Skip to main content

PROMO TIKET MURAH

Saya memang sering traveling dengan tiket harga termurah yang mungkin tidak bisa dibayangkan oleh orang lain. Contohnya, saat saya mendapat tiket promo Bandung - Pekanbaru seharga Rp.10.000,- PP, Pulang Pergi cuma seharga semangkok bakso atau 2 porsi siomay atau naik ojek dari stasiun Gondangdia ke Gambir. Hehehe..
Namun karena seringnya saya berpergian dengan tiket harga promo gila-gilaan, orang-orang disekeliling saya pun mulai menanyakan cara bagaimana saya bisa mendapatkan tiket harga promo serendah itu. Kalau cuma bertanya saja sih saya tidak masalah. Masalahnya adalah lebih dari 90% orang yang saya infokan bahwa sebuah penerbangan sedang promo harga gila-gilaan, meminta saya untuk membookingkan tiket tersebut, pakai uang saya pula!! 

Mereka selalu berkata: "Hahh.. promo??? Kemana saja? Tanggal berapa? Harganya berapa?" "Tolong booking buat saya donk" "Pakai uang kamu dulu ya" "Tenang saja, uangnya pasti saya ganti" "Kalau kamu yang booking pasti dapat, ndah, soalnya kamu lebih beruntung daripada saya" 


Ehh.. Hellooowwww..!!!
Bukan masalah uang saya mau diganti atau tidak, atau masalah keberuntungan siapa yang lebih bagus. Masalahnya adalah USAHA.. woyyy.. USAHA!!!
Kalian pikir dengan duduk ongkang-ongkang kaki lantas tiket promo harga gila-gilaan seperti itu bisa datang sendiri apa ke muka kalian, atau jatuh dari langit begitu???? *emosi*

Sebelum saya bisa traveling dengan harga promo seperti itu, saya juga seperti kalian. Penasaran kok ada orang yang bisa jalan-jalan dengan harga tiket pesawat semurah itu. Caranya bagaimana ya?? Setelah riset dengan membaca jutaan artikel (lebay sedikit ah..), akhirnya saya menemukan beberapa tips bagaimana bisa mendapatkan harga tiket murah yang ternyata.. setelah diterapkan, mendulang sukses luarbiasa. Setidaknya untuk saya pribadi lho.. 

1. LANGGANAN NEWSLETTER MASKAPAI PENERBANGAN
Hampir semua maskapai penerbangan memiliki newsletter yang berfungsi untuk mempromosikan seluruh kegiatan mereka secara gratis kepada orang yang mendaftarkan emailnya. Jadi, langgananlah newsletter mereka. Gratis kok. cukup buka website penerbangan mana saja dan cari kolom newsletter atau apapun yang menginstruksikan memberikan alamat email. 

Langganan newsletter ini tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Dengan mendaftarkan email kalian, otomatis setiap mereka akan melakukan promo, biasanya akan dikirimkan kabar melalui email beberapa hari sebelum promo dimulai. Saya saja berlangganan newsletter milik Qatar Airways, Turkish airline dan Lufthansa padahal harga tiketnya rata2 diatas 1500 USD (sedangkan tabungan saya setiap mau menyentuh angka 1500 USD, tiba-tiba berkurang karena tagihan dan keseringan kelayapan kemana-mana.. hehehe.. )

2. PILIH TANGGAL KEBERANGAKATAN JAUH-JAUH HARI
Biasanya tiket promo itu semakin jauh hari keberangkatan semakin murah harganya. Rekor bookingan tiket terlama saya adalah 11 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Sayangnya orang-orang disekitar saya maunya kalau booking tiket tidak mau jauh-jauh hari. Mereka beranggapan kalau kelamaan nantinya bisa kelupaan dan kelewatan, "Kan sayang, nanti tiketnya hangus" begitu kata mereka.

Tapi kan kalau dapat tiket PP di bawah 100ribu, menurut saya pribadi lebih mudah mengikhlaskannya ketika hangus atau tidak terpakai daripada beli tiket harga sedikit dibawah normal trus dicancel, kan bakalan ada denda 25% tuh dari harga tiket yang secara hitung-hitungan sih kayaknya bakalan lebih mahal daripada harga tiket promo. Betul tidak?!

3. NO WEEKEND!
Weekend disini dimulai dari hari Jumat sampai Minggu. Biasanya, harga promo sangat jarang sekali berada di 3 hari tersebut. Carilah penerbangan di hari Senin hingga Kamis. Di hari-hari ini pilihan harga promo lebih mudah dijumpai daripada di hari lainnya.

Saya sendiri hampir selalu mendapatkan tiket promo dengan hari keberangkatan Kamis dan pulang pada hari Senin atau Selasa. Kalaupun bisa dapat tiket promo di hari Sabtu, biasanya saya selalu mencari tiket promo kepulangannya minimal 5 hari setelahnya. Maksudnya biar sekalian cuti 1 minggu gitu deh. Soalnya saya tidak suka traveling yang terlalu singkat, berasa seperti kerja euy..

