Tuesday, April 24, 2018

MENYESAP NIKMATNYA SOTO BANJAR TEPIAN SUNGAI


Melancong ke Banjarmasin rasanya belum lengkap kalau belum menikmati hidangan kuliner khasnya, Soto Banjar. Sebenarnya saya ingin hunting soto banjar sendirian di kota Banjarmasin. Namun karena waktu dinas yang mepet, alhasil saya pun dibawa ke warung soto Banjar yang sudah terkenal di seantero Banjarmasin, Soto Banjar Bang Amat.
Soto Banjar Tepian sungai Martapura, 
Warung soto Bang Amat ini terletak di tepian sungai Martapura. Sembari menunggu pesanan, kita akan ditemani iringan musik tradisional Panting khas Banjarmasin dan dibuai dengan semilirnya angin di tepi sungai.

Oh ya, karena terletak di pinggir sungai, warung soto ini bisa dijangkau lewat jalur darat dan jalur sungai lho. Biasanya pengunjung yang baru pulang dari pasar terapung Lok Baintan selalu menyempatkan diri singgah di warung ini.


Warung soto Banjar Bang Amat
Saya memesan seporsi soto Banjar separuh seharga Rp.17.000. Kenapa separuh? Karena porsi soto Banjar di warung ini terkenal cukup besar. Daripada mubazir tidak habis, soalnya saya baru saja makan 2 jam sebelumnya. Kalau masih lapar kan bisa pesan lagi. Hehehe. Beberapa saat kemudian seporsi soto Banjar dengan dengan tambahan telor rebus dan perkedel dan secangkir es jeruk pun tersuguhkan di depan mata.

Dengan perpaduan susu cair dan air kaldu ayam yang khas, soto Banjar bang Amat ini memang terasa gurih dan nikmat di lidah. Selain soto Banjar, di warung bang Amat ini juga punya menu sate ayam. Sayangnya saya tidak sempat memesan karena terburu-buru. Padahal kabarnya soto Banjar akan lebih nikmat bila ditemani sate ayam. Hiks. Jadi terbayang-bayang deh sekarang.
Soto banjar bang Amat di tepi sungai Martapura
Menikmati soto Banjar di tepian sungai sembari menikmati kehidupan warga di sekitar sungai Martapura akan jadi pengalaman yang tak terlupakan. Lain waktu mengunjungi Banjarmasin, saya ingin hunting tempat makan soto Banjar lainnya di kota ini, dan mungkin kuliner khas Banjarmasin lainnya. Kalau menurut kalian, selain soto Banjar, kuliner khas Banjarmasin apa lagi nih yang bisa dicoba??? (EKW)

Soto Banjar Bang Amat
Jalan Banua Anyar no 6, Benua Anyar, Banjarmasin Timur
Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Buka setiap hari kecuali JUMAT tutup!
 dari pukul 07.00 – 17.00 WITA

30 comments:

  1. Di Jogja juga ada soto Banjar yang rame banget yang beli..
    Waktu itu mau beli belum sempet, baca disini jadi penasaran akan rasanya..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya? di sebelah mana mas?
      boleh lah kapan2 main ke jogja nyobain soto banjar disana

      Delete
    2. Di daerah kota baru, Teh.
      Waktu itu kebetulan saya habis dari asrama teman saya yang berasal dari Kalimantan Barat.

      Delete
    3. oh baiklah. terima kasih infonya.
      nanti dicoba hunting kesana

      Delete
  2. Replies
    1. iya. ciri khas soto banjar memang kuahnya pakai susu cair, kak.

      Delete
  3. Tempatnya sederhana,, tapi sepertinya rasanya sungguh menggugah selera yaa hihi

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa. tempatnya asik banget buat leha-leha..
      sambil nunggu pesanan bisa mendengarkan musik dan mengamati kehidupan di pinggiran sungai Martapura

      Delete
  4. Oh menggoda bangat soto banjar ini, lihat jeruk nipisnya lumayan bikin ngilu dan segar

    ReplyDelete
    Replies
    1. siang-siang makan soto banjar ini memang seger mas. kalau gak suka pakai jeruk nipis juga bisa dipisahin kok.

      Delete
  5. Soto adalah makanan yang unik. Ada banyak jenis soto di Indonesia dan semuanya punya ciri khas berbeda. Kalo soto banjar, aku baru tau ternyata pake susu di kuahnya. Menarik banget ini. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya keunikannya soto banjar memang di campuran susu cairnya.
      makanya wajib dicoba

      Delete
  6. Wah, kemarin waktu ke Banjarmasin juga sempat makan di soto bang amat ini. Pertama kali nyobain soto banjar langsung di Banjar. Jujur aku suka rasanya :D.

    Nggak nyobain Rafting Bambu di Loksado kah? Mumpung lagi di Banjar, tinggal mlipir ke arah Kandangan beberapa jam bisa mengarungi sungai 2 jam naik rakit bambu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah gak sempat mas. ini makannya aja buru-buru, sampai gak sempat nambah dan pesan sate ayamnya..
      *disitu saya merasa masih lapar*

      Delete
  7. Wah, soto banjar tuh enak banget! Banjarmasin juga terkenal jeruknya. Tapi menurut gue agak kecut. (Atau gue salah milih buah waktu itu, ya?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau keruk kurang tau deh mbak.. saya tidak terlalu doyan jeruk soale..
      hehehe

      Delete
  8. Hampir semua jenis soto udah pernah saya coba, tapi soto Banjarmasin ini kayaknya belum pernah sama sekali. Potongan dagingnya menggiurkan sekali Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. soto banjar ini gurihnya bukan cuma karena kaldunya, tapi karena ada campuran susunya.. makanya harus banget dicoba nih..
      dagingnya enak dan empuk banget lho mbak. mantap lah pokoknya..

      Delete
  9. Replies
    1. yuks main ke banjarmasin.. soalnya saya ingin main kesana lagi deh..

      Delete
  10. Sungguh menggoda sekali makan soto banjar. Yummy, buat lunch mengenyangkan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa buat lunch mah menu seporsi deh.. biar kenyangnya maksimal.
      hehehe

      Delete
  11. wah, saya salah nih baca artikel mbaknya jam segini.
    bikin laper itu Soto Banjar Bang Amat-nya. bikin penasaran rasanya :D
    semoga bisa icip langsung di sana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik ada yang penasaran sama soto banjar. hehehe
      wajib dicoba banget nih kuliner yang satu ini

      Delete
  12. Ada campuran susu cair? wah, unik ya kulinernya, pengen cobain!

    ReplyDelete

Follow Me on