Wednesday, April 10, 2019

PLAN B, COFFEE SHOP DI TENGAH KOTA TUA IPOH

Kota Ipoh di Perak, Malaysia ini memang cukup terkenal sebagai tempat asalnya white coffee. Itu sebabnya buat yang ingin wisata kuliner di Ipoh, Malaysia, maka mengunjungi coffee shop atau kedai kopi biasanya menjadi salah satu tujuan kulinernya. Banyak kedai kopi di Ipoh yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah cafe Plan B.
Plan B, Coffee Shop di Ipoh
Plan B
Coffee Shop di Ipoh, Perak, Malaysia
When your Plan A doesn't work, there's always a plan B for you.

Ini kalimat yang mendadak muncul di kepala saya saat melihat tulisan di dindingnya. Plan B. Coffee shop di kota Ipoh, Perak, Malaysia. Namanya cukup mudah diingat dan sekali saya melihatnya, namanya langsung nempel di kepala saya berhari-hari. Kedai Kopi ini punya tagline "Your New Local".

Saat pertama kali mengunjungi kota Ipoh, saya belum berkesempatan memasuki dan mencicipi kopi di cafe Plan B ini meski saya sempat mondar-mandir di sekitarnya hampir setengah hari untuk mengambil gambar di kawasan kota tua Ipoh ini. Saya hanya sempat mencicipi beberapa kuliner jalanan di beberapa gang kota Ipoh.

Baca Juga : Jejak Warisan Ipoh



Setelah kesekian kalinya saya menyambangi kota Ipoh lagi, akhirnya saya bisa menjejakkan kaki di dalam cafe Plan B ini berkat bantuan teman saya dari beberapa negara yang saya persuasi agar mau nongkrong dan mencicipi kopi disini.

Interior cafe ini begitu luas dengan kaca dimana-mana sehingga memudahkan pengunjung untuk menikmati suasana kota tua Ipoh dari dalam cafe. Warna yang digunakan juga minimalis, hitam dan putih dan beberapa bagian dengan dinding bata merah yang terbuka.
kedai kopi di Ipoh
Display di dalam cafe Plan B
coffee shop di Ipoh
plan b
Interior di cafe Plan B
coffee shop di Ipoh Malaysia
plan b
ruangan indoor Plan B dengan sofa
salah satu bagian outdoor cafe Plan B
Oh ya, saking leganya cafe ini dengan kaca dimana-mana, saya dan teman-teman yang sedang menyusuri wilayah kota tua Ipoh ini sempat keluar masuk di cafe ini karena mengira ini bagian dari lorong-lorong kota tua Ipoh. Hahaha.. Soalnya cafe ini punya bagian indoor dan outdoor. Jadi pas keluar masuk di cafe ini kirain itu masih bagian dari outdoor cafe gitu.

Di Plan B, saya akhirnya berkenalan dengan varian kopi lain yaitu Affogato. Saya termasuk penggemar cafe latte jadi mau di coffee shop atau cafe manapun, pilihan utama dan paling aman buat saya adalah caffe latte.
coffee shop di Ipoh
Menu di Plan B
Coffee Shop di Ipoh, Perak, Malaysia
Sewaktu pertama kali memesan affogato, sebenarnya saya justru tidak tahu ini varian kopi yang disajikan seperti apa. Jadi ya asal pesan saja sih waktu itu. Saat pesanan datang, saya akhirnya berkata : "Ohh.. affogato itu kopi espresso dengan es krim vanila tohh" *manggut-mangut sambil foto-foto kopi di meja. Hehehe

Sebelum menyiramkan espresso di atas es krim vanilanya, saya terlebih dahulu mencicipi espressonya. Maklum, meski senang kopi, saya belum pernah dan belum berani mencicipi espresso karena takut sama rasa pahitnya. Saya suka rasa asam, manis, dan pedas dan saya tidak suka makanan dan minuman apapun yang punya rasa pahit, termasuk kopi.

