Wednesday, October 23, 2019

SEJUK SEKEJAP DI AIR TERJUN LATA KEKABU MALAYSIA

Secara setiap kali traveling ke Malaysia tahunya cuma tengah kota dan cafe, maka kali ini saya berkesempatan mengulik sejenak soal wisata alam di sana. Kali ini saya akan berkesempatan menyambangi sebuah air terjun di Malaysia.
air terjun lata kekabu
Jalanan menuju air terjun Lata Kekabu di Malaysia
Sebelumnya saya sudah pernah mengunjungi beberapa air terjun di Malaysia yang berada di wilayah Royal Belum State Park, Perak yang mungkin butuh sedikit perjuangan karena harus menggunakan houseboat dan speedboat untuk mengunjunginya.

Baca Juga : Basah Kering di Royal Belum

Nah, kali ini saya berkesempatan mengunjungi air terjun di Malaysia yang bisa dijangkau dengan jalur darat. Air terjun itu bernama Lata Kekabu yang terletak di Hutan Lipur seluas 10 hektar dan berada di kawasan Tasik Chenderoh, Lenggong, Perak. Dari pusat kota Kuala Kangsar jaraknya sekitar 25 kilometer atau sekitar 9 kilometer dari pusat kota Lenggong.

Kalau dari kota Kuala Lumpur jaraknya hampir mencapai 270 kilometer atau sekitar 3 jam perjalanan. Jadi yang mau kesini mending menginap sekalian karena di daerah sekitarnya banyak wisata alam lainnya yang bisa dinikmati.

Kota terdekat dengan air terjun di Malaysia ini adalah kota Tampan Air dan air terjun Lata Kekabu ini memang masuk wilayah teritori kota itu. Yes, benaran deh itu nama kotanya. Silakan googling kalau tidak percaya. Hehehe.


Dari parkiran mobil, kita harus berjalan kaki memasuki wilayah hutan Lipur. Namanya wilayah hutan ya pohonnya tinggi-tinggi dan sangat teduh. Selama di jalan, saya melihat beberapa nama pohon yang tertulis, antara lain pohon Meranti, Kempas, Jelutong, Keruing dan nama-nama lainnya. Saya cuma tahu nama Meranti, sedangkan yang lainnya saya belum pernah mendengarnya. Mungkin kalau di Indonesia namanya berbeda kali ya. Namun karena saya bukan ahli tanaman jadinya ya tidak tahu deh.
air terjun lata kekabu
Jalanan menuju ke air terjun Lata Kekabu di Malaysia
Jalan dari parkiran menuju ke air terjunnya sekitar 15 menit saja, namun saya berjalan hingga hampir 30 menit. Soalnya banyak spot-spot menarik yang bisa diabadikan, termasuk jembatan gantung di atas sungainya. Fotogenik banget deh.. Apalagi dengan suasana yang asri dan bersih, bikin betah berlama-lama jalan di sini.

Tidak jauh dari air terjun Lata Kekabu, suara tumpahan airnya sudah terdengar jelas meskipun belum terlihat. Air di sungainya juga sangat jernih sehingga bawaannya pengen ngerendam kaki mulu di pinggiran sungai.

Setelah beberapa saat barulah terlihat air terjun setinggi 4 meter. Air terjunnya terbagi menjadi dua tingkat. Tingkat yang pertama punya kolam di bawahnya dan tingkat yang kedua baru langsung mengalir ke sungai di bawahnya. Lokasi yang aman untuk berenang adalah di bawah tingkat yang kedua. Di kolam pada tingkat yang pertama dilarang untuk berenang di sana.
air terjun lata kekabu
inilah air terjun Lata Kekabu di Perak, Malaysia
air terjun lata kekabu
cuma cowok yang boleh manjat-manjat ke atas..
air terjun Lata Kekabu di Malaysia
Sayangnya, karena saya cewek, saya dilarang ikut manjat-manjat menaiki air terjun di tingkat kedua. Cuma laki-laki yang diizinkan. Jadinya saya cuma beredar di sekitar sungai sembari duduk-duduk di dalam sungai dan foto-foto para lelaki yang sedang rusuh manjat-manjat. Pengen jugaaa... *nyiprat-nyipratin air sungai sambil manyun*

Oh iya, di beberapa lokasi sungai ada peringatan yang melarang pengunjung untuk berenang, entah karena bagian itu adalah tempat yang cukup dalam atau ada kemungkinan pasir hisapnya. Pokoknya tolong dituruti semua peraturan disana ya. Kan peraturan dibuat untuk melindungi kita juga. Lagipula bagaimanapun juga, kawasan air terjun ini adalah bagian dari wilayah Hutan Konservasi Bintang Hijau.
aliran sungai yang bersih di kawasan air terjun Lata Kekabu, Malaysia
air terjun lata kekabu
Mengagumi keindahan alam di sekitar wilayah
air terjun Lata Kekabu di Malaysia
Fasilitas di sekitar air terjun Lata Kekabu ini dilengkapi dengan musholla atau surau, toilet umum dan ruang untuk ganti baju, tempat untuk kemping dan juga ada beberapa homestay di sekitar pintu masuk buat yang ingin menginap. Namun semua fasilitas itu letaknya tidak berada persis di dekat air terjun. Buat yang habis berenang di dekat air terjun dan ingin berganti baju, bisa berjalan kaki menuju toilet umum sebelum kembali ke parkiran mobil. 

Meski sekejap saja di air terjun Lata Kekabu, Malaysia ini, namun kesejukannya tetap terasa di hati. Jadi, air terjun di Malaysia berikutnya yang bisa dikunjungi apa lagi ya?? Ada yang punya rekomendasi?? (EKW)


4 comments:

  1. Suasana hutan dan jalan masuknya asri banget... pastinya sejuk tuh kalo berendam di bawah air terjunnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, udaranya sejuk banget dan airnya adem banget.
      gak puas banget cuma sebentar main di air terjun ini euy..

      Delete
  2. Replies
    1. enak banget kk.. mata jd refresh abis lihat yang hijau-hijau gitu dehhh

      Delete

Follow Me on