Wednesday, October 11, 2017

SUSAH SENANG CARI MAKANAN HALAL DI KAMBOJA

Sewaktu memutuskan untuk traveling ke Siem Reap, Kamboja, itu dikarenakan khilaf lihat tiket pesawat 85 ringgit alias 260ribuan saja oleh Air Asia. Itupun karena jadwal berangkatnya yang cuma berselang 3 hari dari waktu beli tiket. Maklum saat itu waktu traveling di Malaysia sudah hampir habis jatah free visa sehingga harus segera keluar dan Kamboja lah jadi negara tujuan berikutnya karena harga tiket pesawatnya yang bikin saya tidak pakai mikir belinya. Hehehe.

Meski tinggal 2 hari lagi akan berangkat ke Siem Reap, saya masih menyempatkan diri untuk sekedar membaca-baca mengenai negara ini. Maklum, saya belum pernah kesana sebelumnya dan saya hanya tahu di Siem Reap ada Angkor Wat Archeological Park yang wajib dikunjungi. Sisanya saya buta sama sekali tentang negara ini.


Setelah baca-baca artikel soal kamboja, mendadak saya parno sendiri, bahkan sehari sebelum berangkat saya sempat nangis di kamar mandi karena ketakutan. Ini serius! Betapa tidak, saya membaca beberapa artikel yang menyebutkan bahwa pemerintahan rezim Khmer Merah yang dipimpin Pol Pot ini sangat anti dengan Islam dan melakukan beberapa tindakan anarkis pada warga negaranya yang beragama Islam. Meski sekarang rezim ini telah lengser puluhan tahun silam, tetap saja saya khawatir. Saya muslim traveler dan traveling sendirian lho. Saya tidak tahu seperti apa sikap warga negara Kamboja saat ini terhadap muslim *Nangis di pojokan kamar mandi lagi*.

Anehnya, meski ketakutan, saya tetap tidak membatalkan niat saya untuk berkunjung ke Siem Reap lho. Berdoa yang banyak kepada Allah SWT dan memantapkan langkah saya untuk menjejakkan kaki di Kamboja. Alhamdulillah, perjalanan saya selama 1 minggu di Kamboja lancar jaya macam jalan tol bahkan saya sempat menjadi volunteer untuk mengajar bahasa Inggris di salah satu desa di Siem Reap, Kamboja. Allah maha baik dan maha pelindung.


Meski sudah terbuka dengan muslim traveler macam saya, tidak berarti mudah juga menemukan makanan halal di Kamboja. Saat tiba di tengah kota Siem Reap, tulisan menu bir dan alkohol lainnya serta daging babi bertebaran di seluruh penjuru kota. Apalagi hostel tempat saya menginap terletak di area Pub street yang terkenal itu. Benar-benar jalanan penuh dengan bar yang notabene alkohol semua. Saya cuma bisa garuk-garuk kepala saat melihatnya. Alamat puasa makan nih.

Saya pun berjalan di sekitar hotel untuk mencari restoran halal, atau minimal tidak menjual daging babi lah. Saya pun menemukan sebuah restoran halal Cuma 30 meter dari hostel tempat saya menginap. Itu adalah restoran India. Oke. Check list satu resto halal. Kemudian saya berjalan ke arah berlawanan dan memasuki sebuah jalanan kecil dan berharap mungkin ada makanan lokal tanpa daging babi yang bisa saya cicipin di jalan tersebut. Belum berjalan cukup jauh, saya menemukan sebuah plang restoran menu khas kamboja dengan label halal. Namun, plang namanya membuat saya merasa pengen ketawa ngakak atau ketawa miris ya enaknya. Soalnya, meski ada label halalnya, nih restoran tetap jualan bir euy. Pas lihat menunya memang tidak ada menu babi sama sekali sih.
Resto makanan halal di Kamboja, tapi jual bir
beli makanannya lalu baca doa makan 10 kali
Keesokan harinya saat berkeliling di area Pub Street, saya mencoba mencari makanan jalanan yang aman dimakan oleh saya. Sayangnya hampir 90 persen gerobak makanan jalanan ini mengandung babi euy. Setelah berjalan cukup jauh, akhirnya menemukan satu gerobak yang menjual seafood bakar. Bertanya 2 kali bahwa tidak ada menu babi di gerobaknya, akhirnya seporsi cumi bakar seharga 2 dollar pun bisa saya lahap. Senangnya!! *menangis terharu sembari ngunyah cumi bakar pedas di pinggir jalan*Sebenarnya di pinggir jalan banyak juga penjual kue kelapa gitu. Tapi entah kenapa selama 1 minggu disana saya tidak tertarik tuh untuk membelinya.


