Sunday, March 25, 2018

MIMPI HOPPING ISLAND KE BELITUNG


Pertama kali ke Belitung, pada Desember 2016 silam itu 2 minggu setelah mengajukan surat resign ke kantor. Jadi waktu itu sih semacam trip hura-hura demi merayakan “kelulusan” dari kantor media di bilangan Palmerah tersebut. Sayangnya, trip waktu itu berada di pertengahan musim penghujan sehingga hampir setiap hari mendung tebal dan gelap menggelayut di langit Bumi Serumpun Sebalai. Akibatnya, saya cuma bisa hopping beach alias main-main di pantai sambil ditemani  gerimis yang mengundang. Saya tidak bisa menyeberang ke pulau-pulau, bahkan pulau Lengkuas yang terkenal itu karena cuaca buruk dan ombak besar di lautan. *Kapal oleng, Kapten!*

September 2017 saya berkeinginan untuk traveling ke Belitung bersama beberapa teman. Namun apa daya, pekerjaan yang datang di saat-saat terakhir membuat saya harus membatalkan trip tersebut. 3 teman saya tetap berangkat dan saya cuma bisa gigit jari  sambil nangis di pojokan kamar saat mereka mengirimkan foto-foto di pulau Lengkuas dengan langit birunya dan sambil snorkling pula. Akhh.. tidak!! Saya iri, saudara-saudara!! Jadilah saya masih penasaran dengan pulau-pulau di Babel sampai kebawa mimpi nih. Fix deh, saya harus kembali lagi ke Belitung!


Akhirnya karena gemes, saya pun mulai hunting-hunting tiket pesawat ke Belitung. Otak-atik website airline untuk keberangkatan di bulan Juni, nemu nih harga oke. *catet di buku!* Noted! Harus kesana sebelum musim hujan biar bisa dapat langit biru cerah ceria di pulau. Lalu mulai hunting akomodasi hotel disana, cari yang dekat-dekat pantai lahh.. biar gampang kalau mau nyebrang ke pulau sebelah. Hehehe..

Lagi serius ubek-ubek hotel mendadak ibu memanggil saya “Mbak, tolong bantuin ibu masak dong sini, malam ini kan mau ada pengajian di rumah kan. Biar cepat selesai nih hidangan buat tamunya!”. Yahh!! Mesti berhenti deh hunting hotelnya. Kelamaan sih. Sambil motong-motong sayur tetap aja tuh kepikiran hotel yang belum sempat di booking. Lalu mikir, pesan tiket pesawat dan hotel terpisah begini lama juga ya, wasting time banget. Saya yang freelance aja terkadang tidak punya banyak waktu buat berselancar mencari tiket dan hotel, apalagi para pekerja kantoran ya.

Lalu meski tangan sibuk mikir, tiba-tiba teringat sekretaris di kantor yang sering ditugaskan untuk booking tiket kalau ada yang mau dinas luar. Namanya kantor media ya, dinas luar kota itu suka datang mendadak macam Jelangkung, #uppsss. Saya pernah mendapat tugas dinas ke Bali jam 2 siang dan hari itu juga harus terbang ke Bali karena acara yang akan diliput akan mulai keesokan harinya jam 7 pagi. Lalu saya yang panik karena mendadak tugas dadakan itu langsung bingung dan cuma bisa menatap sekretaris di sebelah saya dengan wajah memelas. Sekretaris yang langsung tahu kepanikan saya cuma berucap dengan santai : “Tenang, ndah. Nanti saya carikan tiket pesawat dan hotel, di Traveloka banyak kok”. 

Ahh iya baru ingat Traveloka. Izin sebentar sama ibu, lalu langsung lari ke depan komputer yang sedang hibernasi. Sekali klik di halaman muka Traveloka langsung terpampang berbagai pilihan menu, mulai dari Flight, Hotels, Trains, Flight + Hotel, Top Up & Data Packages serta Attraction & Activities. Wehh. Ada paketan Flight + Hotel tuh. Langsung cek harga paket tiket pesawat+hotel di tanggal yang saya inginkan.

