Wednesday, September 12, 2018

JANGAN SAMPAI BAPER DI BUKIT BAPER

Saat ini banyak bermunculan berbagai macam destinasi wisata di daerah, terutama yang mengusung tema tempat instagramable alias bagus buat foto-foto demi feed Instagram.

Saat diajak mengunjungi kota Tegal, Jawa Tengah, saya dan beberapa teman dari komunitas Couchsurfing Indonesia berkesempatan mengunjungi salah satu tempat di perbatasan Tegal - Brebes. Namanya bukit Baper. Kenapa dinamakan seperti itu? Katanya sih biar earcatching saja alias mudah dan enak didengar serta diingat orang. Hooh baiklah! 
Bukit Baper di Brebes, Jawa Tengah
Secara administrasi Bukit Baper ini sebenarnya terletak di desa Batursari, kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, provinsi Jawa Tengah. Dari Tegal perjalanan ke desa Batursari membutuhkan waktu sekitar hampir 2 jam. Lalu kenapa bukit ini lebih terkenal di Tegal? Ya karena orang lebih kenal dengan Tegal daripada Brebes. Buktinya? Kalau ditanya apa yang khas dari Tegal, pasti jawabannya banyak, mulai dari pantai, laut, pemandian air panas guci, gunung slamet, teh dan lain-lain. kalau Brebes? paling jawabannya bawang dan telor asin. Iya kan?! hehehe. 

Kembali ke bukit Baper, meski bisa dijangkau dengan mudah pakai kendaraan pribadi, namun akses dari parkiran ke bukitnya harus jalan kaki melewati perkebunan dan sawah penduduk. Kalau pagi-pagi sih masih enak lah ya jalan kaki menghirup udara segar. Di siang hari, kawasan perkebunan sayur ini menjadi berdebu dan panas. Hanya beberapa pohon yang terlihat di pinggir jalan. Sisanya ya silau dan panas selama perjalanan ke atas bukit. Jalan kaki sebenarnya tidak terlalu lama kok, sekitar 15-20 menit saja. 
Perkebunan di desa Batursari, Brebes
jalan setapak ke Bukit Baper
Jalan setapak memasuki wilayah bukit Baper, Brebes, Jawa Tengah
Kalau sampai disini siang hari disarankan membawa topi atau payung, masker, dan kacamata hitam, kalau punya. Harga tiket masuk per orang dipatok Rp.6.000. Murah meriah lah ya. Pemandangan sepanjang perjalanan juga asik kok buat yang suka foto pemandangan. 

Lalu ada tidak sih yang bikin baper di bukit Baper ini? Ada! Sepanjang perjalanan ke bukit ini ada beberapa tulisan yang bikin baper, terutama para jomblo. Saya? saya mah single, bukan jomblo. Jomblo itu nasib, Single itu prinsip! hahahaha. Ini beberapa contohnya.
Ketika baper dimulai dari parkiran!! Hahaha
I love you too.. 
Selain itu, ada pula beberapa tulisan yang bikin saya sebagai muslim traveler atau hijaber traveler bisa berbangga diri. Contohnya seperti tulisan di bawah ini.
Islam my faith, Hijab my pride
for all muslim traveler and hijaber traveler
Nah buat yang hobi foto-foto, di bukit Baper ini disediakan beberapa spot foto biar feed IG kalian makin keceh. Buat istirahat, ada saung dan warung-warung jajanan di sekitar bukit ini. Ada beberapa minuman dingin juga kok kalau kalian yang siang-siang kepanasan butuh yang dingin-dingin. Jadi tidak usah baper di bukit Baper ya. Foto-foto saja yang banyak. (EKW) 
View dari bukit Baper
Pilih deh spot foto di bukit Baper

Jangan sampai baper di bukit Baper yaa

65 comments:

  1. Waduh, kalau datengnya sendirian bakalan susah banget kayaknya buat nggak baper.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sendirian mah pasti baper, mas..
      gak ada yang fotoin soalnya..
      wkwkwkwk..