Saat secolek espresso mampir di lidah saya, tentu saja rasa pahit semata yang ada disana. Hadeuhhh.. Yahhh namanya juga espresso, ndah.
Setelah itu saya mencicipi es krim vanilanya dan hanya rasa manis yang terasa di lidah.

Baiklah, dengan harapan rasa pahit kopi akan berkurang setelah bercampur dengan es krim vanilanya, saya pun mengguyur si putih dingin dengan si hitam panas lalu mengaduknya. Kemudian perlahan menyesap si affogato.
coffee shop di Ipoh
Affogato di Plan B
Ternyata, pahitnya kopi masih merajai indera pengecap saya dan rasa manis sama sekali tidak terdeteksi. Lalu teringat perkataan seorang kawan yang saat itu sedang mulai merambah dunia perkopian. Bila tidak salah ingat ia pernah berkata "kopi yang pahit biasanya kualitas yang bagus, meski tidak 100 persen juga sih indikator itu".

Mungkin itu ada benarnya karena kota Ipoh juga terkenal sebagai produsen dan teh terutama white coffenya. Namun, saya belum pernah mengekplorasi white coffee di kota asalnya ini.

Minuman sudah dipesan dan disajikan, rasanya tak elok kalau tidak dihabiskan. Mubazir! Meski tidak suka dengan rasa pahitnya, akhirnya saya memilih menenggak langsung semua isi gelas affogato saya dengan sekali minum. Setengah botol air mineral pun jadi penghilang rasa pahit di lidah namun masih ada sisa sisa kepahitan espresso yang menempel di indera pengecap saya.

Akhirnya saya memilih memesan segelas rasa nyaman, yaitu caffe latte yang datang beberapa saat kemudian dan membantu saya menghilangkan kepahitan yang seolah menempel di pikiran saya.
Plan B coffee shop di Ipoh
Caffee latte is always my comfort zone
Plan B, coffee shop di Ipoh
Akhirnya saya pun tetap pada keputusan : Hidup ini sudah cukup pahit, tidak usahlah ditambah lagi dengan kepahitan di makanan dan minuman euy.. Hehehe.

Usai bersantai di Plan B sembari menyimak para pelancong yang hilir mudik di luar cafe. coffee shop Plan B ini terletak tepat di jantung kota tua Ipoh sehingga selain wisata kuliner di Ipoh, ada juga wisata belanja dan mural yang bertebaran di beberapa lorong-lorong kota Ipoh. Beberapa seniman Ipoh juga sering berada di sekitar coffee shop ini untuk menjajakan hasil seninya.

Baca Juga : Mural di Ipoh

wisata kuliner di ipoh malaysia
Seniman lokal di sekitar coffee shop di Ipoh Malaysia
Setengah jam kemudian saya sudah berada di kendaraan yang menuju ke daerah Cyberjaya di Selangor, Malaysia dan saya pun bisa tertidur pulas serelah puas mencicipi kopi di cafe Plan B. Lain waktu ingin lagi menyambangi kota itu buat wisata kuliner di Ipoh, Perak, Malaysia. Masih banyak kedai kopi di Ipoh yang bikin kota ini salah satu kota yang bikin kangen di negeri Jiran euy.

Tambahan cerita :

Sesampainya di apartemen di daerah Cyberjaya saya terbangun lalu segera keluar dari kendaraan. Seorang teman wanita dari Senegal geleng-geleng kepala melihat saya baru bangun dan keluar kendaraan lalu berkata : "Endah, kami itu tadi baru minum kopi 2 gelas lho, kok bisa-bisanya langsung tertidur setengah jam kemudian. Saya kalau minum kopi tuh tidak bisa tidur seharian tau!"

