Wednesday, September 11, 2019

MENIKMATI ALAM DI SAHOM VALLEY RESORT, KAMPAR MALAYSIA

Meski hanya merupakan kota kecil di pinggiran kota Ipoh, Kampar merupakan salah satu kota kecil yang tenang dan teduh dan berjarak sekitar 30 menit dari Ipoh. Dengan alamnya yang masih asri ala pedasaan, beberapa resort pun berdiri dan dibangun disana. Jadi, saya pun mencoba mencari-cari tempat menginap di Malaysia yang jauh dari keramaian.

Salah satu tempat menginap di Kampar, Malaysia yang pernah beberapa kali saya datangi Sahom Valley Resort. Letaknya sekitar 45 menit dari pusat kota Ipoh. Biasanya yang kesini adalah orang-orang yang sudah bosan dengan hiruk pikuk kota besar dan mencari pelarian yang sunyi dan tenang.
Menginap di Malaysia
Menikmati Alam di Sahom Valley Resort Kampar, Malaysia
Dengan tagline 'When Nature Inspires', resort ini memang dibangun sedemikian rupa sehingga dikhususkan untuk mereka yang senang dan ingin menikmati alam di Sahom Valley Resort Kampar.

Sahom Valley Resort ini dikelola oleh komunitas dari penduduk setempat. Meskipun tempatnya yang nyempil dan jauh dari kota, sampai masuk-masuk hutan dan kebun kelapa sawit, tapi percayalah, suasana di sana bikin betah.


Jadi ada apa saja di Sahom Valley Resort Kampar yang membuat resort ini menjadi salah satu rekomendasi untuk menginap di Malaysia??

1. Pilihan Menginap

Sahom Valley Resort punya beberapa jenis penginapan, mulai yang dari termurah dan berbentuk kabin kayu biasa, sampai yang berbentuk rumah lengkap dengan beberapa kamar, ruang tamu, televisi dan kolam renang. Saking nyamannya, kadang jadi malas beranjak keluar dari kamar euy. Hehehe.

Menginap di Malaysia, Bamboo Village
Area penginapan Bamboo Village
Sahom Valley Resort Kampar, Malaysia
Pilihan Akomodasi ini terbagi menjadi 3 jenis yaitu Heritage Village, Riverside Village dan Bamboo Village. Saya pernah mencoba menginap di Bamboo Village, yang disebut juga chalet. Kabin bambunya bisa untuk maksimal empat orang dengan sebuah kamar mandi di dalamnya. Ada juga teras kecil di belakang chalet ini untuk tempat bersantai di sore hari. Harga Bamboo Village mulai dari RM 120 per chalet/night, tergantung hari dan peak season.

Di lain waktu, saya berkesempatan untuk menginap Riverside village bersama beberapa kawan dari negara lain. Riverside village ini bisa untuk keluarga besar karena areanya mencakup rumah dengan beberapa kamar atau kabin terpisah dan setiap kamar bisa menampung maksimal 4 orang. Kalau tidak salah dalam satu rumah ini ada 3 kabin terpisah lainnya. Jadi, kayaknya buat gathering kantor bisa lah.
Riverside Village, Menginap di Malaysia
Kamar di dalam salah satu kabin Riverside Village
Sahom Valley Resort Kampar Malaysia
Riverside Village, menginap di Malaysia
Kamar di salah satu kabin Riverside Village
Sahom Valley Resort Kampar Malaysia
Di Riverside Village juga menyediakan kolam renang outdoor di halamannya. Jadi, buat yang kesininya keroyokan sama teman-teman, pilihan menginap yang satu ini wajib diambil karena nyaman buat kegiatan kita tanpa mesti terusik dengan kehadiran tamu lainnya. Harga Riverside Village ini mulai dari RM 1500 per malam, tergantung hari dan peak season ya.

Tinggal pilih sesuai budget yang ada.

FYI. Sebenarnya saya banyak foto-foto di dalam dan luar ruangan semua pilihan menginap ini, bahkan sampai di kamar mandi dan toiletnya yang open roof (gak ada atapnya jadi bisa lihat langit langsung). Sayangnya beberapa hari berikutnya saat pindah kota, saya kehilangan memory card saat pindah-pindah mobil teman dan foto interiornya belum sempat di back-up. *mewek sambil garuk-garuk tembok apartemen teman* Padahal saat itu saya sampai menghabiskan waktu 2 jam buat foto-foto aja..

Foto-foto disini adalah foto yang sempat saya ambil dengan smartphone ala kadarnya plus diekstrak dari video yang sudah terlebih dahulu saya back up di resort ini karena memory card sempat kepenuhan video. Hikss. hiks.. Hiks... Jadi mohon maaf kalau fotonya kualitasnya tidak terlalu bagus dan minim.

Lesson Learned!!: Selalu back up memory card setiap malam atau minimal sebelum cabut dari TKP.

