Skip to main content

KETIKA LUKA BUMI DIPANDANG INDAH

Ada beberapa tempat traveling yang sebenarnya bukan objek wisata yang layak dikunjungi. Contohnya saat saya berada di daerah Singkawang Kalimantan Barat. Saat saya bertemu Dinas Pariwisata daerahnya dan menyebutkan nama sebuah tempat yang berdasarkan hasil ‘wejangan mbah’ Google,  objek ini termasuk wisata yang harus dikunjungi jika sedang berada di daerah tersebut. Dan tahu tidak bagaimana reaksi orang Dinparnya? Saling pandang satu sama lain dan malah nanya balik, “itu ada di daerah sini sebelah mana ya???” Jiahhahahaa. *ngakak guling-guling sambil garuk-garuk kepala*.
Luka bumi bekas tambang yang jadi objek wisata, danau biru
Ternyata setelah kita tunjukkan foto tempatnya, orang Dinparnya cuma ber’ohh’ ria sambil bilang “itu bukan objek wisata  selain karena itu cuma bekas tambang yang tergenang, daerah sekitar situ itu tempat pembuangan sampah akhir kota ini lho”. Gedubrak! Ternyata the power of social media yang bikin foto-foto terlihat ciamik membuat bekas galian tambang pun disulap terlihat indah di pigura kamera.

Ya! Bekas tambang. Kegiatan manusia yang membuat alam terluka dan susah untuk dipulihkan kembali ini saat ini bermetamorfosa menjadi background foto-foto karena dipandang indah dalam jendela rana. Dan berikut ini beberapa bekas galian tambang yang pernah saya datangi dan dianggap sebagai objek wisata, meski dinas pariwisata setempatnya mah belum tentu atau tidak memasukkan daerah tersebut dalam list objek wisata andalan daerahnya.


1. Danau Biru, Singkawang, Kalimantan Barat
Seperti yang sudah saya ceritakan di paragraf awal. Dinas Pariwisata Singkawang tidak menganggap ini sebagai objek wisata andalan kotanya karena cuma bekas galian tambang yang tergenang dan ada wilayah TPSA di sekitarnya. “Kok bisa terkenal ya?” kata orang Dinparnya kepada saya. Lhaa.. Kalau ibu nanya saya lalu saya nanya sama siapa? *nanya sama ‘mbah’ google lah* hahahaha.
Danau Biru Singkawang, Kalimantan Barat
Usut mengusut sama ‘mbah’ google, tempat ini rupanya sering dijadikan tempat pemotretan pre wedding, baik warga Singkawang maupun kota-kota disekitarnya. Jadi lah ini tempat terkenal. “Padahal itu tempat kan bekas tambang emas dan airnya bermerkuri lho. Kalau tidak salah dulu pernah ada yang berenang disitu dan keracunan merkuri hingga meninggal lho” ujar orang Dinpar lebih lanjut.

2. Danau Kaolin, Tanjung Pandan, Bangka Belitung
Danau yang satu ini juga pasti terkenal di kalangan traveler sebagai tempat wajib yang harus didatangi kalau berkunjung ke Babel. Danau ini terletak di Desa Air Raya, Tanjung Pandan, Banngka Belitung. Seperti namanya, danau ini merupakan bekas pertambangan Kaolin, yaitu mineral bumi yang  dipakai oleh beberapa industri seperti kosmetik, kertas dan makanan.
Danau kaolin Bangka Belitung 1

Danau kaolin Bangka Belitung 2
FYI, meski banyak artikel yang menyebutkan kalau danau ini wisata andalannya Bangka Belitung, tapi di situs resmi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangka Belitung danau kaolin justru tidak tercantum  sebagai salah satu destinasi wisatanya lho. Cek aja di www.visitbangkabelitung.com di kolom destinasi.

3. Danau Cisoka, kabupaten Tangerang, Banten
Ini danau yang lagi ngehits di Tangerang sejak 3 tahun terakhir kalau tidak salah. Danau ini terletak di dusun Cigaru, desa Cisoka, kabupaten Tangerang, Banten. Danau ini merupakan bekas tambang pasir pada tahun 2006 hingga 2012.
dua dari 3 danau biru Cisoka, kabupaten Tangerang, Banten
Bisalah yaa danau biru cisoka atau telaga biru cisoka ini buat sesi pemotretan model ala-ala kekinian. 
Dibandingkan danau biru di Singkawang dan Bangka Belitung, danau yang sering disebut Telaga Biru Cisoka ini masih ‘beruntung’ karena telah diakui sebagai salah satu objek wisata di kabupaten Tangerang. Sudah naik pangkat lah ya. Makanya danau ini punya tarif masuk (parkir) seharga Rp. 10.000 per mobil dan Rp.2.000 per motor.