Hahahaha.. Maaf ya, saya mah minum kopi ya minum kopi aja,

Kalau ngantuk mah ya tidur aja. Buat saya sih tidak ada hubungannya kopi bisa bikin tidak bisa tidur. Kopi itu buat menyegarkan pikiran dan meningkatkan mood biar lebih fokus.



53 comments:

  1. Ini menarik ada yang melukis hahhahaha.
    Sekarang coffeeshop jadi tujuan saat senggang, minuman dapat, konten juga dapat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. di sekita cafe ini banyak senimannya, dan yang paling kusuka yang yang lagi melukis ini.. kebetulan framingnya meski penuh tap bagus banget. hehe..

      Coffee shop itu asik memang buat senggang sembari nyari konten blog, tapi klo sering-sering bisa bikin kantong jebol euy. hehehe..

      Delete
  2. Desain interiornya cukup cozy yah. Nyaman untuk kongkow2 dengan kolega

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. tempat ini memang asik buat kongkow rame-rame deh..
      apalagi letaknya strategis banget tuh.

      Delete
    2. pastinyaaa... saya sudah 2 apa 3 kali gitu deh nongkrong di Plan B Ipoh. hehehe

      Delete
    3. ya ya.. saya juga kalo ketemu tempat yang asyik pati bisa berkali2 berkunjung

      Delete
  3. Industrial interior tuh emg cocok bgt si buat warkop masa kini :-D pingin deh tar kalau punya dapur temanya industrial jg hwhahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. dan karena lebih banyak menggunakan kaca dan outdoor jadinya berasa lega banget deh cafe ini

      Delete
  4. Kakak kayak aku saja, ke cafe mana pun pasti yang dipesan kopi yang selalu sama.
    Kalau aku lebih suka Cappucino.
    Terus pernah iseng juga coba kopi jenis lain, eh nggak enak. Terlalu pahit. Tapi, aku nggak menenggak langsung satu gelas kayak minum jamu pahit, sudah nggak betah duluan.
    Tapi, nggak aku minum saja.
    Hahaha...

    Btw, keren juga ada pelukis lokal kayak gitu.

    Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gak ada caffe latte saya juga kadang suka cappucino sihh.. tapi buat saya sih rasa kopi di caffe latte lebih enak ketimbang cappucino. Menurutku sih.. lidahh orang kan ya beda-beda kan ya. hehehe

      saya kalau ada minuman atau makanan yang gak disuka biasanya memang selalu berusaha dihabisin terlebih dahulu. cara paling cepat ya itu, langsung tenggak atau telan deh biar cepat abis lalu minum air putih yang banyak.
      heheheh.

      Delete
  5. Menarik pemilihan namanya : Plan B
    Unik dan bikin pengen mampir ya
    Aku sih bukan penikmat rasa kopi, tapi sukaaa sekali mencium aroma kopi
    Menenangkan banget deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.
      namanya bikin nempel di kepala berhari-hari dan waktu itu karena belum mengunjungi cafe ini, setiap kali ke Ipoh tuh pasti terngiang-ngiang dan terbayang-bayang gitu namanya di otak saya.
      makanya mau tidak mau harus mencicipi kopi disana deh biar gak mimpi buruk
      hehehehe..

      Delete
  6. Wahh must-visit nih mbak. Gak boleh dilewatkan.

    Desain kafenya keren banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas. harus banget main kesini. bisa kongkow-kongkow sembari menikmati suasana kota tua Ipoh

      Delete
  7. Kalo bepergian emang harus punya plan B ya, mbak 😁 Jadi gak bete kalo plan A gagal. Kalo di Jakarta ada gak ya kafe yg seperti plan B di Ipoh, Malaysia itu? Suka dengan interiornya deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya mah kalau traveling gak cuma punya Plan B, sampai plan Z kalau perlu. hehehe.