2. Kano atau Kayak

Saat memasuki wilayah Sahom Valley Resort, pemandangan pertama yang disuguhkan selain kebun kelapa sawit adalah danaunya yang terletak persis di depan restaurannya. Di danau ini, setiap pengunjung bisa melakukan aktivitas bermain kano atau kayak dan tersedia instruktur kano buat yang masih baru.
Kano atau kayak saat menginap di malaysia
main Kano atau Kayak bisa dilakukan
saat menginap di Sahom Valley Resort Kampar Malaysia
Kano atau kayak saat menginap di malaysia
Main Kano atau Kayak saat menginap di Sahom Valley Resort Kampar, Malaysia
3. Flying Fox

Flying fox-nya berada di pinggiran danau dan sembari melayang di udara, kita bisa sambil menikmati suguhan pemandangan 2 bukit di belakang resort ini dan pantulannya di danau. Pokoknya keren deh. Kekurangan flying fox-nya cuma satu, sebagai pecinta adrenalin, menurutku jalurnya kurang panjang sehingga sensasi melayangnya kurang lama euy. Hehehe. Tapi tetap seru lho.
flying fox, menginap di malaysia
Siap-siap flying fox di Sahom Valley Resort Kampar, Malaysia
flying fox, menginap di malaysia
main Flying Fox di Sahom Valley Resort, Kampar, Malaysia
flying fox, menginap di malaysia
seru-seruan flying fox di Sahom Valley Resort Kampar, Malaysia


FYI. Saat melakukan flying fox saya membawa kamera DSLR untuk merekam video dan diizinkan dengan resiko ditanggung sendiri apabila kamera nyebur ke danau dan atau terluka saat melakukan flying fox. Buat yang masih awam tapi pengen bawa kamera sebaiknya pake kamera semacam go pro atau sejenisnya yang bisa ditempel ke badan.

4. River Tubing dan Berenang di Sungai. 

Secara Sahom Valley Resort ini dilalui sungai Dipang, maka di sini kita juga bisa melakukan river tubing. Tenang saja, semua peralatan tersedia di Sahom Resort Valley. Tinggal menghubungi operatornya aja kalau mau main river tubing. Aliran airnya saat saya mencoba river tubing sedang tidak terlalu deras dan juga agak dangkal, jadi sempat mentok beberapa kali di bebatuan besar di tengah sungai.
river tubing, menginap di malaysia
Mendengarkan arahan instruktur river tubing
Sahom Valley Resort Kampar, Malaysia
river tubing, menginap di malaysia
Asyiknya main river tubing saat menginap di Sahom Valley Resort
Kampar, Malaysia
Sungai yang melewati resort ini tidak terlalu panjang, maka rute river tubing juga demikian, hanya sekitar 100 - 200 meter.. Kalau masih kurang puas, bisa berenang saja di sungai Dipang karena sebenarnya sungai ini tidak terlalu dalam. Di beberapa tempat malah cuma dangkal, hanya setinggi lutut jadi aman buat yang bawa anak kecil bisa main di tepian sungai. Tapi tetap di awasi ya.

5. Bersepeda

Semua jenis pilihan menginap di Sahom Valley Resort Kampar Malaysia disediakan sepeda gratis yang bisa dipakai untuk keliling resort ini. Paling enak memang sepedaan deh mau kemana-mana, bisa berhenti di mana saja sembari menikmati alam di Sahom Valley Resort Kampar.

Untuk saat ini resort ini masih dalam proses pengembangan juga untuk aktivitas lainnya. Namun meski demikian keindahan alam di Sahom Valley Resort Kampar ini benar-benar nyaman untuk ditinggali dan dinikmati. Makanya salah satu tempat menginap di Kampar, Malaysia ini jadi rekomendasi saya buat yang mencari tempat yang jauh dari kota besar dan menikmati alam Kampar yang asri.

Selain sepeda, beberapa aktivitas mungkin punya biaya tambahan, tergantung dengan pilihan menginapnya. Untuk lebih jelasnya bisa langsung menghubungi :

Sahom Valley Resort
Lot 228800 Kampong Sahom
31900 Kampar
Perak Darul Ridzuan
Telp (+60)12 488 2480/ (+60) 12 212 2480
email: sahomvalley@gmail.com


34 comments:

  1. Duh seru banget ini resortnya, banyak tempat untuk beraktivitas ya.
    Pilihan kamarnya jga banyak, pemandangannya asri, banyak pohon2. Cakep!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak.. kusuka banget pas main kesini.. suasanya benar-benar asri dan bikin betah untuk berlama-lama.

      Delete
  2. ini ada paketnya ya mba untuk ke resort ini? seru kayaknya ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. paket menginap di resort ini biasanya buat family gathering atau office gathering gitu.. untuk lebih jelasnya bisa langsung menghubungi resortnya yaa..

