Thursday, August 9, 2018

INI ALASAN KAMU HARUS COBA ROADTRIP

Namanya traveling apalagi kalau beda negara, pilihan transportasi selalu jadi hal pertama yang disurvei. Kebanyakan sih lebih memilih pesawat sebagai pilihan pertama untuk berpindah dari satu kota ke kota lainnya atau negara lainnya. Kereta menjadi pilihan kedua untuk berpindah tempat.

Buat yang cuma punya waktu sedikit tapi ingin berpindah pindah secara cepat, pesawat sudah barang tentu jadi pilihan utama. Namun jika punya banyak waktu coba deh melakukan roadtrip.
Cobain roadtrip yukss

Saya memang sering diledek oleh beberapa teman karena lebih memilih melakukan roadtrip. "Kamu backpacker banget sih ya, jadi sukanya naik kendaraan umum yang murah-murah begitu kan. Capek ah" itu kata mereka. Padahal mah ada beberapa alasan nih kenapa kamu harus melakukan roadtrip setidaknya sekali seumur hidup.

1. Lebih dekat dengan penduduk lokal.
Namanya naik bus, kereta atau kendaraan umum lainnya, interaksi dengan penduduk lokal tentu saja bakal terjadi. Mulai dari nanya nama, asal darimana sampai saling tukar dan mencicipi makanan bersama itu jadi pengalaman unik yang tidak terlupakan lho. Apalagi kalo ada kendala bahasa, interaksi pakai bahasa tarzan sambil ketawa bareng itu akan jadi memori indah seumur hidup.

Seperti waktu saya naik kereta dari perbatasan Kamboja-Thailand menuju Bangkok. Saya sempat dikira orang lokal dan diajak ngobrol dengan bahasa Thai. Setelah menunjukkan paspor baru deh dimulai bahasa tarzannya. Perjalanan 6 jam pun jadi tidak terasa euy. Sayangnya sinyal internet di kereta susyeh sekali.. padahal kita sempat mau saling add FB tuh..

Baca juga : Roadtrip Kamboja - Thailand : Huru Hara di Perbatasan

2. Lebih dekat dengan daerah sekitarnya.
Kendaraan umum, terutama bus jarak jauh, kemungkinan akan berhenti di beberapa tempat. Entah untuk isi bensin, ke toilet, atau untuk makan. Nahh momen berhenti di beberapa tempat ini suka saya manfaatkan untuk menikmati alam sekitarnya, meski sekedar nongkrong di bawah pohon di pinggir jalan. Belum lagi kalau lihat warung kecil dengan segala jajanan lokalnya yang menurut saya sih harus banget dicoba.

3. Ketemu tempat yang less touristy.
Entah berapa kali ketika melakukan roadtrip saya pasti melihat papan petunjuk sebuah tempat wisata yang nyempil di antara semak dan pepohonan pinggir jalan. Melihat papannya yang sudah lusuh dan mulai pudar warnanya, tentu saja tempat wisata itu bukan yang sering dikunjungi.

Tidak perlu jauh-jauh. Saya pernah main ke candi Kidal dan candi Jago di Malang karena tidak sengaja lihat papan namanya saat akan mendaki ke gunung Semeru. Bahkan sepupu, om dan tante saya yang orang Malang saja tidak tahu keberadaan 2 candi tersebut euy.

Baca juga : Candi Kidal: Awal Mula Kerajaan Singosari

Nahh itu dia serunya melakukan roadtrip. Cobain deh sekali seumur hidup. Jadi kalian sudah pernah melakukan roadtrip kemana saja?? Yuk share ceritanya.

28 comments:

  1. Kalau transportasinya memang ada dan kita bisa menyesuaikan waktunya, tentu ini pilihan paling asyik :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa roadtrip itu selalu mengasyikkan. asal gak diburu-buru waktu sih.

      Delete
  2. Replies
    1. duhh kalau mudik itu jalanan ramai amat yaa..
      rada-rada malas kalau roadtrip pas mudik euy..

      Delete
  3. Pengen deh roadtrip gitu pakai mobil gede biar kerasa auranya. Hehhhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahhh iyaa.. offroad pakai mobil jeep atau 4WD itu emang seru banget dehh..

