Wednesday, January 3, 2018

PELANGI DI SEMARANG

Pengaruh media sosial memang dahsyat ya. Kampung ini baru 2 bulan (saat saya datang bulan Juli 2017) dicat warna-warna, bahkan keluarga saya yang tinggal puluhan tahun bahkan lahir di Semarang saja tidak tahu keberadaannya. Tapi di media sosial kampung ini sudah jadi trending topic sebagai salah satu destinasi wajib buat hunting foto-foto di ibukota provinsi Jawa Tengah ini.

Kampung Pelangi Semarang ini terletak di kelurahan Randusari, kabupaten Semarang Selatan, kota Semarang. Posisinya tidak jauh dari Lawang Sewu dan Tugu Muda. Tepatnya di depan Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama. Setelah tahu letaknya, saudara saya di Semarang cuma ber "ohh" ria lalu nyeletuk "Ini mah kampung Kalisari. Bukannya dulu disini tuh perkuburan umum ya, kalau gak salah". #Ehh yang benar?!
Kampung Pelangi Semarang
Toko bunga segar di depan kampung Pelangi Semarang
Baca di beberapa media, kampung ini sebenarnya ikut dibersihkan dan mulai di cat saat rencana perbaikan pasar bunga Kalisari yang terletak persis di depannya. Salah satu media bahkan menyebutkan proyek kampung pelangi mencapai 3 M lho. Luar biasa. Namun semua rumah tidak serta merta dicat secara bersamaan. Saya sempat bertanya kepada 2 orang penduduk disana dan mereka berkata rumah-rumah disini dicat secara bertahap setiap 2 minggu.


Sebenarnya mereka boleh request warna dan gambar apa yang diinginkan di dinding rumah mereka. Namun, ada beberapa yang tidak tahu soal itu. "Saya mah ikut aja rumah mau dicat warna apa saja, kan uangnya bukan dari saya. ya terserah mereka lah" ujar salah seorang ibu yang saya singgahi rumahnya sambil bermain dengan kucing liar di halaman depannya.
tangga pun dicat di kampung pelangi Semarang
tokoh pewayangan juga hadir di Kampung Pelangi Semarang


Beberapa toko souvenir dan penyewaan properti buat foto-foto
di Kampung Pelangi Semarang
Secara saya tuh orangnya penasaran, jadi saya menyusuri tangga kampung ini hingga ke bagian tertinggi dan ternyata benar kata saudara saya, di bagian atas kampung ini terdapat beberapa areal perkuburan. Bahkan salah satu areal kuburannya menggunakan nama belakang saya. *entah harus senang apa justru seram ya?*
pekuburan umum di bagian atas kampung pelangi Semarang
Di bagian atas ini, masih banyak rumah yang belum terkena sentuhan cat warna-warni pelangi tersebut. Disini juga tidak banyak pengunjung yang berkeliaran. Mungkin saat melihat rumah diatasnya belum bercat warna-warni, pengunjung biasanya lebih memilih untuk kembali turun dan mencari spot foto lainnya.

akhirnya nemu sayap yang matching sama warna baju hehehe.
Kampung Pelangi Semarang
Selain dicat berwarna-warni, di beberapa dinding juga ada beberapa lukisan yang bisa dijadikan objek foto seperti sayap burung atau peri, dan lainnya. ada beberapa gambar yang agak tersembunyi. Maklum lah, namanya juga kampung, posisi rumahnya saling berhimpitan dan tidak teratur. Sepertinya kampung ini pun mulai ramai dipadati oleh pengunjung terutama karena posisinya yang tidak jauh dari Lawang Sewu. Lumayan lah buat nambah-nambahin foto instagram euy. Hehehe. (EKW)


40 comments:

  1. di jaman now harus banyak lokasi yg instagram-able hehe..

    itu bagian atasnya mau dicat jg atau enggak?

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. demi eksis di medsos ya hehehe

      rencananya sih semua rumah akan di cat, tapi bertahap setiap 2 bulan sekali kalo gak salah ingat obrolannya

      Delete
  2. Waaah baru kemarin posting juga tentang Kampung Wisata Tridi Jodipan yang di Malang. Konsepnya sama kayak gini, pemukiman yang diubah wajahnya menjadi lebih ceria! Literally ceria dengan warna2nya yang mencolok huehehehe.

    Semoga program yang seperti ini dirawat secara berkala, baik oleh masyarakat sendiri maupun pemerintah. Biar indahnya konsisten :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh.. saya justru belum pernah ke kampung jodipan. mungkin lain waktu bisa kesana

      lumayan sih masyarakat disana jadi punya pendapatan tambahan. semoga indah dan terawat selalu perkampungan seperti ini ya.