Ternyata nih, setelah saya hitung-hitung,  harga paket pesawat hotel Traveloka lebih hemat dibanding pesan terpisah euy. Udah begitu,  hematnya bisa sampai 20 persen meski tanpa kode promo lho! Jadi, sisa uang nya bisa dipakai untuk wisata kuliner  terutama seafoodnya yang segar-segar di Belitung nih. Siap-siap deh jarum timbangan bergeser ke kanan usai dari Belitung. Hehehe.

Selain paket tiket pesawat + Hotel yang hemat, di Traveloka  juga bisa tuh diutak-atik paketannya, misalnya mau yang hotel bintang 5, bisa! Mau yang guesthouse aja, juga boleh, lalu pesawatnya mau milih yang low cost bisa, yang full board bisnis ya silakan. Pokoknya mudah banget bisa diatur sesuai keinginan deh.
Langsung pilah-pilih pesawat dan hotel yang saya inginkan. Untuk pesawat domestik salah satu favorit saya si hijau Citilink. *ini pilihan personal ya*. Lalu untuk hotel, dari yang termurah sampai termahal ada sih, tapi saya pilih yang ditengah-tengah lah ya, hotel bintang 3. Hasilnya dapat total harga Rp. 1,9 jutaan untuk 4 hari 3 malam. Hematnya sampai 24% lho paket tiket + hotel ini. Milih-milihnya pun tidak sampai 15 menit tuh, mudah dan hemat waktu banget kan.

Pas masuk ke menu pembayaran, wahh ternyata banyak pilihannya, mau langsung transfer bisa, pake ATM bisa, lewat minimarket juga bisa. Secara saya bukan pengguna kartu kredit dan tinggal di kota kecil, tentu saja pilihan ATM dan transfer yang paling sering digunakan. Jadi langsung transfer aja deh.  Semua prosesnya tidak sampai 30 menit tuh.

Lalu, mau ke pulau mana saja di Belitung? Nih ada 3 pulau yang ingin saya kunjungi disana.

1. Pulau Lengkuas.
Yaiyalah, ini pulau wajib yang harus didatangi dengan mercusuarnya yang menjulang tinggi dan pasir putihnya yang lembut mana boleh dilewatkan begitu saja.
Pulau Lengkuas (Source : Wikipedia Indonesia) 
2. Pulau Garuda dan Kepayang
Ini sebenarnya 2 pulau yang berdekatan, jadi bisa sekali merengkuh dayung 2 pulau terlampaui. Hohoho. Pulau Garuda dengan bebatuan granitnya yang besar dan pulau Kelayang dengan pasir putihnya yang lembut.
Pulau Kepayang - Rusni Budiati
(Source : Dinas Pariwisata Bangka Belitung www.visitbangkabelitung.com)
3. Pulau Pasir
Ini salah satu pulau dengan spot pantai pasir putih yang cantik. Disini juga mudah ditemui bintang laut berbagai ukuran. Cocok buat foto-foto dengan latar langit biru yang cerah.
Siap-siap main dengan pasir putih di Belitung
Duhh.. jadi tidak sabar mau segera liburan ke Belitung deh. Siap-siap mau hoping island di Belitung dengan langit birunya. (EKW)




64 comments:

  1. Semangat bikin blog nyaaaa yaaaa kak endah.... sehat dan sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih banyak om becki.. kapan kita jalan-jalan bareng lagi nih??

      Delete
  2. Jangan lupa ke Pulau Batu Belayar Kak. Kalau lagi cerah banget, pesona pulau yang cuma ada batu-batu gede macam menhir gitu keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. noted kak hanum. berarti nambah nih list hopping island di Belitung.
      Makasih infonyaa.

      Delete
  3. Aku rencananya weekend ini ke Belitung sist. Pas nengok tiket ya lord mahal banget hahahaha. Biasanya rate 300an, eh ini 600an lebih . Syediiih.


