Skip to main content

DARI PANTAI KE PANTAI BELITUNG


Namanya provinsi dengan nama kepulauan mah sudah pasti Bangka Belitung dikelilingi dengan garis pantai yang panjangnya mencapai 1200 km. Dalam tempo yang sesingkat-singkatnya, ehh 3 hari 2 malam sih, saya dan teman menyambangi beberapa pantai di sepanjang 2 kabupaten di pulau Belitung. Siapa tahu bisa jadi rekomendasi buat yang mau main-main ke Belitung.

1. Pantai Tanjung Pendam
Pantai yang terletak di kabupaten Belitung Barat ini adalah pantai yang pertama kali saya kunjungi begitu menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di provinsi Bangka Belitung. Pantai ini menjadi salah satu tujuan utama karena terletak di pusat kota Tanjung Pandan. Di pantai seluas 22  hektar ini merupakan salah tempat yang menghubungkan pulau Belitung dengan beberapa pulau kecil lainnya.


Saat saya tiba disana, pantai ini sepi, Mungkin karena hari Senin yang notabene hari kerja. atau mungkin karena pantai ini masih masih belum tenar seperti tetangganya yang sudah masuk dalam sebuah syuting film. Anyway, pantai sepi begini justru lebih enak lah ya buat menikmati hembusan angin laut yang hari itu sepertinya sediking kurang santai. Hehehehe. 

2. Pantai Tanjung Kelayang
Pantai yang terletak di sebelah utara pulau Belitung atau sekitar 27 kilometer dari kota Tanjung Pandan ini menjadi tujuan utama bagi para pelancong yang ingin menyeberang menuju pulau Lengkuas yang tersohor itu.

Sayangnya saat saya datang ke pantai ini angin kencang sedang bertiup dan awan pelat menggelantung di udara tanda badai akan segera datang. Akhirnya saya memutuskan untuk tidak menyeberang hari itu dan memilih untuk menikmati pantai dengan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih di pantai Tanjung Kelayang.

3. Pantai  Tanjung Tinggi
Pantai yang tersohor lewat film laskar pelangi ini seolah-olah membuat kesan "Belum lengkap ke Belitung kalau belum ke Tanjung Tinggi atau pantai laskar pelangi". Jadilah meluncurlah kita menuju pantai yang terletak sekitar 31 kilometer dari kota Tanjung Pandan ini.


Pantai ini memiliki areal seluas 80 hektar dengan ciri khas pasir putih dan bebatuan granit yang menjulang tinggi hingga mencapai ribuan kubik. Disini lah pantai dengan pengunjung paling banyak. Ya iyalah. Hehehe. Dan seperti biasanya, kaki saya selalu gatel kalau lihat bebatuan tinggi jadi menclok sana-sini, manjat sana-sini pun dijabanin. Saudara teman saya sampai geleng-geleng kepala lihat kelakuan saya yang macam gasing di atas batu, belum lagi kalau pakai pose yoga. "Saya sport jantung nih lihat kamu manjat-manjat gitu di atas batu" kata dia. wkwkwkwk...

4. Pantai Nyiur Melambai
Pantai ini terletak di desa Lalang, kecamatan Manggar, kabupaten Belitung Timur dan sebagian penduduk Belitung mengenal pantai ini dengan sebutan pantai Lalang. Pantai ini merupakan pantai terdekat dari kota Manggar, hanya sekitar 2 kilometer, cuma jalan kesananya memang berkelok-kelok jadi terkesan agak jauh.

Oh ya, meski namanya nyiur melambai, namun di pantai ini lebih banyak terlihat pohon cemara ketimbang pohon nyiur atau pohon kelapa. Karena pantai ini menghadap langsung ke laut Jawa, angin kencang pada bulan-bulan tertentu pun ikut berhembus dan seringkali membuat nelayan tidak bisa melaut. 

5. Pantai Serdang
Pantai Serdang juga merupakan salah satu pantai yang dekat dengan kota Manggar, sama dengan pantai Nyiur Melambai. Pantai ini terletak di desa Baru, kecamatan Manggar, kabupaten Belitung Timur.

