Tuesday, December 25, 2012

3 SITUS CANDI DI AREAL CANDI PRAMBANAN

Candi Prambanan
dilihat dari samping
Sebenarnya sudah tidak terhitung berapa kali saya sudah ke Candi Prambanan. Soalnya saya suka sekali sama tempat bersejarah seperti ini. Tapi baru-baru ini saja saya tahu kalau ternyata selain candi Prambanan, ada 3 Candi lain di areal tersebut. Cuma karena letak ketiga candi itu ada di belakang maka jarang sekali ada yang datang dan melihat ketiga candi tersebut.


1. Candi Lumbung

Setelah keluar dari pelataran candi Prambanan kita akan ketemu pertigaan. Ke kanan menuju pintu keluar dan yang kiri menuju ke candi Lumbung. Palang namanya ada kok dan cukup jelas. Cuma jalannya lumayan, sekitar 500 meter. Tapi jalanan cukup teduh karena ada beberapa pohon besar. 

Candi Lumbung
Candi utama nya dipagari jadi kita tidak bisa masuk, mungkin karena lagi dipugar kali ya. Tapi bentuk candi utamanya masih terlihat jelas. Tapi saya tidak melihat peralatan pertukangan sebanyak seperti yang terlihat di Candi Prambanan. Barangkali kepala pengurusnya pikir candi ini jarang ada yang datang jadi dipugarnya kalau ada waktu aja. Padahal ini kan termasuk situs bersejarah yang seharusnya ikut dirawat juga.
Candi Lumbung 
Sayangnya saya juga tidak melihat keterangan mengenai sejarah candi ini, jadi saya tidak tahu apa-apa soal candi ini. Mungkin lain kali bila ada waktu saya akan bertanya sama guide yang ada di komplek candi Prambanan ini.

2. Candi Bubrah
Candi Bubrah
Dari Candi Lumbung ke Bubrah jaraknya sekitar 300 meter. Candi ini bentuknya lebih parah dari Candi Lumbung. Benar-benar cuma terlihat batu yang disusun sekenanya. Bentuk candi utamanya saja sama sekali tidak keliatan. Parahnya, disini malah sama sekali tidak terlihat ada peralatan buat memugarnya. Benar-benar terlihat seperti reruntuhan. Sayang banget yah!    
                       
3. Candi Sewu

Dari candi Bubrah ke Candi Sewu jaraknya sekitar 500 meter. Dari ketiga candi tersebut, Candi Sewu yang benar-benar masih terlihat utuh. Meskipun ada beberapa stupa disekitarnya yang terlihat berantakan, tapi bentuk candi utamanya masih terlihat jelas. 
Candi Sewu
Ada 2 Arca di pintu masuk pun masih utuh. Bahkan di areal candi ini ada 2 batu monument yang ditanda tangani sama mantan Presiden, Soeharto dan Mantan Menteri Pendidikan dan kebudayaan, Wardiman Djojonegoro. Ini menunjukkan kalau situs ini cukup diperhatikan oleh pemda setempat.
Monumen yang ditanda tangani
oleh mantan presiden Indonesia, Soeharto
Untuk ke candi sewu sebenarnya bisa naik Fun Train dari depan pintu masuk. Tapi kalau saya perhatikan, kereta tersebut cuma berhenti sekitar 5 menit, paling lama 10 menit di Candi ini. Jadinya pengunjung cuma bisa melihat-lihat sejenak. Padahal menurut saya, candi ini lumayan bagus lho. 
Beberapa relief di Candi Sewu
Walau ukurannya lebih kecil dari Prambanan ada beberapa hal yang cukup bagus seperti ada bentuk saluran pembuangan dan relief tempat lilin di beberapa  stupanya. Cuma ada beberapa relief di candinya yang terlihat seperti puzzle yang tidak utuh karena rusak atau hilang. Tapi secara keseluruhan saya lebih suka Candi Sewu ini daripada Candi Prambanan.

Jadi kalau ada yang jalan-jalan ke Yogyakarta, dan sempat mampir ke Candi prambanan, luangkan waktu juga ya untuk mengunjungi 3 Candi dibelakangnya ini ya! Lagipula kalau bukan kita yang menjaga dan merawatnya, Siapa lagi ?? (EKW)

26 comments:

  1. Aku pun udah beberapa kali main ke candi perambanan kaak, baru tau kl ada 3 candi di area candi perambanan.. Hhj

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa saya juga pas kesana baru tau setelah pergi berdua saja dengan adik saya, jadi banyak waktu leha-leha dan mengamati sekitarnya, termasuk baca papan nama 3 candi ini

      Delete
  2. Wah kalau saya terakhir ke Prambanan waktu SMP ^_^. Mudah-mudahan kedepan saya ada kesempatan untuk mengunjungi kawasan seribu Candi ini. Yang pastinya sudah jauh berbeda dengan waktu ketika saya kunjungi SMP dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. paska gempa saat itu prambanan dan candi-candi lainnya semakin dibenahi dan dipercantik. Jadi bisa membuat pengunjung lebih nyaman menjelajahi dan mempelajari sejarah di sana.