    Yuuuk ke belitung barenggg pake traveloka. Aku suka pesen pesawat plus hotel sekaligus hahahaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. deuhh long weekend itu mah mbasist. ya mahal lahh..
      yuks lahh ke belitung lagi.. Situ pesan traveloka.. sini ngikut aja jalan-jalannya.
      wkwkwkwk..

      Delete
  4. Aku belum pernah pesen tiket pesawat pake traveloka. Tapi kalo tiket kereta pernah, enaknya diskonnya lumayan hahaha.
    Kalo di Traveloka, pesen tiket pesawat bisa sekalian sama hotelnya. Makin mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Traveloka memang mudah. Saya sih ppaling sering pesan tiket pesawat kalau traveloka.. bayarnya gampang soalnya.. gak perlu kartu kredit euy..

      Delete
  5. Belitong belum jadi apa2 sebelum Andrea Hirata masuk :D sekarang potensi wisatanya sudah digemari banyak orang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. pantai-pantai dan pulau-pulau belitung menarik untuk dikunjungi euy.. weekend disini rasanya kgak cukup untuk menjelajahi Belitung euy

      Delete
  6. Belitung.. ,surga kecil yang belum terealisasi nih, semoga bisa di semogakan :)

    Jadi lirik Traveloka nih,

    ReplyDelete
  7. Panorama yang indah... inginku kesana... semoga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. panorama di Belitung memang indah dan cantik mas, semoga bisa secepatnya main-main ke Belitung yaa.

      Delete
  8. Waduh, aku dr 2016 pengen ke belitung tp batal trs mbak..
    Yg paling nyesek feb kmrn, tiket uda di tangan tp apa daya memang blm diizinkan pergi kesana.. 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga bulan september thn lalu tiket udh di tangan tuhh.. tp 24 jam sebelum brkt ada kerjaan yang gak bisa ditunda, untung masih bisa di refund meski gak seberapa sihh.
      Syedih yaa

      Delete
  9. Aku ngumpulin poin di Traveloka, kali aja dapat tiket kemana gitu hahahhahahha. Tahun lalu gagal ke sini (belitung), dan entah sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh poinnya banyak dong, jadi mau ngetrip kemana berikutnya mas??

      Delete
  10. sejak ada film laskar pelangi. saya pun pengen ke Belitung. Haha. semoga suatu hari kesampaian

    ReplyDelete
  11. Waktu itu pernah ke Belitung, cuacanya kurang terlalu bagus sebetulnya...tpi indah banget..hehe
    .
    eh btw kalo solo travelling ke belitung nyaman nggak ya..terutama buat transportasinya..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu itu saya kesana juga pas musim hujan, jadinya mendung terus setiap hari. Tapi belitung tetap keren lah ya..

      belitung cukup oke kok buat solo traveling, banyak persewaan motor buat yang jalan-jalan sendirian.

      Delete
  12. traveloka emang andelan banget kalo buat bepergian buat jalan2 or sekedar buat kerja.. lbh efektif dan efisien klo skalian pesen tiket dan hotel di satu tempat

    ReplyDelete
    Replies
    1. andalan banget memang si traveloka.. bisa buat jauh-jauh hari ataupun mendadak dan lebih hemat pula ya

      Delete
  13. Waahhh tempatnya keceeee... boleh nih buat liburan keluarga

    ReplyDelete
  14. pesan tiket pesawat, hotel dan kereta di traveloka praktis. trus sekarang ada fitur paylater yang memudahkan buat pejuang traveling kayak aku nih hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh saya belum coba tuh fitur terbarunya yang paylater.. nanti kucuba juga ahh.

      Delete
  15. TRAVELOKA emang soulmate semua traveler yaaa
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, soulmate banget deh pokoknya sama Traveloka. mau kemana saja mudah euy.

      Delete
  16. Yes ttaveloka megang banget, gw kl lg kluar kota dadskan bllm smpet beli tiket hotel selama di bandara udah aja cek dan book via traveloka. Dan perna jg refund gampang dibantu bgt sama CS nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. apalagi di traveloka ada fitur price alert yaa.. bisa banget buat nyari tiket sesuai budget yang diinginkan. Dulu juga pernah cancel tiket dan refundnya mudah banget euy.

