Wednesday, September 23, 2020

Napak Tilas Negeri Ginseng dengan Virtual Tour ke Korea

Menghadapi pandemi yang terus berlarut-berlarut tentu saja sebagian orang yang doyan travelingmacam sayaini jadi punya keinginan traveling yang meluap-luap. Apalagi kalau destinasinya merupakan tempat impian yang sejak dahulu ingin selalu disambangi.

Namun bagaimana caranya menyalurkan keinginan traveling yang meluap-luap itu di saat kaki sudah gatal ingii melangkah ke bandara dan mendengar pengumuman pesawat tujuan kita akan segera boarding???

Virtual tour adalah jawabannya. Sebenarnya apa sih virtual tour itu? Virtual tour adalah simulasi tour dari lokasi yang ada, biasanya terdiri dari urutan video atau gambar diam. Virtual tour juga bisa menggunakan unsur-unsur multimedia lainnya efek suara, narasi, teks dan musik 

destinasi-wisata-korea

Ikut Virtual Tour Ke Korea 

Tanggal 19 September 2020 lalu, saya mendapatkan kesempatan dari Komunitas Indonesia Social Blogpreneur (ISB) untuk melakukan trip ke Seoul, Korea Selatan. Virtual Trip ini hasil kerjasam Komunitas ISB dan Wisata Kreatid Jakarta dan dipandu oleh kakak Ira Latief lewat aplikasi Zoom.

Tepat pukul 20.00 saya dan lebih dari 30 orang sudah berkumpul di bandara Incheon, Seoul, Korea Selatan. Annyeong Haseo, Korea. Kak Ira pun memandu kami menuju ke bus dan memberikan itinerary trip Korea kali ini. 

destinasi-wisata-korea

Destinasi Wisata Selama Virtual Tour ke Korea

Negera dengan sebutan Negeri Ginseng ini tentu saja punya beragam destinasi wisata yang menarik, indah dan juga artistik. Untuk destinasi wisata kali ini yang pertama akan kami datangi adalah Gyeongbok Palace. 

Gyeongbok Palace
 adalah istana peninggalan kerajaan Korea yang dibangun oleh Dinasti Joseon pada tahun 1934. Namun istana ini sempat hancur saat invasi Jepang pada tahun 1592-1598. Lalu istana ini pun kembali dibangun pada tahun 1860-an dengan 330 buah komplek bangunan berisi 5.792 kamar. Banyak juga ya. Seharian mengunjungi kamar-kamar itu juga tidak bakal selesai kayaknya deh. 

Istana Gyeongbok merupakan simbol keagungan kerajaan dan rakyat Korea. Salah satu Raja yang paling disegani dan paling terkenal adalah adalah Raja Sejong karena jasanya menciptakan abjad Korea yang disebut sebagai Hangeul. Raja Sejong merupakan raja keempat dari Dinasti Joseon. 

virtual-tour

Setelah dari istana, destinasi wisata di Korea berikutnya adalah Cheonggye stream alias sungai Cheonggye. Mau ngapain main di sungai ya? 

Jangan salah sangka, sungai Cheonggye yang mengalir di tengah kota Seoul sepanjang 11 kilometer ini dulunya sungai kotor dan kumuh, bahkan dianggap sebagai simbol kemiskinan kota kala itu. Namun pada tahun 2003-2005, walikota kala itu, Lee Myung Bak merehabilitasi kawasan sungai ini sehingga menjadi bersih, cantik dan indah dipandang mata. 

destinasi-wisata-korea

Nah, Cheonggye stream ini menjadi inspirasi buat mantan gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk merehabilitasi areal Kali Besar di kawasan Kota Tua Jakarta. Jadilah sekarang kawasan Kali Besar yang cantik, bersih dan indah dipandang mata kan. 

Baca Juga : Lima Tempat Wisata Murah di Jakarta

Setelah menyusuri kawasan sungai, saatnya menuju ke destinas wisata berikutnya yaitu Hanok village yang merupakan kawasan perumahan tradisional Korea yang terletak di area Bukchon. Dulu, kawasan Hanok village adalah pemukiman dan tempat tinggal para pejabat dan anggota keluarga dari kerajaan Dinasti Joseon. 

virtual-tour-ke-korea

Saat ini, beberapa rumahnya juga menyediakan homestay buat para turis yang ingin merasakan kehidupan warga Korea pada umumnya. Wahh boleh banget ini mah buat dijajaki, biar lebih terasa suasana dan atmosfer berada di Koreanya ya. 

