Skip to main content

MAIN-MAIN DI PULAU PHI-PHI

Bangun pagi-pagi benar, sekitar jam 6 wkatu setempat. Jadwal trip hari ini adalah ke pulau Phi Phi. Yeaaayy… Setelah mandi, sarapan mie instan rasa tomyam lagi, jam 7 kurang 10 menit, mobil dari travel sudah menunggu di depan hostel kita. On time ya.
On time pick up 

Rasada Harbor
Our boat @ Phi Phi Don Island Harbor

Mobil travel ini kemudian menuju hotel lain untuk menjemput tamu lainnya dan setelah itu kita pun menuju pelabuhan Rassada yang berjarak sekitar 1 jam 40 menit dari pantai Patong. Di pelabuhan ini sudah ramai dengan orang-orang yang juga bertujuan ke pulau Phi-Phi. Ada beberapa kapal pesiar yang sudah menunggu disana, dan kita berempat pun langsung naik ke dek paling atas di kapal tersebut. Maksudnya biar lebih gampang untuk melihat pemandangan dan foto-foto donk. Hehehe..
what a cloudy sky.. 
Sekitar pukul 9 kurang 15 menit, kapal pun berangkat. Sekitar 30 menit kemudian, cuaca yang tadinya cerah menjadi mendung tebal. Waduh.. bakalan hujan deras nih.. dan benar saja, sekitar 20 menit kemudian hujan pun turun dengan deras. Kamera pun segera saya selamatkan dengan memasukkannya ke dalam kantong plastic yang memang selalu tersedia di dalam tas ransel saya. Dan berhubung saya sudah memakai baju yang diniatkan untuk berenang ya saya tetap saja duduk di dek atas.

Hampir 90% orang yang tadinya duduk diatas, semuanya berlari turun ke dek bawah. Cuma beberapa turis yang memang sudah mengenakan bikini yang tetap bertahan di dek atas ini. Sekitar 10 menit kemudian hujan pun berhenti dan cuaca mulai cerah lagi. Alhamdulillah. Saya kira bakal hujan terus sampai di pulau Phi Phi nantinya.
Cuaca cerah setelah hujan
Background: pulau Phi Phi Leh
Oh ya, biar tidak bingung saya jelaskan sedikit mengenai pulau Phi Phi. Pulau Phi Phi ini ada dua pulau besar yaitu pulau Phi Phi Leh dan Phi Phi Don. Pulau yang paling terkenal adalah Phi Phi Leh karena menjadi tempat syuting film The Beach yang dibintangi Leonardo DiCaprio. Sedangkan Phi Phi Don terkenal karena disini banyak resort wisata pantai, secara ini pulau terbesar lohh..
Peta Pulau Phi Phi
 Sebelum sampai ke Phi Phi, kita akan melewati beberapa tempat dulu. Yang pertama adalah pulau Maya Bay yang terkenal dengan pantai tersembunyi di film “The Beach” itu. Sayangnya karena paket trip yang saya pesan cuma untuk  ke pulau Phi Phi Don, maka kapal ini tidak berhenti disini, cuma numpang lewat saja. Ya sudahlah, saya puas-puasin foto-foto di pulau yang punya tebing-tebing tinggi ini.
Maya Bay dengan pantai tempat syuting The Beach
Kalau pantainya ramai begini,
aura "hidden beach"nya langsung hilang yaa.. 
Setelah melewati Maya Bay, selanjutnya kapal ini melewati Loh Samah Bay, teluk yang dikelilingi tebing tinggi yang posisina tepat dibelakang pantai Maya Bay. Kemudian ada  Pileh Cove atau Phi leh Lagoon yang juga merupakan teluk yang dikelilingi tebing-tebing tinggi dan yang terakhir adalah Viking Cave atau goa Viking.
Loh Samah Bay
Pileh Cove atau Phi Leh lagoon
Goa itu dinamakan seperti itu karena ditemukan gambar-gambar prasejarah di dinding goa yang menyerupai kapal viking kuno. Masyarakat Thailand yakin bahwa gambar-gambar kapal viking tersebut ditarik oleh bajak laut yang berhenti di sini untuk berlindung dari badai hujan. Sayangnya dari luar saya tidak bisa melihat gambar-gambar tersebut. 
Viking Cave 
Luas goa Viking ini adalah sekitar 3,2 kilometer persegi, dengan ketinggian sekitar 10 sampai 15 meter. Di dalamnya terdapat banyak tepian yang dihuni oleh ribuan burung yang disebut swifts atau burung Walet. Burung-burung itu membuat sarang dari air liur mereka sendiri. Secara berkala, sarang dipanen dan kemudian dijual untuk membuat sup sarang burung  yang mahal banget itu.
Goa tempat para penduduk lokal beristirahat 
Sayangnya pemerintah Thailand tidak mengijinkan goa ini untuk dimasuki siapapun. Kalau pun ada yang masuk, itu biasanya adalah penduduk local yang yang ingin mengambil sarang burung tersebut. Eits.. Jangan dikira gampang ya mengambil sarang burung itu, taruhannya nyawa lho karena goa ini terletak di pinggir tebing dengan ombak yang cukup kuat. Sebenarnya di tebing tersebut ada dua goa, namun karena goa yang satunya terlihat ada shelter penduduk, maka saya yakin itu bukan goa Viking.

Setelah puas melihat keindahan pulau Phi Phi Leh, kapal kita pun menuju pulau Phi Phi Don. Disini kita menuju pantai dibelakang dermaga Phi Phi Don dan menikmati main-main di pantai pasir putih dengan air laut yang super jernih itu. Untungnya kita jalan-jalan kesini berempat jadi main-main di pantai bisa bergantian dengan jaga barang bawaan soalnya dari kita berempat, 3 orang bawa kamera DSLR, termasuk saya. Hehehe..
Berenang di laut super jernih.. 
Setelah kurang puas main di pantai selama 30 menit *soalnya belum puas berenang, sudah dijemput sama tour guide untuk makan siang dan siap-siap balik ke Phuket* *Sedihnya belum puas berenang di laut* *hikss..hikss..hikss..* Kita pun segera menuju Phi Phi Hotel untuk makan siang. Setelah selesai kita pun menuju ke kapal dan pulang kembali ke Phuket.
Deretan kapal tradisional Thailand di dermaga Phi Phi Don
Selama perjalanan dari pulau Phi Phi ke pelabuhan Rassada 80% waktu saya pakai tidur, capek euy. Kemudian pas sudah sampai di mobil travel, saya minta untuk duduk disamping supir, biar bisa lebih puas mengamati kota Phuket selama 1 jam 40 menit perjalanan.
Menikmati jalanan kota Phuket 
Sesampainya di Hostel, kita semua mandi, dua teman saya, Syarifah dan Dimas pun bersiap-siap ke Bandara karena mereka akan ke Singapura terlebih dahulu. Sedangkan saya dan Fellicca akan balik ke Indonesia, besok.

Setelah Syarifah dan Dimas berangkat ke bandara, saya dan Fellica pun berjalan-jalan sekitar hostel kami, karena kebetulan daerah hostel kami berdekatan dengan pusat jualan souvenir, jadi beli beberapa oleh-oleh dulu lah..

Sekitar pukul 9 malam kita pun makan malam disekitar hostel dan setelah menjemput satu orang teman dari Jakarta yang juga liburan ke Phuket, kita semuanya pun tertidur pulas kecapekan. (EKW)

Comments