Sebenarnya masih banyak bekas tambang lainnya yang sekarang beralih fungsi menjadi wisata karena indah dipandang mata. Ada yang punya rekomendasi tempat bekas tambang lainnya??? (EKW) 

Comments

  1. sudah gk asing mba kalau di kalimantan itu danaunya banyak banget dan semua rata rata adalah hasil galian tambang yang udah gk kepakai, salam mba saya dari kalimantan timur

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh iya toh? saya belum banyak eksplore kalimantan sih. baru beberapa kota saja.
      mungkin suatu saat saya akan berkunjung ke kalimantan timur lagi
      salam kenal dari jawa tengah

      Delete
  2. ooo tangerang punya ya danau yang kece begitu. baru tauuuu :O deket dari perkotaan nggak ya?
    hehhe baca cerita yg danau singkawang gimana ya. emang gitu ya real-nya. dinpar nggak tau. kekuatan sosmed menyulap tempat yang dibilang sampah jadi smthng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari kota jauh. karena cisoka masuk wilayah kabupaten tangerang..
      iyaa.. socmed zaman sekarang mah luarbiasa pokoknya.
      jadi mesti lebih bijaksana menggunakannya.

      Delete
  3. Entah harus bangga atau malah miris. Indah di foto sosial media sebenarnya blm tentu indah jika dilihat dg mata kepala sendiri. Yg ada malah prihatin. Juga kesamata pengunjung yg sebetulnya tidak terjamin sama sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. mestinya ada warning sign untuk tidak mendekati airnya.
      salah satu teman di WAG pernah saya dan teman2 lain protes karena asyik nongkrong di airbed nya meski ktnya dia gak nyentuh airnya tetap aja bahaya. dia mungkin tau safety, yang lain yang liat dan niru kan belum tentu tau safety seperti apa kan ya?!

      Delete
  4. singkawang emang ajib, udah masuk wishlist wisata kalau ke kalimantan nih. nice sharing mbak. salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh iyaa.. paling suka di singkawang itu sebenarnya kulinernya.. enak2 semuaaa..
      salam kenal juga ya

      Delete
  5. Replies
    1. wahhh jadi pengen ke kalsel dan mengeksplorenya dehh..
      kapan ya?!

      Delete
  6. Gak nyangka yaaa bekas tambang bisa secantik itu. Airnya itu loo yg bikin menawan. Tapi serem...yg renang bisa meninggal. Hiiii...
    Tapi ngapain juga renang di situ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat di kamera sih tempatnya memang oke. tapi kalau buat renang mah mending di kolam renang aja dehh.. lebih aman.

      Delete
  7. Tempatnya keren banget, andai dekat, ingin rasanya pergi kesana..
    Untuk kendaraan bermotof masih murah ya, Teh, mobil juga cukup terjangkau lah..

    Btw, salam kenal ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga.
      dari tempat saya di jawa tengah juga jauh tuh. hehehe..
      Alhamdulillah kebetulan ada waktu dan kesempatan jadi bisa berkunjung kesana deh

      Delete
  8. Bekas tambang membawa berkah itu ya ? Coba saja kalau pepohonannya digalakan, sehingga biar tampak lebih hijau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kalau tidak dikelola dengan baik sebenarnya wilayah ini sudah rusak sih.. makanya pohon aja jarang. butuh perlakuan khusus untuk menghijaukan kembali wilayah bekas tambang seperti ini.

      Delete
  9. Serem banget sama Danau Biru yak karena banyak merkuri. Walau kayaknya ga bakal berenang juga sih tapi tetap serem. Hehehehe..

    Fia - fiarevenian.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang serem sih. tp kalau sekedar buat foto-foto sih masih oke lah.. asal jangan dekat2 airnya aja

      Delete
  10. Keren memang ya mbak, tapi miris juga setelah tahu behind the scene terbentuknya danau-danau cantik ini. Saya sempet baca, sepertinya ada kebijakan dari pemerintah yang mengharuskan pihak penambang untuk melakukan sebuah upaya agar lahan bekas tersebut bisa dikembalikan fungsinya. Dalam artian, ketika mereka sudah tak menambang disitu, lahan bekas harus di urus dan tak dibiarkan begitu saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya sudah ada Amdal sih buat menghijaukan kembali kawasan bekas tambang. namun kenyataan di lapangan berbicara lain jadilah seperti ini, lahan bekas tambang yang terbengkalai.

      Delete
  11. itu setiap foto hasil tambang airnya jadi warna biru, sejujurnya nampak cantik dan indah. tapi apakah air itu aman ya? dalam artian mana tau beracun karena bekas tambang

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu warna birunya memang karena ada merkurinya mas, jadi memang beracun. Makanya airnya tidak boleh disentuh

      Delete
  12. Wah, bapak dinpar....wkwkwk
    Ya gimana gak terkenal, orang instagrammable banget begitu xD

    Favoritnya anak muda banget itumah. Apalagi kalo udah ada dekor2 Love love gitu xD ya gak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal ada warna mencolok di alam sih pasti oke banget buat foto-foto.
      makanya meski bekas tambang pasti bisa jadi tenar dehh.
      apalagi kalau ada properti tambahan.

      Delete
  13. wkwkwkwk... hal yang kurang ok, sama kamera jadi ok haha. kekuatan sosial media. tapi kalau mbak foto kayak gitu keren sih. apalagi mbak gak tulis kalau tempat ini pembuangan sampah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kata teman saya sih, kamera boleh sama, tp beda angle beda yang motret hasilnya bisa beda jauh.. hehehe.
      kalau soal sosmed mah jaman sekarang gak usah ditanya.. ngeri ngeri sedap kalau liatnya.

      Delete

Post a Comment