Pas mengajar bahasa Inggris di salah satu desa juga demikian. Saat mengunjungi pasar desa setempat rasanya pengen membeli semua makanan yang dijual di pasar, terutama sate yang tampak menggiurkan itu. Pas saya nanya, murid saya menjawab dengan pedenya “This is pork, teacher. It’s so delicious, you want one?” katanya sambil tersenyum sumringah. Saya cuma bisa tersenyum miris sambil bilang “kalau kamu mau saya beliin buat kamu, tapi saya tidak bisa makan itu”. Sedih! *garuk-garuk tanah negara orang* Akhirnya saya beli ikan buat dimasak di homestay nanti siang.
bikin makanan halal di Kamboja dengan beli bahan makanan di pasar lokal dan masak sendiri
Kejadian lain waktu mencari makanan halal di Kamboja saat mengunjungi Angkor Wat, supir tuk-tuk yang tahu saya muslim dan tidak makan babi berkata dengan pedenya “Don’t worry, there’s a restaurant here that have vegetarian dish. You could eat that”. Yasudahlah, saya percaya sama omongan warlok alias warga lokal.

Pas sampai di tempat makan tersebut, ternyata menunya ada daging babinya dong. Tapi si supir tuk-tuk kekeuh bilang “No. They have vegetarian dish. No pork in vegetable. You could eat vegetable”. Meski saya sudah jelaskan berkali-kali bahwa saya tidak bisa makan makanan yang dimasak dengan panci atau wajan yang sama bekas memasak babi tetap saja dia tidak paham. *garuk-garuk kepala yang tidak gatal lagi*. Saat keliling di beberapa warung makannya juga menunya sama semua, ada daging babinya euy.

Akhirnya saya cuma bilang bahwa tadi saya sudah makan banyak buah potong dan minum jus beberapa botol, jadi saya masih agak kenyang. Jadi masih bisa meneruskan trip keliling Angkor. Padahal mah lapar, saudara-saudara! *nangis di bawah pohon*. Note: Buat yang mengunjungi Angkor Wat dan tidak bisa makan daging babi, terutama muslim traveler macam saya, mending bawa makanan dari tengah kota deh. Beli di malam hari sebelumnya karena resto belum buka pagi-pagi buta saat tour ke Angkor dimulai.
Resto makanan halal di Kamboja untuk muslim traveler 1
Resto makanan halal di Kamboja untuk muslim traveler 2

Salah satu cara saya untuk tetap bisa makan tanpa harus kelaparan ya beli roti di supermarket dan buah potong seharga 1 dollar *mahal euy* yang banyak dijual di sepanjang jalan di Siem Reap. Sebenarnya saat mencari makanan halal di Kamboja itu saya sempat melihat ada beberapa restoran India, Bangladesh dan negara Timur Tengah lainnya yang notabene mencantumkan label halal. Namun saya tidak terlalu tertarik untuk membelinya karena saya tahu betul porsi makan negara-negara ini banyak banget. Kalau buat berdua sih masih oke lah bisa sepiring berdua. *bukan sok romantis ya*
Seporsi nasi goreng yang dimakan 2 kali aja tetep tidak habis
Dan hal itu terbukti saat sehari sebelum saya meninggalkan Kamboja untuk menuju Thailand, saya akhirnya memilih makan di restoran India samping hostel sepulang dari trip ke Angkor. Secara mikirnya seharian keliling Angkor pasti lapar berat jadi porsi makanan besar juga pasti habis. Pesan 1 porsi nasi goreng, saya yang kelaparan ternyata cuma bisa menghabiskan setengah porsi saudara-saudara! Sisa setengah porsi saya bungkus buat sarapan dan ternyata saat sarapan pun tidak bisa saya habiskan jugaaa.. Masya Allah itu porsinya gede amat yaa.. bisa buat 3 orang! *elus-elus perut kekenyangan yang  makin membuncit. Hadeuhh. (EKW)


64 comments:

  1. Itu kalo wajan dan pancinya sudah dibersihkan juga masih belum cukup ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada cara membersihkannya sesuai syariah islam. Kalau sudah dibersihkan sih saya tidak masalah untuk makan disana kok.