      Delete
  3. Ya ampun sudah pemandangan cakep dan banyak aktivitas yang menyenangkan bagi anggota keluarga. Bikin betah aja nih liburan di salom valley resort

    ReplyDelete
    Replies
    1. betah banget mbak. saya paling demen duduk lama-lama di restorannya karena terbuka dan tepat di samping danaunya.. Asli bikin gak pengen kemana-mana deh..

      Delete
  4. Nah ini aku malah suka nginap ditempat gini nggak ditengah tengah kota pun anggap aja jadi jauh dengan tenpat hiburan misal tapi rasa otentiknya dapat apalagi Sahom Valley Resort ini dikelola oleh komunitas dari penduduk setempat. Lengkap deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. disini benar-benar bisa puasa gadget dan menikmati alam deh.. jadi benar-benar happy kalau habis dari sini.

      Delete
  5. Ehh penginapannya lucu banget itu.
    Tapi kalau tidur di sana kayanya aku ga mau sendirian sih, agak penakut apalagi kalau ada area terbuka macam di kamar mandinya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidur sendirian memang rada ngeri2 sedap sih. tapi karena ingat di kamar sebelah ada teman lain jadinya saya lebih santai sihh..

      cuma pas tengah malam mau ke kamar mandi yang rada jiper.. wkwkwkwk..

      Delete
  6. Pemandangannya cakep banget ya. Apalagi yang pas main kayak itu. Ini sih bisa bikin betah

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu pemandangan bisa dilihat dari restorannya tuh mbak.. jadi sambil makan sambil menikmati alam deh..

      Delete
  7. Saya suka lihat resortnya yg berkonsep natural dg material kayu itu. Keren ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa konsepnya itu benar-benar alami banget. jadi betah deh di sana

      Delete
  8. Wah bagus banget ini buat tempat rekomendasi saat liburan nanti.
    Penginapan udah ada, lengkap deh..

    ReplyDelete
  9. Pemandangannya kereen, cocok buat ajak keluarga nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. di resort ini sepertinya memang buat keluarga dan kelompok besar sih.. soalnya halamannya luas banget jadi bisa seru-seruan di sini ramai-ramai deh

      Delete
  10. Wihh...pasti udaranya sejuk yah? Ada ngeliat satwa2 nya nggak? Mirip mungkin yang dengan satwa yang ada di Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satwanya sih lumayan banyak.. dari kalkun, kelinci dan beberapa hewan yang dipelihara di mini zoo-nya sampai hewan liar macam bangau, elang dan gagak pun ada.

      Delete
  11. Aku ke Malaysia cuma mentok di perkotaan aja. Wisata ke tempat gini bisa asyik juga yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik banget mbak. saya 2 hari di sana tuh rasanya masih kurang aja euy..

      Delete
  12. Kehilangan memory card itu seperti kehilangan kenangab yang ada ya Mba. Penasaran sama ruangan tak beratap itu hihihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mbak.. sedih banget pas kehilangan foto-fotonya.. padahal sudah saya foto tuh ruangan tak beratapnya tuh..
      *mewek di pojokan kamar*

      Delete
  13. Ini tempatnya asik banget ya mbak, beberapa kali ke Malaysia belum pernah nyobain wisata kayak gini. Sesekali kayaknya perlu dicobain juga nih ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu banget mbak. biar bisa merasakan suasana liburan yang berbeda.
      seru lho.

      Delete
  14. Anakku klo diajak ke Sahom Valley Resort keknya bakalan susah diajak pulang. Seneng banget liat air apalagi banyak pepohonan yg ijo2 gitu. Hawanya gimana Mbak Endah? Sumuk gak tinggal di rumah kayu gitu? Ya ampuun kok sumuuk *tutupmuka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hawanya tetap adem kok, mbak.
      kalau kurang adem, mungkin bisa tidur di terasnya aja.. tapi siap2 lotion anti nyamuk yaa.. hehehehe..

      Delete
  15. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sana ya? Aku salfok sama background kayakingnya. Adem beneer!

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak banget mbak yang bisa dilakukan di sana. saya nginep di sana 2 malam aja rasanya belum puas euy. itu background kayakingnya bisa langsung dinikmati dari restorannya lhoo..

      Delete
  16. ga kepikiran explore Malaysia bagian Ipoh dan Kampar. Meski kota kecil tapi terlihat tenang dan terawat ya. Cocok buat menenangkan diri dari hiruk pikuk kota.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. Ipoh dan Kampar itu menyenangkan buat lari dari hiruk pikuk kota besar. Tinggal di kota ini berasa waktu jalannya lama banget dehh.. ehh apa cepat banget yaa?? karena tau2 udh mesti harus pulang aja meski belum puas menikmatinya.. hehehe

      Delete

Follow Me on