Wednesday, October 9, 2019

#XPERIENCESERU WISATA SEJARAH DI SEMARANG

Bosan dengan rutinitas harian? Sudah pasti liburan akhir pekan selalu menjadi jawabannya. Ada beberapa kota bisa dikunjungi di kala weekend dan salah satunya adalah kota Semarang, Jawa Tengah. Banyak objek wisata di Semarang yang bisa dikunjungi mulai dari area kota tuanya, kuliner dan juga sejarah dan budayanya.
#XperienceSeru, Traveloka Xperience
Stasiun Tawang Semarang, Jawa Tengah
Tapi bagaimana sih bila ingin berwisata di Semarang tapi belum tahu mau kemana dan mau melakukan apa? Eitsss tenang saja. Kini Traveloka punya fitur menarik yang bisa memenuhi semua kebutuhan traveling kita lho. Namanya Traveloka Xperience. Memangnya apa bedanya dengan layanan Traveloka yang biasa? Bedanya adalah Traveloka Xperience ini memadukan layanan unggulan untuk traveling dengan gaya hidup masa kini. Jadi, bisa tetap gaya sambil traveling deh.

Layanan #TravelokaXperience yang memberikan kemudahan baik wisatawan dalam dan luar negeri untuk membeli tiket tranportasi publik seperti kereta, pesawat terbang, bus hingga penyewaan sepeda umum di tempat wisata yang dituju (jika disediakan oleh pemerintah daerah tersebur). Asik kan.


Nahh begitu sampai di Semarang, bingung nih mau kemana? Buat yang masih ingin menjelajahi dan merasakan #XperienceSeru di Semarang juga bisa melirik beberapa voucher menarik di Traveloka Xperience seperti Semarang One Day City Tour atau Semarang City Walking Tour. Jadi sehari bisa langsung ke beberapa tempat sekaligus.
#ExperienceSeru

#ExperienceSeru
Nahh. ada beberapa rekomendasi tempat wisata sejarah di Semarang.

1. Kawasan Kota Tua Semarang.

Kawasan kota tua Semarang ini punya julukan 'Little Netherland' atau bisa juga disebut Outsadt dan merupakan kawasan kota tua seluas 31 hektar. Kawasan ini merupakan tempat bersejarah dimana ibukota Jawa Tengah ini berasal. Di kawasan ini ada puluhan bangunan dengan arsitektur kolonial, baik yang terlihat usang maupun yang sudah dipugar, sebagai penanda sejarah kolonialisme di kota Semarang.

Kawasan kota tua Semarang ini mulai dibangun pada abad ke 19 hingga awal abad ke 20. Kini kawasan ini menjadi salah satu tempat wisata kekinian di Semarang yang wajib dikunjungi.

2. Lawang Sewu

Lawang Sewu yang dalam bahasa Indonesia artinya seribu pintu ini adalah salah satu gedung bersejarah yag dulunya merupakan kantor administrasi Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) yang dibangun pada 27 Februari 1904.
Lawang Sewu, #XperienceSeru, Traveloka Xperience
Lawang Sewu, salah satu tempat wisata sejarah di Semarang, Jawa Tengah.
Sebenarnya Lawang Sewu ini tidak benar-benar berpintu seribu sih. Beberapa bagian itu sebenarnya adalah jendela yang sangat tinggi sehingga masyarakat saat itu melihatnya seperti pintu. Arsitektur seperti itu dimaksudkan agar peredaran udara di dalam gedung tetap mengalir sehingga udara lebih terasa sejuk meski di siang hari.


3. Tugu Muda. 

Secara letaknya di berada tepat di depan Lawang Sewu, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi monumen yang dibangun untuk mengenang para pahlawan yang gugur dalam pertempuran lima hari di Semarang melawan tentara Jepang pada 15-19 Oktober 1945. Sambil duduk di taman kecilnya, kita bisa menikmati senja dengan latar belakang bangunan kolonial Belanda dan monumen pahlawan Semarang melawan Jepang. Pastinya lebih seru kan.
tugu muda semarang, #XperienceSeru, Traveloka Xperience
Sunset di Tugu Muda dengan background Lawang Sewu.

