Wednesday, July 25, 2018

BERSANTAI DI RUMAH MANTAN

Cuaca panas-panas begini menjelajahi kota Sorong bakal lebih panas membara jika berkunjung ke rumah mantan. Eits. Mantan yang mana tuh?? Ini bukan mantan yang biasa dibuang ke laut ataupun di museumkan. Rumah Mantan ini adalah rumah makan dan cafe yang terletak di jalan Basuki Rachmat kota Sorong, Papua Barat.

Sebenarnya yang bikin saya tertarik sama rumah makan ini cuma satu, ya namanya itu, Rumah Mantan, yang mungkin beberapa orang rada horor yaa.. apalagi kalau mantannya ajaib bin rese bin rusuh. Dijamin bikin pengen jauh-jauh dari rumah mantan. Hehehehe.
Cafe Rumah Mantan


Memasuki Rumah Mantan, interior didominasi oleh kayu-kayuan, mulai dari meja, kursi dan beberapa hiasan dindingnya. Nuansa kayu ini bikin mata rada adem setelah menembus jalanan kota Sorong yang panas terik di siang hari.
Interior cafe Rumah Mantan
Interior minimalis cafe Rumah Mantan
 Menu utama rumah mantan adalah palekko yaitu makanan berupa ayam berbumbu rempah yang pedas khas dari Sulawesi Selatan. Mungkin rada-rada mirip sama ayam rica-rica kali ya, menurut saya sih begitu. Di rumah mantan ini, selain Palekko ayam, ada juga palekko daging sapi dan bebek. Tingkat kepedasannya pun ada 4, level standar, level 1, 2 dan 3. Buat yg tidak terbiasa pedas sebaiknya pilih level standar. Saya memilih palekko ayam level 1 yang ternyata cukup pedas menggoyang lidah saya.
Ayam palekko di cafe Rumah Manta
Seporsi palekko ayam seharga Rp. 35ribu. Palekko Bebek dan sapi seharga Rp. 40rb.
Selain palekko, karena rumah makan ini berkonsep cafe ini juga menyediakan menu kopi, ice blended, shake dan jus. Jadi bila ingin sekedar nongkrong, ada beberapa camilan yang bisa dipesan untuk teman nongkrong. Mau online juga bisa karena Wi-fi disini kenceng euy.. Saya sempat mencoba membuka beberapa video youtube tidak pakai loading/buffering lagi lho. Mantap lah!

Btw, Rumah Mantan ini tidak jauh lho dari bandara, hanya sekitar 1 kilo. Jadi sebelum berangkat menuju bandara bisa nongkrong dulu di rumah mantan ini sambil nostalgila.. bukan sama mantan, tapi sama kenangan indah menjelajahi bumi Papua Barat. (EKW)

16 comments:

  1. Makan di Rumah Mantan sambil dengarin musik Sang Santan makin baper mbak heheheh

    www.pejuangtangguh.con

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Hahaha.. maafkan diriku tak bermaksud menipumu kk cantiks.. 😘😘😘

      Delete
  3. Replies
    1. Ini beneran rumah mantan kok.. namanya memang begitu.. hehehe

      Delete
  4. Seandainya rumah mantan beneran kayak gini. Pasti jadi sering bolak-balik ke sana, eehh..hahahaha

    Duh, pagi-pagi belum sarapan tapi malah lihat palekko ayam

    ReplyDelete
  5. Palekko ayam aja deh, aku ga demen bebek wkwkwkwk :) Kayak rica2 gitu ya. Waaah cocok donng sama lidahku yang suka pedes. Boleh juga level 4 hhmmm..yummy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. Palekko mirip rica-rica euy..
      wah ada yang doyan pedas-pedas juga nihh

      Delete
  6. Gagal fokus sama nama cafenya. Yang kayak gini bikin orang penasaran. Aduh mantan mana? Ruman mantan ey..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan jadi enaknya nyebutnya kalau ditanya mau kemana? mau ke rumah mantan!
      wkwkwkw..

      Delete
  7. hastagah, kupikir beneran nangkring dirumah mantan, boleh juga nama tempatnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. nama tempatnya langsung bikin saya berhenti dan nyamperin nih cafe euy..

      Delete
  8. Oalaahhh hahahaha unik juga namanya :). Pake diksh nama rumah mantan. Tp makananya bukan khas sorong ato papua ya mba. Malah sulawesi. Krn sampe skr aku msh penasaran banget rasa makanab khas papua itu gmn :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanan khas papua kalau di sorong mah masih dalam bentuk mentahan, banyak di pasar. mungkin ada rumah makan yang jual namun saya nya aja yang tidak tahu. hehehe

      Delete

Follow Me on