      Delete
  3. saya juga suka sama Candi Prambanan, kesannya tuh feminim :)

    ReplyDelete
  4. Kawasan prambanan makin bagus sekarang. Pohon2 di sekitar cukup rindang sehingga gak perlu kuatir kalo datang siang hari.
    Semoga cagar2 budaya di tanah air terus terjaga kelestariannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget.. jadi bisa lebih santai jalan-jalan siangnya karena banyak pohon rindangnyaa.. ademm!!!

      Delete
  5. bbrp taun lalu kan kawasan Prambanan sempet terdampak oleh gempa besar yang melanda Yogya dan sekitarnya. Jadi keknya pemugaran kawasan Prambanan, Lumbung, Bubrah dan Sewu dilakukam bertahap. Dimualai dari yang utama dulu. eh tapi ga tau yaaaak. Udah lama ga kemari juga.

    Eh dirimu udah pernah nonton sendra tari ramayana di Prambanan lon? Kereeeeen banget loh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga terakhir ke Prambanan entah kapan dehh.. sepertinya memang proses pemugaran selalu diawali dari yang paling terkenal dulu sihh..

      Nahhh kalau sendratari Ramayana itu daku belum pernah nonton sihhh.. soalnya malam dan lokasinya agak jauh dari rumah. klo motoran ya bingung gitu mau parkir dimana malam-malam.

      Delete
  6. Baru paham ada 3 candi di sekitar Prambanan dan yg di telinga saya kurang nyaman didengar adl candi bubrah.
    Kasian, knp ga diperbaiki yo mbak :) *sedih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin belum sempat diperbaiki mbak, mungkin juga karena jarang yang mengunjunginya jadi ditunda-tunda terus sih.

      pengennya kesana lagi, siapa tahu sudah dipugar dan terlihat utuh

      Delete
  7. Terakhir kali aku ke Candi Prambanan itu jamannya masih SMP hehehee udah lama banget ya Mbak dan belum ke sana lagi. Pengin deh ajak Mada berkunjung ke sana. Sambil liat pemandangan baru, sambil belajar sejarah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yukkk mbak aya, main lagi ke Prambanan. saya juga pengen kesana lagi karena belum pernah nonton sendratari Ramayana di pelataran Prambanan euy..

      Delete
  8. Baru sekali ke candi Prambanan belum lama ini. Sayangnya tidak mampir ke candi bubrah dan sewunya. Cuma ke ratu boko. Kondisi candi bubrah, sesuai banget sama namanya😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahalnya jaraknya dari Prambanan gak jauh lhoo.. masih dalam kawasan candi prambanan malahan, cuma beda area aja..

      Delete
  9. Beberapa kali ke Candi Prambanan, malah ngga tahu kalau ada Candi Candi ini hehehhee...

    Jadi next time kalau ke sini, harus disempatkan mengunjungi tempat ini ya...


    Thanks for sharing yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh.. memang banyak yang gak ngeh sama tiga candi ini sih, mungkin karena sudah terpesona duluan sama Prambanannya euy.

      jadi yukss sempatkan untuk mengunjunginya.

      Delete
  10. Wah iya itu ke-3 nya belum pernah aku sambangi lohh.
    Cuma prambanan doang yang udah, baru tau ternyata ada candi lain di dekat situ.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal masih dalam satu kawasan lhooo.. cuma beda komplek aja tuhh

      Delete
  11. sebenernya aku tau kalau di area parambanan ini ga cuma candi prambanan aja, tapi ada yang lain juga seperti yang kakak sebutkan.. cuma aku belum sempet kesana sih :')
    tiap kesana pasti diburu waktu.. hm hm hm

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. waktu saya kesana pun awalnya gak ngeh, pas di minggu itu balik lagi kesana baru ngeh sama ketiga candi ini. Jadi memang harus dua kali bolak-balik kesana baru tau dehh.

      Delete
  12. huhuhuh ke candi prambanan aja saya belum pernah. dan udah ada banyak candi lainnya yg dekat lokasi ya. semoga next time bisa main ke sana. aamin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuksss lain main ke Prambanan.. dari Malioboro itu cuma sekali naik TransJogjanya lhooo.. gampang kan..

      Delete
  13. Wah karena aku suka traveling juga, jadi kalau ketempat seperti ini biasanya cari-cari spot yang bisa dikunjungi lagi heheheh dan emang 3 candi ini bikin aku takjub si. apalagi candi sewu. ikonik banget kalau foto juga ga bocor karena blum bnyak pengunjung. semoga ke 3 candi ini bisa di lirik oleh turis dari prambanan ya kak karena emang deket si

    ReplyDelete
  14. Sayangnya situs-situs candi semacam ini jarang dikunjungi ya. Para wisatawannya tersedotnya ke borobudur atau prambanan

    ReplyDelete

Follow Me on