4. PALING PAGI ATAU PALING MALAM
Promo selalu berada di keberangkatan pesawat paling pagi atau paling malam. Saya pernah mendapatkan pesawat paling pagi jam 04.30 waktu akan traveling ke Pekanbaru, Riau dan paling malam jam 22.00 waktu akan traveling ke Kota Kinabalu, Malaysia.

5. LIHAT HARGA TIKET PROMO DI SEMUA HARI DAN TANGGAL
Ketika tiket promo mulai dibuka pembeliannya, biasanya akan tercantum jadwal berangkat dari tanggal dan bulan apa dan sampai bulan apa. Carilah tiket mulai dari jadwal pernerbangan di tanggal tersebut. Misalnya kalau jadwal berangkatnya 15 Mei sampai 30 Agustus, maka lihat semua harga tiket mulai dari tanggal 15 mei sampai 30 agustus.

Susah dan melelahkan?! Memang! Tapi kalau bisa dapat tiket promo PP ke suatu daerah misalnya saya ke Pekanbaru PP sepuluh ribu rupiah dan ke Makassar PP sembilan puluh ribu rupiah, kesusahan dan kelelahan itu bakalan tidak akan terasa lagi. Percaya deh!

6. RAJIN MENGECEK SITUS PENERBANGAN
Mau cari tiket promo tapi malas menyambangi situs-situs maskapai penerbangan?? Ke laut aja deh.. Bagaimana caranya mau dapat tiket promo kalau buka situsnya saja tidak pernah. Tidak sempat?! Alasan!! Tiap hari sempat kan buka dan mengecek FB? Berarti bisa juga menyempatkan diri mengecek situs penerbangan dong.

7. PUNYA KARTU KREDIT ATAU INTERNET BANKING
Syarat yang satu ini sih sebenarnya untuk memudahkan pembelian tiket. Beberapa maskapai penerbangan (terutama maskapai luar negeri) pasti meminta pembayaran dengan kartu kredit. Jika tidak atau belum punya kartu kredit (seperti saya) sebaiknya bukalah akses internet banking di rekening tabungan Anda. Hingga saat ini saya masih bergantung pada Klikbca (bukan promo bank ya) untuk mencari tiket promo.

Untuk saat ini, itulah beberapa tips yang bisa saya berikan. Mungkin ada yang punya tambahan tips lainnya? Silakan dishare disini.. (EKW)

Comments

  1. contohnya saya :
    1. Tiket Lombok - Surabaya cuma Rp 45.000
    2. Tiket PP Surabaya - Bangkok cuma Rp 500.000 an

    Intinya, sabar dan mencoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang senang ya kalau bisa dapat tiket murah..

      betul itu, kita harus sabar dan terus mencoba..

      semangat!!

      Delete
  2. Follow dah.. Infonya itu lho, nice nice,hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir..
      Semoga tipsnya berguna.. :)
      salam kenal ya..

      Delete
  3. nah itu dia, ga pernah dapet tiket promo karena rata2 pake kartu kredit yaa internet banking, lagi kepikiran utk ganti ke bca hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. sebelum pakai internet banking juga saya kebingungan buat booking tiket sih.. tapi akhirnya memutuskan buka internet banking karena saat itu pengen jalan2 ke Singapore..

      sebenarnya gak harus bca sih, kebetulan saja saya sudah lama punya tabungan disana aja .. hehehe..

      Delete
  4. Saya juga sering dapat tiket 5000..Thanks to airasia sebulan bisa terbang 3-4 kali sebulan haha..

    www.littlenomadid.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih.. untuk saat ini saya memang sering mendapatkan promo dari maskapai itu.
      hehehe..

      Delete
  5. cara langganan newsletter maskapai penerbanganx bagaimana mbak?
    Saia masih newbie nih..
    Mohon pencerahannya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sih di web nya suka ada kolom langganan newsletter yang meminta untuk memasukkan alamat email..
      Bisa juga lewat media sosialnya seperti twitter, atau facebook. Langganan lewat media sosial akan banyak informasi yang diperoleh dengan cepat termasuk informasi tiket murah.
      Semoga membantu

      Delete
  6. Tapi sekarang promo segitu sudah ngak ada lagi hua hua hua, air asia sudah lupa akan janji nya "Everyone Can Fly" sekarang bokis banget kalo promo hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mas Toro,.. AA udh jarang ngasih,
      kalo pun ngasih dikit banget..
      Saya jd suka melirik maskapai lainnya deh..

      Delete
  7. Yang sering promo maskapai apa mbak, saya mau langganan ahh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya sih Airasia, tigerairways dan jetstar, mbak.. :)

      Delete
  8. Ada batas max jumlah tiket promo? Kayak KAI max 4 tiket. Pdhl anak sy 3. Jadi perlu 5 tiket.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh.. kalau tiket promo KAI saya kurang tau deh..
      Soalnya selama ini lebih sering jalan sendirian, klo pun rame2 beli tiket kereta itu juga langsung di stasiun kereta oleh beberapa teman sekaligus..

      Delete
  9. kalo ke bali yg murah pakai maskapai apa?
    buat desember ini ada promo gak ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo nyari tiket murah bisa dicompare tiap airline lewat situs tiket.com, traveloka, wego dan sejenisnya mbak..

      Delete

Post a Comment