      Saya belum tahu sih di Jakarta ada cafe seperti Plan B ini gak ya.
      tapi menurutku sih semua cafe itu punya ciri khas masing-masing sih jadi tidak bisa saling dibandingkan gitu deh

      Delete
  8. Aku juga pernah nyobain Affogato, karena ku suka pait..walau hidup udah cukup bikin pait..tapi it's ok lah. Apalagi kalo pas minum Affogato ada yang manis-manis di depan mata..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duhh ku salut sama dirimu mbak yang suka affogato.
      saya tidak tahan sama rasa pahit euy.
      hehehe..

      Delete
  9. Ipoh salah satu kota favorit saya di malaysia. Wisata kuliner selalu menyenangkan terlebih penduduknya ramah dan enak kenapa, menurut saya ipoh tuh sejuk banget udaranya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Ipoh itu juga kota favorit saya di Malaysia karena tenang dan damai banget disini.
      Dan udaranya memang sejuk dan bersih euy.

      Delete
  10. Ya ampun Mba, beneran habis minum kopi bisa tetap tidur nyaman. Hihihi.

    Sering baca soal Ipoh, jadi tergoda untuk berkunjung ke sana kapan kapan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Soalnya hayati lelah habis keliling kota jalan kaki seharian euy. hehehe.

      Yuks lah main ke Ipoh, saya aja pengen balik lagi kesana euy. Gak bosan-bosan.

      Delete
  11. Sempet ambigu. Kukira, ini Plan B, setelah gagal Plan A. Taunya nama coffee shop. Hehe...
    Aku tergantung kopinya uy ngantuk atau melek. Kadang, habis ngopi, tidur ya tidur aja. Tapi pernah ngopi, kopi Guatemala kalo ga salah, pokoknya dari Amerika Latin sana. Itu aku melek semaleman, smp jam 04 engga tidur...
    Rada kapok ngopi deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan bingung kan.. Hahaha..
      Plan B itu memang nama cafenya..
      Sejauh ini sih saya kalau ngopi kalau ngantuk terutama karena kecapekan sih ya tetap tidur sih.. karena obatnya ngantuk ya tidur, bukan kopi.
      hehehehe.

      Delete
  12. "When your Plan A doesn't work, there's always a plan B for you." Suka banget sama kalimat itu. Pas banget untuk mengundang pengunjung masuk ke dalam coffee shop ini.

    Wah, kam ini keblikan dari saya ya berarti. Saya suka banget kopi yang pahit, ya mungkin karena hidup saya sudah terlalu manis, adi harus diberi sedikit yang pahit. ahahahahah

    Terima kasih ya sudah berbagi soal COffee shop di Ipoh ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu mah kalimat saya yang bikin sendiri mas.. soalnya nama cafenya unik euy.

      Yahh lidah orang mah emang beda-beda sih.. kalau masnya suka pahit ya monggo, kita ngopi2 bareng sesuai selera masing-masing...

      Delete
  13. Hidup ini sudah cukup pahit, tidak usahlah ditambah lagi dengan kepahitan di makanan dan minuman euy..

    bisaaa aja mbak, aku pun tak suka kopi pahit, tapi kalau duren seneng yang ada pait2nya he.. he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisaa terus mbak.. Hidup mah dinikmati aja.. gak usah dipikirin manis pahitnyaa. hehehehe..

      Ahh duren juga saya suka kok, tpi jangan terlalu pahit ahhh.. *teteup kekeuh gak doyan pahit* hihihihi

      Delete
  14. Aku belom menemukan nikmatnya kopi..masih memilih teh atau coklat saja..hehe . Cafe nya cakep yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya justru belum bisa menemukan nikmatnya coklat mbak.. karena buat saya coklat itu menyakiti tenggorokan saya. hehehe.

      tapi teh dan kopi mah favorit lah karena banyak rasanya euy.

      Delete
  15. Belum pernah ni aku ke ipoh, cafenya keren dan nyaman ya, interior nya apik, kalau makanan tentu yummy deh, aku safe buat rekomen kalau suatu saat ke ipoh deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. yukss main lah ke Ipoh.. kota kecil yang menyenangkan.. banyak coffee shop juga disanayang bisa disambangi..