      Delete
  17. KAlau ke Belitung aku pengen banget melihat pulau lengkuas dari dekat. cantik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ceu lis, saya pun pengen ke pulau Lengkuas karena waktu itu belum sempat kesana karena ada badai euy. Salah bulan pas main kesana pas musim badai. hehehe

      Delete
  18. Belitung keindahan panorama dengan pantai yg biru dan batu2 besar khas negeri laskar oelangi itu. Saya kadang suka cari promo tiket juga di traveloka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih banyak pojokan Belitung yang belum saya eksplore nih. Makanya masih ingin lagi main kesini euy

      Delete
  19. Replies
    1. Dan sebagai sesama pengguna Traveloka harus akur ya.
      hehehe. Toss jugaa...

      Delete
  20. Wah aku juga belum.pernah ke belitunh, jadi pengen kesana niy

    ReplyDelete
    Replies
    1. yukss kesana. tiket pesawat ke Belitung mah terjangkau banget. bisa buat runaway vacation banget.

      Delete
  21. Aku jatuh cinta sama belitung mba... indah bangeettt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pantai di Belitung memang indah banget. jadi ingin selalu kembali kesana nih

      Delete
  22. Eksplore belitung memang sangat menyenangkan, bulan Agustus lalu saya ke belitung, ekplore tanjung kelayang, termasuk ke pulau lengkuas, pulau garuda.. InshaAllah next kesana lagi bawa anak-anak juga.. btw tinggal dibelitung nampaknya enak juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul.. pas disana saya juga mikir, Belitung kayaknya enak nih kalau ada niat mau relokasi tempat tinggal. suasananya nyaman yaa.

      Delete
  23. Duuhh Belitung cantik banget sih tempat wisatanya.. semoga bisa kesanaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. cantik banget mbak. makanya harus bisa segera kesana nih. semoga secepatnya ya.

      Delete
  24. Traveloka ini andalan banget ya untuk pesan tiket atau kamar hotel. Aku sih lebih sering pakai Traveloka untuk pesan pesawat atau lihat perbedaan harga, karena memudahkan pemesanan juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Traveloka memang selalu diandalkan deh buat yang sekedar nyari-nyari dan lihat harga sampai booking mendadak juga bisa. mudah digunakan soalnya ya.

      Delete
  25. jangan lupa nyobain mie belitungngya dan minum kopi di kedai2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohh itu sudah pasti. kulineran sambil kongkow-kongkow di warung kopi mah harus lahhh. hehehe

      Delete
  26. Pake traveloka enak jg yaaa ternyata ya kak ada paketan hotel segala. Biasanya aku kalau mo trip beli semuanya terpisah. Next coba yg bundling aah lumayan hemat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak. cobain bundling paket hemat hotel dan pesawatnya. jatohnya bisa lebih hemat lho

      Delete
  27. Akutu udah lama pingin ke Belitung. Pingin ngopi sepanjang hari sambil nyemil kue-kue kampung. Postingan ini bikin pengen dehh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yukss lah segera terbang ke Belitung.. asik lho kongkow-kongkow di warkop pinggir pantainya lho..
      *kompor.com*

      Delete
  28. Belitung jd wishlist aku tahun lalu. Tapi gak kesampean :))
    Yang aku penasaran Pulau Lengkuasnya ituu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga masih penasaran sama pulau lengkuasnya euy.
      karena waktu kesana pas hujan bada jadi tidak bisa nyebrang deh. Sedih!

      Delete
  29. Saya juga ada rencana liburan anak2, carinya ke traveloka, informasinya banyak plus praktis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahh bisa tuh rencanakan jauh-jauh hari sambil ngintip harga di traveloka. jadi bisa lebih oke liburannya nanti.

      Delete
  30. Wah... aku juga punya rencana mau ke belitung. Cuma nggak pas nih waktunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belitung bisa buat liburan weekend kok. cuss cek tiket di Traveloka

      Delete

Popular Posts