Wednesday, December 28, 2016

2017 WISHLIST

Dengan berakhirnya tahun 2016, berakhir pula kerjaan saya sebagai video journalist di salah satu media nasional di Jakarta. Banyak suka duka selama lima setengah tahun bekerja disana, termasuk kesempatan traveling, baik karena tugas negara maupun jalan sendiri telah dilakukan sepanjang tahun 2016. Review perjalanan tahun 2016? Ahh sudah biasa. Kali ini saya mau bikin wishlist saja buat tahun 2017. Siapa tahu hal itu bisa memacu saya untuk lebih sering menghabiskan waktu untuk hal-hal berguna bagi saya dan mudah-mudahan bagi orang-orang disekitar saya.

1. Traveling ke luar negeri dengan kedua Orangtua
Ini sebenarnya wishlist sejak 2 tahun lalu. Kala itu sepulang dari roadtrip Brunei – Malaysia, saya pulang kampung ke Pati dan bercerita kepada ibu tentang perjalanan selama di Brunei dan Malaysia yang harus melewati 8 kali imigrasi (baca disini).
Tak dinyana, ibu saya berceletuk “Asyik ya. Ibu juga ingin paspornya punya banyak cap imigrasi seperti punya kamu. Paspornya ibu cuma ada cap imigrasi waktu naik haji kemaren tuh” Jedeerr!! Rasanya dengar omogan itu dari orang tercinta rasanya pengen nangis juga saat itu. Saya sudah kemana-mana namun belum pernah mengajak kedua orangtua traveling. *Anak durhaka* *nangis dipojokan kosan*

Sejak itu saya sudah niatkan untuk mengajak mereka traveling kebeberapa negara. Mudah-mudahan Allah SWT mengizinkan saya di tahun 2017 membawa kedua orangtua traveling ke luar negeri.


2. Mengunjungi Maluku
Terserah mau dari pulau mana duluan, yang pasti saya ingin sekali menginjakkan kaki di provinsi tempat kakek (dari keluarga ibu) saya ini dilahirkan. Syukur-syukur bisa kembali ke pulau Banda Neira, tapi tidak janji lah yaa.. kita lihat bagaimana nanti deh yee..

3. Roadtrip Sulawesi
Ini pulau dimana keluarga nenek (dari Ibu) dan pulau yang justru jarang saya sambangi. Biasanya cuma numpang transit di Makassar selama 2 hari 1 malam sebelum melanjutkan perjalanan menuju ke daerah atau provinsi lain. Makanya itu pengen banget bisa roadtrip dari ujung paling selatan sampai ujung paling utara, dari timur ke barat. Mudah-mudahan ada waktu dan rezeki di 2017 untuk keliling di Sulawesi


4. Mengunjungi Timor Leste. 
Pasti pada mikir “Ngapain disana? Disana mahal-mahal tau!” Saya punya memori spesial dengan Timor Leste, tepatnya kota Dili saat masih duduk di bangku SD (sebelum paspor berlaku)  dan kapal Pelni yang membawa saya dan keluarga dari Surabaya ke Sorong tahun itu menetapkan Dili sebagai salah satu tujuan atau kota transit. Itu pertama kalinya saya menjejakkan kaki di pulau Timor dan saya cukup terkesan meski cuma 4 jam transit disana. Itu sebabnya, saya ingin sekali kembali kesana dan mengeksplore negara ini.

5. Menerbitkan Buku
Sebenarnya saya sudah dikontak salah satu penerbit di Jakarta untuk menulis buku traveling sejak September 2015. Namun karena jadwal kantor yang random bin ajaib membuat saya baru selesai menuliskan draft atau naskah buku pada akhir November 2016. Saat ini draft sedang proses seleksi editing dan saya berharap tahun 2017 buku karya saya bisa terpajang di toko-toko buku di seluruh Indonesia. Amin!

6. Mengunjungi Kepulauan Riau
Dari 10 provinsi di pulau Sumatera, saat ini hanya Kepulauan Riau dan Bangka Belitung yang belum saya kunjungi. Bangka Belitung Insya Allah akan saya sambangi pada tanggal 26 Desember sehingga tersisa Kepulauan Riau sebagai PR terakhir  provinsi di Sumatera. Hmm. Mungkin bisa kali ya mengajak kedua orangtua ke luar negeri lewat Batam yang masuk areal Kepulauan Riau. Jadi sekali merengkuh dayung, 2 wishlist terpenuhi. Doakan saya ya. Amin!

7. Berkunjung ke salah satu pulau terluar di Indonesia.
Yap! Dengan 17.000 pulau di Indonesia, rasanya sayang sekali kalau belum pernah mengunjungi setidaknya  satu saja (dari 92) pulau terluar di Indonesia yang berpenghuni. Saya ingin melihat dan mendengarkan kisah hidup mereka di tapal batas terluar negeri ini. Pasti seru sekali.
Btw. Pulau Weh itu bukan pulau terluar dan pulau paling ujung barat lho. Pulau Benggala atau Rondo yang terletak 15 kilometer dari pulau Weh adalah pulau terluar di ujung barat Indonesia.

Sebenarnya masih banyak sih wishlistnya, tapi sepertinya itu lebih cocok untuk wishlist 5 tahun ke depan ya, jadi disimpan dulu dalam hati dan doa. Semoga wishlist 2017 ini bisa tercapai semuanya. Amin! (EKW) 


12 comments:

  1. semoga bisa segera menerbitkan buku.. amin

    ReplyDelete
  2. Semoga tercapai ya wishlist nya.. Anyway ke Sumbarnya kok belum ada? ahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke sumbarnya udh kk anggara, silakan liat artikel di label #sumaterabarat. Terima kasih doanya.

      Delete
  3. semoga tercapai whislist nya dan smakin banyak wisata yang dijelajahi.
    salam kenal mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin! semoga mbak Inaa semakin juga semakin sering traveling..
      salam kenal kembali :)

      Delete
  4. Replies
    1. Amin! semoga semua impiannya mas cumi juga tercapai..:)

      Delete
    2. Impian gw salah satu nya maluku, semoga tahun ini bisa ke kei

      Delete
    3. ikooot ke kei om cumiiii..
      please!!!
      *ngerengek manjahh*

      Delete
  5. postingan mas cumi ada di atas :(.. kok msh sedih ya kalo inget mas cum....

    salah satu target travelingku thn ini sbnrnya jg timor leste mba... tp masih blm fix, krn aku cek penerbangannya ga trlalu banyak yaa.. masalahnya cutiku cuma sisa sedikit gara2 feb kmrn baru dr jepang dan korea 2 minggu ;D... jd sprtinya kalo batal ke timorleste, aku mungkin bakal cari negara yg penerbangannya lbh fleksibel dan banyak.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa.. syedih banget pas tau beritanya..
      padahal sempat janjian juga buat makan2 di sambal setan pejompongan meski batal karena kesibukan kita berdua..
      hiks. hiks.
      *alfatihah*

      Wahh.. akhir tahun yuk ke timor leste.. klo ada temannya lebih enak lagi nih..

      Delete

Translate

There was an error in this gadget
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...