Nah buat yang hobi shopping, destinasi wisata di Korea berikut ini pasti akan jadi favorit nih yaitu jalan Gangnam, Myengdong dan Dongdaemun. Ketiga jalan ini merupakan kawasan shopping dengan trade marknya masing-masing. 

Gangnam adalah kawasan elit bagi para sosialita dimana bertebaran berbagai merek-merek fashion ternama di dunia. Gangnam juga merupakan kawasan paling mahal se Korea Selatan. Bayangkan saja, nilai seluruh tanah di jalan Gangnam ini setara dengan satu kota Busan lho, kota terbesar kedua di Korea.

destinasi-wisata-korea

Sedangkan Myeongdong dan Dongdaemun adalah surga belanja murah meriah dan berbagi pernak-pernik dan oleh-oleh khas Korea banyak tersedia di sini. Kuliner dan jajanan khas Korea pun banyak ditemui di kedua jalanan ini. Buat saya yang suka mencicipi makanan lokal mah sudah pasti akan beredar di kedua jalanan ini lah.. siap-siap aja dempot jebol dan perut kekenyangan dan membuncit setelah keluar dari kedua jalan ini. Hehehe.

Destinasi berikutnya adalah Seoul Tower yang merupakan menara jaringan komunikasi dan observasi yang terletak di gunung/bukit Namsan. Menara ini juga terkenal di kalangan para pasangan kekasih karena punya mitos gembok cinta di salah satu areanya. Katanya sih kalau kita menggantungkan  dan mengunci gembok dengan nama kekasih kita di sana lalu membuang kuncinya ke bawah gunung maka jalinan kasihnya akan selalu terkunci satu sama lain. 

destinasi-wisata-korea

Namun pemerintah Korea saat ini sudah mempersiapkan kotak tempat untuk membuang kunci gemboknya karena bila tiap hari banyak yang membuang kunci ke kawasan hutan gunung di bawahnya, bisa dibayangkan berapa banyak sampai kunci besi yang bakal menumpuk di sana kan. Padahal kan kunci besinya kalau dikumpulin kan bisa diloakin atau dijual ke tukang besi kan ya.. #Ehhgimana.. hehehe. 

Destinasi wisata ke Korea yang terakhir namun yang paling ditunggu-tunggu tentu saja Nami island. Buat para pecinta drama Korea pasti sudah hapal banget nih sama pulau Nami ini karena menjadi setting film 'Winter Sonata'. 

Keindahan deretan pepohonan yang tertata rapi di sini menjadi daya tarik utamanya. Apalagi warna daunnya bisa berubah-ubah sesuai dengan musimnya. Cantik sekali kan. 

destinasi-wisata-korea

Kesan Ikutan Virtual Tour 

Tanpa terasa sudah lebih dari 3 jam saya mengikuti virtual tour ke Korea ini. Meski hanya lewat video dan gambar sudah bisa membuat saya terpesona selama perjalanannya. Bayangkan bila saya bisa benar-benar ada di sana, pasti tidak akan berhenti memotret sampai memori dan batere kamera terkuras habis sih kayaknya. 

Ikutan virtual tour ke Korea ini sangat menyenangkan karena kita jadi punya gambaran yang lebih visual dan lengkap tentang destinasi wisata di Korea. Apalagi virtual tour ini dipandu oleh guide berpengalaman. Jadi, dijamin lebih terperinci dan mendetail tentang destinasi wisata di Korea dong.

Coba kalau saja saya tidak ikutan virtual tour ke Korea dan langsung menuju ke Seoul, kemungkinan besar saya akan mencari penginapan di sekitar pusat kota Seoulnya. Padahal banyak homestay di Hanok village yang jaraknya cuma sekitar 2 kilometer dari pusat kota Seoul yang lebih artistik dan homey sehingga bisa merasakan kehidupan sehari-hari orang Korea di wilayah pedesaan atau pinggiran kotanya. 

Jadi, berikutnya mau ikutan virtual tour kemana lagi ya??? *brb cek bucket list traveling* (EKW)


23 comments:

  1. Korea jadi impian dan kenyataan dua tahun yang lalu. Menyenangkan mengenal budaya, makanan. Untuk alamnya, masih bagus Indonesia. Tapi kebersihan terjaga bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh pasti seru sekali ya kali impian jadi kenyataan. Saat ini saya masih dalam taraf impian.. mudah2an setelah pandemi ini impian berkunjung ke korea bisa segera terkabul. Amin!

