannya macam bekicot, ndah. Hehehe.

Tapi akhirnya mulai sadar harus upgrade diri dan skill agar bisa menjadi blogger yang lebih profesional dan juga kredibel dalam menuliskan setiap informasi di blog saya ini.

blogger-profesional
Setelah bolak-balik hunting ke beberapa komunitas blogger, akhirnya pilihan pun jatuh pada Bloggercrony karena melihat komunitas blogger yang satu ini cukup aktif membuat beberapa sesi untuk peningkatan skill dan kemampuan para anggotanya. 

Bloggercrony Comunity (BCC)

Apa sih Bloggercrony Community (BCC) itu? BCC adalah sebuah komunitas blogger yang berdiri sejak tanggal 24 Februari 2015. BCC berbasis di Jakarta ini telah menjadi wadah bagi blogger dan memfasilitasi para konten kreator di berbagai platform dengan ribuan anggota yang tersebar di puluhan kota di Indonesia. 

Untuk peningkatan kemampuan para anggotanya, BCC memiliki beberapa program yang menarik dan bermanfaat untuk menambah skill para anggotanya antara lain: 

BloggerHangout, merupakan ajang kopdar santai tapi berbobot ala BCC. tujuannya adalah untuk meningkatkan, mengembangkan, upgrade kemampuan blogging, menulis, juga sharing tentang dunia blogging. Pokoknya para peserta akan mendapatkan pembekalan skill set up supaya semakin profesional menjadi seorang blogger.

BloggerCare, adalah bentuk aksi nyata dari BCC bersama anggotanya sebagai bentuk kepedulian terhadap isu-isu sosial, seperti penggalangan dan penyaluran dana dan bantuan bagi yang membutuhkan.

- BloggerPreneur, adalah program BCC yang memfasilitasi para blogger yang memiliki usaha dengan berpromosi melalui kegiatan BCC baik secara mandiri maupun lewat partnership dan membantu pengembangan bisnis para bloggerpreneur termasuk pengadaan workshop untuk Skill Set Up.

Itu tadi beberapa program terbaik dari BCC untuk para anggotanya. Menarik sekali, kan.

8th Anniversary Bloggercrony Community

Setelah tahun lalu mengikuti ajang Blogger Day 2022 secara online karena masih dalam situasi PPKM, tahun ini BCC menggelar Blogger Day 2023 dengan sistem hybrid, online dan juga offline. Berikut ini rangkaian keseruan 8th anniversary Bloggercrony Community.

blogger-day-2023

  • Kick off online via zoom pada 24 Februari 2023

Acara kick off ini sekaligus merayakan hari lahirnya Bloggercronny dan dilakukan lewat zoom dengan 100 peserta yang berasal dari seluruh Indonesia. Keseruan acara selama lebih dari 2 jam ini tidak sekedar perayaan biasa, tapi ada juga sesi Skill Set Up dengan menghadirkan beberapa narasumber yang kredibel dan berpengalaman.

  • Acara offline di Puncak Halimun Camp, Bogor, Jawa Barat pada 4-5 Maret 2023.

Acara fun camp ini berlangsung pada hari Sabtu-Minggu, tanggal 4-5 Maret 2023. Meski saya tinggal di kota yang jaraknya lebih dari 500 kilometer dari Jabodetabek, keinginan untuk ikutan fun camp ini pun begitu menggebu-gebu. Akhirnya, 2 hari sebelum hari H pun saya segera meluncur dari kota Bumi Mina Tani, kota Pati menuju ke Jakarta demi bisa mengikuti fun camp ini. Terniat banget lah ikutan glamping seru sama BCC ini.
fun-camp-puncak-halimun-camp

Di sini peserta diajak untuk healing dan menikmati alam, sembari melakukan sharing session dan juga upgrade skill & literasi oleh oleh mas Anwari Natari. Mas Anwari selaku pengawas Komunitas Bloggercrony Indonesia juga selalu mengingatkan para blogger untuk menjunjung tinggi Knowledge, Skill and Attitude (KSA). 

Blogger Beretika Profesional yang Kredibel

Salah satu higlight skill set up tahun ini adalah bagaimana menjadi seorang blogger yang memiliki etika profesional dan juga kredibel dalam menuliskan berbagai informasi di platformnya masing-masing. Mas Anwari mengatakan bahwa sebagai seorang blogger, kita harus memiliki sikap dan etika profesional serta memiliki kredibilitas dalam menghasilkan tulisan yang baik.

Jadi, secara menyeluruh, inilah beberapa etika yang perlu dimiliki seorang blogger untuk bisa menjadi seorang blogger profesional yang kredibel.

