Wednesday, October 22, 2014

MAIN TEBAK-TEBAKAN DI BIRUNYA LAGUNA PULAU PAYUNG


Gugusan pulau di Kabupaten kepulauan Seribu memang tidak memiliki 1000 pulau, namun tidak berarti saya yang sering wara-wiri ke beberapa pulaunya akan mengetahui semua nama pulau yang berjumlah 342 pulau itu. Itu sebabnya sewaktu diajak mengunjungi pulau Payung, saya sempat menebak-nebak beberapa kali.

Tebakan 1. Awalnya saat diajak, saya berpikir kalau pulau ini berada di wilayah Banten karena saya belum pernah mendengar namanya. Ternyata Pulau Payung ini hanya berjarak 30 menit naik kapal dari pulau Tidung.



Tebakan 2. Karena si kepala suku, Gerry, pernah bilang ini pulau kecil dan kita akan kemping disana, saya sempat mengira di pulau ini tidak ada penduduknya seperti pulau perak sehingga air bersih, toilet apalagi homestay dan musholla tidak akan ada. Ternyata saya salah, pulau ini memiliki beberapa penduduk yang mencapai 70 kepala keluarga *kalau tidak salah ingat obrolan dengan salah satu penduduk*. Jadi fasilitas air bersih, musholla, listrik dan homestay juga ada, meski jumlahnya bisa dihitung jari.






Tebakan 3. Karena dekat dengan pulau Tidung, saya pun menebak wilayah pulau ini sedikit kotor, komersil dan banyak pengunjung seperti Tidung. Ternyata, tebakan saya salah semua saudara-saudara. Pulau Payung ini ternyata tidak banyak yang tahu. Alhasil saya hanya melihat beberapa orang, selain team saya, yang bukan berasal dari pulau ini.

Yasudah lah ya, cukup sampai disini tebak-tebakannya. Kalau diterusin bisa mempermalukan diri sendiri nih judulnya. Hehehe. Terus snorkeling, tidak?? Namanya juga ke pulau, ya wajib nyebur ke laut lah. Hahaha.

Pic by Dian Nuranindya
Menjelang sunset
cantiknya sunrise
Laguna yang jernih, salah satu dermaga yang terbuat dari jerigen bekas serta deretan pohon di tepi pantai menjadi salah satu keunikan yang saya temui dan saya sukai di pulau ini. Dan salah satu agenda wajib saat traveling adalah hunting foto matahari terbit dan terbenam. Saya pun sempat berjalan-jalan disekitar areal tempat saya kemping untuk mencari spot foto yang unik.




Hmm. Sepertinya pulau Payung telah menjadi salah satu pulau favorit saya di gugusan kepulauan Seribu. Mudah-mudahan keasrian dan kebersihannya bisa tetap terjaga sama bahkan kalau bisa lebih baik daripada saat saya berkunjung kesana. (EKW)


12 comments:

  1. Ternyata tebakan batin saya kalau kepulauan seribu itu selalu padat dengan turis sepertinya juga salah...

    Ini benar-benar saya harus merasakan main ke kepulauan seribu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, beberapa pulau di kepulauan seribu sebenarnya sepi kok.. Hanya pulau utama seperti Harapan, Pari, Untung Jawa dan Tidung yang ramai dengan turis kok.. :)

      Delete
  2. snorkling sepertinya menyenangkan disana,..
    dikeliingi ikan-ikan yang cantikkk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tempat snorklingnya sih bukan disekitar pulau ini.. kalau gak salah sih di sekitar pulau kayu angin dehh...
      itu juga ikan-ikannya dipancing dengan pelet/makanan ikan dan roti kok biar pada ngumpul..
      heheehehehe..

      Delete
  3. Mbak endah, saya mau tanya dong untuk biaya sewa kapal dri tidung ke pulau payung berapa ya? Dan ada biaya tambahan ga untuk camp di pulau payung? Karena sabtu ini saya berencana ksna sama teman2. Thx b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. sewa kapal sekitar 500rb-600rb, tergantung nego dengan pemilik kapal. untuk camp ada izin sih tapi soal biaya campnya mungkin tergantung nego sama ketua RT/RW disana..
      semoga membantu

      Delete
  4. Replies
    1. asik dan seru banget memang pulau ini, apalagi pemandangannya cantik. :)

      Delete
  5. mba minta nomer contact orang kapal dan penginapan ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf. waktu itu yang mengatur tripnya teman saya jadi saya tidak tahu no telpnya..

      Delete
  6. silakan untuk ke pulau payung anda bisa menghubungi saya di no hp 089637467544 untuk penyewaan kapal snorkling saya punya atau mau anter kemping ke pulau semak daun juga bisa

    ReplyDelete

Translate

There was an error in this gadget
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...