Karena terletak di bagian timur, maka di pantai ini kita bisa menikmati sunrise atau matahari terbit. Sayangnya saya kesini pas sudah siang, karena kehujanan pula ketika menuju Manggar, jadinya saya cuma bisa menikmati keindahan dan kesunyian pantai dengan deretan pohon pinus di sekitarnya.

6. Pantai Bukit Berahu
Pantai ini terkenal karena menjadi tempat sebuah cottage pribadi yang bernama Bukit Berahu cottage yang terletak di atas bukit. Pantai ini terletak di desa Tanjung Binga, kelurahan Sijuk, kecamatan Pangkal Pinang, kabupaten Belitung Barat.

Dari parkiran, pantainya belum terlihat. kita harus menuruni puluhan anak tangga untuk sampai di sebuah pantai mungil nan bersih di bawahnya. Bersantai di ayunan di bawah pohon sambil memandangi laut memang paling nikmat deh. Disini juga terdapat beberapa kabin atau homestay yang menghadap laut. Tidak usah nanya harganya berapa, soalnya saya tidak menginap disitu.

Berjalan sedikit ke arah kiri pantai ini bisa terlihat laut yang lebih tenang dengan beberapa kapal terparkir manis di depan kampung Bugis. Di pantai dengan banyak batu ini, angin laut cenderung lebih tenang ketimbang yang di depan cottage tersebut.

Itulah beberapa pantai yang sempat saya sambangi di pulau Belitung. Sebenarnya masih banyak lagi pantai lain yang bisa ditengok di Belitung. Lain waktu, lain kesempatan saya akan kembali menjelajahi pulai ini. Ada yang mau ikut? (EKW)

Comments

  1. Aku membayangkan klo orang dari satu pantai bisa jalan kaki keliling seluruh pantai di Belitung terus kembali ke tempat dia berangkat semula. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa kepikiran juga sih pengen susur pantai di belitung,
      tapi kira2 butuh berapa hari ya?!
      hmmm

      Delete
  2. Senengnyaaaa bisa jalan2 ke belitung
    Pengen juga ih...
    Tadi cek tiket pesawat promo di priceza.co.id tapi belum ketemu yg lagi promo ke belitung. Nanti cek lagi ajalah, kali ketemu. Biar bisa langsung cuzz belitung dan ngunjungi destinasi yg km kasih tau ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. senang banget akhirnya bisa ke bumi laskar pelangi..
      sok atuh main2lah kesana..

      Delete
  3. Belitong asik menarik keliatannya, pantai laskar pelangi nya itu yg jd point of interest haha. keren

    ninggal jejak ya kak tengkyuuu http://vakansee.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. belitung memang asik sih.. tapi sebaiknya tidak berkunjung pas musim hujan..
      gak bisa main2 cantik di pantainya klo badai euy..

      Delete
  4. Belitung...tempat ini kekinian banget yak...tapi terkenal mahal kulinernya...ada referensi nggak mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuliner menurut saya sih standar sih..
      tp kuliner favorit saya di belitung adalah tamisi (ketam isi)
      daging kepiting yang dicampur beberapa bumbu dan dimasukkan kembali ke dalam cangkang kepiting
      harganya yg kecil 5000 dan yang besar 10.000
      bisa dibawa pulang karena ada yang versi bekunya..
      enak buat camilan hehehe..

      Delete
  5. Keren pantai pantainya. Bersih.
    Klo foto foto seru banget nih mbak. Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa. beberapa pantai bersih dan punya laut jernih,
      oke banget buat sesi pemotretan dehh..

      Delete
  6. 2 thn lalu aku ama kantor outing ke belitung.. bagus2 memang yaa pantai di sana mba.. aku tuh sbnrnya ga suka ama pantai krn panas... tp yg di belitung ini, panas sih tetep, tp krn cantik, jd ga begitu kerasa ;p.. trs, kulinerny itu lohhhh :D. enak2 semuaaa.. seafoodnya seger2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kalau ke pantai juga mainnya sore mbak, biar gak panas2an sambil nunggu sunset.
      dan kuliner seafoodnya emang top markotop dehhh..

      Delete
  7. Baru sempet ke tanjung pendam sama tanjung kelayang nih XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuy lah mas fahmi, balik lagi ke belitung buat explore pantai2nya..

      Delete

Post a Comment