      Delete
  4. Dari kecil udah dibiasain jalan jauh naik mobil atau bis sama orang tua. Selain jadi lebih kenal dengan budaya dari tiap kota yang dilalui, roadtrip ngajarin kita untuk lebih sabar dan mengerti bahwa untuk mencapai suatu tujuan nggak ada yang instan, harus pake proses. Efeknya kebawa sih sampai besar, kalau harus roadtrip nggak ngeluh, nggak mabokan, nggak rewel. Ya walaupun berpergian pakai pesawat sekarang ini lebih dipilih karna menghemat waktu hehehe. Tapi kalau ada waktu dan kesempatan, mau kok roadtrip ke mana2 heheheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul.. betul.. betul..
      roadtrip memang punya banyak pelajaran, mesti sabar, mesti lebih terbuka, dan lain-lain. makanya paling suka traveling roadtrip begini deh..

      Delete
  5. Dulu, sewaktu masih kuliah, sering blusukan bareng teman-teman. Kalau sekarang-sekarang nggak kuat, mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh kalau rame-rame bareng teman seru tuh.. bisa banyak cerita selama di perjalanan

      Delete
  6. Udah lama bgt roadtrip, kayaknya waktu jaman baru lulus sekolah. Dan memang lebih seru, ada aja cerita tak terlupakannya. Selebihnya lebih sering pake kendaraan pribadi :D

    ReplyDelete
  7. Kalau mau roadtrip bareng anak-anak mesti nunggu mereka besar biar nggak terlalu repot he he. Bisa jadi pengalaman berharga karena sekarang sih saya liat study tour aja udah pakai pesawat segala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung masing2 anak sih. saya sudah dibiasain roadtrip sejak kecil juga sih. mungkin dulu memang banyak rewelnya *kalau kata ibu bapak* tapi sekarang jadi lebih tangguh deh.
      study tour sekarang pakai pesawat karena harganya sudah lebih terjangkau dan menghemat waktu cukup banyak ketimbang naik bus sih.

      Delete
  8. roadtrip paling ke bromo mblusuk bentar ke desa2 tengger
    pingin banget kayak yang di kalimantan ato sulawesi
    yang heboh banget itu hutan sama medannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum pernah ke bromo euy.. *disitu saya merasa kurang piknik*
      kalau kalimantan pernah sih ke beberapa darah, paling jauh sekitar 6-7 jam naik mobil
      kalau sulawesi pernahnya dari Makassar ke Pare-pare aja tuh.. jadi roadtrip keliling Sulawesi masih dalam bucket list

      Delete
  9. Alahmak, aku pernah sih roadtrip, tapi cape banget dijalan, kesian yang nyupir, kalau ngantuk bisa banget dia nabrak T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. roadtrip kan tidak harus bawa kendaraan sendiri, bisa sewa atau naik bus dan kereta. Tapi memang gak enaknya naik kendaraan umum memang tidak bisa berhenti dimana saja kita mau sih.

      Delete
  10. Roadtrip udh beberapa kali :). Tp kebanyakan pake mobil sendiri kalo msh domestik mba. Kyk bbrp thn lalu keliling jawa naik mobil sendiri.

    Tp kalo di LN, cuma sesekali sih. Pas dr bulgaria ke turki, itu kita milih naik bus.

    Dr bangkok ke siam rep, kita pilih kereta api ekonomi. Dari singapur ke malaysia naik bis.

    Target selanjutnya pas 2020 nanti. Itu aku dan suami mau jelajah new zealand sambil sewa mobil :). Dr ujung utara ke selatan. Jatah cuti setahun mau kita abisin sekalian tuh :) .

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh pengalamannya sudah banyak juga ya//
      roadtrip impian saya keliling sulawesi, afrika, new zealand dan eropa masih dalam proses di bucket list nih..
      semoga semua impian kita tercapai ya.

      Delete
  11. Kalau punya waktu, jalan darat memang yang paling oke. Jadi inget, dulu habis lulus kuliah, nggak langsung kerja. Kami rame-rame naik kendaraan umum ke tempat-tempat menarik di Pulau Jawa selama seminggu. Lengkap, dari Trowulan, sampai Tegal. Memang itu pengalaman yang selalu dikenang oleh kami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak. perjalanan darat selalu punya kesan lebih, apalagi kalau jalan-jalan bersama teman-teman. pasti lebih seru lagi ya.

      Delete
  12. Seru ini Mba apalagi kalau jalannya mulus dan daerahnya aman. Saya juga paling suka berinteraksi dengan penduduk lokal dan road trip kans banyak untuk melakukan hal itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. jalannya rusak juga seru kok.. jadi banyak ceritanya.
      interaksi dengan penduduk lokal memang paling menyenangkan karena bisa banyak berbagi cerita ya, mbak.

      Delete
  13. Tulisan yg menarik, jd menginspirasi utk traveling terus hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir dan membaca.
      yuks kita traveling terus.

      Delete
  14. Wah betul. :)

    Saya suka Road Trip karena lebih asoy..

    ReplyDelete

Follow Me on