Wednesday, October 16, 2019

CARA TETAP SEHAT ALA FREELANCER

Sebagai seorang freelancer yang jobdesknya menulis, memotret dan penerjemah, keseharian kerjaan saya sudah barang tentu tidak bisa lepas dari laptop dan handphone dan gadget lainnya. Apalagi kalau lagi banyak utang tulisan dan terjemahan yang harus segera diselesaikan, mau pindah tempat kemana pun mata saya akan tetap terpaku pada layar gadget. Balada freelancer yang gampang bosan euy.

Baca Juga : Balada Freelancer
Balada freelancer, kerjanya di mana saja.
Padahal lama-lama menatap layar gadget itu tidak bagus lho. Menurut Dr. M. Sidik, S.Pm, Ketua Ahli Persatuan Mata Indonesia menatap layat gadget terlalu lama itu bisa menyebabkan CVS (Computer Vision Sindrom) alias mata lelah. Gejala mata lelah ini di antaranya adalah penglihatan jadi buram, penglihatan ganda, mata berair, penglihatan terasa silau saat melihat cahaya, sakit kepala, dan terasa pegal di area sekitar alis, pelipis, dahi hingga ke leher.

Semua gejala itu memang sering saya alami kalau sedang berkutat dengan deadline tulisan sehingga bisa berjam-jam menatap layar laptop. Padahal mata itu ketika menatap layar gadget itu menjadi jarang berkedip lho. Normalnya mata berkedip 10-15 kali setiap menit. Sedangkan pada saat menatap layar gadget, otot mata menjadi menegang sehingga jumlah refleks kedipan mata pun menjadi kurang dari 10 kali per menit. Itulah yang menyebabkan mata menjadi kelelahan.

Itu sebabnya Dr. Sidik memberikan rumus 20-20-20 agar mata tidak cepat lelah. Arti dari rumus 20-20-20 ini adalah setiap menatap layar gadget 20 menit maka harus mengistirahatkan dan mengalihkan pandangan mata ke objek sejauh minimal 20 feet (sekitar 6 meter) jauh selama 20 detik. Melihat objek di kejauhan itu akan bisa merileksasikan otot mata yang menegang tadi akibat terlalu lama melihat sesuatu dari jarak dekat.
Melihat pemandangan yang hijau begini di luar jendela
bisa merileksasikan otot mata yang tegang
Nah itu sebabnya saya lebih suka kerja di tempat yang punya jendela menghadap keluar sehingga bisa mengistirahatkan mata sejenak jika sudah terlalu lama menatap layar ponsel dan laptop.

Nahh selain masalah penglihatan nih, sebagai freelancer yang kerjaannya sering duduk di depan laptop juga punya masalah kesehatan lainnya, yaitu pola makan yang tidak teratur. Apalagi saya yang memang hobinya suka ngunyah, di meja itu sering banyak makanan junkfood dan camilan dah. Ditambah malas bergerak bisa membuat saya jadi punya resiko kegemukan. *liatin perut yang semakin membuncit*

Padahal menurut Yudhi Adrianto, S.GzRd dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia, masalah kegemukan dan obesitas ini menjadi masalah yang kini melanda penduduk Indonesia di masa sekarang. Padahal obesitas itu bisa memicu komplikasi masalah kesehatan lainnya seperti gangguan fungsi hati, sesak nafas, diabetes melitus, hingga jantung koroner lho. Ihh serem.

Itu sebabnya Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mencanangkan program CERDIK, yaitu:
Cek kesehatan seara rutin.
Enyahkan asap rokok.
Rajin aktivis fisk.
Diet seimbang.
Istirahat cukup.
Kelola stress.

Jadi meskipun jadi freelancer yang punya jadwal dan tugas yang random, kesehatan harus tetap dijaga dong.

Buat kalian yang juga freelancer macam saya, ada tips-tips lain gak untuk menjaga tubuh tetap sehat selama bekerja? Share yuks! (EKW)

No comments:

Post a Comment

Follow Me on