      Delete
  2. Tulisan-Tulisannya itu ya aduh bikin senyum senyum sendiri :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya masih banyak tulisan yang lainnya yang bikin tambah baper lho. hehehe

      Delete
  3. Nama yg unik ya...baca ini jadi pengen jalan2 lagi deh heu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. namanya bikin beberapa teman jadi penasaran tuh buat main kesini.

      Delete
  4. Tempatnya kayaknya enak nih, apalagi buat foto foto. Hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. tempatnya memang asyik buat foto-foto, asal jangan pas tengah hari aja. panas euy.

      Delete
  5. Ya ampun ya ampun ya ampun, kece baanget sih bukit baper inii. Pemandangan di bawah bukitnya itu loh, kece abissss. Banyak spot buat foto juga yaaaa. Duh mesti mamper nih kalo kain ke tegal. Makasi infonya yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa pemandangannya bagus ya. jadi sempat kepikiran pengen motret lampu kota dari sini malam-malam euy..
      semoga bermanfaat infonya.

      Delete
  6. Replies
    1. iya mbak. jadi betah berlama-lama duduk di saungnya menikmati pemandangan dari bukit Baper

      Delete
  7. kayanya kalau aku datang sendiri bakalan baper deh hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sendirian bakal baper mbak. gak ada yang fotoin soale. hihihihi

      Delete
  8. Tempatnya asik banget buat foto - foto yah, ajakin keluarga kesini kali ya biar refresh otaknya, seger banget liat fotonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa. sekalian jalan-jalan keluarga menikmati alam nih kesini. jadi segar deh

      Delete
  9. Subhanallah bagus pemandangannya, baper bacanya jadi pengen kesana haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan baper mbak kalau mau ke bukit baper. yukss langsung cuss kesana. hehehe

      Delete
  10. Weh, emang bikin baper ya Bukit Baper ini hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan baper mbak, mari kita main ke bukit baper di Brebes ini

      Delete
  11. Replies
    1. iya pemandangan perkebunanan dan hutan di bawahnya memang indah sekali.

      Delete
  12. Subhanalloh pemandangannya bener menggoda deh.. Smakin baper nih.. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar tidak baper makanya main dong mas ke bukit baper. hehehe

      Delete
  13. Kalo kesini ..sama pasangan..kalo sendirian .
    ..baper liat orang foto2 Ama pasangan...minimal ada teman lah ..he2 Instagram able ..dbanget ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ama teman lah mbak.. biar bisa share cost transportasi plus gak gigit jari lihat pasangan yang asyik foto2. hehehe

      Delete
  14. Kata baper lagi mainstream banget sampe jadi nama obyek wisata :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa. tapi jadinya pada penasaran kalau dengar kata-kata baper. jadinya malah main kesana deh.

      Delete
  15. Mungkin kalau saya ke sana bapernya karena malas pulang. Suka pengen berlama-lama di tempat yang pemandan alamnya bagus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih mbak. pemandangannya bagus, jadi betah berlama-lama deh

      Delete
  16. Aku seriusan loh jadi baper, kan pengen kesana juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuks lah ceu lis.. main ke bukit baper biar gak baper lagi. hehehe

      Delete
  17. Wkwkwk namanya lucu yaa,,duhh coco nih kesana sama gebetan hahaha.

    ReplyDelete
  18. Seru ya. Nama dan istilahnya lucu2. Pemandangannya juga bagus. Semoga kelestariannya tetap terjaga. Kalau belum kesampaian ke Brebes bisa2 saya laper eh baper beneran nih. Hahaha

    ReplyDelete
  19. Wah ada ya ternyata namanya bukit baper, kekinian sekali ya, hihi... Segeeer mba, aku jadi baper pengen ke bukit baper...