      Delete
    2. Request mbersihin perangkat masaknya sendiri aja mbak kalo gitu.. hehe
      Tapi repot juga ya kalo g ada resto khusus halal food kayak gitu..

      Delete
    3. iyaaa.. repot emang.. tp alhamdulillah perjalanan tetap lancar dan menyenangkan kok..

      Delete
    4. Justru yang kayak gini kan bikin perjalanan semakin berkesan.. hehe

      Delete
  2. ini endah anak KMP bukan sih? maap kalo bukan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. KMP = Kelompok media Peluang?? Iyaa.. saya dulu di tabloid Femmenyaa..
      apa kabar shinta.. lama tak bersua euy..

      Delete
  3. Waah perjuangan banget ya buat nyari makanan halal

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa.. perjuangannya sampai nyanyi lagu keroncong nih perutnya.. hehehe

      Delete
  4. Waktu saya ke Siem Reap alhamdulillah dapet hotel yg dimiliki sama org Malaysia. Hotelnya ada resto halalnya, di kamarnya ada petunjuk arah kiblat juga, TVnya pun ada Indosiarnya.. hehehe..
    namanya myhibiscus kalo ga salah..
    btw kalo yg jual bir, di Eropa juga banyak yg kayak gitu.. bahkan restoran Der Wiener Deewan yang featured di 99 Cahaya di Langit Eropa juga jualan minuman beralkohol kok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh beruntungnya.. saya karena mendadak sih jadi tidak sempat riset banyak soal hotel yang dikelola muslim. My Hibiscus yaa. thank you informasinya yaa..

      Delete
  5. wah susah juga iya mbak cari makanan yang halal di kamboja, untung ada beberapa restoran yang berlabel halal. tapi lucu juga sih tempat yang pertama halal tapi jual bir. maksut halalnya mungkin makanannya aja mbak tidak mengandung babi dan sejenisnya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahhh saya mikirnya juga begitu.. namun karena dia jual makanan khas kamboja yang memang ingin saya coba jadinya tetap beli disitu tuh. hehehe..

      Delete
  6. super sekali mbak perjuanganmu cari makan wkwkw 😂😂, memang terkadang bawa abon² pas travellimg itu penting, tp kalo dadak ya gimana ya haha jadi pengalaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa.. saya suka mendadak beli tiket sihh.. jadi persiapannya kurang..
      tapi alhamdulillah perut gak rewel sihh
      hehehe

      Delete
  7. Ada label halal tapi jual bir juga, seru tu. Memang soal makan harus hati-hati, saya dulu asal makan, apa aja saya embat, entah bir, entah babi, entah ular entah dan entah. Sekarang harus hati-hati, paling aman dan nyaman, masak sendiri. Walau hanya nasi plus telur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa kalau ditengah kota masih bisa nyari alternatif lain sihh. kalau di desa ya masak sendiri lah yang paling bener

      Delete
  8. Nggak bawa indomie ato popmie kalo traveling? Orang indonesia klo ke luar negri ya tetep makannya indomie dong..#ups

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau durasi traveling dibawah 3 minggu saya hampir tidak pernah bawa mie instan. paling bawa cabe kering aja sihh.. tp itu juga jarang. Kebetulan karena saya pernah tinggal di papua bertahun-tahun, perut saya tidak masalah kalau tidak kena nasi ataupun mie.
      ubi, kentang dan cuma sayuran lainnya pun tetap oke buat perut karung saya. hehehe

      Delete
  9. Waaaah yang kaya begini nih yang seru wkwkwk xD
    saya juga waktu ke Thailand, baru pertama kali gitu tuh merasakan....bagaimana memilih makanan yang halal atau ngga. Kalo di Indonesia mah milih makanan itu mana yg enak dan murah wkwkkw.