1. Keaslian Tulisan.


Blogger merupakan bagian dari citizen journalism yang berarti kegiatan atau praktik jurnalisme, dilakukan oleh orang-orang yang bukan jurnalis profesional seperti kegiatan pencarian, pengumpulan, dan penyusunan fakta menjadi informasi atau berita, dengan gaya penulisan dan penyampaiannya sendiri. 

Seorang blogger harus menjunjung tinggi keaslian karya-karya tulisannya dan tidak melakukan tindakan plagiarisme.  Ketika mengisi blog dengan konten atau tulisan, kita bisa saja terinspirasi dari tulisan orang lain, namun harus selalu diingat untuk tidak melakukan plagiat pada tulisan orang lain kareha hal itu merupakan tindakan yang sudah melanggar batas etika seorang blogger.

Bila menulis berdasarkan hasil bacaan atau rangkuman dari berbagai sumber, ada baiknya untuk selalu mencantumkan sumber tulisan. 

2. Hindari dan Bijak dengan Isu SARA


Isu SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan) merupakan isu sensitif sehingga sebaiknya bersikaplah bijak jika ingin menuliskannya. Banyak membaca berbagai sumber tulisan akan membuat wawasan seorang blogger menjadi lebih terbuka sehingga akan lebih mudah menuangkannya ke dalam tulisan.

Namun bila memang belum memiliki pengetahuan yang baik mengenai isu tersebut, ada baiknya untuk menghindari menulis soal isu SARA. Tulislah tema atau topik yang menjadi keahlian terbaik dari diri kita masing-masing.

3. Menanggapi Komentar dengan Baik dan Bijak


Saling melakukan blogwalking dan memberi komentar pada blog merupakan suatu hal yang biasa dilakukan oleh para blogger untuk menaikkan traffic blognya. Namun perlu diingat untuk langsung memberikan komentar yang baik dan bijak, sehingga bisa menginspirasi blogger lain untuk melakukan hal yang sama. 

Dengan begitu, aktifitas melakukan blogwalking akan bisa menyenangkan dan bisa menambah wawasan dan jejaring para blogger.

4. Tidak Menjelekkan Blogger Lain.


Menjadi seorang blogger profesional berarti kita harus menjaga sikap, perilaku, hingga perkataan. Seperti yang telah disinggung oleh Mas Anwari Natari selaku pengawas Bloggercrony Community, untuk selalu menjunjung tinggi KnowledgeSkill and Attitude (KSA). 

Bersaing secara sehat dengan sesama blogger tidak hanya akan membuat kita mendapat lebih banyak teman dan networking tapi juga bisa mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama, baik dengan sesama blogger, komunitas maupun dengan brand atau klien. Dengan begitu, kesempatan menghasilkan keuntungan dari blog pun menjadi lebih terbuka. 

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan etika profesional sebagai seorang blogger yang kredibel dalam menghasilkan sebuah tulisan yang bermutu. Mas Anwari juga mengingatkan untuk belajar secara perlahan-lahan, tidak perlu terlalu memaksakan diri. Yang penting proses belajar dilakukan secara rutin dan konsisten.

Nahh bagi kalian yang ingin ikut bergabung dengan Bloggercrony Community sebagai BCC Squad, yuks kepoin mereka di instagram Bloggercrony dan twitter : @bloggercrony


Sumber: 

- https://www.kompas.com/skola/read/2022/01/05/150000269/jurnalisme-warga--pengertian-dan-5-bentuk-aktivitasnya

- https://bloggercrony.com/kick-off-bloggerday-2023/

- https://www.qubisa.com/article/etika-wajib-blogger-profesional

- https://www.maxmanroe.com/mau-jadi-blogger-yang-sukses-selalu-jalankan-4-etika-blogger-berikut-ini.html

- https://kelasbaca.id/etika-yang-dimiliki-blogger/

Comments

  1. Blogger crony termasuk komunitas yang aku ikutin juga dan sukaaa sih bergabung Ama mereka. Apalagi grubnya juga aktif. Ga kayak mati suri , Krn ada komunitas blogging yg begitu 😅

    Naah etika dalam blogging ini penting sih diperhatiin Ama semua blogger. Trutama saat BW dan memberikan komentar. Aku sedih kalo liat temen2 yang sering komen tapi kliatan sekali tidak membaca isi tulisan. Mungkin nulis komen hanya untuk berharap kunbal 🤣. Apa salahnya sih kasih komen yang relate Ama tulisan, toh itu menunjukkan bahwa kita benar membaca tulisannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih mbak. Terkadang memang banyak yang gak membaca blogpost kita dengan seksama. Saya termasuk yang suka pakai metode baca cepat kalau lagi BW, terutama jika listnya memang banyak.

      Tapi kalau temanya menarik biasanya saya baca dengan seksama kok.

      Delete

Post a Comment