Wednesday, October 23, 2019

SEJUK SEKEJAP DI AIR TERJUN LATA KEKABU MALAYSIA

Secara setiap kali traveling ke Malaysia tahunya cuma tengah kota dan cafe, maka kali ini saya berkesempatan mengulik sejenak soal wisata alam di sana. Kali ini saya akan berkesempatan menyambangi sebuah air terjun di Malaysia.
air terjun lata kekabu
Jalanan menuju air terjun Lata Kekabu di Malaysia
Sebelumnya saya sudah pernah mengunjungi beberapa air terjun di Malaysia yang berada di wilayah Royal Belum State Park, Perak yang mungkin butuh sedikit perjuangan karena harus menggunakan houseboat dan speedboat untuk mengunjunginya.

Baca Juga : Basah Kering di Royal Belum

Nah, kali ini saya berkesempatan mengunjungi air terjun di Malaysia yang bisa dijangkau dengan jalur darat. Air terjun itu bernama Lata Kekabu yang terletak di Hutan Lipur seluas 10 hektar dan berada di kawasan Tasik Chenderoh, Lenggong, Perak. Dari pusat kota Kuala Kangsar jaraknya sekitar 25 kilometer atau sekitar 9 kilometer dari pusat kota Lenggong.

Kalau dari kota Kuala Lumpur jaraknya hampir mencapai 270 kilometer atau sekitar 3 jam perjalanan. Jadi yang mau kesini mending menginap sekalian karena di daerah sekitarnya banyak wisata alam lainnya yang bisa dinikmati.

Kota terdekat dengan air terjun di Malaysia ini adalah kota Tampan Air dan air terjun Lata Kekabu ini memang masuk wilayah teritori kota itu. Yes, benaran deh itu nama kotanya. Silakan googling kalau tidak percaya. Hehehe.


Dari parkiran mobil, kita harus berjalan kaki memasuki wilayah hutan Lipur. Namanya wilayah hutan ya pohonnya tinggi-tinggi dan sangat teduh. Selama di jalan, saya melihat beberapa nama pohon yang tertulis, antara lain pohon Meranti, Kempas, Jelutong, Keruing dan nama-nama lainnya. Saya cuma tahu nama Meranti, sedangkan yang lainnya saya belum pernah mendengarnya. Mungkin kalau di Indonesia namanya berbeda kali ya. Namun karena saya bukan ahli tanaman jadinya ya tidak tahu deh.
air terjun lata kekabu
Jalanan menuju ke air terjun Lata Kekabu di Malaysia
Jalan dari parkiran menuju ke air terjunnya sekitar 15 menit saja, namun saya berjalan hingga hampir 30 menit. Soalnya banyak spot-spot menarik yang bisa diabadikan, termasuk jembatan gantung di atas sungainya. Fotogenik banget deh.. Apalagi dengan suasana yang asri dan bersih, bikin betah berlama-lama jalan di sini.

Tidak jauh dari air terjun Lata Kekabu, suara tumpahan airnya sudah terdengar jelas meskipun belum terlihat. Air di sungainya juga sangat jernih sehingga bawaannya pengen ngerendam kaki mulu di pinggiran sungai.

Setelah beberapa saat barulah terlihat air terjun setinggi 4 meter. Air terjunnya terbagi menjadi dua tingkat. Tingkat yang pertama punya kolam di bawahnya dan tingkat yang kedua baru langsung mengalir ke sungai di bawahnya. Lokasi yang aman untuk berenang adalah di bawah tingkat yang kedua. Di kolam pada tingkat yang pertama dilarang untuk berenang di sana.
air terjun lata kekabu
inilah air terjun Lata Kekabu di Perak, Malaysia
air terjun lata kekabu
cuma cowok yang boleh manjat-manjat ke atas..
air terjun Lata Kekabu di Malaysia
Sayangnya, karena saya cewek, saya dilarang ikut manjat-manjat menaiki air terjun di tingkat kedua. Cuma laki-laki yang diizinkan. Jadinya saya cuma beredar di sekitar sungai sembari duduk-duduk di dalam sungai dan foto-foto para lelaki yang sedang rusuh manjat-manjat. Pengen jugaaa... *nyiprat-nyipratin air sungai sambil manyun*

Oh iya, di beberapa lokasi sungai ada peringatan yang melarang pengunjung untuk berenang, entah karena bagian itu adalah tempat yang cukup dalam atau ada kemungkinan pasir hisapnya. Pokoknya tolong dituruti semua peraturan disana ya. Kan peraturan dibuat untuk melindungi kita juga. Lagipula bagaimanapun juga, kawasan air terjun ini adalah bagian dari wilayah Hutan Konservasi Bintang Hijau.
aliran sungai yang bersih di kawasan air terjun Lata Kekabu, Malaysia
air terjun lata kekabu
Mengagumi keindahan alam di sekitar wilayah
air terjun Lata Kekabu di Malaysia
Fasilitas di sekitar air terjun Lata Kekabu ini dilengkapi dengan musholla atau surau, toilet umum dan ruang untuk ganti baju, tempat untuk kemping dan juga ada beberapa homestay di sekitar pintu masuk buat yang ingin menginap. Namun semua fasilitas itu letaknya tidak berada persis di dekat air terjun. Buat yang habis berenang di dekat air terjun dan ingin berganti baju, bisa berjalan kaki menuju toilet umum sebelum kembali ke parkiran mobil. 