4. Klenteng Sam Poo Kong

Tempat wisata sejarah lain di Semarang yang bisa dikunjungi adalah klenteng Sam Poo Kong yang merupakan budaya dari peradaban Tiongkok. Klenteng ini berada di Jalan Simongan Raya no 129, Semarang, Jawa Tengah. Total luas klenteng Sam Poo Kong ini seluas 3,5 hektar.
Klenteng Sam Poo Kong, salah satu wisata sejarah di Semarang, Jawa Tengah
Dinding yang berisi cerita perjalanan Sam Poo Kong di Nusantara

Beli tiket masuk Sam Poo Kong sudah pasti bisa lewat #TravelokaXperience lewat fitur Atraksi-nya. Dengan membeli tiket di Traveloka Xperience maka nantinya kita tidak perlu mengantri lagi di counter tiketnya. Cukup tunjukkan hasil pembelian tiketnya dan bisa langsung melenggang masuk klenteng Sam Poo Kong deh.

Bocoran nih ya, kalau beli tiket langsung di konter tiket Sam Poo Kong itu harganya Rp. 25.000 lho. Jadi beli tiket lewat Traveloka Xperience itu jauh lebih hemat kan.

Klenteng Sam Poo Kong ini awalnya adalah tempat persinggahan Laksamana Chengho di Semarang saat berlabuh di tahun 1416 karena nahkoda atau juru mudinya, Ong Keng Hong sedang sakit keras. Namun Laksamana Cheng Ho, yang aslinya bernama San Poo Tay Djien, harus melanjutkan perjalanan dan meninggalkan Ong Keng Hong dan beberapa awaknya di kawasan bukit Simongan ini.

Setelah kesehatannya pulih, Ong Keng Hong dan beberapa awak yang beragama Islam itu pun menetap di sana dan mulai menyebarkan agama Islam di Semarang dan sekitarnya. Cerita kehebatan Laksamana Cheng Ho yang juga beragama Islam itu pun mulai tersebar dan penduduk sekitarnya pun membangun simbol penghormatan untuknya di sebuah gua dan disebut sebagai Gedung Batu. Nah, Gedung Batu inilah yang menjadi cikal bakal klenteng Sam Poo Kong yang berdiri megah hingga saat ini.

Demikian serunya mempelajari sejarah, budaya dan berwisata di Semarang. Buat yang masih ingin menjelajahi dan merasakan wisata #XperienceSeru di Semarang lainnya juga bisa melirik beberapa voucher menarik di Traveloka Xperience seperti voucher internet, voucher makan buat yang suka kulineran atau spa dan kecantikan. Jadi kalau penat setelah berwisata sejarah di Semarang, bisa spa dulu sebelum beranjak pergi dari Semarang. Jadinya tubuh bisa refresh lagi deh.

Bahkan jika di Semarang lagi ada event pun bisa dibeli di Traveloka Xperience lho. Pokoknya, satu Traveloka Xperience untuk semua pengalaman wisata sejarah seru di Semarang.

Nah, kalian kalau mau wisata di Semarang pengennya kemana??? (EKW)

3 comments:

  1. Kalo ada foto2nya mba kita bisa ikut ngebayanginnya nih

    ReplyDelete
  2. Lawang sewu sekarang dah ga seserm dulu ya, dah keren banget. Tapi gue tetep takut sih kalau diajak malem-malem ke situ wkkw.

    Btw, sekarang di Semarang ada Kampung Pelangi. Bisa juga kayaknya dimasukkin ke list wisata yang bisa dikunjungi.

    ReplyDelete
  3. Dua kali ke Semarang dan cuma masuk area luar Sam Poo Kong, belum ke dalam klenteng-klentengnya. Noted nih harganya lebih murah di Traveloka Xperience.

    ReplyDelete

Follow Me on