Wednesday, June 15, 2016

YUKS KEMPING KE PULAU SERIBU


Tidur beralaskan tikar, rumput, sarung atau hammock sambil menikmati langit bertabur bintang, hembusan angin sepoi-sepoi dan gemericik air. Semua orang pasti ingin melakukannya. Buat yang tinggal di ibukota (yang katanya lebih kejam dari ibu tiri) ternyata tidak perlu bepergian jauh untuk melakukannya. Dengan gugusan pulau mencapai 362 pulau, wilayah kabupaten kepulauan seribu memiliki pulau-pulau, baik yang berpenghuni maupun tidak berpenghuni untuk dijadikan tempat kemping atau sekedar singgah untuk menikmatinya.

Berikut ini beberapa pulau yang oke banget buat kemping cantik buat melepas kepenatan di ibukota.

1. Pulau Payung.
Pulau berpenghuni sekitar 160-an orang ini berjarak 30 menit dari pulau tidung. Disini kita bisa mendirikan tenda di depan lagunanya yang jernih dan tenang. Di malam hari Anda bisa sambil bakar-bakar ikan dan menikmati deburan ombak dan semilir angin di sela-sela pepohonan. Pagi harinya, nikmat sunset sambil berendam di lagunanya. Mantap!! Cerita lengkap pulau Payung bisa dibaca disini!
Payung island
2. Pulau Pari
Salah satu pulau terpadat di kawasan kepulauan seribu ini punya pantai perawan dengan pasir putih yang halus dan air laut yang jernih. Dan buat yang tidak bawa tenda, ada fasilitas sewa tenda semalam seharga Rp. 100rb. Buat yang bw tenda sendiri Rp. 25 ribu per tenda. Di pantainya yang juga ditumbuhin dengan pohon bakau, anda bisa menikmati sunset sambil bermain kano. Keren!!

3. Pulau Semak Daun
Salah satu pulau tak berpenghuni yang menjadi andalan para campingers karena memiliki akses sumur air bersih. Di pulau ini ada dermaga kayu dengan pantai pasir putih nan jernih yang bisa dinikmati bersama teman-teman. Pastikan anda membawa kembali pulang sampah agar pulau ini tetap bersih dan cantik untuk dinikmati di lain hari. Cerita seru dari Semak Daun bisa dibaca disini!
Semak Daun


4. Pulau Perak
Pulau ini juga merupakan pulau tak berpenghuni yang sering dijadikan tempat kemping. Biasa juga disinggahi buat yang sekedar mau hopping island. Dengan akses air bersih dan area yang cukup luas, pulau ini punya banyak spot kemping. Ada ayunan juga buat berfoto.

5. Pulau Air.
Pulau ini sebenarnya terdiri dari 3 pulau yang mengelilingi sebuah laguna berwarna hijau tosca. Bentuk pulaunya yang memanjang memastikan tempat kemping  benar-benar dikelilingi air. Akses air bersih hanya ada di pulau terbesarnya, jadi sebaiknya membawa ekstra air bersih untuk berjaga-jaga bila tidak bisa mendapatkan tempat di pulau utamanya. View laguna berwarna hijau tosca memang menjadi daya tarik pulau ini, termasuk tempat snorkling yang berada tidak jauh dari pulau.
Pulau Air


Selain pulau-pulau tempat kemping, ada juga beberapa pulau yang bisa dikunjungi hanya untuk sekedar singgah dan menikmati alamnya. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Pulau Edam/Damar Besar
Salah satu pulau terdekat dari kota Jakarta ini memiliki mercusuar setinggi 56 meter sebagai pemandu kapal yang akan memasuki teluk Jakarta. Sejarah pulau ini juga erat hubungannya dengan kesultanan Banten di masa lalu. Sempatkan ngobrol bersama penjaga mercusuar, pak kosasih, untuk tahu cerita sejarah di pulau ini.  Cocok buat yang hobi dengan wisata sejarah.
Mercusuar pulau Edam/Damar Basar

2. Pulau Kelor, Cipir dan Onrust
Pulau Kelor pernah menjadi basis pengamatan jaman penjajahan Belanda dan memiliki benteng. Karena pulau ini terlalu kecil untuk menyimpan bukti sejarah lainnya, maka anda harus menyeberang ke pulau Onrust dan Cipir untuk mengetahui cerita sejarahnya dengan lengkap.
Pulau Kelor
3. Pulau Bulat
Awalnya pulau ini bisa dijadikan tempat kemping. Namun setahun terakhir saya mendapatkan kabar kemping sudah tidak diperbolehkan. Hanya boleh melakukan kunjungan untuk melihat-lihat dan atau mancing di sekitar pulau. Pulau ini kabarnya merupakan pulau pribadi milik Soeharto yang dulu sering dipakai untuk wisata keluarga cendana. Pulau ini bahkan memiliki landasan helipad. Kabar terakhir menurut penjaga pulaunya menyebutkan bahwa keluarga cendana berkunjung terakhir kali pada tahun 1997-1998. Cerita lengkap pulau ini ada disini!
Pulau Bulat

Itulah beberapa pulau yang pernah saya kunjungi. Ada yang ingin menambahkan listnya?!

18 comments:

  1. Replies
    1. ayo dong disempetin..
      enak lho kemping2 di pulau..
      *kompor*

      Delete
  2. Kapan2 boleh juga nih kemping di pinggir pantai gitu

    ReplyDelete
  3. Duduk-duduk di tepi pantai Pulau Bulat itu asyik banget ya kayaknya, apalagi sambil ngeblog :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. asyik banget mas.. sambil menikmati semilir angin laut dan segelas es teh manis..

      Delete
  4. Biasanya ikut opentrip apa bisa jalan sendiri kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang opentrip, kadang sharecost, kadang bikin sendiri..

      Delete
  5. Biasanya ikut opentrip apa bisa jalan sendiri kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling sering sih share cost, karena punya grup sendiri.
      to kalo ada yang minta bisa bikin sendiri juga sih..

      Delete
  6. Replies
    1. yuksss lah om cum..
      kita manjat-manjat mercusuar..
      hehehe..

      Delete
  7. Keren, mbak XD Itu kemping di Pulau Air, sekalian bisa mancing ikan pas lagi snorkelingan :3 Kwkw

    ReplyDelete
  8. Sepertinya kalau berada di Pulau Seribu bisa sejenak lupa kalau berada di Jakarta yang biasanya hanya dijumpai kemacetan hehehe

    ReplyDelete
  9. sepertinya seru sekali ya kemping di pinggir pantai..

    ReplyDelete

Translate

There was an error in this gadget
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...