    ReplyDelete
  20. Mau kesini belum pernah juga ke Brebes mba liat bukit ini emang jadi baper, baper pengen kesini bareng keluarga mantul ya mba viewnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa wisata Brebes belum banyak yang explore. jadi harus banget main kesini

      Delete
  21. Mba, sebelum dinamakan bukit baper, apakah ada nama sebelumnya? Maksudnya kan istilah baper ini kan barusan gini aja. Tapi pasti bukitya udah lama ya? Mau ah kapan kapan ke Brebes kunjungi Bukit Baper. Nambah info nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nama aslinya sih bukit Batusari Perkemahan karena memang perbukitan disini biasa dipakai buat perkemahan mbak. begitu..

      Delete
  22. lucu yaa namanya earcathching... pasti banyak yang mau dateng ini gara2 penasaran sama namanya

    ReplyDelete
  23. Kirain ada alasan khusus dinamain bukit Baper. Hehe.
    Btw kalau mau join komunits couchsurfing Indonesia bagaimana caranya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau join bikin akun di websitenya couchsurfing.org lalu ikuta event monthly gatheringnya sekali. biasanya abis itu suka dimasukkan ke WA groupnya mbak.

      Delete
  24. Wah Brebes sekarang punya destinasi wisata kece yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa. Brebes masih punya banyak wisata keceh yang tersembunyi nih.

      Delete
  25. bahaya nih kalau kesananya sendirian, dijamin mendadak baper sih.ahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahaya banget mbak kalau sendirian.. gak ada yang fotoin soalnya.. hahaha

      Delete
  26. Kata-kata di petunjuknya lucu-lucu ya mba. Jadi pengen jalan-jalan kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata-kata lucunya masih ada beberapa sih, cuma kayaknya lupa difoto euy. hehe

      Delete
  27. Parkir baper ini kayak apa yaaah. Aku kok jadi baper juga, hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. maksudnya itu parkiran buat yang mau ke bukit baper mbak.
      jadi gak usah baperan deh/ hihihihi

      Delete
  28. wahhh sekarang mah kreatif-kreatif yaa, ada pula bukit baper hehehhe, aku tuh asli Tegal sebetulnya, tapi malah jarang explore wisata di sana kalau pulkam hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa namanya dibikin mudah dan gampang diingat. Biasa lah kalau pulkam enaknya berdiam diri aja di rumah. saya juga sering gitu sih. hahaha

      Delete
  29. Lucu yaa tulisan-tulisannya. Ada yang hijab juga pula. Pas nih buat foto profil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, masih ada tulisan lainnya, cuma ini beberapa saja yang saya sempat ambil gambarnya

      Delete
  30. Di Jawa apa saja bisa dijadiin obyek wisata ya.. di sini banyak tempat potensial cuma nongkrong di tengah hutan karena susah transportasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. disini itu dimana ya? ini di bukit baper juga emang gak ada transportasi umumnya. kebanyakan yang kesini itu pakai kendaraan pribadi atau sewa.

      Delete
  31. Wah, Tegal rasa Bandung. Aku suka pemandangan petak-petak sawah dari ketinggian itu. Tos! Kita sama-sama anak Couchsurfing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi tidak sedingin Bandung juga sih rasanya. masih rada panasan dikit disini. hehehe.
      Sesama anak Couchsurfing harus akur ya. hahaha

      Delete
  32. Wah sekarang banyak banget ya nama-nama tempat wisata yang unik. Kalau di daerahku ada namanya Bukit Cinta, Bukit Jodoh, Bukit Terpesona... Eh ternyata di Jawa Tengah ada juga Bukit Baper.
    Bagus tempatnya adem nih di atas ketinggian. Aku suka ke tempat-seperti ini. Makasih kak infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh nama bukitnya unik-unik ya. pasti tempatnya indah dan asyik buat foto-foto ya.
      Makasih juga sudah main-main kesini. hehehe

      Delete

Follow Me on