      Delete
  2. Asik sekali bisa jalan2 ke Korea pas pandemi seperti ini. Memang virtual, tapi minimal pas ke koreanya beneran nanti bisa langsung Tau tempat Mana saja yg perlu dikunjungi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. dengan ikutan virtual tour ini, jadi ada banyak gambaran yang makin jelas soal traveling ke korea. Tidak bakalan kagok lagi deh kalau traveling ke sana suatu saat nanti

      Delete
  3. Liat foto-fotonya jadi kangen korea hehe. Lewat virtual jadi bisa melihat situasi langsung di korea seru juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, seru banget bisa ikut virtual tour ke korea. Jadi tahu tempat-tempat mana yang bisa didatangi nantinya dan ingin tinggal lebih lama di daerah apa.

      Delete
  4. Wah seru juga ya ikutan virtual tour ke Korea. Kapan ada lagi ya jd pengen jalan-jalan hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau virtoul tour lainnya bisa cek di medsosnya Wisata Kreatif Jakarta. ada berbagai program virtoul tour ke dalam dan luar negeri mbak.

      Delete
  5. Ooh Gangnam itu nama kawasan elit bagi para sosialita ya ... terkenalnya dari dance Gangnam Style. Menarik ya ikut tur virtual, berasa rekreasi beneran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa. itu kawasan elit. Jadi lagu Oppa Gangnam Style itu sebernanya lagu sindiran buat orang2 yang sok2an berlagak sosialita gitu deh.. hehehe..

      Delete
  6. Kalau teman teman pecinta k-pop dan budaya korea pasti senang sekali ya jika bisa ikut tur virtual ini

    ReplyDelete
  7. Duh jadi kangen banget nih sama korea, kepengen balik lagi. Asik ya sekarang tur virtual bisa langsung melihat objek wisata sana langsung.

    ReplyDelete
  8. Masyaa Allah Mba saya sampai bayangin pengin nginap di Hanok Village kalau sampai di sana terus menyusuri Gangnam sambil kulineran dan kenyang makan garlic bread yang hits itu huhuhuhu :((

    ReplyDelete
  9. Wuaaah kelihatannya seru ya Kak. Akupun pernahnya virtual tour, bukan ke Korea sih tapi bener pengalaman pertama yang seru!

    ReplyDelete
  10. Baru tahu teh Cheonggeya ini jadi inspirasinya Pak Ahok. Belum pernah nengok langsung ke jakarta sih, tapi emang udah bagus dan berguna buat masyarakat sana ya sekarang.

    Aku juga pegel nih kakinya pengenn jalan-jalan kemana gitu, tapi lihat cerita mbak endah jadi lumayan terobati nih, aplagi review jalan2nya ke Korea selatan, hihi

    ReplyDelete
  11. kebayang gimana rasanya stay di Hanok Village, suasana yang masih tradisional. keren nih virtual tour

    ReplyDelete
  12. Seneng bgt ya mbak ikut virtuual tour gini...walaupun beda rasanya jika tur langsung setidaknya bs jadu obat sementara waktu ini

    ReplyDelete
  13. Biar virtual tour, tetep terasa happy dan serunya ya. Semoga ada program virtual tour ke tempat lainnya

    ReplyDelete
  14. Asyik juga yah virtual tour nya, saya belum sempat ikut kemarin sih. Melihat teman-teman di ISB kayak asyik bener walau tour secara online hehe

    ReplyDelete
  15. Lumayan ya, bisa ikut virtual tour ke Korsel jadi nanti kalau sudah selesai pandemi ada gambaran deh bakal gimana itinerary nya.

    ReplyDelete
  16. Habis ikutan tour virtual, aku jadi pengen cepet-cepet ke Korea juga nih

    ReplyDelete
  17. Senang sekali kakak bisa berkesempatan ikit virtual tour korea bareng ISB, saya telat post jadi ga ikutan. Padahal udah greget nih. Secara gitu penggemar kdrama yang selalu menampilkan keindahan kota seoul dan kota lain di korea. Huhuhu

    ReplyDelete
  18. Kawasan sungainya keren banget
    Kapan saya bisa ikut ya

    ReplyDelete

Popular Posts

Follow Me on