      Plan B ini cuma salah satu cafe yang sempat saya datangi di kota Ipoh.

      Delete
  16. Ah, jadi kangen jalan-jalan ke Ipoh. Saya dulu beli kopinya di Old Town White Coffee. Seingat saya, saya bolak-balik lewat di depan Plan B ini, tapi gak masuk karena pas itu rame banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh saya malah kebalikannyaa. justru sering mondar-mandir di depan Old Town White Coffee tapi malah ke Plan B karena saat itu lebih sepi.. mungkin karena saya datangnya gak pas weekend kali yaa..

      Delete
  17. Ya ampun, aku baru ngeh kalo Plan B adalah nama coffee shop-nya di tengah artikel.
    Feels so homey tempatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oalahh.. jadi awalnya dikiranya Plan B itu apaan mbak? hehehe..

      tempatnya memang homey banget dan deket aja mau kemana-mana gitu.

      Delete
  18. Homey banget ya kedai kopinya, industrial ya desainnya mba, ada senimannya pula, makin betah deh dengan suasananya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain kopinya, ambience di sekitar cafe ini memang bikin betah dehh.. makanya jadi salah satu cafe favorit nih di Ipoh

      Delete
  19. Saya pernah mencicipi kopi dari Papua, rasanya agak pahit (emang gak pakai gula) tapi saya tidak merasa nyeri ulu hati. Padahal kalau minum kopi instan atau bukan, meski cicip sedikit saya pasti langsung sakit ulu hati. Karena itu saya tidak pernah minum kopi. Mungkin kopi dari Papua itu masih asli?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu di kantor laman, saya pernah coba kopi dari Wamena kalo gak salah, Ya Allah itu pahitnyaaa.. udh ditambahin gula 3 sendok teh masih dominan aja pahitnyaaa... ku tak kuat euy..

      mungkin tergantung kadar kafeinnya kali yaa. ada beberapa yang justru kalo kafein natural justru gak masalah tubuhnya.. barangkali gitu kali yaa.. klo kopi instan kan udh banyak campuran macam2 juga kan..

      Delete
  20. Duh Affogato kusuka. Interiornya juga keren ya buat foto2 . Walaupun namanya sempat membingungkan.kirain tadinya mau ke kafe mana terus gajadi .Hahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh ada penggemar affogato, salam kenal..

      iyaa.. namanya bikin rancu yaak.. hahahah

      Delete
  21. Namanya saja sudah gampang diingat: Plan B.

    Kok aku ngakak pas baca bagian mbak sama temennya keluar masuk cafe gegara nganggep itu lorong padahal masih bagian dari cafe yak? wkwkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. saya aja kalau ingat suka ketawa-ketawa sendiri. Pantesan pas keluar masuk dilihatin mulu sama pegawai cafenya.. tapi mungkin mereka sudah biasa kali ya ada pengunjung keluar masuk macam orang bingung.

      wkwkwkwk.

      Delete
  22. Saya kirain affogato itu kopi yang dikasih avocado. Ternyata, bukan ya? Hehehhe. Interior caffenya memang keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. awalnya saya juga pikir seperti itu mbak..

      ternyata tidak ada hubungannya dengan alpukat sama sekali.

      Delete
  23. kayaknya ngopi dan kulineran di Ipoh menarik nih, selama ini kalo ke malay blom nyamperin Ipoh, kapan kapan diagendakan main main ke Ipoh ahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kopi dan kuliner di Ipoh memang wajib dicoba mbak. jadi harus banget direncanakan traveling ke Ipoh deh.

      Delete
  24. Tempatnya jadi workspace para seniman ya, nyaman untuk bekerja sambil ngopi2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. paling suka memang karena disini ada seniman lokal yang suka pameran euy..

      Delete

Follow Me on