Tuesday, December 25, 2012

3 SITUS CANDI DI AREAL CANDI PRAMBANAN

Candi Prambanan
dilihat dari samping
Sebenarnya sudah tidak terhitung berapa kali saya sudah ke Candi Prambanan. Soalnya saya suka sekali sama tempat bersejarah seperti ini. Tapi baru-baru ini saja saya tahu kalau ternyata selain candi Prambanan, ada 3 Candi lain di areal tersebut. Cuma karena letak ketiga candi itu ada di belakang maka jarang sekali ada yang datang dan melihat ketiga candi tersebut.


Yang pertama adalah Candi Lumbung. Setelah keluar dari pelataran candi Prambanan kita akan ketemu pertigaan. Ke kanan menuju pintu keluar dan yang kiri menuju ke candi Lumbung. Palang namanya ada kok dan cukup jelas. Cuma jalannya lumayan, sekitar 500 meter. Tapi jalanan cukup teduh karena ada beberapa pohon besar. 

Candi Lumbung
Candi utama nya dipagari jadi kita tidak bisa masuk, mungkin karena lagi dipugar kali ya. Tapi bentuk candi utamanya masih terlihat jelas. Tapi saya tidak melihat peralatan pertukangan sebanyak seperti yang terlihat di Candi Prambanan. Barangkali kepala pengurusnya pikir candi ini jarang ada yang datang jadi dipugarnya kalau ada waktu aja. Padahal ini kan termasuk situs bersejarah yang seharusnya ikut dirawat juga.
Candi Lumbung 
Sayangnya saya juga tidak melihat keterangan mengenai sejarah candi ini, jadi saya tidak tahu apa-apa soal candi ini. Mungkin lain kali bila ada waktu saya akan bertanya sama guide yang ada di komplek candi Prambanan ini.
Candi Bubrah
Yang kedua adalah Candi Bubrah. Dari Candi Lumbung ke Bubrah jaraknya sekitar 300 meter. Candi ini bentuknya lebih parah dari Candi Lumbung. Benar-benar cuma terlihat batu yang disusun sekenanya. Bentuk candi utamanya saja sama sekali tidak keliatan. Parahnya, disini malah sama sekali tidak terlihat ada peralatan buat memugarnya. Benar-benar terlihat seperti reruntuhan. Sayang banget yah!    
                       
Yang ketiga adalah Candi Sewu. Dari candi Bubrah ke Candi Sewu jaraknya sekitar 500 meter. Dari ketiga candi tersebut, Candi Sewu yang benar-benar masih terlihat utuh. Meskipun ada beberepa stupa disekitarnya yang terlihat berantakan, tapi bentuk candi utamanya masih terlihat jelas. 
Candi Sewu

Ada 2 Arca di pintu masuk pun masih utuh. Bahkan di areal candi ini ada 2 batu monument yang ditanda tangani sama mantan Presiden, Soeharto dan Mantan Menteri Pendidikan dan kebudayaan, Wardiman Djojonegoro. Ini menunjukkan kalau situs ini cukup diperhatikan oleh pemda setempat.
Monumen yang ditanda tangani
oleh mantan presiden Indonesia, Soeharto
 Untuk ke candi sewu sebenarnya bisa naik Fun Train dari depan pintu masuk. Tapi kalau saya perhatikan, kereta tersebut cuma berhenti sekitar 5 menit, paling lama 10 menit di Candi ini. Jadinya pengunjung cuma bisa melihat-lihat sejenak. Padahal menurut saya, candi ini lumayan bagus lho. 
Beberapa relief di Candi Sewu
Walau ukurannya lebih kecil dari Prambanan ada beberapa hal yang cukup bagus seperti ada bentuk saluran pembuangan dan relief tempat lilin di beberapa  stupanya. Cuma ada beberapa relief di candinya yang terlihat seperti Puzzle yang tidak utuh karena rusak atau hilang. Tapi secara keseluruhan saya lebih suka Candi Sewu ini daripada Candi Prambanan.

 Jadi kalau ada yang jalan-jalan ke jogja, dan sempat mampir ke Candi prambanan, luangkan waktu juga ya untuk mengunjungi 3 Candi dibelakangnya ini ya! Lagipula kalau bukan kita yang menjaga dan merawatnya, Siapa lagi ?? (EKW)

No comments:

Post a Comment

Translate

There was an error in this gadget
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...