Monday, January 12, 2015

BERMAIN AIR DI LUBUK LINGGAU


Kota Lubuk Linggau sebenarnya terletak di Sumatera Selatan. Namun akses menuju ke kota ini ternyata lebih cepat jika melalui Bengkulu daripada Palembang. Dari Palembang, kota Lubuk Linggau berjarak 314 kilometer dan jalan darat menuju kota ini mencapai 8 jam, sedangkan dari Bengkulu jalan darat ‘hanya’ menempuh sekitar 5 – 6 jam perjalanan.

Kota Lubuk Linggau ini dilewati oleh 2 sungai besar yaitu Sungai Kelingi dan sungai Musi. Oleh karena itu kota ini memiliki beberapa wisata air. Saya berkesempatan mengunjungi dua wisata air yaitu air terjun Temam dan bendungan Watervang.



AIR TERJUN TEMAM

Air terjun ini terletak 11 kilometer dari pusat kota Lubuk Linggau, tepatnya berada di Kelurahan Rahma, kecamatan Lubuk Linggau Selatan. Air terjun ini memiliki ketinggian 12 meter dengan lebar 25 meter. Penduduk Lubuk Linggau dan sekitarnya sering menyebut air terjun ini dengan sebutan Niagara Mini atau Tirai Raksasa.



Di musim penghujan, aliran air yang deras dari sungai Temam ini memang membuat air terjun ini mirip dengan Niagara ataupun tirai putih. Sayangnya sewaktu saya berkunjung kesini debit air terjun ini tidakbegitu banyak. Namun keindahannya masih bisa dinikmati baik dari bawa, maupun atas air terjun. Dengan biaya masuk Rp.10.000,- kita bisa masuk dan menikmati keindahan air terjun ini.

WATERVANG

Beralih ke kecamatan Lubuk Linggau Timur, terdapat bendungan Watervang yang dibangun oleh pemerintah colonial Hindia Belanda pada tahun 1941. Sesuai dengan namanya, bendungan ini dibangun untuk mengairi persawahan di wilayah Lubuk Linggau dan Musi Rawas hingga sekarang. Di atas bendungan ini juga terdapat jembatan gantung sepanjang 20 meter yang bisa digunakan untuk menyeberangi bendungan.



Di objek wisata ini pengunjung bisa menikmati aliran air sungai Kelingi dan juga menikmati panorama hijau di sekitar bendungan Watervang. (EKW)


10 comments:

  1. Memang lebih nyaman menginap di Lubuk Linggau ya kalau mau eksplorasi daerah sekitar sana.

    ReplyDelete
  2. Air terjun temam bagus yaaa. Eh si mawi langsung mupeng tuh ::D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Yus.. temam memang bagus..
      sayang saya belum kesempatan nyebur disini.. cuma bisa liat-liat dan foto2 nih..

      hahahaha.. Mawi ketahuan mupeng sama mbak Yus.. hihihihi..

      Delete
  3. Replies
    1. iya.. padahal itu debit airnya belum terlalu gede, mbak Lulu

      kebayang kan kalau airnya deras, mungkin benar-benar terlihat seperti tirai raksasa nih.. :)

      Delete
  4. Cantiknya air terjun Temam ...
    Aliran airnya kayak tirai beneran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. air terjunnya memang cantik.. jadi senang bisa mengunjunginya

      Delete

Popular Posts