Meski sekejap saja di air terjun Lata Kekabu, Malaysia ini, namun kesejukannya tetap terasa di hati. Jadi, air terjun di Malaysia berikutnya yang bisa dikunjungi apa lagi ya?? Ada yang punya rekomendasi?? (EKW)


32 comments:

  1. Suasana hutan dan jalan masuknya asri banget... pastinya sejuk tuh kalo berendam di bawah air terjunnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, udaranya sejuk banget dan airnya adem banget.
      gak puas banget cuma sebentar main di air terjun ini euy..

      Delete
  2. Replies
    1. enak banget kk.. mata jd refresh abis lihat yang hijau-hijau gitu dehhh

      Delete
  3. wah udah jalan-jalan ke Malaysia... saya keliling Pulau Jawa aja belum kesampaian... mudah-mudahan ada rezekinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya Allah selalu ada rejeki untuk traveling dan melihat dunia yaa.. semoga rejekinya lancar terus biar bisa jalan-jalan terus yaa. Amin!

      Delete
  4. Aku baru tau ada air terjun cantik di Malaysia, aku cuma tau Japan Village di area Colmar Tropicale yang hawanya sejuk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Malaysia masih banyak wisata alam yang sejuk-sejuk macam gini mbak. makanya selaluu pengen eksplore Malaysia terus menerus dehh..

      Delete
  5. ternyata Malaysia enggak cuma gedung pencakar langit... ada air terjunnya juga, seru!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malaysia sebenarnya banyak wisata alam seperti air terjun ini.. tapi memang belum banyak yang eksplore karena masih terpusat di kota sihh.

      Delete
  6. Lihat foto-foto nya jadi pengen backpacker an juga... Keluhan asyik banget.

    ReplyDelete
  7. Wah dah lama gak rekreasi,lihat postinganmu jadi berasa pengen jalan2 hihi. Makasih infonya ya mba.

    ReplyDelete
  8. Suka dengan suasananya yang terlihat sejuk. Akses jalannya juga gak sulit, ya. Termasuk untuk wisatawan yang jarang trekking

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. yang gak biasa trekking pun bisa santai kok jalannya karena datar. jadi bisa sambil menikmati alam

      Delete
  9. Duh langsung ikut rasain sejuk liat kakak pose duduk santai gitu hahahaha. Kebayang sampai sini juga sendiri nih ala backpaker

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. kalau boleh lama-lama tuh rasanya pengen berendam aja sihh.. soalnya sejuk banget suasana di sana.

      Delete
  10. Ternyata ke malaysia tidak serta merta harus melihat twin tower ya wisata seperti ini juga baik untuk di kunjungi keren kak refrensi wisatanya , btw salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mas dody..

      iya Malaysia itu sebenarnya punya banyak wisata alam, cuma memang belum banyak yang eksplore sihh.. makanya selalu ada alasan untuk balik lagi ke Malaysia

      Delete
  11. Wahh..bacaan menarik. Selama ini aku tau wisata Malaysia yang banyak di ulas adalah menara Petronas dan sekitarnya ternyata view alamnya juga tak kalah bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan.. jarang banget ya eksplore dan ulas soal wisata alam di Malaysia.. padahal banyak banget lho yang bisa diulik-ulik di sana.

      Delete
  12. Wow air terjunnya cantik sekali
    Kebayang udaranya pasti segar dan sejuk bangey di sana ya. Apalagi kalau sempat beremdam manja hahaha

    Yang pasti postingan ini sukses bikin aku mupeng pengen jalan-jalan jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. mari kita jalan-jalan menikmat alam mbak.. biar bisa refresh tubuh dan otak euy.

      Delete
  13. boleh juga tuh iseng2 ke air terjun. Karena tempat tropis seperti di Indonesia, alamnya sama ya. Tapi ke curug2 di Indonesia jg saya belum tuntas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau curug-curug di Indonesia saya juga belum selesai kok.. yaa pokoknya kemanapun yang penting jalan-jalan terus aja sih. hehehehe

      Delete
  14. Keren! Auto adem mata yaa liatnya. Biar gak melulu main di kota kalau liburan ke Malaysia yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget mbak. sekali-kali ke Malaysia melipir ke hutannya, biar mata dan hati jadi adem

      Delete
  15. Seger banget tempatnya ya. Apalagi banyak tumbuhan hijau dan percikan air. Suka banget nih sama suasananya. Jd pengen ke Malaysia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yukss mbak main ke Malaysia.. banyak wisata alam yang tersembunyi di sana yang bisa dijelajahi.

      Delete
  16. Wah alam tuh,selalu indah ya. Suka banget sama keindahan alam di Malaysia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alam di manapun memang selalu indah, jadi sering-seringlah jalan-jalan ke alam.

      Delete