Wednesday, April 13, 2016

(FOTO) MENDUNG TEDUH DANAU TOBA VIA TOBASA

Pertama kali menginjakkan kaki di provinsi Sumatera Utara, saya ditugaskan untuk meliput di daerah kabupaten Toba Samosir. Kabupaten yang memiliki luas lebih dari 2.000 kilometer persegi ini terletak 250 kilometer dari kota Medan, atau sekitar 6-7 jam perjalanan. Senang deh rasanya kalau bisa dapat liputan ke tempat-tempat yang non-mainstream, karena sudah dipastikan alamnya masih terjaga dengan baik.
Danau Toba dari bukit Tarabunga, Balige
Saya mengunjungi Tobasa di bulan November 2013, tepat saat musim hujan dimulai di Tanah Air. Akibatnya, mendung menggelayut berhari-hari, bahkan ada satu hari dimana selama setengah hari saya tidak bisa kemana-mana karena hujan turun dengan derasnya. Meski demikian, pemandangan danau terbesar di Indonesia ini tetap memukau.
Suasana pagi danau Toba di bukit Pahoda, Balige
Menjelang terbitnya matahari di cuaca mendung nan teduh dari bukit Pahoda, Balige
View danau Toba dan kota Balige dari bukit Pahoda
View danau Toba dari jalanan menuju Bukit Tarabunga, Balige
Yup!, Danau Toba punya beberapa areal tepian yang berpasir putih
View danau Toba dari dalam Museum Batak di Balige
View Danau Toba via sekitaran menara pandang Tele

Saya sempat pula diajak ke wilayah Tapanuli Utara, tepatnya di Bukit Huta Ginjang, untuk melihat keindahan danau Toba dari sudut lainnya. Desa Huta Ginjang ini terletak 1.550 mdpl. 


Momen terbaik saya di wilayah kabupaten Toba Samosir adalah bisa nongkrong di pinggiran danau Toba di desa Meat sambil menikmati puluhan bahkan mungkin ratusan kawanan burung Bangau yang hilir mudik di sekitar danau. Duhh.. Jadi pengen kembali main kesini. (EKW)



6 comments:

Popular Posts