    Lucu dan seru rasanya sosoan milih di 7-11 utk makanan halal xD berasa asing tapi senang pokoknya xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. pilih-pilih makanan halal di luar negeri yang muslimnya minoritas itu seru. saya bisa berlama-lama di supermarket cuma buat baca label semua makanan yang dijual.
      hahahaha

      Delete
  10. Mantap, Mbak. Perjuangan pahit dan keras, kalau sudah tinggal cerita, justru jadi pengalaman berharga, seru, dan bermanfaat untuk dibagikan. Sukses selalu menjadi traveler perempuan solo yang menjunjung tinggi nilai2 Islam. Kagum!

    ReplyDelete
    Replies
    1. perjuangan nyari makanan halal di negara muslim minoritas itu memang keras tapi selalu berkesan kok. jadi lebih merasa bersyukur atas makanan yang kita makan setiap hari
      Terima kasih! :)

      Delete
  11. ini kok keren banget ya bisa jalan2. saya aja baru rencana mau bikin paspor...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin mas bikin paspornya buruan!! lalu buruan booking tiketnya.. seru lhoo..

      Delete
  12. perjuangan banget mba kamu cari makanan halal di Kamboja. Alhamdullilah dapet ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. di Kamboja muslim minoritas soalnya. jadi rada tricky kalau mau cari makanan. Apalagi di Siem Reap saya tinggalnya di daerah Pub street. Lengkaplah penderitaan saya. hahaha

      Delete
  13. Berasa banget sih kalau susah nyari makanan halal, karena aku pun pernah ke suatu negara dengan 90% penduduknya non muslin. Jadi nyari makanan halal bagaikan menjari jarum pentul di tumpukan jerami

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak. mesti siap-siap bawa air minum dan buah yang banyak kalau-kalau tidak ketemu makanan halal. Tapi momen perjalanannya selalu dikenang sih meski susah juga kan hehehe

      Delete
  14. Ya ampun perjuangan banget yah mbak nyari makanan halal di kamboja, tapi bersyukurnya ketemu. Makasih sharingnya jadi kalau ke kamboja apa kita bawa makanan aja dari indonesia kali yah.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cuma di bawah 1 minggu sih mungkin tidak terlalu perlu. kecuali memang tidak boleh telat makan. kalau di daerah yang mayoritas makanan tidak halal sih biasanya saya lebih memilih untuk makan buah, susu, jus dan yoghurt buat pengganti makanan, kalau ada duit lebih ya seafood deh. hehehe
      tapi di Indonesia sekarang banyak makanan kemasan siap makan kan yang tinggal dipanasin. itu juga bisa dibawa tuh.

      Delete
  15. makanan halal menjadi pertimbangan yang memberatkan kalau mau keluar negeri, karena memang susah dicarinya yah mbak, aq biasanya persiapan bawa makanan dari indonesia tapi tetap saja terkendala macam-macam, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanan halal sudah pasti tetap diusahakan sih. tapi kalau mentok ya jadi vegetarian dulu lah untuk sementara. hehehe. toh travelingnya cuma beberapa hari saja kan.

      Delete
  16. karena memang bukan negara yang penduduknya banyak muslim jadi ya begitu, mencari makanan halala susah. tapi saat ini banyakj pemuda di indonesia yang sudah membuat aplkasi halal traveler mb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas. itu waktu ke Siem Reap spontan aja sih, tidak direncanakan juga. cuma butuh waktu 3 hr sebelum berangkat kesana.
      iya ada tuh aplikasi untuk mencari makanan halal tapi saya lupa unduh sih. hehehe

      Delete
  17. Pengalaman seru ya mengoda belum tentu halal dicoba. Memang beginilah ya solusinya kalau di negara yang minoritas muslim. Masak aja sendiri aman kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. susah cari makanan hala di Kamboja ya solusinya kalau gak mendadak jadi vegetarian ya masak sendiri biar tidak was-was makan.