      Delete
  3. Salah satu area pemakaman tertua di semarang tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya?? pantesan saudara orang semarang lebih kenal kampung ini sebagai pekuburan umum yaa

      Delete
  4. bagus juga jadi colorful ..namun akan lebih cantik lagi kalo juga diwarnai tanaman2 bunga . ada naturalnya ya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sihh.. beberapa tempat masih terlihat kumuh banget meski sudah diwarnai. mungkin rangkaian bunga bisa lebih memoles keindahanya.

      Delete
  5. kampung dicat warna warni gini lagi jadi trend ya? perasaan banyak jg di kota lain yg berkonsep sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, saya taunya selain disini ada di Malang sama di Tangerang

      Delete
  6. Oke fiks minggu depan mampir kesini dlu...hehehe sehabis dari sini langsung ke Sam Poo Kong dan cus ke temanggung hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh saya malah belum sempat main ke Sam Poo Kong tuhh.
      hehehe

      Delete
  7. aku dua kali kesemarang belom pernah kesinii.huhu
    lumayan cakep kampungnya :D
    semoga bisa tetep terawat ya daerahnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. situ baru 2 kali, saya malah berkali-kali malah baru ngehnya sekarang. hahaha

      Delete
  8. Wah ada pemakamannya juga? Hhh
    Blm pernah ke kampung pelangi sih, tp udah sering bgt denger

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa. kata teman saya sih itu salah satu pemakaman tertua di semarang lho

      Delete
  9. Keren banget neh, cakep jadinya. Asyik buat foto foto ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. meski belum keseluruhan rumah tapi sudah oke lah kalau buat foto2

      Delete
  10. Replies
    1. wahh berarti mbaknya mesti kesana. biar gak penasaran lagi.

      Delete
  11. Saya udah 2 tahunan nggak ke Semarang. Kangen deh jalan-jalan mblusuk Semarang kayak dulu. Liat Kampung Pelangi ini jadi tertarik buat ke Semarang lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya berapa kali ke semarang justru gak sempat blusukan. ini juga kebetulan karena dipinggir jalan dan dekat Lawang Sewu jadi bisa sekalian mlipir main deh

      Delete
  12. kapan waktu aku cuma bisa lewat doang. menatap dari jauh.. huhuhu. kalo ada waktu banyak pasti aku sudah berkelana di situ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh padahal bisa tuh ya singgah sebentar barang 10-15 menit lah ya

      Delete
  13. kereen dimodalin pemerintah sampe 3M fantastis yaa, kampung pelangi ini kaya di Malang. Akhirnya di Semarang ada yang bisa dikunjungin ga jauh dari lawang sewu.
    salam kenal mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. ini salah satu usaha pemerintah daerah mengubah perkampungan kumuh menjadi lebih menarik dan Insya Allah bisa meningkatkan taraf hidup masayarakatnya.
      Salam kenal juga, mbak :)

      Delete
  14. Wah keren. Kayak bukan di Indonesia jadinya. Semoga bisa melihat keindahan di sana juga suatu hari nanti ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. sekarang sudah mulai bermunculan beberapa kampung warna-warni seperti ini.
      lumayan lah buat menambah destinasi wisata di tanah air yang terjangkau masyarakat sekitarnya

      Delete
  15. Tempatnya bagus yah warna-warni. Kalau di tempatku juga ada tempat seperti ini namanya Jodipan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh mbak anisa di Malang toh.. Saya belum pernah kesana sih..
      mungkin lain waktu bisa main ke malang dan nulis tentang kampung Jodipan nya juga..

      Delete
  16. Wahhh cantik banget ya mbak, ahhh jadi kangen semarang nih.
    Kapan ya di Jakarta bisa jadi kaya gini juga hehehehe

    ursulametarosarini.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya di Jakarta belum ada sih.
      yukss lah main ke semarang lagi.

      Delete
  17. Oh daerah Kalisari ya mba. Kapan-kapan pengen main kalau ke Semarang. Warna-warni, ramai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. dekat kok dengan lawang sewu, gak sampai 10 menit jalan kaki.

      Delete
  18. Unik ya kampungnya, bisa warna warni gitu. Btw, jadi inget kampung pelangi yang ada di Malang. WOW proyek kampung pelangi tersebut menghabiskan dana sampai 3 milyar? Tapi bagus sih, sekarang jadi banyak yang mengunjungi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum pernah yang di Malang sih.
      tapi yang di semarang ini memang bagus banget proyeknyaa.. jadi mengubah image kampung yang tadinya kumuh jadi lebih indah

      Delete

Follow Me on