      Delete
  18. Kalau menurut teman kh sih ya Kambodja itu mirip Thailand agak susah nyari makanan halalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. sebenarnya seperti yang saya bilang, ada beberapa resto halal di dekat hostel, tapi karena saya tahu porsinya besar jadi rada malas belinya. hehehe

      Delete
  19. kalo saya ke Kamboja dan memamg pilihan makanan halal hanya indian resto ya 'hajar'aja di situ. Daripada puyeng. Leftovernya bungkus dah. Malah hemat toh hehehhe. Fyi, di Eropa juga banyak resto yg berlabel "halal" dgn owner atau chef/waiter berwajah Timur Tengah/india/pakistan tapi menyediakan bir. Karena marketnya (si bule2) non muslim punya prinsip "never a day without alcohol" 😁 Mungkin bisa diitung jari restoran di Eropa yg bener2 berlabel halal dari MUI-nya sonoh. Tips nanti kalo traveling ke yurop, datengin islamic center atau mesjid besarnya. Biasanya ada resto/warung makannya dan dijamin halal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aihhh om idfi, daya tampung perut eikeh gak kuat di resto-resto itu om. Besar amat tuh porsinya. tapi memang bisa sih dibuat bekal buat jam makan berikutnya jadi lebih hemat ya.
      Saya belum pernah nyampe eropa sih. belajar dulu lah sama lo,fi.
      hehehe

      Delete
  20. salut sama mbak Endah, berani solo traveling! Kamboja salah satu wishlist traveling saya juga nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu solo traveling juga lebih karena terpaksa sih. soalnya kalau nungguin sampai ada yang mau nemenin ntar saya malah gak kemana-mana. yowes jalan sendirian aja deh.

      Delete
  21. Aku belum pernah kesana sih, tapi setiap jalan-jalan ke tempat yang minoritas muslim memang susah cari makanan Halal, Intinya harus berani bertanya. Ya kan mba yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya harus rajin-rajin nanya. lalu baca doa deh yang banyak, biar berkah. hehehe

      Delete
  22. sempat mengalami yang begini juga di negara lain, sulilt menemukan makanan halal. Jadi antisipasi bawa bekal aja gitu y mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bisa sih bawa bekal, tapi kalau perjalanannya tidak direncanakan seperti saya ini ya mau tak mau, jadi vegetarian dulu deh sementara waktu. hehehe

      Delete
  23. Aku penasaran, itu nasi goreng porsi raksasa harganya berapaaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harganya 5 USD. bisa buat makan 2-3 kali sih, jadi sebenarnya kalau beli pagi, bisa buat ampe malam sih. hehehe

      Delete
  24. Ini dia nih yang bikin aku suka galau kalau travelling ke LN, takut nggak nemu makanan halal. Berarti opsinya hanya ke restoran India ya kak yang aman untuk muslim?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya mending galau cari makanan halal di negara lain daripada galau di rumah kok gak jalan2 lagi sih. hehehe.
      Opsi terbaik ya resto-resto india dan timur tengah yang biasanya halal sih, kalau tidak ya cari resto khusus seafood atau vegetarian gitu deh.

      Delete
  25. Pengalaman keren, travel muslim sendirian. Aku belum pernah ke Kamboja sih, tapi yang kubaca ini bakal jadi salah satu referensi cari makanan halal disana. Makasih mbak Endah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau tulisan ini bisa membantu dan menginspirasi.
      terima kasih sudah mampir dan membaca.

      Delete
  26. waah jadi kangen travelling deh baca-baca ini. Aku sendiri mengandalkan makanan india sih kalo ke daerah yang sulit makanan halalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayook mbak traveling lagi. biar punya banyak pengalaman yang bisa dishare.
      Rata-rata memang makanan india dan timur tengah yang aman buat para muslim traveler sih.

      Delete
  27. Di Kamboja ngomong pakai bahasa apa ya? Senangnya ketemu resto India. Meski bumbunya terlalu rempah banget, tapi halal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahasa lokalnya bahasa khmer, tapi disana saya pakai bahasa inggris kok. yang agak susah kalau nanya penduduk setempat yang jarang interaksi dengan turis. pakai bahasa tarzan deh. hehehe..

      Delete
  28. Bawa mie instant di cup harusnya mba. Jadi tinggal seduh air panas. Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya gak terlalu suka mie instan, mas. lebih senang nyobain makanan di manapun, asal halal.

      Delete
  29. Sebagai muslim kita emang kudu wanti2 ya kak kalau plesiran ga bisa asal makan, makanya kalau mau beli atau makan kudu tanya dulu halal apa ga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak. mesti rajin-rajin nanya kalau mau makan. tapi kalau sudah usaha nanya tapi tetap bingung ya cari yang lain deh..

      Delete

Popular Posts